7 hal penyebab dan cara mengobati penyakit kulit demodex pada Anjing. – TANYA DOKTER HEWAN
7 hal penyebab dan cara mengobati penyakit kulit demodex pada Anjing

7 hal penyebab dan cara mengobati penyakit kulit demodex pada Anjing.

7 hal penyebab dan cara mengobati penyakit kulit demodex pada Anjing.

Infeksi parasit yang menyebabkan penyakit kulit yang parah salah satu nya disebabkan oleh tungau demodex. Demodex menyebabkan infeksi yang dikenal demodecosis, bentuk tungau ini sangat khas jika dilihat di bawah mikroskop. Berikut 7 hal penyebab dan cara mengobati penyakit kulit demodex pada Anjing.

1# Demodex pada dasarnya lazim terdapat pada anjing maupun kucing

Tungau ini secara alami ada di kulit, namun pada kondisi tubuh yang baik tidak akan menyebabkan outbreak demodex yang akan mneimbulkan permasalahan pada kulit. Demodex bisa menginfeksi anjing ataupun kucing, namun demodex yang infeksinya massive jarang terjadi pada kucing, Pada kucing, infeksi demodex tidak berbahaya dan dapat sembuh dengan sendirinya.

2# Infeksi parah terjadi pada Anjing dengan daya tahan tubuh menurun

Daya tahan tubuh yang mengalami penurunan, dapat disebabkan oleh stress dan kondisi lingkungan yang tidak baik dapat menyebabkan perkembangan demodex yang drastis. Demodex yang berkembang secara berlebihan akan menyerang folikel rambut dan kelenjar minyak. Demodex membentuk terowongan pada kulit sehingga terlihat kulit berlubang dan berdarah. Demodex akan menyebabkan kebotakan akibat peradangan yang menyebabkan kondisi gatal.

3# Pemeriksaan demodex menggunakan mikroskop

Dokter hewan yang mencurigai adanya infeksi demodex pada anjing, akan melakukan pengerokan kulit (skin scraping) hingga kulit berdarah. Hal ini dikarenakan demodex senang tinggal di folikel rambut yang terletak didalam kulit. Setelah itu kulit akan diamati dibawah mikroskop. Hasil positif menunjukkan adanya parasit demodex pada sediaan dengan bentuk khas seperti wortel.

4# Demodex ditularkan induk ke anaknya

Pada usia 72 jam setelah lahir, induk akan menularkan demodex ke anaknya melalui kontak langsung antara anak dan induk saat menyusui. Demodex yang menginfeksi anak akan terus berkembang pada anak hingga anak menjadi dewasa dan dapat mneginfeksi hewan lainnya.

 

7 hal penyebab dan cara mengobati penyakit kulit demodex pada Anjing
7 hal penyebab dan cara mengobati penyakit kulit demodex pada Anjing

5# Gejala klinis

Infeksi demodex akan menimbulkan gejala gatal, kebotakan, lepuh pada kulit, timbul nanah (pyoderma) akibat infeksi bakteri. Infeksi bakteri yang terjadi pada demodecosis akibat gatal yang amat sangat menyebabkan peradangan, pendarahan, dan akhirnya bakteri menginfeksi. Selain itu, hewan dengan demodex akan terlihat lesu, lemah, kadang aggressive karena perih dan sakit pada kulit, serta mengalami kekurusan.

6# Pengobatan

Pengobatan yang dapat dilakukan yaitu menggunakan amitraz, ivermectine, milbemycine.Amitraz termasuk sediaan berupa antiradang, aplikasinya dengan dimandikan. Terapi dilakukan selama 8 minggu, tergantung keparahannya. Mandi dengan amitraz ini dapat dilakukan setiap 2 minggu atau setiap minggu. Penggunaan amitraz tidak disarankan untuk anjing Chihuahua dan yang sensitive dengan senyawa ini, serta anak anjing dan anjing hamil dan menyusui.

7 hal penyebab dan cara mengobati penyakit kulit demodex pada Anjing
7 hal penyebab dan cara mengobati penyakit kulit demodex pada Anjing

7# Pemotongan rambut total

Biasanya anjing yang mengalami infeksi demodex akan dipotong rambutnya sehingga memaksimalkan dalam pengobatan serta membantu penyerapan obat yang sempurna .

