Cara yang benar untuk membersihkan kotak pasir kucing – TANYA DOKTER HEWAN
Cara yang benar untuk membersihkan kotak pasir kucing

Cara yang benar untuk membersihkan kotak pasir kucing

Cara yang benar untuk membersihkan kotak pasir kucing

Kotak pasir yang bersih akan membuat nyaman kucing Anda dan membuat sehat rumah Anda. Namun banyak pula pemilik kucing yang enggan membersihkan kotak pasir karena kekhawatiran dengan adanya toksoplasma di feses kucing. Padahal jika tidak dibersihkan justru bisa berbahaya bagi kita. Cara membersihkan kotak pasir yang tepat dan menjaga kebersihan diri akan menghindarkan Anda dari ketakutan Anda.

Berikut cara yang benar untuk membersihkan kotak pasir kucing:

#1 Gunakan masker dan sarung tangan

Masker penting Anda gunakan saat menangani pasir di kotak pasir karena kemungkinan partikel pasir dapat masuk ke saluran pernafasan. Masker sangat penting terutama jika Anda menggunakan pasir dengan bahan silica karena seringnya terpapar silica dapat menyebabkan silikosis. Sarung tangan perlu Anda gunakan saat menangani feses agar tidak kontak langsung antara feses dan tangan anda.

Pasir Jenis SIlika
Pasir Jenis SIlika

 

Berikut cara yang benar untuk membersihkan kotak pasir kucing
Berikut cara yang benar untuk membersihkan kotak pasir kucing

#2 Ambil kotoran kucing dengan sekop

Feses/poop/kotoran kucing yang terletak di kotak pasir dapat Anda sekop dengan menggunakan sekop khusus ataupun sekop ukuran kecil. Pasir yang basah pun dapat Anda sekop menggunakan sekop ini.

Simpan sekop di tempat yang tidak mudah terjangkau anak-anak.

Sekop Pasir Kucing
Sekop Pasir Kucing

Baca juga : Pentingnya Mengenali Feses Anjing dan Kucing Anda

#3 Cuci pasir dan kotak pasir

Pasir zeolit dapat dicuci kembali dan dikeringkan. Jadwal mencuci pasir dan kotak pasir dapat dilakukan 1 atau 2 minggu sekali. Mencuci pasir dilakukan dengan memasukkan pasir kedalam air hangat kemudian dimasukkan sedikit sabun lalu direndam selama 30 menit. Disinfektan seperti karbol pun dapat digunakan untuk membersihkan pasir ini. Kemudian dibilas dengan bersih lalu dikeringkan dengan sinar matahari dan diangin-anginkan. Kotak pasir dapat dicuci dengan menggunakan air hangat lalu diberi sabun cuci, cuci hingga bersih kemudian dapat diberikan disinfektan seperti karbol atau klorin. Biarkan selama kurang lebih 30 menit lalu dibilas dengan bersih. Kotak pasir dijemur hingga benar-benar kering.

Silahkan dibaca ulang bagian ini ya, penting untuk diketahui 🙂

#4 Selalu cuci tangan

Cuci tangan dengan sabun merupakan kebiasaan baik yang penting. Setelah menangani feses dan kotak pasir Anda dapat mencuci tangan dengan sabun hingga bersih. Tidak ada salahnya pula menggunakan sabun yang mengandung antiseptic seperti “Dettol”, “sabun antiseptic betadine”, sabun “JF sulfur”.

Ingat, jangan sepelekan mencuci tangan setelah membersihkan kotak pasir Anda demi kesehatan.

Langkah mengisi kotak pasir

Kotak pasir yang telah dicuci dapat diisi kembali dengan pasir dan dapat digunakan dengan nyaman oleh kucing Anda. Berikut langkah mudah mengisi kotak pasir

  1. Pastikan kotak pasir dan pasir benar-benar kering
  2. Lapisan pertama mengunakan koran atau kertas sebagai penyerap agar pasir tetap kering
  3. Lapisan kedua menggunakan pasir (jenis pasir yang Anda pilih) kurang lebih ¼ kotak
  4. Lapisan ketiga (opsional) menggunakan karbon aktif atau baking soda sebagai penyerap bau
  5. Lapisan keempat menggunakan pasir sesuai yang Anda pilih isi sekitar ¾ kotak

Kotak pasir yang bersih dan tak berbau ini siap digunakan untuk kucing Anda. Kebersihan kotak pasir dan pasir perlu diperhatikan dengan baik agar kucing Anda merasa nyaman.

Kalau masih bingung, silahkan baca ulang ya. Kalau sudah baca lebih dari 3 kali dan masih bingung, silahkan tanyakan di kolom komentar 🙂

*P.S Jika ada yang ingin ditanyakan/didiskusikan jangan sungkan bertanya melalui komentar di bawah ini ya.
Jangan lupa juga share artikel ini agar informasinya bisa bermanfaat bagi orang lain.

