Pentingnya Mengenali Feses Anjing dan Kucing Anda – TANYA DOKTER HEWAN
We are really sorry, these illustration may disgust you. This illustration only for educational need

Pentingnya Mengenali Feses Anjing dan Kucing Anda



Feses merupakan hasil akhir dari proses pencernaan yang berlangsung dalam tubuh. Bentuk dan aroma feses akan bermacam macam bergantung dari jenis makanan yang dicerna serta ada atau tidaknya gangguan pada sistem pencernaan. Mengapa mengetahui skor feses itu penting ?

Pentingnya mengenali feses Anjing dan kucing  yaitu untuk mengetahui kecocokan pakan yang kita berikan kepada hewan peliharaan kita, mengetahui kesehatan organ pencernaan, serta menghindari kesalahan persepsi diare pada anjing dan kucing.

Skor feses dari feses yang amat keras hingga amat cair dengan skor 1 hingga 5.

feses anjing;feses kucing;skor feses;pup anjing;kucing
Skor feses 1 dan 1.5
sumber : waltham.com

skor feses 1 : sangat kering, keras, crumbling dan berbentuk seperti peluru (bullet like).

Skor feses 1.5 : kering, tidak terlalu keras

Kondisi skor feses 1 dan 1.5 menandakan kurangnya air, serat pada pakan sehingga memperlihatkan feses yang keras. Biasanya anjing atau kucing yang memiliki bentuk feses seperti ini akan mengejan berlebihan disertai kesakitan, serta frekuensi defekasi (buang air besar) tidak terjadi selama beberapa hari, dehidrasi yang parah pada anjing maupun kucing bahkan kondisi nya bisa sangat lemah.

feses anjing;feses kucing;skor feses;pup anjing;kucing
Skor Feses 2 dan 2.5
Sumber : Waltham.com

Skor feses 2 : bentuk yang ideal disertai dengan konsistensi sedang, berbentuk jelas, mudah diambil serta tidak lengket.

Skor feses 2.5 : bentuk feses jelas berbentuk, konsistensinya sedikit berair, lengket saat diangkat.

Feses skor 2 dan 2.5 merupakan feses yang baik sebagai indikator kesehatan sistem pencernaan hewan peliharaan Anda serta kecukupan air dan serat pada pakan. Anjing atau kucing akan memperlihatkan lancarnya defekasi dan frekuensi defekasi teratur setiap hari.

feses anjing;feses kucing;skor feses;pup anjing;kucing
Skor Freses3 dan 3.5
Sumber : Waltham.com

Skor feses 3 : konsistensi mulai lembek, sulit saat diambil, dan akan menimbulkan tanda bekas feses pada permukaan

Skor feses 3.5 : konsistensi sangat lembek tapi masih memiliki bentuk

Skor feses 3 dan 3.5 menandakan Anda perlu waspada dan memperhatikan frekuensi buang air besar serta kondisi tubuh hewan peliharaan anda apakah terdapat perubahan atau tidak. Kondisi feses ini merupakan indikator mulai terjadinya perubahan pada sistem pencernaan.

feses anjing;feses kucing;skor feses;pup anjing;kucing
Skor Feses 4 dan 4.5
Sumber : Waltham.com

Skor feses 4 dan 4.5 : bentuk mulai tidak beraturan, konsistensi sangat lembek,

Feses skor 4 dan skor 4.5 tidak memiliki bentuk yang jelas dan sudah mulai dikategorikan diare. Kondisi ini menandakan terdapat gangguan pada kesehatan sistem pencernaan hewan peliharaan Anda. Pada kondisi ini hewan akan megalami peningkatan frekuensi buang air besar biasanya lebih dari 2 kali sehari. Perlu diwaspadai dan diperhatikan ada atau tidaknya darah pada feses . anjing atau kucing dibawa ke dokter hewan jika hewan terlihat lesu dan tidak nafsu makan serta aktifitas berkurang. Kemungkinan akan terdeteksi keberadaan telur cacing dan protozoa saat dilakukan pemeriksaan feses . Catatan penting yang perlu Anda persiapkan dan disampaikan ke dokter hewan adalah frekuensi buang air besar, serta lama terjadinya diare, serta kemungkinan penyebab diare.

 

Feses skor 5 : diare cair

feses anjing;feses kucing;skor feses;pup anjing;kucing
Skor feses 5
Sumber: Waltham.com

Feses dengan bentuk seperti ini menandakan kondisi diare yang cukup parah (mencret), feses diare berair merupakan salah satu pertanda terdapatnya infeksi pada usus halus. Frekuensi buang air besar mungkin tidak ada perubahan, namun pada kondisi ini menandai adanya malabsorbsi atau penyerapan pakan yang tidak baik sehingga hewan akan terlihat kurus, lemah, serta lesu. Kondisi ini akan berlangsung lebih dari satu hari, serta perlu segera dibawa ke dokter hewan pada karena dikhawatirkan terjadi dehidrasi pada hewan.

 

 

Sumber : www.waltham.com

Moxham G (2001) Waltham feses scoring system –A tool for veterinarians and pet owner : How does your pet rate ? Waltham Focus 11(2) : 24-25

*Note : We are really sorry, these illustrations may disgust you. These illustrations only for educational need. Thank you 🙂

 

160 comments

Kucing saya 2,5 bulan kemaren keluar rumah ga ketahuan. 4 jam kemudian pas saya buka pintu, dia langsung lari masuk rumah. Kemarennya saya kasih dia daging sapi kukus. Setelah dua kejadian itu kok dia jadi galak banget, gamau dielus. Fesesnya juga lembek. Kenapa ya?

Dok kucing saya kitten umur 3 bulan, udah ada tiga hari ini dia pup sehari bisa 4× dan pupnya berada di fases 4 dan 4.5. Selang satu hari saya beri obat cacing belum ada satu jam dia pup dan berada di fases 5 dok dan nafsu makan pun berkurang. Apa yg harus saya lakuin dok?

Dok, kucing sy baru baru ini divaksin, tp sy ngga tau kalo pupnya lembek, soalnya udah tergumpal sama pasirnya. Setelah itu kan sy bersihin kandang, pupnya dia itu ternyata lembek. Tp udah terlanjur divaksin. Itu bagaimana dok?

