Ini alasan ilmiah mengapa kucing belang tiga tidak pernah berusia lama. – TANYA DOKTER HEWAN

Ini alasan ilmiah mengapa kucing belang tiga tidak pernah berusia lama.



Ini alasan ilmiah mengapa kucing belang tiga tidak pernah berusia lama.

Kucing tiga warna (tricolor cat/calico) merupakan kucing yang memiliki warna rambut (coat) perpaduan antara oranye, hitam, dan putih. Kucing tiga warna ini terkadang sering dihubungkan dengan mitos dan hal supranatural lainnya, namun ternyata terdapat fakta menarik dibalik tiga warna tersebut .

Berikut ini alasan ilmiah mengapa kucing belang tiga tidak pernah berusia lama.

# Kucing tiga warna yang lahir dari kucing berwarna hitam dan berwarna oranye akan berjenis kelamin betina

Warna rambut kucing merupakan sifat kucing yang terlihat yang dibawa oleh kromosom X. Kromosom X ini terdapat pada kromosom sex kucing betina (XX) dan kucing jantan (XY). Kucing betina berwarna hitam (XbXb) kawin dengan kucing jantan berwarna oranye (XBY) akan menghasilkan kombinasi salah satunya adalah XBXb yang akan memperlihatkan warna kucing tiga warna (oranye, hitam, dan putih) dan berjenis kelamin betina.

Ini alasan ilmiah mengapa kucing belang tiga tidak pernah berusia lama.
Ini alasan ilmiah mengapa kucing belang tiga tidak pernah berusia lama.

#Kucing tiga warna berjenis kelamin jantan tidak bertahan hidup lama

Kondisi ini disebabkan oleh kombinasi kromosom yang mengalami perubahan sehingga menimbulkan perubahan ekspresi gen. Kucing jantan yang seharusnya memiliki kromosom sex XY akan memiliki kromosom XXY jika memiliki warna rambut tiga warna. Kromosom XXY merupakan kelainan yang disebut Klinefelter Syndrome. Kelainan ini akan menyebabkan berbagai masalah seperti pertumbuhan yang tidak sempurna dan lambat, memiliki kematangan organ yang tidak sempurna, serta kemandulan (infertilitas) pada jantan. Oleh karena itu kucing dengan kelainan ini usia nya tidak akan berlangsung lama.

Baca juga : 6 Kondisi Darurat pada Anjing dan Kucing serta Cara Menanganinya

#Induk kucing akan memakan kucing tiga warna berjenis kelamin jantan

Kucing sebagai makhluk hidup memiliki insting (naluri) yang terasah dan secara alamiah didapat. Induk kucing yang mengetahui anaknya berjenis kelamin jantan dan tiga warna akan cenderung mengasingkan anaknya serta memakan anaknya. Hal ini dikarenakan insting ibu kucing yang telah mengetahui bahwa anaknya tidak akan hidup lama serta akan memiliki kecacatan atau kelainan. Insting ini merupakan hal yang wajar untuk mengeliminasi individu yang memiliki kelainan. Ini pun menjadi alasan jarangnya kucing tiga warna jantan yang bertahan hidup.

Baca juga : 6 Tips Merawat Kucing Usia Tua

Kucing tiga warna merupakan keunikan tersendiri dan menyimpan misteri yang terungkap secara genetika dan ilmiah.

Dengarkan juga soundcloud jawaban pertanyaan : Mengapa ya dok kucing yang punya belang tiga selalu mati atau tidak berusia lama?

Sumber :

*P.S Jika ada yang ingin ditanyakan/didiskusikan jangan sungkan bertanya melalui komentar di bawah ini ya.
Jangan lupa juga share artikel ini agar informasinya bisa bermanfaat bagi orang lain.

Regards
drh Puspasari Respatiningtyas

23 comments

Dok, saya punya kitten jantan dan belang tiga tapi ibunya cenderung melindungi dia. Dan baca artikel ini, saya jadi khawatir sama si kitten. Apa yg bisa saya lakukan ya dok? Makasih dok

dok, kucing saya baru melahirkan yang ketiga kalinya dengan menghasilkan 3 kitten (2 betina & 1 jantan).
kucing saya betina belang tiga, FYI. nah, di kelahirannya yang ketiga ini, ternyata yang jantan ternyata belang tiga. padahal di kelahiran sebelumnya pasti ada belang tiga tapi selalu betina.

masalahnya, kucing saya gak ngebunuh anaknya yang jantan belang tiga itu. yang seperti itu normal ga, Dok? apa yang harus saya lakukan sesuai dengan rekomendasi dokter?

ditunggu jawabannya.

thanks
Hani

gpp kok. kalau emg benar belang 3 biasanya g akan bertahan lama kok. kalau bs bertahan smp dewasa, brrt miracle dan bs jd sebuah temuan yg menarik. mgkn akan ad komplikasi thd kesehatan mgkn juga tdk

Kalau betina memang sangat banyak kucing belang 3. Kalau jantan bs jadi sangat langka dan jarang. Untuk masa hidup sangat tergantung kondisi kucing, kalau ada kelainan organ tentu usianya bs saja tdk lama

Dok kucing saya belang 3 betina tapi ngga punya induknya sejak lahir,apa ngga apa” tuh dok ?
Ohiya 1 lagi kucing sya tu ngga suka makan makanan kaleng padahal ya dok itu makanan emang khusus kucing,yg lebih bikin aku khawatir dia tuh bahkan males banget makan *sorry malah curhat*
Btw,itu kenapa ya dok ?

untuk belaang 3 memang dominan betina, kalau jantan memang tidak akan bertahan karena lemah secara genetik.

