6 Tips Merawat Kucing Usia Tua – TANYA DOKTER HEWAN
6 Tips Merawat Kucing Tua

6 Tips Merawat Kucing Usia Tua

6 Tips Merawat Kucing Usia Tua

Kucing usia tua atau kucing berumur merupakan kucing dengan usia lebih dari 7 tahun.  Usia kucing 7 tahun sama dengan usia manusia 50 tahunan sehingga pada usia ini akan lebih banyak masalah yang muncul terutama masalah kesehatan. Berikut 6 Tips Merawat Kucing Usia Tua

#1 Rutin cek ke dokter hewan

Pada usia tua perlu dilakukan pengecekan yang lebih intens dan konsultasi dengan dokter hewan karena pada usia ini kecenderungan penyakit kronis akan muncul.

#2 Perhatikan pola makan

Kucing usia tua yang obesitas akan semakin mengalami peningkatan berat badan jika pola makan dan jenis pakan tidak dirubah. Pakan untuk obesitas sebaiknya pakan yang rendah lemak dan rendah kalori. Kucing obesitas pun perlu diiringi dengan latihan ekstra.  Kucing usia tua yang kurus perlu dirangsang untuk makan dengan memberikan makanan yang sedikit tapi lebih sering. Pola makan pun perlu diperhatikan untuk kucing usia tua dengan kondisi khusus.

6 Tips merawat kucing tua
6 Tips merawat kucing tua. Sumber : www.bloomingpaws.net

#3 Memberikan minum lebih banyak

Problem sulit minum sebenarnya tidak hanya dialami oleh kucing tua, kucing memiliki toleransi dehidrasi yang tinggi. Namun akan sangat berbahaya jika kucing usia tuatidak mendapatkan minum yang cukup karena akan berakibat dehidrasi. Fungsi organ kucing usia tua tidak sebaik kucing muda. Mengatasi hal ini maka kucing usia tua sebaiknya diberi pakan yang basah sehingga kebutuhan air terpenuhi.

#4 Memberikan pakan yang beraroma menyengat

Fungsi penciuman dan perasa (smell and taste) pada kucing usia tua akan mengaami penurunan.  Oleh karena itu terkadang kucing mengalami penurunan nafsu makan. Sehingga perlu diberikan makanan dengan aroma menyengat seperti tuna, kaldu ayam tanpa garam, serta makanan yang dihangatkan sehingga uap nya akan menimbulkan aroma yang menyebabkan meningkatnya nafsu makan.

#5 Menjaga kebersihan rambut dan kuku

Hindarkan kucing usia tuadari kondisi rambut yang kusam serta terdapat pinjal yang akan memperburuk kondisi tubuh kucing. Sehingga obat anti parasit harus tetap diberikan pada kucing usia tuasesuai jadwal. Rambut perlu disisir setiap hari untuk menstimulasi peredaran darah sehingga rambut tetap sehat. Kuku kucing usia tua akan cenderung pecah-pecah sehingga perlu di potong sebelum kuku memanjang.

#6 Menghindari Stress

Jangan biarkan kondisi stress memperburuk kesehatan. Stress dapat membuat kucing enggan untuk makan, beraktivitas, serta menurunkan sistem imun sehingga kesehatan menurun. Oleh karena itu kucing usia tuaperlu perhatian dari pemilik dengan mengajak bermain dan berinteraksi sehingga kucing tidak mengalami stress.

Memiliki kucing usia tuamemang membutuhkan perhatian ekstra, namun sangat membanggakan dan membahagiakan sebagai pemilik dapat memiliki kucing hingga berumur panjang. Hal ini menandakan Anda termasuk pemilik yang bertanggung jawab karena dapat dipercaya memiliki kucing dalam waktu yang lama. Selamat ! 🙂

*P.S Jika ada yang ingin ditanyakan/didiskusikan jangan sungkan bertanya melalui komentar di bawah ini ya.

Jangan lupa juga share artikel ini agar informasinya bisa bermanfaat bagi orang lain.

Regards
drh Puspasari Respatiningtyas

39 comments

mengapa kucing saya ngeong terus dan napsu makannya berkurang,kucing saya tidak boleh keluar rumah

halo bu, terimakasih sudah bertanya. mohon maaf bru merespon bu. saya sering melakukan komunikasi via instagram , [email protected] maupun facebook, untuk fast response silahkan hubungi channel tersebut ya bu.
kucing mengeong disertai dengan nafsu makan yang menurun menandakan kesakitan. infeksi pada kucing bisa disebabkan virus, parasit maupun bakteri. walaupun didalam rumah kemungkinana infeksi masih mugkin terjadi. untuk meningkatkan nafsu makan bisa menggunakan makanan yang berbau menyengat seperti ikan rebus, ayam rebus.

Dok, kucing saya sudah saya rangsang dengan makanan yg menyengat. Tetapi dia tetap tidak mau makan dok. Tapi dia terus minum. Bagaimana ini dok?
Sedangkan kondisi giginya juga sudah mulai tanggal dok. Mohon bantuannya dok.

