TANYA DOKTER HEWAN

5 Kunci Utama untuk Mengikuti Kontes Kucing

www.birminghammail.co.uk

Kontes kucing (cat show) merupakan ajang yang sangat menyenangkan dan membanggakan bagi pemilik kucing. Kontes kucing diikuti oleh berbagai kalangan seperti para pembiak kucing yang telah mahir (cattery) serta para penyayang kucing secara umum. Cattery mengikut sertakan kucingnya pada kontes yang tentunya ternama dan telah tersertifikasi untuk meningkatkan nilai kucing tersebut terutama untuk kucing ras (pedigree). Hal ini dilakukan untuk membuktikan sifat champion pada indukan sehingga diharapkan akan menghasilkan anakan yang berpotensi sebagai champion pula. Banyak cattery di Indonesia yang telah teregistrasi pada asosiasi kucing di Indonesia yang telah diakui dunia seperti Indonesia Cat Association (ICA), Cat Fancy Indonesia (CFI), Cat Fanciers Society Indonesia (CFSI-CFA Club). Tentunya pemilik cattery telah tahu betul tentang seluk beluk dunia kucing dan kontesnya. Namun bagi Anda yang baru memelihara kucing dan ingin mengikuti show, jangan khawatir berikut hal penting untuk mengikuti kontes kucing :

1# Mengetahui kriteria penilaian

Kucing Anda lazimnya akan digolongkan pada dua kelas yaitu pedigree dan non pedigree.  Kriteria penilaian untuk kedua kelas tersebut amatlah berbeda sehingga Anda perlu mempersiapkan dengan baik.  Seperti kelengkapan sertifikat untuk kelas pedigree. Terdapat beberapa lomba pula yang menonjolkan penilaian terhadap aksesoris yang digunakan kucing misalnya pada perlombaan fashion cat show. Sehingga Anda perlu mempersiapkan aksesoris dan kostum yang tetap nyaman bagi kucing Anda. Penilaian umum yang dilakukan terhadap kucing pedigree didasarkan kepada standard ras kucing tersebut. Penilaian kucing non pedigree termasuk kucing domestik dilakukan terhadap kondisi fisik,kebersihan, keindahan, personality (tempramen dan performa).

2# Mempersiapkan kondisi kesehatan

Cat show merupakan tempat bertemunya kucing Anda dengan banyak kucing lainnya. Oleh karena itu Anda harus melengkapi vaksinasi, tidak boleh terdapat parasit (pinjal), periksakan kucing Anda ke dokter hewan sebelum mengikuti show agar dipastikan kondisi kesehatannya. Anda tidak ingin bukan setelah mengikuti kontes kucing, kucing Anda menjadi sakit. Sebaiknya dalam jangka waktu 14 hari Anda tidak mengikuti dua jenis cat show karena akan berbahaya bagi kucing Anda.

3# Menjaga kebersihan dan kerapihan

Kucing Anda perlu di mandikan beberapa hari sebelum cat show, kuku perlu di potong, serta rambut-rambut dirapikan. Kebersihan merupakan salah satu kriteria penilaian penting saat cat show.

5 Kunci Utama untuk Mengikuti Kontes Kucing

4# Mempersiapkan perlengkapan

Perlengkapan untuk show perlu Anda persiapkan dengan baik seperti membawa tempat minum, tempat makan, tissue, kapas, peralatan grooming (brush, nail clipper), litter box, dan pasir. Peralatan yang digunakan oleh kucing dilakukan disinfeksi terlebih dahulu agar tidak mencemari tempat show dan kucing lainnya.

 

*P.S Jika ada yang ingin ditanyakan/didiskusikan jangan sungkan bertanya melalui komentar di bawah ini ya.
Jangan lupa juga share artikel ini agar informasinya bisa bermanfaat bagi orang lain.

Regards
drh Puspasari Respatiningtyas