Ingin Grooming Anjing dan Kucing di Rumah, 5 hal penting ini perlu diperhatikan – TANYA DOKTER HEWAN
grooming anjing kucing;kucing mandi;anjing mandi

Ingin Grooming Anjing dan Kucing di Rumah, 5 hal penting ini perlu diperhatikan

Grooming Anjing dan Kucing di rumah dapat dilakukan dengan mudah.

Grooming merupakan istilah untuk hewan peliharaan termasuk anjing dan kucing yang memiliki arti membersihkan diri atau mandi. Banyak pemilik hewan peliharaan mepercayakan jasa grooming ini kepada salon dan petshop. Hal ini menyebabkan menjamurnya jasa grooming baik grooming house call maupun grooming di petshop dan salon. Namun, pernahkah terpikir untuk melakukan grooming di rumah? Melakukan grooming di rumah dapat dilakukan dengan cukup mudah.

5 hal ini sangat penting diperhatikan untuk Anda yang ingin grooming Anjing dan Kucing di rumah :

  1. Lakukan grooming pada hari sabtu atau minggu di pagi hari

Akhir pekan atau weekend adalah waktu yang tepat untuk melakukan grooming karena memiliki waktu luang yang cukup. Waktu untuk grooming bisa dilakukan 15-45 menit. Grooming sebaiknya dilakukan pagi hari sekitar pukul 8 pagi, waktu ini tepat karena tidak terlalu dingin dan terlalu panas. Matahari pun cukup untuk proses pengeringan setelah grooming berlangsung.

  1. Persiapkan alat-alat grooming

Peralatan grooming yang perlu dipersiapkan yaitu brush khusus rambut anjing, kucing, nail Clipper (pemotong kuku khusus), gunting, kapas, shampoo khusus anjing atau kucing, handuk, hair dryer atau blower, serta handuk.

  1. Hanya grooming hewan sehat dan tidak hamil

Grooming merupakan proses yang terkadang tidak menyenangkan dan membuat stress beberapa kucing atau anjing. Hewan hamil sangat rentan terhadap keguguran jika mengalami stress sehingga tidak disarankan untuk melakukan grooming saat hewan hamil. Hewan sakit pun tidak boleh grooming karena akan memperparah kondisi penyakitnya. Hewan sakit dapat dilihat dari kondisinya yang lesu dan tidak bergairah.

  1. Anjing kucing yang baru diberi tetes antiparasit tidak boleh grooming

Anjing dan kucing yang telah diberi tetes anti parasit spot on disarankan untuk tidak di grooming atau tidak mandi selama satu minggu. Hal ini dikarenakan obat antiparasit masih belum masuk ke dalam kulit dengan sempurna sebelum satu minggu.

  1. Usia tepat grooming

Grooming basah atau mandi menggunakan air tidak disarankan untuk puppy atau kitten kurang dari 3 bulan. Hal ini dikarenakan puppy dan kitten masih sangat sensitive, khawatir mengalami kedinginan dan akan berakibat fatal.

5 hal penting grooming Anjing dan kucing sangat mudah untuk dilakukan di rumah. Grooming di rumah memberikan manfaat lain yaitu meningkatkan quality time dengan keluarga dan hewan peliharaan Anda. Happy Grooming 🙂 Woof Woof Mieow 🙂

 

Regards

drh Puspasari Respatiningtyas

 

Leave a Reply

*