10 Fakta Toksoplasma yang mungkin belum Anda ketahui – TANYA DOKTER HEWAN

10 Fakta Toksoplasma yang mungkin belum Anda ketahui

10 Fakta Toksoplasma yang mungkin belum Anda ketahui

Banyak isu yang berkembang dan menyatakan bahwa wanita terutama wanita hamil tidak boleh memelihara kucing karena dapat menyebabkan kemandulan serta keguguran. Hal ini mendorong tingkah laku masyarakat yang senantiasa khawatir terhadap kucing dan mengaggap bahwa kucing adalah wabah. Kekhawatiran tersebut didasarkan pada keberadaan parasit Toxoplasma yang menyebabkan toksoplasmosis pada manusia dan mamalia lainnya. Namun ternyata penularan Toxoplasma ini bukan dari kucing namun dari feses atau kotoran kucing. Berikut 10 Fakta Toksoplasma yang mungkin belum Anda ketahui.

#1 Kucing yang sering memangsa tikus memiliki potensi menularkan Toxoplasma pada pemiliknya

Toksoplasmosis pada kucing salah satunya terjadi akibat kebiasaan kucing memburu tikus. Tikus yang dimakan oleh kucing terdapat Toxoplasma pada daging (otot) nya. Ketika kucing memakan tikus tersebut maka Toxoplasma akan berkembang di dalam usus halus, sehingga kotoran kucing akan mengandung ookista infektif Toxoplasma.

10 Fakta Toksoplasma yang mungkin belum Anda ketahui
10 Fakta Toksoplasma yang mungkin belum Anda ketahui

#2 Toksoplasmosis bersifat zoonosis

Toksoplasmosis adalah penyakit yang diakibatkan oleh protozoa Toxoplasma gondii. Toksoplasmosis bersifat zoonosis atau dapat menular dari hewan ke manusia.

Baca juga : 6 cara penting mencegah infeksi Toxoplasma

#3 Toxoplasma hanya dapat berkembang di keluarga Kucing

Semua jenis kucing adalah inang dari Toxoplasma, parasit ini hanya dapat berkembang menjadi organism yang menginfeksi di dalam tubuh kucing. Toxoplasma melakukan perkembangbiakan di dalam usus halus kucing.

#4 Kotoran kucing yang dapat menularkan Toxoplasma

Berdekatan dengan kucing, mengelus kucing, dan memelihara kucing tidak akan menyebabkan penularan toxoplasma. Toxoplasma hanya akan menular melalui kotoran kucing. Kotoran atau feses kucing yang mengandung ookista infektif yang dapat menularkan Toxoplasma.

Baca juga : Cara mencegah kucing buang air sembarangan

#5 Toxoplasma menyerang hampir semua mamalia

Toxoplasma dapat menginfeksi semua mamalia seperti tikus, dan termasuk hewan produksi seperti domba, sapi, dan babi. Hewan tersebut terkena Toxoplasma dari tanah atau tumbuhan yang terkontaminasi feses (kotoran) yang terdapat ookista infektif Toxoplasma.

#6 Toxoplasma berkembang di daging unggas dan mamalia

Toxoplasma yang menginfeksi unggas (ayam), mamalia (tikus, domba, sapi, dan babi) tidak akan menginfeksi hewan atau manusia melalui kotoran (feses) namun melalui daging (otot). Toxoplasma di mamalia ataupun unggas akan berkembang di daging (otot). Toxoplasma di hewan-hewan ini tidak akan menular ke manusia atau hewan lain kecuali dengan cara memakan daging mentah.

#7 Memakan daging mentah atau setengah matang meningkatkan resiko terinfeksi Toxoplasma

Toxoplasma yang berkembang di daging unggas (ayam) atau daging mamalia (domba, sapi, dan babi) dapat bertahan jika tidak dilakukan proses masak yang benar. Memasak daging dengan suhu lebih dari 70oC dapat mematikan Toxoplasma.

#8 Tidak hanya wanita, pria pun bisa terinfeksi Toksoplasma

Toxoplasma tidak pernah memilih gender saat menginfeksi individu. Pria pun dapat terinfeksi Toksoplasma. Toxoplasmosis kronis pada pria dapat menyebabkan penurunan fertilitas (kemandulan). Wanita yang terinfeksi toxoplasma terutama saat hamil akan menyebabkan keguguran, kematian janin, dan kelainan perkembangan janin.

# 9 Toxoplasma merupakan protozoa

Toxoplasma merupakan organisme sel tunggal yang termasuk kedalam golongan protozoa bukan virus, bakteri, ataupun kuman. Toxoplasma hidup didalam sel (intraselular) sebagai parasit. Spesies Toxoplasma yang menginfeksi yaitu Toxoplasma gondii.

