TANYA DOKTER HEWAN

5 Tips Move On dari Rasa Sedih Kehilangan Hewan Peliharaan

mysendoff.com

5 Tips Move On dari Rasa Sedih Kehilangan Hewan Peliharaan

Kehilangan hewan kesayangan merupakan pengalaman yang sangat tidak kita inginkan. Namun begitu lah siklusnya, kadang kita tidak siap tapi harus kita jalani bukan? Anjing atau kucing anda merupakan keluarga Anda, menemani Anda saat sedih, sendirian, bahkan saat senang. Mereka menghibur Anda tanpa lelah, bahkan ketika akan meninggal mereka akan mengasingkan diri dan menjauh dari kita agar kita tidak bersedih.

Kesedihan akan kehilangan anjing atau kucing Anda memang sangat menyakitkan dan menyesakkan. Bayangkan saja kita memeliharanya sejak bayi, kemudian setelah 10 atau 12 tahun bersama kita harus melihatnya pergi. Kesedihan mendalam ini teramat wajar bagi Anda dan mungkin anak Anda.  Namun kita tidak boleh berlarut dalam kesedihan ini. Berikut tips untuk mengatasi kesedihan Anda :

#1 Menangis lah.

menangis merupakan ekspresi yang wajar untuk menanggulangi kesedihan Anda, jangan Anda tahan rasa sesak dan sedih di dada Anda. Just cry !

#2 Berceritalah pada banyak orang.

ceritakan lah hal paling menyenangkan, pengalaman menyenangkan Anda bersama anjing atau kucing Anda. Ceritakan lah hal baik tentangnya pada semua orang sehingga semua orang tahu bahwa anjing dan kucing anda merupakan harta berharga anda.

#3 Membuat slide photo maupun galeri tentang anjing atau kucing anda.

Buat lah semenarik mungkin dengan tulisan yang indah dan bingkai lah dengan indah serta pajang di dinding rumah anda.

#4 Memakamkan anjing atau kucing anda.

Buat lah pusara yang indah untuk anjing atau kucing Anda, anda dapat mengunjunginya kapan saja ketika anda menginginkannya. Di Indonesia telah tersedia layanan pemakaman hewan, mungkin Anda dapat melakukannya. Jika anjing atau kucing Anda di kremasi maka abunya dapat Anda simpan atau anda dapat menaburkannya ke tanah di rumah Anda.

#5 Memelihara anjing atau kucing lainnya.

Mungkin cara ini cukup sulit untuk Anda yang sedang berduka, namun percayalah Anda telah diberi kepercayaan untuk bersama dengan sahabat anda selama mungkin 10 tahun atau lebih. Sehingga perlu lah Anda bagi rasa sayang Anda dengan anjing atau kucing lain, mereka akan sangat bahagia. Jadi mulailah mengadopsi ! Let’s Moving On 🙂

Dedicated to my beloved dogs : Baret, Snoopy, Neji, Holly, Puma, Ichi, Mike, Belang. Terimakasih telah melindungi kami, telah menjadi sahabat kami, penjaga kami, dan menghibur kami.  Hope you all always happy there 🙂

 

*P.S Jika ada yang ingin ditanyakan/didiskusikan jangan sungkan bertanya melalui komentar di bawah ini ya.
Jangan lupa juga share artikel ini agar informasinya bisa bermanfaat bagi orang lain.

Regards
drh Puspasari Respatiningtyas