5 alasan mengapa kucing sering pipis sembarangan – TANYA DOKTER HEWAN

5 alasan mengapa kucing sering pipis sembarangan

5 alasan mengapa kucing sering pipis sembarangan

Kucing termasuk hewan kesayangan atau pet yang banyak dipelihara dan digemari. Kucing menjadi sahabat dan keluarga bagi manusia sejak masa lampau. Tingkah laku kucing yang menggemaskan dan wajahnya yang “innocent” terkadang menimbulkan gelak tawa bagi pemiliknya. Namun, tak jarang pemilik yang mengeluhkan kucingnya melakukan perilaku yang kurang disenangi. Pipis atau kencing sembarangan sering menjadi keluhan pemilik kucing terutama pada kucing jantan. Bau urine kucing yang khas terkadang menimbulkan rasa tidak nyaman bagi pemilik.

Berikut 5 alasan mengapa kucing sering pipis sembarangan :

1# Kucing menandai wilayahnya

Terkadang kucing menyemprotkan urine yang disebarkan untuk menandai wilayahnya. Kucing jantan dewasa sering melakukannya untuk menunjukkan dominasi terhadap wilayah tertentu

2# Rumah dengan banyak kucing

Rumah yang memilki banyak kucing akan menyebabkan salah satu kucing merasa tersaingi akhirnya dia ingin mendominasi rumah. Salah satu yang dilakukan adalah melakukan spraying atau menyebarkan urine atau air kencing disekitar rumah.

5 alasan mengapa kucing sering pipis sembarangan
5 alasan mengapa kucing sering pipis sembarangan

3# Kucing stress

Kucing yang stress biasanya melakukan banyak hal yang diluar kendali termasuk menyemprotkan urine. Stress yang timbul pada kucing bisa diakibatkan oleh kondisi rumah yang terlalu ramai, ada hewan lain, ada orang asing, atau perpindahan benda yang membuat rumah menjadi asing.

4# Kucing mengalami diabetes

Kucing yang kencing sembarangan bisa saja mengalami gejala diabetes. diabetes terjadi pada kucing gemuk dan kucing tua. Namun, ada perbedaan kucing yang menandai wilayahnya dengan kucing yang mengalami diabetes. Kucing yang menandai wilayahnya hanya menyemprotkan urine di bagian benda yang vertikal seperti tembok, furniture. Sedangkan, kucing yang mengalami diabetes bisa kencing dilantai dan bisa dilakukan oleh kucing betina.

#5 Kucing jantan yang belum dikastrasi

Kucing jantan yang belum dikastrasi memiliki perilaku menyemprotkan urine atau kencing lebih sering karena pengaruh hormonal. Kucing tua atau senior bisa saja melakukan perilaku kencing sembarangan terutama jika mengalami diabetes atau nyeri sendi sehingga untuk mencapai kotak pasir mengalami kesulitan.

*P.S Jika ada yang ingin ditanyakan/didiskusikan jangan sungkan bertanya melalui komentar di bawah ini ya.
Jangan lupa juga share artikel ini agar informasinya bisa bermanfaat bagi orang lain.

Regards
drh Puspasari Respatiningtyas

29 comments

Dok, apa pengaruh yah kucing jantan yg sedang birahi itu bikin dia jd pee sembarangan?? Dan terkesan seperti anyang anyangan pee nyaa kalau versi manusia? Mohon saran dan penjelasannya yah dok terimakasih

Sangat wajar y mb, namanya spraying kalau dia pipisnya ke tembok, kaki kursi, atau permukaan vertikal lainnya. Krn kn mmg hormonnya tinggi, jd dia lebih sering menandai wilayahnya

Dok mau tanya, klo kucing jntn pipis smbrgan tp bkn spraying itu gmn? Pipisnya lbh ke lantai, kasur gtu. Dan pipisnya jg banyak. Trmakasih.