Iya vaksinnya didokter. Kurang tau ya dok, dokternya nggak bilang suhunya soalnya.. kalo digambar atas, skor pup kittenku nomer 4 smpe 4.5 itu dok..
Gmn yaa

gpp terkadang kalau setelah vaksin mmg ada perubahan d nafsu makan, tingkah laku, krn kondisinya sedikit stress. jika perlu diberikan yoghurt gpp untuk mengurangi mencretnya. kalau sampai 2 hr kondisinya sama maka perlu konsultasi lg ke dokter

dokter saya mau nanya kucing saya persia umur 7 bulan,mulai hari jumat (23-09-2016) bentuk feses nya mulai seperti no 3 ya dok terkadang juga sampai 4,5. ini barusan kena cacing tapi udah diobatin selang beberapa waktu dari pengobatan cacing mulai kayak yang saya jelaskan diatas dok. ini solusinya gimana ya dok? untuk aktivitas nya normal aja cuman porsi makannya jadi menurun. mohon bantuannya. (untuk makanan saya kasih RC 32 kitten dok.)

jadi ceritanya itu baru saya adopsi dokter,sebelumnya sama pemiliknya make whiskas sama maxi. trus pas disaya saya kasih rc 32 awalnya ndak papa dokter. sebelum cacingan poop masih keras,habis dikasih obat selang berapa hari baru encer sampai sekarang. mungkin 1 mingguan habis dikasih obat cacing baru poopnya jadi encer seperti yang saya sebutkan tadi.

coba dikasih yoghurt boleh 1 sdm sehari sekali. selama makan masih mau gak masalah. walau jarang terjadi efek setelah dikasih obat cacing jd mencret. tp mungkin ad penyebab lain spt stress atau mmg sensitif pencernaanya.

baik dok nanti coba saya kasih, kalau misalkan tetep diare solusinya gimana dok? saya kasih oralit boleh ndak? atau saya ganti pakannya? Terimakasih

Dok, kucing saya fesesnya skor 4.5 sudah terjadi sekitar -+ 2 mingguan. Sudah di berikan obat mencret khusus kucing tapi gada perubahan.

Dok, saya mau tanya. Kucing saya pupnya di no 3-3.5. Tapi dia gemuk dan lincah. Seperti kucing yg tidak sakit. Kira2 itu knp ya dok? Apa makanannya tidak cocok?

Pagi dok, sudah 3 hari ini skor feses kedua kucing saya antara 3-4, nafsu makan dan kelincahan tidak berkurang. beberapa hari lalu mereka sempat saya berikan snack friskes party mix tapi sdh saya stop. penangan sementaranya gimana dok ? sampai saat ini cuma saya kasih tempe rebus untuk campuran df. trims.

Di stop makanan yg tdk biasa dimakan, kemungkinan krn ad campuran makanan yg tdk biasa dr makanan sebelumnya (mengganti makanan mendadak), atau bs juga krn penyakit lainnya ya spt cacingan. Kalau masih mencret juga boleh coba diberikan yoghurt

Kalo untuk feses fase 4 dan pup masih normal sehari sekali, aman untuk dimandikan gak dok?

Dokter, 2 kucing saya baru beberapa hari adopsi umur sekitar 5 bulan, fesesnya di angka 4 (namanya tobi, sebelumnya tidak seperti itu tp setelah saya adopsi kucing yg satunya, jadi seperti itu ) dan yg satunya (namanya tinti, yg sy adopsi setelah tobi )keluar darah mulai dari awal saya adopsi, saya msh ragu bawa ke dokter hewan karena sblmnya kucing sy terdahulu yg mati lalu berobat serta rawat inap, biayanya 2x dari range harga yg diberitahukan sebelumnya. Tobi & Tinti sudah sy beri obat cacing tetes Well (tobi 2 minggu yg lalu dan hari ini dan tinti 5 hari yg lalu). Apa yg perlu saya lakukan selain konsultasi lgsg ke klinik hewan, dokter?
Terima kasih sebelumnya

Ass wr wb..
Pagi dok..senang ad blog seperti ini, sangat membantu sekali pada pemilik mpus..dan penyayang binatang pada umum nya..
Saya baru bergabung..salam kenal y dok..

Dokter
Saya mau tanya, saya adop kitten 3 bln lalu dlm kondisi malnutrisi, fungi, dan earmites jg suspect cacingan pastinya
Pertama dtg saya kasih drontal, sampai bln ke 3 ini sdh saya beri drontal 3x, berat bdn sdh naik, nafsu makan sgt baik, jamur sdh clear, begitu jg earmites bulu tdk rontok , bahkan cndrung smakin lebat, pakan meo kitten dan equilibrio, hanya saja pup ny tdk pernah stabil seperti pict 2&2,5
Lbh cndrung seperti pict 3 & 3,5
Itu solusi ny gimana, terkadang ad yg seperti pict 4, dan saya kasih norit 1 pil, bila sampai pup ny lmbk sekali..
Bolehkah norit di gunakan dok..
Terima kasih y dok..

Selama masih bagus nafsu makannya TDK masalah. Mmg ad bbrp penyebabnya mgkn bs krn stress. Bs krn kondisinya sdg turun. Untuk penanganan feses yg lebih encer lbh aman pakai probiotik. Infonya bs dilihat di Instagram @tanyadokterhewan . norit jika terlalu banyak bs menyebabkan konstipasi

Assalamu’alaikum dokter,
Kucing saya kitten umur 3 bulan baru beberapa hari yg lalu saya adopsi. Saya beri makan spt yg owner dulunya kasih. Tapi, kmrn dia pupnya berubah. Pertama adopt sampai kmrn lusa, pupnya berada dikisaran 2-2.5,normal2 aja. tapi baru kmrn pupnya jadi yg kyk dinomor 3-3.5. Lalu, hr ini dalam waktu <5jam sudah pup 2x dan lembek spt nomor 3-3.5 dan yg terakhir mengeluarkan darah walaupun sedikit. Itu bagaimana ya dok? Terimakasih..