tidak masalah tidak suka makanan kaleng, bisa diganti makanan buatan rumah.

cek disini info nya: panduan memberi makan kucing

untuk selanjutnya tanya jawab dilakukan disini ya
Hi, saat ini kami memiliki fitur baru halaman tanya jawab agar lebih mudah menjawabnya dibandingkan di komentar. Silahkan tulis pertanyaan anda di Konsultasi Dokter Hewan Online

kira- kira tidak bertahan lama nya sampai kapan ya dok? kucing saya laki2 belang 3 sekarang umurnya sudah 9 bulan, testis nya cuma tumbuh satu dan sekarang lagi hobby keluar rumah terus, seperti kucing sedang birahi

Duh jd sedih..
.kucing sy yh lahir januari 2017 kmrm 1 jantan 3 warna. Dari bayi ga kliatan lemah, umur 2-3 bulan dia paling cakep diantara sodara2nya. Makan lancar, sakit sekali, barengan sama yg belang 3 tp betina. Bulunya lebat, ekornya jg panjang den lebat dan cukup aktif , lebih brani dibanding 3 sodarannya krn paling sering kabur2an dan lompat dr balkon atau atap lantai 2.
(Cukup sehat kalau secara keseluruhan)
Tapi Dokter bilang hidupnya ga lama krn ada kelainan kromosom. Estimasi ga lamanya sampai usia brp ya dok?
Kalau bisa sakit biasanya terkena penyakit apa dok?
Kalau katanya dia mandul tp apakah tetap birahi thdp kucing betina dok?

Terima kasih sebelumny dok

sangat beruntung jika memiliki kucing belang 3 jantan krn memang sangat jarang, perlu juga diperhatikan dengan jelas warnanya, perlu kombinasi warna yang jelas hitam, putih, orange untuk disebut calico atau tga warna, belang 3, bisa juga jadi dlute atau tercampur tapi warnanya biasanya tetap tegas terlihat. biasanya krn induk tau anaknya memiliki kelainan maka tidak akan bertahan lama, namun untuk estimasi tidak bisa dipastikan karena tergantung juga kondisi tubuhnya. Biasanya karena berhubungan dengan kelainan chromosom shg pengaruh juga dgn perkembangan organ, misalnya jantung dan ginjal, serta saluran reproduksinya. kucing belang 3 jantan biasanya mandul atau steril, dari bbrp yang saya baca, kemungkinan nya 1:10.000 kucing jantan 3 warna yang subur. kalau steril bisa saja birahi (kalau testisnya menghaslkan hormon testosteron yang cukup) (tp tidak bisa membuahi, krn steril, bs krn spermanya yg buruk , atau bs juga tdk birahi sama sekali. krn kalau pada manusia kucing tiga warna yg cenderung chromosome nya XXY mengalami klinefelter syndrome (pada manusia testisnya akan mengecil, pembesaran payudara, dan kondisi lainnya)

Untuk selanjutnya, tanya jawab bisa dilakukan disini : Tanya jawab dokter hewan online

Kucing saya jantan 3 warna,usiany sudah 3th,tapi kenapa ga mau sama betina ya dok ?
klw kasih betina tatapannya penuh kebencian,tapi klw sesama jantan suka mau2 gitu.

kucing jantan 3 warna cenderung memiliki kelainan genetik, salah satunya bisa mengalami sindrom klinefelter yang sudah dijelaskan di comment sebelumnya dan artikel, salah satunya mmg terjadi kemandulan atau infertiltas, bahkan bs juga mengalami kelainan hormon

untuk selanjutnya, tanya jawab bisa dilakukan disini : tanya dokter hewan

Hari ini kucing saya yg saya beri nama elang mati dia belang tiga jantan dan baru berusia 6bln.baru 1 hari dia tidak makan dan akhirnya mati dan memang benar umurnya tidak lama.

Saya punya kucing belang tiga betina. Sekarang umurnya 13 thn lebih. Masih tetap bisa punya anak. Dia suka makan apa saja. Termasuk sayur. Apa itu normal dok?? Berapa sih usia normal kucing.

pada kucing selama belum steril masih bisa bunting dan melahirkan. usia buntng dan melahirkan diusia yang lanjut sebenarnya sangat berbahaya bagi induk dan anaknya. jadi perlu diperhatikan asupan nutrisinya saat induk bunting serta perawatan anak selama menyusuinya. usia kucing bisa mencapai 20 tahunan walau jarang terjadi, usia 13 tahun juga termasuk usia yang cukup tua, jarang juga sebenarnya terjadi pada kucing.

Selamat siang dok, ingin bertanya sy telah menemukan 3 bayi kucing calico, warna hitam, orange dan putih. Sepertinya jenis kelamin laki2, dan ditinggalkan oleh induknya di samping rumah sy. Saya sdh mencoba untuk merawatnya, namun hanya bertahan 1 minggu setelah ditemukan, nafasnya seperti sesak sebelum mati. Apakah itu karena pengaruh kelainan kromosom itu y dokter?

Selamat siang dok, ingin bertanya sy telah menemukan 3 bayi kucing calico, warna hitam, orange dan putih. Sepertinya jenis kelamin laki2, dan ditinggalkan oleh induknya di samping rumah sy. Saya sdh mencoba untuk merawatnya, namun hanya bertahan 1 minggu setelah ditemukan, nafasnya sesak sebelum mati. Apakah itu karena pengaruh kelainan kromosom itu y dokter?

Bisa jadi seperti itu, krn memang untuk kucing calico jantan kebanyakan mengalami gangguan organ. Tapi bisa jadi juga ada penyebab lain misalnya kedinginan, kurang nutrisi dan lainnya.

Leave a Reply

*