Hallo dok, kucing jantan saya suka pipis sembarang, dia tahu untuk pipis di litter box, awal dia spraying ke tembok, dan itu beberapa bulan lalu, sekarang ia kembali lagi untuk pipis sembarang, dan lama kelamaan di lantai dan tempat lain ada bekas pipisnya tapi hanya sedikit, sekarang dia pipis di sofa, buku dan tempat lain dengan jumlah yang lumayan, dirumah saya tidak ada kucing lain, tidak ada faktor yang membuat untuk kucing saya stress, terima kasih dok.

Usianya brp? Pernah dikawinkan tidak? Banyak faktor yg bs membuat kucing pipis sembarangan, stress juga macamnya banyak, misalnya dia bertemu org lain, atau ad benda baru juga bs menimbulkan keinginan untuk menandai wilayah tsb. Atau mgkn mmg ad kelainan yg berkaitan dgn medis. Jd sebaiknya diperiksakan saja

Dok, kucing saya pipis sembarangan dimana – mana. Kebanyakan di kasur, keset, dan lantai juga kadang. Di litter box nya pipis juga. Tp masih pipis sembarangan. Dan sering, sehari bisa berkali – kali. Kemarin sudah periksa ke dokter dan diberi obat untyk stimulasi pipis nya dab antibiotik. Sudah 3 hari minum obatnya tp belum ada perubahan sama sekali. Dia masih suka duduk di litter box nya lumayan lama untuk pipis dan pupnya jg masih mencret kadang. Itu kenapa ya dok? Saya harus gimana?

Dok, kucing saya jantan domestik. Seharian ini tiba-tiba dia pipis berkali-kali di kasur dan karpet. Padahal dari kecil dia terbiasa pipis di litter box. Tidak pernah sembarangan. Kira-kira kenapa ya dok?

Dok, kucing jantan saya sering pipis sembangarangn, kalau pipis dia lama di kamar mandi tapi keluarnya dikit, ttrus gak lama habis itu pipis lg. Pernah juga badannya tiba2 menegang, trus smbuh sndirinya.itu sakitnya ap dan gimana penanganannya dok? Mohon bantuan. Terimakasih.

sudah baca artikelnya? salah satu penyebabnya bs juga ada sumbatan d saluran kencing nya ya, bs radang, bs batu . segera konsultasikan ke dokter ya

Dok, kucing saya kan kemarin bru di sterilisasi nah harapan saya dia ga pipis sembarangan tpi pgi ini dia pipis dilantai lgi.. Apakah memang seperti itu setelah di sterilisasi dok? Trs sekarang dia meong2 minta keluar.. Apakah hal tsb jga biasa untuk kucing yg bru selesai di sterilisasi?

Ps: kucing saya jantan dok

Terimakasih

kalau usianya saat kastrasi sudah usai birahi dan pernah kawin. biasanya kebiasaan yang lamanya masih ada selama bbrp bulan krn hormon nya juga menyesuaikan, kebiasaan akan berangsur berkurang lama-lama

Dok mau tanya. Kucing saya betina baru 8 bulan dan dia mix mainecoone. Dari kmrn kmrn dia ga pipis sembarangan dok. Dan baru hari ini dia sudah pipis 2x di sofa dan di tmpt tidur. Dulu pernah kejadian dia pipis di kesedan. Tp sudah lama ga pipis smbrangan skrg sprti itu lg dok. Apakah kucing saya diabetes atau knp ya dok? Posisi nya sekarang dia sedang birahi. Dan berat bdan nya 2.8kg. Apakah birahi mempengaruhi dia pipis sembarangan?? Trmksh

Dok. Kucing saya jantan usia 10Bulan. Dua hari ini saya perhatikan dia sering bolak balik kencing, tapi waktu saya lihat tidak ada kencingnya, kalau pun ada kencingnya lebih sedikit dibandingkan hari hari sebelumnya. Kucing saya itu kenapa ya dok?

apakah sudah diperiksakan ke dokter? bagaimana minumnya? apakah cukup? kucing terutama jantan, memiliki resiko tinggi kemungkinan terkena infeksi saluran kencing, kencings edikit tapi sering, bisa menjadi salah satu ciri adanya infeksi saluran kencing. sebaiknya segera periksakan ke dokter ya.