#10 Berkebun dan memakan sayuran mentah dan tidak dicuci meningkatkan resiko terinfeksi Toxoplasma

Feses atau kotoran kucing yang mengandung ookista infektif Toxoplasma kemungkinan dapat mengkontaminasi tanah maupun sayuran. Berkebun tanpa menggunakan sarung tangan dapat meningkatkan resiko terkena toksoplasmosis, karena tanah yang kemungkinan terkontaminasi feses atau kotoran kucing yang terdapat ookista infektif Toxoplasma. Selain itu, tidak mencuci tangan dengan sabun setelah berkebun dapat meningkatkan resiko masuknya parasit Toxoplasma ke dalam tubuh. Memakan sayuran maupun buah mentah yang tidak dicuci dapat meningkatkan resiko terjadinysa toksoplasmosis terutama pada sayuran yang terkontaminasi ookista infektif Toxoplasma.

Jadi, jangan khawatir memelihara kucing ya Mommies karena bukan kucing yang menyebabkan toksoplasmosis namun feses atau kotoran kucing yang dapat menularkannya . Kunci yang paling penting adalah selalu menjaga kebersihan serta mencuci tangan dengan sabun setelah menangani feses kucing, berkebun, dan jangan makan daging mentah.

Dengarkan juga Soundcloud jawaban pertanyaan: Apakah memelihara kucing berbahaya bagi Ibu hamil?

*P.S Jika ada yang ingin ditanyakan/didiskusikan jangan sungkan bertanya melalui komentar di bawah ini ya.
Jangan lupa juga share artikel ini agar informasinya bisa bermanfaat bagi orang lain.

Regards
drh Puspasari Respatiningtyas

34 comments

Mau nanya nih dok, kucing sya sakit yg Ga saya tau Apa penyebabnya. Dia susah berdiri bahkan untuk berdiri pun kakinya gemetar dan sering banget jatuh atau terjerumus saat turun. Dan dia jadi Ga mau makan. Sekarang kucing saya pergi dan hilang Ga tau kemana

Halo mbak chayra, berapa usia kucingnya? Jantan atau betina? Biasanya kondisi spt itu bnyk penyebabnya bisa jadi kelainan di tulang krn kekurangan kalsium, atau bisa jadi karena kelainan syaraf, atau pun bisa kekurangan kalium karena kalium sangat penting untuk syaraf dan pergerakan. Solusinya tentunya memberikan makanan yang mengandung gizi yang cukup serta suplemen vitamin dan mineral. Tapi untuk lbh memastikan kalau kucingnya sudah kembali ke rumah bisa di bawa ke dokter hewan. Terimakasih

Anjing tidak akan menularkan toksoplasma secara langsung, karena toksoplasma pada anjing akan berkembamg di daging atau otot. Tidak pada fesesm jadi penularan satu satunya adalah jika memakan daging nya. Tapi kan itu sangat tidak baik ya, jadi perlu dihindari.

Dokter saya ingin bertanya, saat kucing pup di kotak litter kadang ada pasir yang menempel dikaki-kaki kucing dan kucing saya suka sekali tidur dikasur saya sehingga pasir sering menempel dikasur saya, apakah pasir tsb berbahaya atau dapat membawa ookista tokso atau tidak?
Terima Kasih

Anjing bisa tertular toxoplasma,tetapi hanya berkembang di dalam ototnya saja…hanya kucing atau famili felidae yg berkembang di dalam feses dan otot

Ya betul sekali, mamalia dan unggas bs terkena toksoplasma, hanya kucing yang bs menginfeksi melalui feses. Oleh karenanya memakan daging anjing pun meningkatkan resiko toksoplasmosis, karenanya lebih baik dihindari.

Bisa saja, oleh karena itu pupnya perlu dibuang setiap hari, jangan sampai menempel di kaki kucingnya. Pastikan juga kucing nya tdk pernah melakukan tindakan yng beresiko menularkan toksoplasma sperti makan tikus, makan daging mentah, dll. Kalau mau meyakinkan di bbrp klinik ada tes toksoplasma pada kucing, sehingga anda tdk akan khawatir lagi. Sebaiknyapasirnya dijaga tetap kering.