Demodex merupakan parasit yang menginfeksi hanya pada kondisi dengan imunitas atau daya tahan tubuh menurun. Oleh karena itu, tetap jaga kesehatan anjing dan kucing kita. JIka anjing dan kucing mengalami demodecosis segera diberi penanganan, dan tetap sabar untuk pengobatannya.

*P.S Jika ada yang ingin ditanyakan/didiskusikan jangan sungkan bertanya melalui komentar di bawah ini ya.
Jangan lupa juga share artikel ini agar informasinya bisa bermanfaat bagi orang lain.

Regards
drh Puspasari Respatiningtyas

 

56 comments

Puppies 3 bln kena demodex sdh ke drh dan diberi advocate d punggung dan obat antibiotik. Untuk mandi tidak boleh pke amitraz. Klo pke dermasep boleh dok?

kalau amitraz mmg obat keras jd tidak boleh diberikan untuk puppy takut terjilat. untuk dermasep kandungannya sulfur dan ketoconazol tdk cocok untuk demodex tapi untuk infeksi akibat jamur.

Anjing Chow Chow sy usia 6 bln kena Demodex, kira² klo dberi Revolution apa bs basmi kutu dbwh kulit hingga telurnya? Dan bgm meningkatkan imun spy tdk terserang penyakit yg sama lg. Tq

untuk demodex krn penyebabnya tungau demodex yg menyerang kulit bagian dalam, sebaiknya menggunakan obat yg disuntikkan. tentu dilakukan oleh dokter berdasarkan hasil pemeriksaan. selain diberikan terapi suntik juga ada yg oral atau lewat minum obatnya pun dosis nya perlu berdasarkan resep dokter. selain itu perlu terapi salep dan mandi juga krn selain demodex biasanya ad problem lain yg mengikuti spt jamur, bakteri, dll.

untuk menigkatkan daya tahan tubuhnya bs memberikan madu, yoghurt, vco, minyak ikan, buah dan sayur di makanannya.

anjing saya umur 1thn kena demodex. sudah suntik ivermectine, dan sudah ga terlalu merah,
yang saya mau tanyakan, apakah demodex bisa menyebabkan bau badan?dan apakah kulit nya menjadi hitam apabila sudah terkena demodex? apakah ada obat untuk menghilangkan bau nya dok?
terimakasih

terimakasih pertanyaan nya, demodex bisa menyebabkan bau badan krn biasanya parasit ini menginfeksi ke daerah kulit dalam termasuk kelenjar minyak. produksi kelenjar minyak berlebih bisa menyebabkan bau tidak sedap pada tubuh. belum lagi jika terdapat perlukaan akibat garukan yang menyebabkan timbulnya infeksi bakteri yang ditandai nanah, maka baunya akan sangat menyengat. untuk menghilangkan baunya bisa dengan mandi menggunakan shampoo khusus anjing.

HAlo dok..
Anjing saya jenis boxer umur 8 bln terkena demodex.. Kulitny sih jd ada pitak d beberapa tmp dan menghitam.. Atas saran drh saya mandiin seminggu 2x dg shampoo anjing khusus utk kulit anjing yg sangat bermslh, dan mengganti makananny dg ubi rebus d campur dg nasi.. Dan dr awal anjing sy makanny ga pernah pakai bumbu dapur.. Minyak ikan jg sudah sy kasih setiap hari. Tp kulitny timbul bentol2 kecil seperti d gigit nyamuk, dan itu d seluruh badannya.. Yang paling jelas d bawah lehernya.. Bentol2ny warna merah dan sptnya gatal, jd suka d garuk dan terkadang jd luka.. Mesti d apain ya dok? Soalny sy ud 3x k drh dg keluhan yg sama.. Begitu d suntik dan ksh obt agak mendingan.. Tp klo obtny ud habis pasti timbul lagi…
Terima kasih

mgkn kulitnya mmg sensitif dan daya tahan tubuhnya kurang baik, mgkn juga masih ada demodex krn mmg infeksi ini pun cukup lama penyembuhannya. untuk makanan apakah hanya ubi dan nasi saja? penting sekali untuk menambahkan protein (ayam, daging, ikan), buah , dan sayur agar seimbang nutrisinya. pun pemberian nasi hanya 1/3 saja.