Halo dok salam kenal saya uwell

Maaf dok ssikit cerita nih hari kemarin tepatnya 9 jan 2017 lalu anak saya di beri kucing oleh tetangga lain komplek…kucing ras persia medium sih keliatannya…

Anak saya kegirangan banget bisa pelihara kucing ras yg dia impi2kan…
Sebutlah kucing ini brnama milli

Hari pertama dia di rumah agak sedikit lincah…entah karena dia stress dg rumah baru ntah mmg krn milli sdg kelaparan…kamipun brgegas membeli makanan buat milli beserta pasir untuk pembuangannya…

Ketika makanan datang nampaknya milli klaperan banget smp plastiknya blm di bukapun dia sdh meronta2 dg lahapnya dia makan… tp smntara saya msh brfikir dlm hati dr awal dia datang kok lidahnya menjulur dan air liurnya sll menetes… dan pada saat makanpun kliatannya makanan yg dia makan gak bgitu banyak krn ketika saya prhatikan dia tdk lg mengunyah makanan trsebut melainkan dia telan langsung…

Sisa makanan yg berantakannyapun basah kena air liurnya itu…

Kemudian setelah makan aku msh diamkan si milli ini lalu bbrp saat aku seperti cium bau amis gitu dok…kontan aku brfikir mungkin milli tdk bgitu di rawat pemilik lamanya…jd kayaknya dia jarang di mandiin

Lalu aku mandiin pake air hangat dan krn darurat aku mandiin pake sunlight pencuci piring mmg kbtln krn saran tmn juga katanya biar kl ada kutunya pada mabur…

Proses pemandianpun dg susah payah krn milli meronta dan mencakar2
selesai aku keringkan pakai handuk dan hairdryer…ktikaku sisir trlihat mmg ada bbrp kutu saya temukan trmasuk jamur2 di tubuhnya…waduh kupikir aku punya banyak PR nih…

Mungkin dia sariawan…dan sdgkan dia brkutu dan brjamur…

Keti malamnya mili diam dan hanya tidur dan tidur…ku raba badannya kliatannya dia demam aku bingung kasih obat apa sdh tngh malam bgini… akhirbya aku hanya sodorkan dia banyak air putih dan trlihat dia sangat kehausan…dia minuuuum terus malam kemarin itu…
Lalu kemudian setelah pagi…kok dia tidur trs apa sakitnya brlanjut…dan bau busuk rasanya makin kecium…khas di mulutnya…duh aku bingung dan panik smntara kondiaiku sdg tdk pegang uang pula…
Dan atas saran tmn kasih madu aja well coba sm kuning telur…minumnya kasih air kelapa muda…aku coba bgitu setiap 4 jam skali aku olesi madu…tp di sela cerita milli trnya seharian itu kl di perhatikan dia kayaknya gak mau sentuh makanan smskali deh dok kl bukan krn aku yg suapin…smp malam pun dia gak mau makan makanya aku coba lembekin makanan biskuitnya di teflon kecil secukupnya setelah dingin aku campur dg kuning telur aku suapi pake pipet baby (yg biasa di gunakan untuk minum obat bayi)
dg penuh prjuangan saya suapin…

Singkat cerita aku liat tibgkah lakunya seperti dia tdk ada gairah untuk diajak brmain di pancing2pun tidak ada reaksi…kayaknya hidup segan matipun entahlah…

Saya worried banget dg kondisi milli yg bgitu…
Akhirnya saya penasaran periksa2 mulutnya kayaknya gigi taringnya panjang sebelah dan tumpul…bulunya kusut…
Mulutnya menjulurkan lidah trs2an…
Itu sebab yg saya ingin tanyakan adalah…apakah si milli ini mmg sdh tua sehingga pemilik lamanya memberikan kpd org lain?

dan lalu apa yg seharusnya saya lakukan selanjutnya untuk perawatan milli dg kondisi yg sdg sabgat pas2an ekonomi namun anak saya yg usianya msh 11 th ini keu2h ongin ttp merawatnya… krn pada dasarnya kami mmg suka skali kucing krn sblmnya prnah adopsi kucing kampung turunan anggora gitu smp saya berikan lg k adopter lain krn di rumah yg dulu tetangganya banyak yg gak suka sm kucing…drpd jd tdk rukun lbh baik saya amankan di tempat lain yg lebih nyaman…tp skrg malah di kasih tanggung jwb baru lg dlm keadaan yg sdg tdk memungkinkan ini…hehe…

Ini dilema skali buat saya dok…
Mohon sarannya ya dok…agar saya segera mndapatkan solusi trbaik Untuk milli saya ingin milli baik2 saja kl mmg harus menghabiskan masa tuanya di rumah saya…

Klo tau usia bisa melalui Gigi nya. Biasanya mmg kucing TUA giginya sudah TDK tajam. Dan ada yg ompong. Menandikan kucing mmg bs membuat stress. Jd perlu benar2 sehat saat memandikannya. Krn khawatir malah JD drop. Mmg Sgt baik d bawa ke Dokter saja. Untuk diperiksakan secara menyeluruh dab mendapatkan obat. Yg bs dilakukan dirumah hanya membuat nyaman, memberikan makanan yg sesuai, bs sementara d berikan makanan basah.