Mgkn stress krn perpindahan. Mgkn juga ada kondisi lainnya. Untuk kitten bisa COBA dikasih probiotik. Infonya ada di Instagram @tanyadokterhewan ya

Dok, mau tanya. Kucing sya udah beberapa hari ini gk mau makan. Terus pupnya cair dan keluar sendiri dan baunya menyengat. Dilihat anusnya berwarna merah. Kira-kira kenapa ya dok? Sebelum itu ada muntah kayaknya rumput masih utuh yang keluar dan bau.

klo muntah rumput sih wajar, krn mmg biasanya kucing makan rumput untuk mengeluarkan hairball atau kotoran lain d saluran cerna nya. untuk nafsu makan menurun brrt ada gangguan d saluran cernanya. saran saya sebaiknya segera bawa ke dokter. terlebih lagi anus sdh berwarna merah menandakan sudah luka dan bisa radang

dok mau tanya lagi nih. untuk masalah bab nya lembek itu udah teratasi dengan saya datang ke klinik dokter hewan nah dikasih obat cacing sama antibiotiknya pup nya balik lagi ke awal yng no 2 bagus tuh sampe sekarang. tapi pas tadi hari ini pupnya kembali lembek dan keluar darah lagi. itu kenapa ya ? padahal kan sudah dikasih obat. saya periksa tanggal 17 januari nah balik lagi pup nya tgl 25 januari. belun dikasih obat cacing yang satu lagi sih dok rencana mulai kasih obat cacing lagi tanggal 30/31 januari. itu kira kira kenapa ya dok ? padahal udah dikasih obat tapi balik lagi ya ?. mksih dok

Dok kucing saya angora bru di bbeli langsung agak mencret, awalnya saya kasih roti…biasanya biskuit kucing…supaya tainya norma lagi gimana caranya?ini no hp saya 083816298925

Dok . Saya punya kucing biasa dok . Yg tiba2 datang gitu dok . Udah hampir 1/2 tahun saya memeliharanya dokter. Tapi setiap apa yg dimakannya bakalan keluar lg di feses nya utuh dokter. Saya udah coba ganti2. Dari whiskas. Friekas . Ikan biasa. Sampai whiskas sachet tu dok. Cuman selalu keluar. Utuh2 dokter. Masih berbentuk apa yg dimakannya dokter kek gitu keluarnya

Dok kucing aku umur 6 bulan. Baru adopsi. Dateng kerumah, aku kasih makanan yang sama kaya makanan dia dlu tapi ko mencret ya ? Tapi kucing aku tetep makan tetep lincah . sehari bisa 2x sampe 3x poop nya. Terus pipis nya sering dok. Knpa ya dok kira kira ? Poop nya kya pict 4 4.5 tapi aku gatau juga dok poopnya kayabgitu semenjak pindah rumah atau wktu masih dirumah lamanya juga gini
Perut dia bersuara gtu dok. Mohon pencerahanya soalnya binggung poop terus

mgkn bs krn stress baru adopsi, pengaruh juga ke saluran pencernaannya. memberi probiotik juga bisa dilakukan. infonya bisa lihat di instagram @tanyadokterhewan

Dokter kucing saya umur nya 6bln, kucing saya skrg lagi sakit terkena jamur di badan nya dan tidak ada nafsu makan sama sekali. Sudah saya bawak ke dokter 2 kali tp tidak mau makan juga badan nya masih lemas, malah sekarang dia tidak mau minum sama sekali dok dan satulagi Sekarang malah fases nya berwarna hitam pekat dan cair.
Apa yg terjadi dengan kucing saya ya dok..??

Dok, saya baru ngadopsi kucing, umur 2 bulan. Dia malas makan. Klw makan pun harus saya suapin dulu baru mau. Kucingnya juga sepertinya mengalami konstipasi dan fesesnya nyangkut di dubur. Karena itu, duburnya membengkak dan berwarna merah. Klw boleh tau, kucingnya harus di kasih perawatan dan obat apa dok? Terima kasih.

Untuk memperlancar bab nya, apakah saya harus memberikan air dan susu, mungkin buah juga dok seperti pepaya? saya juga pernah baca, klw olive oil juga membantu. Klw boleh tau takaran yg tepatnya seperti apa dok?

Dok, hari ini feses kucingku berada pada nomor 2. Namun, disertai dengan air dan masih ada feses yang mengganjal dekat lubang dubur. Maaf mengganggu dok

susu tdk perlu diberikan, yang bisa diberikan yoghurt sangat baik juga untuk memperlancar defekasi, pepaya boleh untuk anjing, kucing tidak disarankan, olive oil boleh 1 sdm sehari sekali

Dokter mau tanya kok kucingku munta sm mencret ya dok,muntahnya tu kadang makanan,buih putih gitu dok,ditambah lg fasesnya kadang berlendir,cair kayak 4 ke 5 lah dok,tpi gk berdarah kok cuma pas sya perhatiin fasesnya ampe warna hijau trus ada cacingnya banyak dok,mna dia lemes lesu gak mau makan dan harus disuapi dulu dok,tp sama aja muntah lagi dok,itu bagaimana ya dok,saya harus bagaimana?

Dokter mau tanya kok kucingku munta sm mencret ya dok,muntahnya tu kadang makanan,buih putih gitu dok,ditambah lg fasesnya kadang berlendir,cair kayak 4 ke 5 lah dok,tpi gk berdarah kok cuma pas sya perhatiin fasesnya ampe warna hijau trus ada cacingnya banyak dok,mna dia lemes lesu gak mau makan dan harus disuapi dulu dok,tp sama aja muntah lagi dok,ditambah lgi bulunya dielus dikit pd rontokan dok itu bagaimana ya dok,saya harus bagaimana?

Sore dok
Dok saya baru adopsi kucing 2bln ini skrg usianya baru 3bln kondisi blm di imunisasi ..makanan ak pake sesuai yg awal pemiliknya pake friskies pertama saya kasih yg buat kitten tp mencret terus lalu saya ganti yg adult lumayan agak keras pupnya ..udh seminggu ini ak campur ama rc yg buat kitten kucingku banyak makanya tp suka muntah ama pupnya jd sering bisa 6x sehari dan suka muntah dok..perutnya buncit tp kurus sama sering kentut bau bgt itu kenapa ya dok ..tp kucingnya tetep lincah dan makan banyak juga ..minta saran nya donk dok saya pemula soalnya trimakasih

dokter, seminggu yang lalu saya baru adopt kitten usia 2,5bln.
permasalahannya sudah sejak dr hari sabtu mlm saya lihat ada keganjalan dr kitten saya, yang pertama pup nya lembek dan satu hari kemudian saya menemukan telinga kanannya luka dan mengeluarkan nanah. kitten saya pun yang awalnya aktif banget, skrg lbh banyak diam dan tidur. pencegahan awal saya kasih obat telinga supertetra rekomendasi dr teman yang juga pelihara kucing. namun kitten saya tdk nafsu makan, dan kemaren saya lihat pup nya berwarna hijau tua dan encer.
dan itten saya terlihat lemas sekali.

apa yang harus saya lakukan dokter?

siang dok,
1 bulan lalu kucing saya diberikan makanan i’m organic dan untuk Skor feses 1.5 : kering, tidak terlalu keras. tapi setelah masa birahi muncul saya kawinkan dengan kucing petshop, hasilnya sangat tidak memuaskan. pup nya lembek dan dia tidak perkembangan hamil, bahkan sampai pupnya ada darahnya dok.
minta sarannya ya dok, terima kasih

Dok mau tanya, kucing saya umur 5 bulan. Fesesnya yg skor 3, tapi makan main dll nya normal. Itu tetap bahaya tidak ya?