Untuk selanjutnya, tanya jawab bisa dilakukan disini :

Konsultasi dokter hewan online

Dok kucing saya kok gelisah,sering meong kencang terus dan pipis sembarangan gitu,saya kira birahi tp saya sekandangkan dg betina namun tidak kawin kawin,itu gimana dok?

Perlu waktu untuk mengawinkannya, tdk bs langsunh saja dikawinkan, betina nya juga hatus birahi

Dok sya mau tanya, kucing saya betina kira” setahunan umurnya dok udh 4 hri ini dia kyk anyang-anyangn gtu dok pipisny di smbrng tmpt pdhl sblumnya dia sllu ppis dn poop d.kmar mndi dn litter boxnya tp kmren dia ppis d.kasur, tp ppisnya dkit gtu kasian dia kyak mau jalan susah jdi tduran trus, tp bokap g bolehin ke drh dok katanya nnti bkal smbuh sndiri, ini brusan d.ksih obat anyang-anyangn tp buat mnusia bukn buat hewan, apa itu aman dok takut klo gk ccok, mhon bntu jwab ya dok baiknya gmn dn obat ap yg ccok tnpa prlu ke drh

Sebaiknya diperiksakan ke Dokter. Krn kalau kondisi pipis sedikit tapi sering termasuk salah satu ciri infeksi saluran kencing. Kasian kalau dibiarkan. JD sy harap diperiksakan ke Dokter ya

Dok,saya punya kucing jantan umur 10 blnan dia akhir akhir ini sering pup&pip sembarangan,dia punya teman jantan 1 umur 3bln dan betina umur 8bln,tp pas mulai kmren dia masuk umur 10bln sering pip&pup di sofa dan lantai,bagaimana cara mengatasi nya dok,trims

Dok, kucing saya umurnya baru 1 THN 1 bln, akhir” ini dia sering kencing sembarangan, kadang sedikit kadang banyak tapi di litter box juga dia masih suka kencing. Kadang dia lagi tidur atau lagi jalan kencingnya juga keluar sendiri dok, itu kenapa ya dok? Saya mau bawa ke dokter tapi nggak di bolehin sama ayah saya katanya bakal sembuh sendiri dok, jadi saya harus gimana dok?

*Saya juga punya 1 kucing lagi yang seumuran sama dia di rumah (sodaranya). Saya ngerawatnya dari dia lahir

sebaiknya memang tetap diperiksakan ke dokter, khawatir ada kelainan pada syaraf yang menginervasi kantung kemih nya.

dok,sya pnya kcing btina.yg pd blan februari lalu melahirkan anak!skrg,usinya gnap.2,5 bulan.tpi kmrin…anaknya meninggal.krna bbrapa hri lalu saat sya stukan dg induknya dikndang…induknya mlah,tdk mw mnyusuinya dn trakhir sya lhat..dri dubur kcingnya ada cairan..kira2,knpa ya dok.trma kasih.

trus solusinya bagaimana dok?
setelah saya menambah beberapa kucing di rumah skrg kucing saya yg pertama dan yang paling dewasa sering pie sembarangan?
ada solusinya gak dok?
tp saya sayang dok kalo membuang kucing2 yang laen. terimakasih banyak dokter

Jika sudah merawat tentu harus berkomitmen, tidak boleh asal buang atau menghibahkan ke org lain atau bahkan diterlantarkan. Sebaiknya bisa juga dipikirkan untuk steril baik jantan dan betina supaya tidak bertambah lagi populasinya, selain itu bisa juga mengurangi kebiasaan spraying pada kucing jantan. Perlu dibedakan antara spraying dan pipis sembarangan. Kalau pipis sembarangan, posisinya pipis normal, tidak menyemprot pada permukaan yg vertikal. Bisa dicoba menggunakan karbol sereh ataupun minyak sereh pada bagian yg sering disemprot atau menjadi tempat favorit pipisnya, jangan lupa juga dibersihkan dgn sabun dan detergent sebelum disemprot dengan minyak sereh ataupun karbol sereh.

Leave a Reply

*