Saya rasa banyak d petshop, penggunaannya perlu hati2 krn termasuk obat keras dan berpotensi keracunan jika terjilat. Juga tidak untuk kucing

Hallo,

siang. anjing pug saya umur 4 bulan kena demodex. sama dengan gejala teman-teman di atas, kulit menghitam, pitak, bulu rontok parah, dan bau sekali. Timbul bentol-bentol yang akan mengering seperti nanah yang kering. Drg hanya memberikan obat minum, apa itu cukup? boleh saya botakin bulu nya ?

Untuk treatment silahkan konsultasikan kembali dengan dokter . Mmg treatment obat minum penting sekali, namun bisa juga disertai pemberian salep maupun mandi. Dan ini tentu perlu arahan dr dokter

Anjing saya gejalanya seperti kena demodex dok saya bawa kedokter, dokternya belum bisa pastikan kena demodex atau tidak karena harus diperiksa pakai mikroskop dan sama dokternya disuntikan antibiotik sekarang kok kaki belakangnya lemas tidak bisa berdiri. itu kenapa ya dok?

Bgmn kondisinya skrg? Boleh dikonsultasikan kembali dgn dokter yang menanganinnya ya. Krn beliau yg lbh tau kondisi sebenarnya.

Halo Dok, anjing saya uda berumur 12thn, kemarin udah berobat ke drh dan sudah disuntik di bagian punggungnya jg, tp beberapa hari kemudian luka di kakinya makin parah, keluar darah dan bernanah, gmn cara tanggani lukanta tsb?

Boleh dibersihkan dgn antiseptik spt detol TDK masalah. Juga bisa d luka d oleskan vco atau MINYAK ZAITUN ya

Musang saya Gejalanya seperti terkena demodex, Soalx gatal” dan sampek seperti bernanah, dan itu lukax dsekitar mata dan leher sampai bulu yg ad di kaki Depan sblh kanAn pun rontok smpk kelihatan kulitx, kmrn sudah sya panggilkan dokter dan sudah d suntik. Tp ini dbagian leher sm atas leher arah k badan semakin parah seperti luka basah dan seperti bernanah.. Gmn ya dok penangananx, sya kawatir soalx dan gk tega ngelihat Dy kesakitan

dibersihkan pakai rivanol atau antiseptik lainnya, lalu d oles minyak zaitun atau vco, sebaiknya konsultasikan kembali dgn dokter

Anjing saya terkena demodex sdh ckup lama dok, tiap diobati sembuh, tp bgtu obat habis kambuh lg, dan begitu trs dok, sampai bingung dksh obat apa biar sembuh total dok, mohon petunjuknya dok. Terima kasih

salam kenal dok…
mo tanya. anjing sy sering bgt gatal” di leher dan di badan. akhir” ini bulunya agak sedikit pitak, trz kulitnya jd merah tp gak sampe bernanah ato berdarah. apa itu bisa diobati dgn VCO?? boleh dioleskan stp hr ato ada aturannya?
terima kasih ^_^

Siang dokt, anjing saya di vonis terkena demodex.. anjing saya penakut suntik.. kl mw suntik dia mw gigit… bru satu hari di ks ivermectin oral kmrn.. hari ini dia lemes ga biasa nya.. saya harus gmn ini dok? Apa aja yg Boleh dan gak boleh di makan? Kl di suntik apa obat yg di pakai? Apa jln satu2 nya hanya suntik yg efektif menyembuhkan? Mana yg lbh efektif ivermectin oral atw kepromec? Tq

Kepromec sama kandungannya ivermectine. Perlu hati2 penggunaannya wajib dalam pengawasan dan resep doktee.