Selama tidak cair sekali sih masih bisa ditoleransi ya. Kalau belum pernah dikasih obat cacing sebaiknya diberikan ya, krn salah satu penyebab pup nya lembek bs krn cacingan, bs juga kedinginan, ganti pakan dll

dok kucing saya persia umur 10 bulan, fesesnya di 1,5-2,5 berwarna hitam sama ada lendir darahnya. nafsu makannya berkurang, kurang aktif/lesu. ini bukan pertama kali fesesnya berdarah dok, pernah juga sekali fesesnya berdarah tapi warna kuning lembek sama pernah muntah 1x. Itu bahaya apa tidak ya dok?

dok mau tanya, saya baru adopsi kitten dan sekarang umur 2 bulan. kucing saya awalnya lincah, sekarang jadi tambah kurus dan kurang minum, pupnya nomer 3 tapi warnanya agak ada hijaunya sedikit. itu kenapa ya dok?

Dok, kucing saya mengalami fase ke 5, setelah mengganti makanan nya dan pup nya jga berwarna hitam itu gmna ya penanganan nya??

dok, kucing saya baru 3 bln . udah 3 hari ini dia pup keluar sendiri, bentuknya cair warna putih dok trus dubur nya merah dan kalau induk nya lagi bersihin duburnya terasa sakit dok.
ituu gimana yaa dok?

Dok anak kucing kucing saya pup nya skor 4.5 warna kuning pucat tp frekuensinya hanya dua kali sehari apa termasuk sakit diare atau tidak?
Nafsu makan tidak berkurang atau biasa saja

Kalau pup nya cair, belum tentu diare. Bisa krn hanya mencret saja, biasanya krn Perubahan pakan, TP bs juga kemungkinannya ada infeksi cacing atau parasit lainnya

Dok, bbrpa hari yll saya adopt kucing umur 11bulanan tp tiap pup di fase 3, itu knp ya dok?
Tapi kucingnya lincah2 aja, makan minum juga banyak.. apa dia sakit tanpa terdeteksi? What should i do dok? 🙁

Dok, kucing saya anggora msuk 8 bulan, 2 hari ini mencret dok. Pup nya fase ke 4,5 berwarna kuning dan bauuu banget. Kadang disertai tetesan2 darah seusai pup. Sehari bisa pup 6 kali lbih. Tapi dia tetap lincah, nafsu makan nya malah smakin bertambah. Itu kenapa dok? Dlu pas umur sebulan udh prnah dikasih obat cacing, hruskah dikasih lgi? Dan bagaimana pengobatan diare nya sbelum terlalu parah? Trims

Dok, sekarang kucing saya sudah berada di fase 5. Pup nya cair, dan hitam pekat. Terdapat seperti cacing tipis dan ada sesuatu berbentuk ginjal yg pas saya tekan dia ga putus2. Dan dia skrng tmbah lesu, itu gimana dok?

Assalamualaikum dok…
saya punya kucing persia medium, dan umurnya udah 6 bulan 2 hari yang lalu…kucing saya ini kadang makanan nya habis, kadang tidak, makanan nya Maxi merknya dok, nah skrg permasalahan nya, kucing saya pup nya setengah tipe 3/3.5 dan setengah nya lagi tipe 2, itu kenapa ya dok? apa yang harus saya lakukan? saya memang gk pernah nukar2 makanan nya sih sejak dari awal adopt, tapi si kucing ttp aktif sperti biasa, pup nya ini sudah seperti ini sudah sejak 2 hari yang lalu dok…mohon bantuan nya

Dok..kucing saya tdk ada nafsu makan,trus kok fecesnya kyk brlendir gitu dok..
Trus msh sperti makanan yg sy beri..
Misal sy kasi whiskash..fecesnya juga msh brwarna yg sama dgn makanan itu..disertai lendir..
Mohon bantuann dok…
Kucing saya kucing kampung hsil rescue sebulan yg lalu..msh kecil dok..
Tolong dok..kurus skali dianyaa..?

Sebaiknya jk lemas dan tdk nafsu makan lbh dr 2 hr lgsh diperiksakan ke dokter ya. Terutama kucing rescue sebaiknya mmg dikonsultasikan dgn dokter dulu, dikhawatirkan kondisinya dehidrasi, jd kn perlu di perbaiki kondisinya.

Baca juga artikel saya disini ya :

Kucing tidak nafsu makan

Kucing diare

dokter, kucing saya awalnya pup dg skor 2-2,5. seminggu ini di 3-4. dia menyusui, anaknya usia 1bulan. dan memang sekitar 3 minggu ini ganti pakan dari friskies ke whiskas. pupnya itu sehari bisa sampai 4x. saya sedih, dokter. ini diare atau bukan ya? kalau iya, apa kira-kira karena dia menyusui, ganti pakan atau yg lainnya? aktivitas dan nafsu makannya baik2 aja sih dok. mohon jawabannya ya. terima kasih dokter. jazakumullah.

Siang Dok,
Saya baru 2 hari merawat anak kucing yg d tinggal oleh induknya. Kalo dilihat mungkin umur mereka kurang dari 1 minggu. Saya kasih mereka susu formula khusus untuk kucing yg saya beli di PetShop. Dan keesokannya poop mereka berwarna kuning terang, baunya tidak menyengat hanya sedikit asam. Tekstur poopnya pun tidak lembek dan tidak keras juga. Apakah mereka dalam keadaan sehat, atau diare ya Dok?
Terima kasih.

untuk info lebih lengkap mengenai perawatan kitten, bisa download ebook nya disini ya : ebook

untuk tekstur poop kitten krn belum memakan makanan padat, biasanya akan sedikit lembek, dan normal saja. yang perlu diperhatikan jika pup yang lembek disertai penuruna nafsu makan dan lemas.

dok bab anjing saya sudah 2 minguu berwarna putih sepertinya no 1, wrnanya seperti putih seperti kapur, namun keadaan anjingnya sehat, makan seperti biasa dan tidak lemas. apa benar itu efek karena sering d kasih tulang sapi? krna hampir setiap hari saya kasih cemilan tulang sapi.

