Si Kecil dengan Penciuman Tajam : Beagle – TANYA DOKTER HEWAN
beagle Si anjing Kecil dengan penciuman tajam tanya dokter hewan

Si Kecil dengan Penciuman Tajam : Beagle

 

Anjing ini merupakan Anjing yang sangat baik penciumannya, sheingga sering diandalkan dalam mencari benda-benda yang diselundupkan seperti obat-obatan terlarang, bom, dan benda mencurigakan lainnya (pack hunter).

Lifespan : Beagle dapat bertahan hingga usia 14-15 tahun

Ciri fisik :

Warna khas beagle yaitu orange dan putih, merah dan putih, atau tiga warna orange, putih hitam, warna hitam biasanya terdapat pada punggung, sedangkan warna putih terdapat pada kaki, perut, dan moncong (muzzle). Mata gelap, wajah yang ekspresif, memiliki telinga yang menjuntai ke bawah, Kaki depan yang lurus dan berwarna putih, ekor yang tegak ke atas. Ukuran Beagle 33-40 cm dengan berat 8-14 kg.

Grooming dan exercise:

Grooming atau perawatan untuk beagle tidak terlalu sulit dikarenakan rambutnya yang pendek. Exercise yang harus dilakukan setiap hari yaitu berjalan-jalan maupun berlari santai. Melatih Beagle cukup sulit karena beagle cenderung aktif, tidak senang menggunakan leash dan senang mengendus-endus tanah sehingga untuk menengadahkan kepala ketika berjalan bersama cukup sulit. Ketika ada bau yang mencurigakan maka Beagle akan langsung aktif dan mengikuti bau tersebut, sehingga konsentrasi teralihkan. Namun melatih Beagle semenjak dini akan mempermudah dibandingkan sudah dewasa.

Kehidupan sosial :

Beagle senang berkumpul dengan kelompoknya, dengan keluarga beagle dapat menjadi teman yang baik bagi anak-anak. Namun perlu diwaspadai dan diawasi interaksi Beagle dengan hewan yang lebih kecil karena pada dasarnya mereka adalah pemburu (hunters).  Beagle merupakan Anjing pemburu sehingga akan suara nya sangat lantang dan mungkin mengganggu tetangga anda.

Kecenderungan penyakit :

Beagle memiliki kecenderungan terhadap penyakit hormonal Hypothyroidism, dwarfism (kekerdilan). Penyakit lain yang muncul karena aktivitas yang tinggi yaitu hip dysplasia, dislokasi patella (lutut). Penyakit syaraf dapat berupa kekejangan (seizure). Selain itu cenderung mengalami gangguan reproduksi.

2 comments

belekan atau adanya discharge pada mata salah satu ciri adanya infeksi pada mata. jika kotorannya berwarna hijau biasanya ad indikasi infeksi bakteri. namun jika hanya basah, berair, bisa saja Krn bentuk matanya yg besar dan melotot spt pada anjing pug, shihtzu, Peking, shg sering terpapar udara dan debu. atau bs juga Krn kelainan Dr pertumbuhan bulu mata dan kelopak mata. sehingga perlu diperiksakan lebih lanjut ke dokter.

Leave a Reply

*