Halo dok, anjg tekel aku ud terkena demodex 8 bulan tiap diobati sembuh tpi gak lanjut obat lg kambuh lagi.. kepromec oral uda coba ini drh menyrankan pake advocat tp resiko nya bisa demam kata drh gmna y dok solusi supaya demodex bisa sembuh total??makasih

Sudah dipastikan infeksi demodex atau kemungkinan ada alergi makanan? Tetap dijaga juga daya tahan tubuhnya supaya tetap baik. Krn kalau lg drop daya tahan tubuhnya bisa membuat kembali lagi infeksinya

Aku juga uda banyak baca artikel tentang alergi makanan dan demodex…anjing aku ad ciri cri demodex sperti gatal, trs bentol dan kebotakan…nafsu makan anjing aku bgus cuma badan yg ad bentol nya dipegang trasa panas sekali..anjg aku dulu makan ubi sama dog food aja skrg makannya dog food sama makanan kaleng preception diet z/d apakah ada cara lain lagi dok? Terima kasih

saat pemeriksaan dokter sudah pasti itu demodex? kan perlu dilakukan skin scrap supaya bisa dilihat agen penyebabnya apakah benar demodex. makanan memang bisa jadi problem juga, kalau memang sangat sensitif. perlu juga ditambahkan sayuran dan buahh pada makanan agar mendapatkan vitamin yang cukup, jd daya tahan tubuhnya bisa lebih baik. tapi sebelumnya konsultasikan kembali dengan dokternya ya.

Yth dok Puspa,
anjing sy 3 kena demodex. 1 beagle umur 1thn lbh dan 2 bully umur 7 bln. sudah berbulan2 lamanya.
untuk beagle bulu sudah tumbuh lumayan lebat. tp masih ada lapisan kerak kulit yg lengket2 sehingga menghambat pertumbuhan bulunya. lalu kulit kakinya masih berkerut2 dan agak kemerahan.
untuk bully, yg 1 kulitnya merah2 dan yg 1 lagi kulitnya luka berlubang2 berdarah. sy oleh gentamicin dan minum dexa+doxixyclin sehari 3x sesuai anjuran dokter sini.
bulan lalu sudah nampak sembuh. bulu jg mulai tumbuh lebat. obat dihentikan, dokter suruh ksh minum minyak ikan. namun gak lama kemudian, kambuh lagi.
makanannya sy kasi nasi dan ayam dada rebus pagi dan sore.
mohon masukan dari dokter, apa yg harus sy lakukan.
terima kasih.

Menurut pemeriksaan dokter sudah positif demodex? Dilakukan pemeriksaan kulit dgn mikroskop? Penyakit kulit memang cukup lama pengobatannya, peelu sabar, kalau daya tahan tubuhnya turun bisa menyebabkan juga kondisinya kembali lagi. Ada kemungkinan juga alergi makanan, menurut saya bs juga pemberian nasi sebaiknya dikurangi, bs diganti dgn karbo lain spt kentang, ubi, buah dan sayur juga disarankan diberikan, tentu ini juga perlu di konsultasikan dulu ke dokter yg bersangkutan ya. Bisa juga berdiskusi dgn dokter terkait penggunaan terapi lain spt terapi mandi.

Haloo dokk…
saya mempunyai mempunyai anjing yang berumur 1 setengah tahun memiliki gejala mirip seperti artikel ini, saya tidak bisa memastikan apakah dia terkena demodex atau tidak. sebelumnya waktu dia masih umur kira2 6 bulanan ada masalah di dalam telinganya (sering di garung hingga luka). setelah itu saya stop memberi makan ayam dan memberi obat benama verbac (setelah di beri resep oleh dokter) dan wkt itu anjing saya sembuh dan beberapa bulan akhir ini kumat lagi. saya kira cuma di telinga , ternyta dia gatal hingga ke leher di bawah mulutnya. dia hingga mengalami kesulitan tidur dan trus menggaruk. sempat saya bawa ke dokter dan di suntik , cuma bertahan 2 hari saja dia tidak menggaruk. dan saya hanya membersihkan lukanya dengan detol dan meberikan bedak doris setelah saya keringkan lukanya.

Haloo dokk…
saya mempunyai mempunyai anjing yang berumur 1 setengah tahun memiliki gejala mirip seperti artikel ini, saya tidak bisa memastikan apakah dia terkena demodex atau tidak. sebelumnya waktu dia masih umur kira2 6 bulanan ada masalah di dalam telinganya (sering di garung hingga luka). setelah itu saya stop memberi makan ayam dan memberi obat benama virbac (setelah di beri resep oleh dokter) dan wkt itu anjing saya sembuh dan beberapa bulan akhir ini kumat lagi. saya kira cuma di telinga , ternyta dia gatal hingga ke leher di bawah mulutnya. dia hingga mengalami kesulitan tidur dan trus menggaruk. sempat saya bawa ke dokter dan di suntik , cuma bertahan 2 hari saja dia tidak menggaruk. dan saya hanya membersihkan lukanya dengan detol dan meberikan bedak doris setelah saya keringkan lukanya.