Kelebihan kalsium mmg bisa membuat pup jadi kering dan putih, sebaiknya camilan atau snack nya diganti setiap hari seperti dgn buah maupun sayuran.

Bisa cek infonya disini : buah untuk anjing

Sayuran untuk anjing

Untuk selanjut nya tanya jawab bisa dilakukan disini.
Hi, saat ini kami memiliki fitur baru halaman tanya jawab agar lebih mudah menjawabnya dibandingkan di komentar. Silahkan tulis pertanyaan anda di (Konsultasi Dokter Hewan Online) https://tanyadokterhewan.com/tanya-dokter-hewan-online/

Dok kucing saya persia umur 7 bulan, habis di titipin ke petshop dia berubah tingkah laku, nafsu makan berkurang. Terus akhirnya saya lepas di halaman rumah. Pulang pulang dia kayak sakit, dan akhirnya muntah air putih yang dia minum dan ada rumputnya. Terus sekarang dia BAB nya bentuknya menjadi gambar 4, tetapi padat seperti pelet/biskuit yang dia makan. Dan ada warna biskuitnya (hijau,oren,coklat). Apakah kucing saya tidak mengunyah makanan dgn baik dok? Itu kira kira muntahan padat atau feses? Atau penyakit lain dok?

apakah sebelum dititipkan kucing sudah di vaksinasi? kucing yang dititipkan biasanya saat beradaptasi dengan tempat baru, daya tahan tubuhnya mengalami penurunan jadi sangat mudah terpapar agen penyakit. jadi memang perlu dipastikan sudah vaksinasi dan dalam kondisi yang sehat.

sebaiknya konsultasikan ke dokter untuk mendapatkan pemeriksaan dan penanganan lebih lanjut ya

dok saya mau tanya. dok saya baru adopt kucing himalayan jantan umur nya kurang tau mngkin sekitar 7/8 bln dr awal kucing terliat agak membengkak perutnya dan pernah saya elus dan agak keras dibagian perut kiri. pup nya juga encer namun tidak ada cacing
, yang bikin saya khawatir setiap saya elus bagian perutnya kucing nya marah. kira2 knpa ya dok? nafsu makanya masih normal. terima kasih dok sblmnya mohon infonya dok.

beberapa kucing memang ada yang tidak suka dipegang bagian perutnya sehngga bisa marah, tapi mungkin juga mengalami gangguan di saluran cerna dan organ di regio abdomen (perut) sehingga menyebabkan kesakitan. untuk mengetahui peyebabnya lebih lanjut sebaiknya diperiksakan ke dokter ya, agar mendpatkan penanganan yang tepat

Dok
saya punya kucing persia dan usia masih muda. Pertama saya kasih makan bab nya seperti skor 1.5 . Hari ke dua dan tiga bab nya seperti skor 3. apa makanannya perlu diganti? dia kalo liat manusia kadang kaya takut gitu. dia suka tidur ditempat gelap(bawah kasur/bawah rak sepatu). itu kenapa ya dok?

Dok, saya mempunyai seekor anak kucing hutan, umur sekitar 4 bulan, pertama kali saya beri catfood basah, fesesnya hitam dan dikategorikan sehat, tetapi 1 minggu terakhir saya mencoba memberi daging jeroan (jantung, hati, dll) kucing saya semakin lama fesesnya jadi semakin cair berwarna coklat gelap, Saya takut apabila dia terkena diare, tetapi sampai sekarang dia masih aktif dan tidak lesu juga nafsu makan masih rakus, minum selalu tersedia setelah makan rutin minum. Pertanyaan saya Apakah saya harus memberi obat diare kucing saya atau kondisi kucing hutan saya masih normal ? Apa yang sebaiknya saya lakukan ?
Terimakasih dokter.

sebenarnya untuk kucing hutan memang tidak lazim diperlihara, termasuk hewan yang dilindungi ya. cukup kasian kalau dberikan catfood, sebaiknya diberikan pakan seperti ayam, daging, dan protein yang lainnya sama seperti kondisinya di hutan. pergantian pakan yang terlalu cepat bisa juga menyebabkan kotoran jadi lebih lembek. untuk pemberian obat sebaiknya konsultasikan dulu dengan dokter ya, saran saya sebelum terlambat bisa juga dikembalikan ke BKSDA atau sanctuary agar bisa drehabilitasi dan dikembalikan ke hutan.

untuk selanjutnya tanya jawab dilakukan disini ya
Hi, saat ini kami memiliki fitur baru halaman tanya jawab agar lebih mudah menjawabnya dibandingkan di komentar. Silahkan tulis pertanyaan anda di Konsultasi Dokter Hewan Online

Dok anjing saya kemaren diare sampe buang air ada darahnya tpi setelah didatangkan dokter dan dikasih obat antibiotik sama vitamin masih lesu dan fesesnya sekarang kental berwarna hijau. Apakah ini tanda mau sembuh atau masih sakit?

sebaiknya, dikonsultasikan kembali ke dokter mengenai kondisinya ya, karena dokter yang memeriksakan tentu lebih mengetahui kondisi sesunguhnya.
feses yang hijau bs saja kemungkinan ada infeksi bakteri maupun bisa juga kelainan di organ

Untuk selanjutnya, tanya jawab bisa dilakukan disini :

Konsultasi dokter hewan online

Assalamualaikum dok, saya punya kucing jenis lokal. Tpi saya rawat kucing seperti kucing kucing hias. Kucing saya berumur 5 bulan. Kotoran kucing saya berwarna hijau kehitaman dan berbau menyengat. Dan sudah hampir 4 hari tidak mau makan, sebelumnya pernah muntah muntah buih tpi hanya cairan saja. Sudah saya bawa ke dokter hewan, katanya keracunan dan dsuntik anti racun. Tapi kenapa masih ndak mau makan ya dok? Terima kasih

Dok, Kurang lebih 3minggunan kittenku hilang , nah kemarin kitten ku tiba tiba balik rumah , aku bangun tidur dy udh makan
Stelah itu aku lihat dy pup, pupny lembek seperti fases 3 dan 3,5
Kitte ny udh aku ksih lacto b , kemarin malam dab pagi ini
Apa kitten ku begitu krna mungkin pas dicuri orang makannya sembarangan trus Kemabali makan makanan kucing lg ya dok?

Dok, saya punya kucing umur 1, 5 bln. Pertama pup nya normal dok, trus d fase 3 dan skrg d fase 4 dok. Dry Food nya memang ganti dok, apa krna itu ya dok?? Trus klw wet Food nya d ganti2 rasa tapi ttp 1 merek boleh gak dok??
Skrg bagus nya kitten ndh d ksh apa dok biar pup nya normal lg??