Sebenarnya ciri klinisnya tdk ada karena biasanya seperti gejala sakit pada umumnya demam, lesu. Pencegahan yg penting selalu jaga kebersihan kucing nya dan kita. Buang pupnya setiap hari sehingga tdk ada kesempatan untuk ookista berkembang. Jgn lupa cuci tangan setelah menangani pup

Dokter, kucing saya muntah berwarna hijau dan kental. Dia juga ga mau makan. Setiap sy suapin makan, cuma bs dikit makannya kalau banyak dia langsung muntah. Sempet saya bawa klinik dok dan katanya demam trs dikasih obat. Tp smpe sekarang msh lemesan gitu. Bulunya yg tadinya kering jd mulai lembab. Mengatasinya gimana dok kalo dia susah makan terus.

Coba beri makanan yg baunya menyengat seperti ikan rebus, atau bs juga diberi minyak ikan untuk meningkatkan nafsu makan, sari temulawak dan kunyit seperti curcumaplus sirup juga sgt baik untuk meningkatkan nafsu makan cb diberikan sehari sekali 1ml. Makannya tdk perlu banyak2 yg penting sering . mslnya 2 kali sehari menjadi 3 atau 4 kali

Wahh mantap bangat artikelnye kece badai, jd aq ndak khawatir lg pelihara kucing, krn kucingku selalu jaga kebersihan, jangankan makan tikus, ikan asin aja dia tdk mau.. kucingku manja dan pemalas. Tapi dia bisa jaga diri.

Penting untuk menjaga kondisi kesehatan binatang peliharaan dan kebersihan diri setelah melakukan kontak dengannya. Selalu cuci tangan Anda dengan sabun antibakteri setelah menyentuh kucing kesayangan, terutama sebelum menyiapkan makanan. Ajari juga hal tersebut pada anak Anda. Sebagai tindakan pencegahan lain, hindari lokasi bermain anak-anak yang mungkin terkontaminasi feses kucing.

Dok, kucing saya pelipis nya di atas mata bulunya makin tipis knp ya dok ? Trs sudah saya kasih obat kutu tp kok masih garuk2 tiap saya mandiin dan saya priksa bulunya tidak ada kutunya itu knp y dok ?

Sudah di cek tidak ada jamur dok..
Kucingnya suka gatal di bagian telinga, trs telingany cpt kotor padahal sudah saya bersihkan,

Dok apa ookista toksoplasma bisa terbang terbawa angin dok??
Atau menempel pada alat2 rumah tangga??

Menempel bisa di peralatan, oleh karena itu harus terpisaj antara perlengkapan untuk daging mentah dan sayuran. Perlu dicuci dgn bersih. ookista tdk bs terbawa angin, tp sgt mungkin terbawa oleh serangga lain spt lalat, kecoa

Dok saya mau tanya . Kucing saya jarang mandi tp tetap bersih dan dirumah terus dok dan saya sering tidur dg kucing sya apa rentan terkena toksoplasma . Trus pas saya baca2 dinternet kalo org yg terkena toksoplasma itu ciri2nya :demam, flu dan ada masalah kulit .
Saya sedang terkena flu kemarin
trus udah berminggu2 ini saya terkena gatal yg menyebar di tubuh saya . Apakah sy terkena toksoplasma

Untuk wanita yg TDK Hamil kalau terinfeksi toksoplasma gejala nya akan mirip dgn penyakit lainnya, JD sulit diidentifikasi, bs juga dilakukan pemeriksaan lab untuk memastikannya.

dok mau nanya untuk vaksin pada kucing itu diperlukan atau tidak ya ? jika tidak di vaksin apa bahayanya ? dan kucing yg tidak di vaksin apa bisa menyebarkan penyakit pd manusia ?

Dok..misalnya saya habis menindahkan kucing dengan tangan saya lalu sy mengambil makanan di toples tanpa cuci tangan terlebih dahulu..apakah makanannya terkontaminasi ookista dok??

sebaiknya setelah memegang kucing terutama membersihkan kotoran, perlu langsung mencuci tangan dengan sabun ya.

untuk selanjutnya tanya jawab dilakukan disini ya
Hi, saat ini kami memiliki fitur baru halaman tanya jawab agar lebih mudah menjawabnya dibandingkan di komentar. Silahkan tulis pertanyaan anda di Konsultasi Dokter Hewan Online

Dok saya mau tanya, apakah semut juga bisa menularkan toksoplasma ketika semut itu mengerubungi makanan yang akan kita makan, lalu ada yang semut mati dalam makanan itu?

Toxoplasma bisa mengkontaminasi susu maupun produk asal hewan lainnya jika susu tersebut terkontaminasi kotoran ataupun lingkungan yang terdapat parasit ini. Jadi memang pasteurisasi sangat diperlukan untuk meminimalisir keberadaan parasit ini. Toxoplasma bukan virus ya

Leave a Reply

*