Dokter apakah demodex bisa sembuh total bagaimana biar tidak kambuh lagi anjing saya kena demodex umur 6 bulan

penyakit kulit memang salah satu penyebabnya bisa mdemodex, tapi apakah dagnosa ini berdasarkan pemeriksaan dokter ? karena mungkin saja anjing menimbulka gejala klinis yang sama dengan infeks demodx tapi bisa juga disebabkan oleh penyebab lain seperti parasit lainnya (tungau scabies, pinjal, kutu), jamur, alergi, ketidakseimbangan hormon dan lain sebagainya.

Untuk selanjut nya tanya jawab bisa dilakukan disini.
Hi, saat ini kami memiliki fitur baru halaman tanya jawab agar lebih mudah menjawabnya dibandingkan di komentar. Silahkan tulis pertanyaan anda di (Konsultasi Dokter Hewan Online) https://tanyadokterhewan.com/tanya-dokter-hewan-online/

Dok, saya mau tanya anjing saya pon umur 1,5 bulan kena demodex spt penjelasan dokter bulunya rontok dan sudah terjadi kebotakan pada kepalanya. Apakah tidak bahaya bagi saya dan keluarga yang memelihara? Dan apakah anjing bisa kembali sembuh seperti normal?

sebaiknya di periksakan langsung ke dokter ya, karena mungkin saja gejala nya sama tapi penyebabnya berbeda. jika penyebabnya suda dketahui dgn tepat maka treatment yang dilakukan pun harapannya akan berjalan dengan baik.

Untuk selanjut nya tanya jawab bisa dilakukan disini.
Hi, saat ini kami memiliki fitur baru halaman tanya jawab agar lebih mudah menjawabnya dibandingkan di komentar. Silahkan tulis pertanyaan anda di (Konsultasi Dokter Hewan Online) https://tanyadokterhewan.com/tanya-dokter-hewan-online/

Halo dok. anjing saya shit tzu, sudah kena demodex sejak tahun lalu dan sekarang sudah hampir 3 bulan perawatan ke dokter. tapi saya heran, kenapa yaa tidak ada perubahan ? karena udah beberapa kali suntik, minum obat, dan lainnya dokk. mohon pencerahannya

Mlm dok.. saya pny kitten sepertinya kena demodex.. bulu rontok parah berkerak ketombe.. umur 1bln 2minggu
Obatnya apa ya dok.. sayq sdh bawa ke drh cm disuntik anti gatal m vitamin dan megaderm 2x 1ml.. makan minum ok dok.. cm mmg bau badan e kayak bangkai kitten ini..

Hallo Dokter,

Demodex bisa menular pada anjing lain ga?
Trus bisa nular ke manusia ga?
Jika anjing stres, daya tahan tubuh menurun , maka demodex bisa kambuh lagi, benar demikian dok?

Siang dok…anjing pom saya baru saja melahirkan, tetapi puppy nya itu kulitnya ada bercak merah2 apa ini demodex? bercak itu ada sejak lahir. apa obatnya ya dok?

puppy saya umurnya 2 bulan didiagnisa dokter terinfeksi demorex. sudah diberikan suntikan oleh dokternya, apakah puppy saya boleh bermain di rumput dok? soalnya biasanya dia pup dan kencing nya udh kebiasaan di rumput. tapi saran dari dokter anjing saya jangan dikasi main di rumput dulu.

Demodex mungkin ya, sebaiknya selama masa pengobatan kurangi dulu aktifitas bermain diluar. Kalau untuk toilet habit tetap perlu dilakukan setiap hari. Setelah itu dibawa masuk kembali

Situs seperti ini sangat membantu sekali, apalagi narasumber benar terpercaya, jadi semua pembahasaan dapat dipercaya.