Regards
drh Puspasari Respatiningtyas

Tulis Pertanyaan Dokter Hewan

56 comments

pertanyaan saya dok, baiknya pup kucing dibuang nya caranya bagaimana ya? kalau cara saya selama ini pup atau pipis yg menggumpal di pasir wangi saya ambil saya masukkan ke kantong plastik terus saya buang d tempat sampah. itu betul ngga ya dok? apa hrs kaya kucing pup nya dikubur d tanah? pernah awalnya d buang k WC trs jd mampet wc hehe ya iyalah ya krn ad pasir nya. mohon masukkannya dr… thx…

Dok, untuk pasir gumpal sebaiknya perlu diganti atau cukup ditambah setiap setelah membersihkan kotoran? Kalau perlu, baiknya berapa hari sekali ya?

halo, terimakasih sudah bertanya. saya sering melakukan komunikasi di instagram dan [email protected] sehingga untuk fast response bisa bertanya di channel tersebut ya. pasir gumpal bisa ditambahkan setiap memebrsihkan kototran, tapi jika basah sebaiknya diganti. biasanya pun lama kelamaan berbau jadi sebaiknya diganti.

tanyadokterhewan.com/2015/05/24/vaksinasi-anjing-dan-kucing/

silahkan baca ya, yg melakukan vaksin harus dokter hewan

silakan diperiksakan ke dokter terdekat ya. untuk flu biasanya disebabkan oleh virus, kdg juga menjadi parah krn infeksi lanjutan dr bakteri, atau juga penyebab lainnya. untuk mata keluar cairan normal terjadi pada kucing dengan rahang pendek spt persia pekenose, exotic. juga bs jd indikasi radang dan kelainan mata jika keluar cairan mata terus menerus

Dok, diatas kan dijelaskan kalo pasir kucing sebaiknya direndam dengan desinfektan, kira-kira desinfektan merk apa yg aman dan mudah ditemui di pasaran untuk kucing l ?

disitu sudah ditulis karbol atau bayclin ;). kan dibilas bersih dan dikeringin, jadi aman buat kucing. bisa juga pakai karbol sereh (gak ditulis ditulisan kalo yg ini)

Dok, diatas kan dijelaskan untuk lapisan2 ada laposan baking soda. Nah kalau pasir yg saya gunakan pasir gumpal apakah perlu menggunakan baking soda ya dok? Makasih

kalo pasir gumpal gak usah pakai baking soda ya, cukup langsung aj campur pakai zeolit kalo mau. kalo gak y pasir gumpal nya aja cukup

Hanya yang zeolit saja,. Kalau pasir gumpal tidak bisa cuci ya, sudah menggumpal d buang bersama pup dan. Pipis menggumpal

Dok mau tanya, baiknya poopnya dibuang di wc apa dikubur? Biasanya saya plastikin trus saya buang di tempat sampah. Tp kalau lama kelamaan pasti akan semakin banyak sampah plastik dan suka tdk enak kalau tukang sampah angkut sampah saya bau poopnya suka masih kecium.
Gimana dok?

kalo dokter sendiri pakai pasir apa ?
saya pake pasir gumpal tapi tetap saja bau dok, apa baking soda bisa mengurangi dok walau pakai pasir gumpal ?

Dok maaf kalau dicampur apakah ada tujuan khusus? Lalu cara cuci nya gm krn ada pasir gumpalnya, apakah yg gumpal dipisahkan dulu lalu dibuang? Terima kasih Dokter.

mencampur untuk menghemat biaya saja, krn pasir gumpal kan lebih mahal dari pasir zeolit sehingga untuk mendapatkan pasir yang banyak dan bisa menggumpal, tidak terlalu basah sehingga bisa dcampur. untuk pasir yang dcampur tidak bisa dilakukan pencucian.

Dok kalau pasir zeolit dan pasir gumpal dicampur, digantinya tiap berapa hari ya? Ohya sekalian ingin tanya hal lain, kitten saya banyak kutunya. Umurnya baru 1 bulan 1 minggu, apa boleh dimandikan? Lalu dia matanya juga merah, berair, dan ada kotoran di sekitaran matanya. Harus saya beri obat apa ya?

Dok, kucing(laki2) saya Chuba Sudah berumur 1then lebih.. Sekarng dia lagi sakit, dia hanya tiduran di kolong meja, gamau makan, hanya mau minum.. Apa kucing saya mengalami stres ingin kawin? Soalnya sejak dia umur 9Bulan memang belum saya kenalin ke kucing perempuan.. Kucing saya kenapa ya dok,? bantu saya.. Thnks 🙂

Waduhh, bisa kena silikosis ya, langsung saya browsing td, ternyata bisa sampai transplantasi paru”. ???
Jika org yg terpapar debu silica berbahaya.
Apakah kesehatan kucing akan terganggu dgn penggunaan pasir silica tersebut?
.
Thanks sebelumnya

Dok, kalau pasir gumpal perlu dicuci juga ga? Berapa hari sekali baiknya cuci pasir? Apa setiap hari? Terima kasih dok

pasir gumpal tidak bisa dicuci krn ketika terkena air akan langsung menggumpal dan tdk bs digunakan, mencuci pasir sebaiknya dilakukan 3 hari sekali terutama kalau zeolit biasanya akan sgt kotor sekali krn basah.