Dok, kucing saya mencret trus 2 hari yg lalu. Mencretnya sampe berair dan keluar trus sampai pantat kucing saya basah kena ee nya. Padahal mau makan, dan minum terus juga.
Saya beliin obat mencret yg cair tapi di muntahin trus, lalu saya ksih tempet mulai berkurang dan eenya seperti fases no.3.
Tapi terkadang saya suka liat dia ngeluarin lendir begitu.
Itu kenapa yaa dok?

Biasanya kalau sudah berlendir terjadi gangguan di saluran cerna terutama mukosa usus yg luka. Penyebabnya bs beragam ya, bs krn virus, bakteri bs juga dari makanan, oleh karena itu perlu diberikan terapi yang tepat sesuai penyebabnya. Tdk semua obat mencret bisa mebgatasi diare pd kucing krn bs saja tdk sesuai

Dok mau tanya. Kucing saya awalnya sehat aja malem nya masih aktif main, makan n minum lancar. Tp tiba2 td pagi dia kaya murung gak nafsu makan. Trus ada pup wrna kotoran nya agak kehijauan tp gak encer. Itu kenapa ya n apa yg harus saya lakukan dok umur kucing nya baru mau 3 bulan.

Dokter, kucing saya kira-kira baru umur 1 bulan, kotoran nya cair berwarna coklat tua, badannya lemas dan di kasih makan sama ibu saya susu ultra putih dan cerelac beras merah, kadang kadang juga diberi kuning telur. Saya juga sudah menjemur nya di pagi hari dan memberi lampu pada kadang nya yang bersih. Apa tindakan saya benar dok? Atau ada yang salah? Soalnya badannya kurus banget.

pemberian susu sapi bisa juga menyebabkan mencret, jadi sebaiknya berikan makanan kucing saja atau berikan ikan yang dihaluskan. perlu juga diberikan obat cacing jika sudah masuk usia 6 minggu.

Dok, Kucing Saya Persia Umurnya 8 Bulan Jalan 9 Bulan, Jadi Tadi pas saya mau membersihkan tempat pupnya, saya liat pupnya ada setitik darah, Kira kira Itu Sakit apa ? Parah ? Bagaimana cara menanganinya…!!!
soalnya pupnya Juga tidak Normal, Terkadang Berada di vase 2.5/ 3 /3.5

Dok,saya baru saya adopsi kucing dr teman saya. Kebetulan bayi kucing ini juga baru 2 hari diadoosi teman saya,tetapi dia tidak sanggup krn setip malam slm 2 hari sllu mengeong shga teman saya tdak bs tidur pulas. Menurut teman saya umurnya baru 1 bln dan parahnya sangat kurus,dibalik bulunya yg medium saya bs merasakan tulang2 yg menonjol.
Dan fesenya sangat lembek jg berdarah,apakah blh dok untuk diberikan obat cacing?
Lalu untuk makanan boleh tdk sih mencampurkan makanan basah dgn susu?
Karena si mpus ga doyan makan sm sekali
Thank you

jika kondisinya kurus kemungkinan mengalami malnutrisi, cukup berbahaya pada kitten kalau dibiarkan karena bisa mneghambat pertumbuhannya. untuk usia kitten pemberian susu masih bisa diberikan. namun untuk pemberan obat cacing perlu konsultasikan dulu ke dokter.

Dok saya mau nanya kalau kitten BABnya hitamkemerahan kenapa ya dok? Soalnya saya baru nemu dia dijalan dari pagi sampai malam ini dia BABnya begitu terus. Kondisi badan gak kurus tp perut buncit banget. Dia gak suka susu dan untuk makan wiskas basah kusus kitten dia lahap. Umurnya kira-kira 1,5-2bln dok. Kira-kira kenapa ya dok?

Perut buncit perlu d cek apakah krn terlalh banyak makan, kemungkinan kembung, perut bersisi cairan, atau mgkn ada penyebab lainnya.

Assalamualaikum,
Dok artikelnya sangat bagus dan membantu. Saya jg lega krn mengetahui kucing saya sehat walafiat krn fesesnya ada dipoint 2,5.
Dok sy mau tanya, kucing saya jenis maine coon mix persia usia 6 bulan, tapi kucing sy sdh terlihat seperti ingin kawin. Kucing sy suka memeluk tangan sy dari atas sambil menggigit pelan dan menekan nekan kemaluannya seperti posisi kucing sedang kawin.. Apa itu normal dok ? apa sy hrs mengawinkannya walalupun usianya baru 6 bulan? Atau sy kebiri saja ya ? Bagmn efek kebiri utk kucing dok? Mohon pencerahannya…
Terimakasih

Waalaikumsalam, kucing jantan mmg biasanya sdh birahi usia 6 bulan, tp ada juga yg lebih lambat. Untuk jantan tdk masalah kalau ingin dikawinkan, tapi pastikan betina nya cukup umur krn mempengaruhi pertumbuhan betina dan keselamatan janin. Untuk manfaat kebiri silahkan baca di web ini tentang manfaat steril pada kucing ya

Tapi dok kucing saya itu bisa dibilang sangat masih bocah tingkah lakunya seperti kucing masih anak2 masih suka bercanda , ukrannya jg bisa dibilang masih kecil beratnya masih sekitar 3,3 kg, sy pengennya si ga usah dikawinkan krn sy ga mau terlaku bnyk kucing takut ga keurus.. dan satu lagi dok, saya punya Kucing kampung juga jantan usia 2 tahun lebih, tapi belum pernah kawin dan kayanya ga pernah kawin deh, itu kenapa ya dok? Padahal dia gak saya kebiri dok…
Oiya Dokter praktek dimana? biaya utk kebiri kucing jantan ditempat dokter berapa ya?

Usia 2 tahun jantan tdk kebiri, tdk pernah kawin perlu diperhatikan juga kemungkinan kelainan hormonal. Normalnya kalau ada kucing betina birahi dan sudah usia dewasa normalnya akan kawin. Untuk info tempat praktek dan nomor yg bs dihubungi slhkan cek instagram @tdh_store dan @tanyadokterhewan.