Salam kenal, dokter Puspa,
Saya punya kucing jantan usia sekitar 13 tahun. Sudah beberapa lama ini dia kesulitan makan, kalau makan tersedak terus padahal nafsu makan masih bagus. Air liur keluar terus dan giginya sudah ada yang ompong. Perawatan seperti apa yang harus saya lakukan agar dia lebih sehat dan makannya lebih mudah?

Terima kasih Dokter.

Salam,
Saya punya kucing usia 5-10 thn biasanya saya kasih ikan tongkol campur nasi, baik apa nggak ya dok? thanks

Dok, gmna cara mengatasi bulu yg sangat rontok pada kucing tua? Sbnrny kucing itu saya rescue dr jalanan,, mungkin hilabg atau terlantar,, saya kasih vitamin, mandi 1 kali seminggu, msh saja rontok parah,, kasuhan liatny,, tp memang kalo bagian kepala yang makin botak sekarang mulai tumbuh bulu,, bulu pada badanny rontok parah,

Mandinya tidak perlu terlalu sering ya, cukup 1 bulan sekali. Selain pengaruh infeksi parasit, stress, dan juga lingkungan bs mempengaruhi.

Dok,,kucing saya sekarang umur nya sudah lumayan tua nya dok november 2018 umurnya sudah 14 tahun,,akhir2 ini nafsu makan nya menurun dok,,berat badanya hanya 3,7 kilogram sekrang,,padahal saya sudah memberikan makanan yg bau nya menyengat tapi hanya sedikit yg di makan nya

kadang karena tua jadi penciuman juga mulai menurun, sebelum diberikan makan biasanya perlu didekatkan makanan nya atau disuapi sedikit. selain itu juga pastikan saat makan kondisinya tenang, tidak terganggu karena biasanya kucing sangat sensitif dengan gerakan dan suara. kalau sudah tidak tenang biasanya makan jadi tidak nyamand an tidak mau dilanjutkan.

how to make money by developing ios apps:
how to earn money online youtube
earn money online hack
earn money online right now without investment
how i earn money online in bangladesh
earn money online app

Popular Tags: earn money by mobile appeasy ways of making money onlinemake money online no mlmearn money online from android apphow to make money online 2017 redditearn money from home by posting adsbest ways to earn money online redditmaking money betting onlinemake money online with cash apphow to make money selling beats onlinehow to earn money online through amazonmaking money taking online surveysearn money fast online surveysbest money making apps for iphonemake money surveys onlinetop online app to earn money100 ways to make money online pdfeve online beginner’s guide to making iskhow to earn money through mobile onlineearn money online yahoo answers3 best ways to earn money onlinehow to make money online tutorialways to make extra money onlineearn money for online workonline jobs for college students to earn money

Dokter Puspa,
Kucing saya umur 15 tahun, beberapa giginya membusuk yg berakibat gusinya sering mengalami radang dan bengkak, tiap kali radang saya selalu bawa ke dokter hewan diobatin dan membaik, namun kata dokter hewan yg saya kunjungi ini akan terus berulang tidak bisa 100% pulih, karena masalah utamanya gigi busuk tsb, namun untuk dicabut giginya pun beliau tidak menyarankan, mengingat usianya yang terlalu tua, dan untuk makanannya kata dokter tsb jika diberi pakan basah (apalagi yg mengandung ikan) itu dapat memperburuk kondisi mulutnya, tapi jika saya beri dry food kucing saya kurang berselera dan makannya sedikit sekali, saya jadi bingung dokter, harus bagaimana baiknya yah? Mohon pencerahannya dokter..terima kasih.

Sepertinya perlu dilakukan pembersihan gigi setiap hari, krn memang jika usia sudah cukup tua untuk melakukan pencabutan gigi dan pembiusan cukup beresiko. Kalau diberikan pakan kering juga karena kondisi gigi yg sudah radang dan membusuk, cukup menyakitkan. Jd bisa diberikan pakan yg basah baik bikin sendiri ayam atau daging, maupun kalengan , disertakan sayur maupun buah dalam jumlah sedikit. Lalu rajin dibersihksn giginya perlahan, setidaknya tidak ada pakan yg menyangkut disela gigi.

Kucing saya giginya ompong, trus dia kan suka jilat jilat bulunya, karna ga ada giginya, pas gigitin bagian bulu yg gatel tuh sampe bunyi gesekan gusi nya gitu. Kasian kadang liatnya, sempet mikir untuk beliin gigi palsu buat si meong, kira kira ada gak ya gigi palsu buat kucing ?

sementara masih belum ada gigi palsu untuk kucing di indonesia. perlu dicek juga bagian gatalnya, apakah memang ada kutu, pinjal, jadi bisa diobati, sehingga gejala gatal bisa berkurangm

Leave a Reply

*