Dok sayaa baru pertama pelihara kucing , awalnya karna liat kucing sodraa yg kasian sekali tidak terawat Sayaa bawa kerumahh … Pas sayaa eluss d bagian kulitnyaa tuh adaa benjolan2 ky jerawat kering atauu ky ketombe gtuu … Trrus diaa sering garuk2 sama bagian dalam telinganyaa tuh adaa bercak darah itu kira2 kenapa yaa dok ..

apakah sudah dikonsultasikan ke dokter? benjolan mungkin bisa apa saja ya, bisa berupa mbenjolan berisi cairan, berisi nanah, jaringan dan lain sebagainya. jika didalam telinga ada bercak darah sebaiknya juga dikonsultasikan ke dokter, mungkin bisa luka ataupun radang karena tungau, jamur, bakteri dan lainnya.

Untuk selanjut nya tanya jawab bisa dilakukan disini.
Hi, saat ini kami memiliki fitur baru halaman tanya jawab agar lebih mudah menjawabnya dibandingkan di komentar. Silahkan tulis pertanyaan anda di (Konsultasi Dokter Hewan Online) https://tanyadokterhewan.com/tanya-dokter-hewan-online/

Dok, saya masih beginner memelihara kucing. Sy punya anak kucing persia medium umur 2 bulan ttp tidak punya induk maupun bapaknya. Menurut dokter apa yg hrs setiap saat sy lakukan, spt makanan atau kandangnya, bolehkah dicampur kucing lain? Mohon jawabanya dokter, trimakasih

pastikan memebrikan makanan yang sesuai dengan usianya, kandnag bisa digunakan bisa tidak, tapi sebaiknya tidak seharian dikandangkan. menggabungkan dengan kucing lain bisa saja, namun pastikan kucing nyaman. kalau berkelahi atau salah satu tidak nyaman sebaiknya dipisahkan. lalu konsultasikan ke dokter hewan untuk melakukan vaksinasi dan pemberian obat cacing

Selamat malam Dok.
Saya mau tanya, kalau pasir gumpal itu sebaiknya diganti setiap berapa hari? Saya selama ini hanya ditambah lagi dengan yg baru kalau pasir sudah berkurang. Dan baru saya ganti jika sudah benar2 kotor banget, bisa sampai seminggu lebih. Mohon infonya ya dok, karena saya baru 2 bulan ini adopt kucing.
Terima kasih.

Sebaiknya setiap ada yang menggumpal segera dibuang, biasanya kalau dibiarkan sering ada larva lalat

Iya dok selalu langsung saya buang yg menggumpal begitu kucing selesai pup/pis. Tapi pasir gumpalnya/pasir wanginya didalam litter box itu sebaiknya diganti kapan? Apakah cara yg saya lakukan dengan mengganti pasir di littr box tsb setelah seminggu itu benar? Atau pasir harus diganti setiap hari?
Terima kasih dok.

2 kali seminggu akan lebih baik, biasanya baunya juga sudah mulai tidak enak ketika lebih dari 3 hari.

Telqpak Kaki kucing saya belah seperti luka saya khawatir itu jamur, namun saya bingung karena kucing saya pernah tertabrak motor namu tidak apa2 dan saya bingung apakah itu luka bekas tabrak motor atau karena jamur, kalau jalan pun tidak terlihat seperti sakit telapak kakinya. Mohon jawabannya dok

Perlu dicek lebih lanjut bagaimana bentuk lukanya. Kalau hanya belah tanpa luka mgkn krn kering telapaknya biasanya krn berjalan d tempat kasar atau panas.

permisi dok mau tanya, saya menggunakan pasir zeolit jenis granul, bentuknya bulat” gitu dan jika terkena air ia akan menggumpal, apakah bisa dicuci lagi seperti zeolit batu pada umumnya?

Kalau menggumpal berarti pasir bentonit gumpal. Zeolit biasanya tdk menggumpal. Baiknya kalau pasir gumpal tdk dicuci, lgsg dibuang yg menggumpal saja

Dokter, kitten saya berkutu tapi sedikit. Jadi enaknya dimandikan atau bagaimana? Terus saya pakai pasir gumpal,tapi ya terkadang memang bau. Kalau misal diganti seminggu sekali boleh tidak? Terima kasih…

Pakai obat kutu tetes khusus kitten ada d petshop. Pasir gumpal d buang yg gumpalannya, sebaiknya setiap hr d cek pasirnya dan diberaihkan yg kotornya.

halo dokter… saya buat pasir kucing dari pasir sungai… saya keringkan lalu saya saring bolehkah menggunakan pasir itu dokter???

Leave a Reply

*