Terima kasih Drh. Puspasari Respatiningtyas sudah meluangkan waktunya dan aktif menjawab pertanyaan. Sangat membantu sekali bagi saya, karena banyak informasi ngasal diluar sana.

Btw Dok, anjing saya Chihuahua sehat dan sangat terawat, tapi setahun lalu pernah kena ring worm (ketularan saat grooming di petshop), Sudah dibawa ke vet, dan sudah sembuh. Dia tidak pernah gatal2 lagi.

Nah tapi kenapa sampai detik ini, bekas lingkaran luar dari ring worm itu, tetap botak ya? jadi terlihat bergelombang bulunya di bagian itu. Dulu sudah diberi obat untuk bulu, dan vitamin juga. Kalau harus terus menerus meminum vitamin, saya tidak percaya dengan bahan kimia apapun untuk jangka panjang.

Oiya, saat ini kulit testis anjing saya ada ruam2 merah, tapi dia tidak merasa gatal atau sakit, masih aktif sehat gitu. Apakah itu demodex ?

Untuk informasi, makanan anjing saya dari dulu daging ayam campur sayur, dan TOTW salmon kalau dirumah tidak ada orang.

terimakasih sudah mengikuti situs dan akun kami.

bekas luka ringworm normalnya akan tumbuh kembali walau memang beberapa cukup lama, tapi tidak akan pitak karena sel-selnya akan beregenerasi. apakah sudah dicoba mengoleskan vco pada bagian tersebut, vco sangat bagus sekali menjaga kelembaban dan kesehatan kulit.

demodex pada kulit testis jarang terjadi karena lebih senang pada kulit yang tebal dan lembab, sementara pada bagian scrotum cenderung tipis, tapi daerah sektarnya seperti selangkangan (groin) sangat mungkin juga terkena parasit ini.
biasanya kalau di scrotum merah karena trauma (dijilat berlebih, digesekkan ke permukaan yang kasar, alergi serangga seperti kutu, pinjal), alergi makanan bisa juga (tapi tentu ada gejala lain yang mengikuti).

anjing saya scabies awalnya, saya juga mandiin dia pake amitraz tp anehnya kulitnya ttp ga swmbuh, dan ga tumbuh bulunya, sampai2 dia trus menggaruk badannya sampai berdarah dan makanan pun sudah diganti… diolesi minyak zaitun sudah, diolesi coconut oil juga sudah…

sudah diperiksakan dan dipastikan terkena scabies? karena perlu diketahui dulu penyebab utama dengan pasti sebelum memutuskan penanganan, krn penanganan yang sesuai akan efektif kalau memang diketahi penyebabnya. mungkin anjngnya bukan terkena scabies, mungkin tungau lain, atau penyakt kulit lain. biasanya juga selain pemberian shampoo atau obat topikal, perlu juga dibantu dengan obat yang diminumkan.

Anjing saya baru 1 minggu di diangnosa terkena demodex.. Jenis anjing tekel. Sudah disuntik. Dokter kasi salep. Salep itu dikasi ke luka2 nya ya dok? Apalagi yg bs saya lakukan untuk mempercepat proses penyembuhannya?

salep biasanya di oles di daerah yang luka untuk mengurang radang, untuk frekuensi pemberian bisa konsultasikan kembali ke dokter. selain diberikan pengobatan yang sesuai saran dokter, berikan juga makanan yang baik untuk anjing, pastikan cukup cairan. berikan sayur dan buah tidak masalah, pemebrian probiotik seperti yghurt, kefir juga bs membantu menjaga daya tahan tubuh.

Halo dok

anjing saya husky
Gejalanya seperti knk demodex
Merah disekujur tubuh
Rontok
Trus digaruknya smpe berdarah
Stlh itu timbul peradangan gitu
Apakah harus ke dokter dlu?
Tidak bisakah kita sembuhin sendiri?
Kalau bisa caranya gmna yah dok?
Tolong bantuannya

Sebaiknya mmg diperiksakan ke dokter supaya bisa dicek apa mmg penyebab radangnya ken demodex atau mungkin ada penyebab lain. Sementara perhatikan juga kulitnya, kalau kering hs dioles minyak kelapa atau vco.

Leave a Reply to ema Cancel reply

*