Saya dikasih anak kucing jenis mainecoon mix persia peak nose usianya 3 bulan waktu dikasih sama pacar saya, awalnya fesesnya di skor 4 – 4,5 dan badannya kurus serta jamuran dan satu hari itu bisa 3 – 4 kali BAB.
Sy khawatir kemudian sy vaksin dan suntik anti jamur, saya ganti jg makananya yaitu tempe dan ikan tongkol direbus lalu dikasih vitamin dan diblender, makanan keringnya juga saya kasih tp hanya malam hari utk cemilan si kucing…
Skrg kucing sy sehat, fesesnya diskor 2.5 dan BAB nya jg normal cuma 2x sehari pagi dan malem aja, berat bdannya sdh 3,2 kg diusia 6 bulan saat ini.
Skrg yg jadi pertimbangan sy adalah kucing sy itu pengen kawin, beberapa kali suka gigit tangan sy dan menekan nekan tangan sy dgn kemaluannya seperti kucing ingin kawin.
Saya suka kucing tp tdk mau punya kucing terlalu banyak krn khawatir ga keurus.. Saya punya rencana utk dikebiri saja, tp kalau kebiri apakah cocok utk kucing saya dok ? Dan bgmn dgn kesehatannya nanti mengingat kucing saya baru 6 bulan usianya saat ini ?

Silahkan baca mengenai steril pada kucing di web tanyadokterhewan.com ya. Saya sudah pernah bahas.

Dokter, kucing saya umur 5 minggu. Saya kasih sufor dan whiskas junior tuna. Fesesnya warna hitam pekat teksturnya seperti pasta gitu, dok. Apa itu normal?

Kalau usia 5 mg sebaiknya perhatikan teksturnya ya, jgn terlalu padat tekstur makanannya. Kalau masih pasta tdk keras masih normal selama tdk ada darah, tdk ada lendir, bau amis.

Dok, kitten saya perutnya besar tapi leher dan kakinya kecil. Saya tdk melihat tanda tanda dia sedang sakit. Nafsu makannya normal, dan senang bermain jg. Itu knp ya dok? Saya khawatir

Kalau ukuran perut tidak seimbang dengan ukuran badan, selain krn terlalu banyak makan, bs jadi ada kelainan penyerapan nutrisi, penumpukan gas, penumpukan cairan, penumpukn cairan biasanya protein d luar organ krn kecacingan salah satunya. Untuk memastikan bs juga d konsultasikan ke dokter untuk diperiksakan fesesnya.

Dokter, kucing saya usia 7 minggu. Sekarang ini fesesnya lembek, bisa dibilang mencret. Dia ndak mau minum susu, tapi aktif bermain. Saya khawatir, dok. Bagaimana cara mengatasinya? Dan diberi obat apa? Padahal kemarin malam masih mau minum susu.

halo, dok… saya baru 2 bulan ini adopt kucing, stray cat betina umur sekitar 3/4 bln
feses nya lembek , dann baru hari ini dari dubur nya keluar minyak yg berbau ,
kira2 kucing saya sakit apa ya dok? mohon solusinya

Selamat malam Dokter, saya tiara, saya mau tanya.
Gini dok, saya mungut anak kucing, dulu masih kecil banget tp skrng udah agak gedean kira kira 3bulan.
Dan dulu dia prnah ambeien tapi udah sehat, dan skrng gak tau kenapa dia tiba tiba gak bisa jalan hampir 2 minggu ini, kami semua kira kaki belakangnya lumpuh tapi ternyata dia bisa gerakkan dan ternyata dia tidak bisa mengangkat badannya untuk jalan. Dia juga jarang pup, malah hampir 4 hari dia gak ada pup, dia cuma pipis doang tiap hari, pipisnya masih warna dan bau normal
Tapi kalo dia pup, itu ada di feses 2 , dan cuma sebutir kecil banget yg keluar, saya khawatir, padahal dia masih nafsu makan dan minum.
Didalam anusnya kaya ada tonjolan kecil bening gitu dok, dan dia selalu gerakin kaki kanan belakangnya seolah menggaruk dan selalu dibarengi kentut. Itu membuat saya gak bisa tidur dok, saya terus ngajak dia bicara, saya takut dia kenapa- kenapa.
Dia sakit apa ya dok ? Apa ada kaitannya dengan ambeien dia yg dulu ? Saya harus melakukan penanganan apa dok ?
Sebelumnya Terima Kasih Dokter

Kalau terlihat adanya perubahan perilaku terutama perubahan aktifitas pup yg tdk lancar lbh dr 2 hari baiknya sgr dikonsultasikan. Nnt dokter akan melihat apakah mmg ada bagian yg sakit, cedera, luka, atau bs jadi gangguan syaraf. Krn kalau ada bagian yg sakit tentu ns saja jd tdk mau pup

Dok, kucing sy td gesek2in pantatnya ke tanah sebelum BAB tuh knp y dok? Trs pas BAB, pupnya lengket semua kena bulunya. Apa kurang serat? Atau cacingan? Di pupnya sih sy lihat g ad cacingnya.
Thanks

Gesek2 daerah pantat dan anus biasanya krn gatal, bs krn ada pembengkakan kelenjar daerah anus jd gatal, bs juga gatal krn ada cacing. Diberikan obat cacing juga bisa jika mmg blm pernah.

Dok, di rumah kami kitten dome 3 bulan pupnya mungkin nomor 4/4,5. Dia kalo pup di kebon depan rumah, jadi kami nggak tau persisnya bentuknya gimana. Tapi sering ada ketinggalan dikit di lubang pantatnya dan kadang suka ada 2-3 tetes pup bercecer di teras. Misal, hari ini aja sy udah bersihin 3x ceceran pup itu. Kayanya itu sejak kami kasih campuran nasi+ikan tongkol (sudah sekitar 1 minggu). Sblmnya ikan doang, dan nyoba dry food 1 minggu.

Nasi bisa bikin mencret ya dok? Soalnya yg kitten 1 lagi nggak ada masalah. Ato mungkin cacingan? Kalo misal perlu obat cacing, boleh tolong sebutkan merknya nggak dok? Saya bener2 baru soal kucing2an.

Silahkan baca mengenai mencret di artikel cara mengobati diare pada kucing, baca juga mengenai kucing makan nasi di artijkel bolehkan kucing makan nasi, baca juga mengenai cacingan di artikel 10 pertanyaan mengenai cacingan. Manfaatkan fitur cari tulisan, krn sy sudah bahas

kampung kurang lebih umur 2bln itu saya ambil dari jalanan dengan kondisi kurus dan sudah 1 minggu ini badan gemuk dan sangat aktif bermain akan tetapi saya cek fases kotorannya lembek seperti no 4 dan 4.5 serta bau yg sangat menyengat bahkan seperti bau bangkai saya perhatikan tidak ada cacing di kotoran maupun di sekitar anus.. mohon penjelasan dan penanganannya dok..

Penyebab kucing mencret ataupun diare tidak hanya karena cacing saja, bisa karena parasit lain spt protozoa maupun virus dan bakteri. Biasanya kalau sudah bau tdk enak dan seperti bau belerang atau gas, kemungkinan ada infeksi bakteri. Sebaiknya dikonsultasikan ke dokter, nnt dokter akan memberikan terapi sesuai dengan kondisinya. Baca juga : diare pd kucing

assalammualaikum dok… saya memiliki kucing kampung  kurang lebih umur 2bln yg saya ambil dari jalanan kondisi kurus dan sudah 1 minggu ini badan gemuk dan sangat aktif bermain akan tetapi saya cek fases kotorannya lembek seperti no 4 dan 4.5 serta bau yg sangat menyengat bahkan seperti bau bangkai saya perhatikan tidak ada cacing di kotoran maupun di sekitar anus.. mohon penjelasan dan penanganannya dok.. nb:apa saya boleh memberikan obat cacing combantrin dok .

Memberikan obat cacing bisa saja tapi perlu hati2 dosisnya, kalau terlalu banyak bisa menyebabkan keracunan. Pada kucing 2 bln cukup 0.2-0.5 ml saja. Sebaiknya konsultasikan ke dokter untuk penanganan yg sesuai. Baca juga mengenai kucing diare, mengenai cacingan pada kucing.

assalammualaikum dok… begini dok kucingnya sekarang pupnya jadi hitam pekat kaya oli dok fase 4 warna hitam pekat… trus 2 hari yg lalu pup seperti kotoran belum matang warna dan tekstur seperti makanannya saya kasih kombantrin kluar cacing panjang 10cm… dan tadi pagi saya cek ada muntah dikandangnya ..

Malam dok…saya punya kucing umurnya sekitar 1th lebih,sudah pernah melahirkan 2 kali dan skrg sepertinya sdg hamil lagi…saya mau tanya kenapa ya kok fesesnya disertai darah yang menggumpal…fesesnya di skor 2.5….makasih sblmnya dok…

Assalammualaikum dok, dok saya mau tanya kucing saya sering bersin – bersin keluar ingus tapi suhu badannya normal, nafsu makannya juga bagus. itu kenapa ya dok? terima kasih sebelumnya dok.

Bisa banyak penyebabnya, bs ada benda asing di hidung seperti hewan, rambut, rumput, bisa juga terkena gangguan saluran nafas kronis misal ya rhinitis kronis. Kalau sdh kronis suhu tubuh tdk terpengaruh.

Assalamualaikum.. Dok saya mau tanya.. Saya punya kucing persia medium usianya sekitar 16 bulan.. Dua bulan stlah melahirkan dia birahi lagi dok jadi saya kawinkan ke kucing anggora tapi nginepnya d kandang yang kotor punya ibunya kucing laki2.. Dia saya titipkan selama 2 minggu tapi makanannya tetap saya bawa setiap minggu.. Trus pas pulang dia dipenuhi kutu.. Trus saya udah mandiin sama bersihin kutunya tiap hari.. Seminggu kemudian dia jadi diare dan lemah sama nggak nafsu makan dok.. Saya udah kasih obat sama nghibur dia tapi diarenya sampai sekarang hampir satu bulan gak sembuh2 dok.. Awal2nya keluar cairan yang bauuuu banget dari duburnya trus juga bengkak.. Dan setelah itu sampai sekarang kadang2 duburnya warnanya putih dan jarang buang feses sembarangan.. Tapi kadang2 duburnya bengkak dan menjalar ke alat vitalnya bengkak juga sambil dia buang feses cair dimana2.. Cuma udah gak ada lendir lagi sekarang.. Gimana ya dok solusinya.. Dokter hewan dua jam dari sini dok.. Jauh.. Dia masih mau makan banyak dok.. Minum juga.. Cuma kayaknya duburnya sakit sama diarenya gak sembuh2..

Sebaiknya tetap konsultasikan ke dokter, selain pemberian obat diare yg umum, mgkn diperlukan juga antibiotik atau terapi lain yang memamg dibutuhkan sesuai pemeriksaan. Anus yang sakit bs juga diberikan kompres air dingin, supaya meringankan sakitnya.

permisi dok, saya punya kucing usia 3,5 bulan. barusan pupnya saya liat kondisi no 1 tapi ada keluar darah juga di pupnya. kucingnya nafsu makannya baik dan masih lincah. saya kasih makan RC yang kitten. itu kenapa ya dok? mohon bantuannyq??

Pernah diberikan obat cacing atau belum? Perlu diperhatikan juga pemberian obat cacing nya. Pup berdarah bs jadi krn terlalu keras atau padat, jadinya saat mengeluarkan feses melukai dinding anus lalu terluka.

Dok, sy menemukan kucing kecil tanpa induk, dia penuh telur kutu, kalau dipecahin jadinya merah2 badannya, bulunya juga sangat kusut dan lengket, fesesnya hitam pekat dan suaranya serak, suhu badannya juga dingin dok tp jalannya nggak sempoyongan, kira2 knp ya, dok? Sempat sy beri makan makanan kucing untuk dewasa yang saya haluskan spt bubur dua kali, sekarang sy beri dia susu untuk anak kucing saja dan sy kasih lampu biar hangat, saya bersihkan badannnya pakai kain yang sy celupkan air hangat, langkah sy sudah tepat belum dok?

Ketika membersihkan badan, pastikan dikeringkan dengan benar, pemberian susu, pakan yg lembut, penggunaan lampu sudah tepat dilakukan. Jalan sempoyongan bisa karena memang gangguan penyerapan nutrisi, gangguan syaraf, atau ada infeksi virus yg menyebabkan gangguan sistem gerak.

dok saya punya baby cat umur sekitar 2mingguan lebih saya gk tau pasti umurnya krna kucing tanpa induk yg saya adop dr seseorang yg menemukannya.prtanyaan saya knp ya dok pup baby cat saya keluarnya kyk jelly putih gtu dok dan bau asem..kmrin” gk dok .dan apa solusinya biar bisa kmbali normal

Perlu dicek kembali susu nya apakah cukup atau tidak. Selama masih mau menyusui, tidak lemas, tidak masalah. Biasanya salah satu tanda reaksi thd susu pengganti, tapi jika kondisinya disertai lemas dan tdk mau menyusui maka perlu dikonsultasikan ke dokter.

Leave a Reply

*