Sedih, ternyata 5 hal ini bisa membuat waktu hidup hewan peliharaan mu menjadi berkurang – TANYA DOKTER HEWAN
Sterilisasi pada kucing

Sedih, ternyata 5 hal ini bisa membuat waktu hidup hewan peliharaan mu menjadi berkurang



Sedih, ternyata 5 hal ini bisa membuat waktu hidup hewan peliharaan mu menjadi berkurang

Life span atau masa hidup pada hewan peliharaan terutama anjing dan kucing sangat bervariasi. Hal ini disebabkan oleh rasa tau breed, gaya hidup (life style), dan ukuran tubuh. Namun rata-rata 8 tahun sudah merupakan angka yang baik untuk usia anjing maupun kucing. Memiliki gaya hidup yang baik dan sehat, tidak mustahil anjing maupun kucing bisa hidup lebih dari 15 tahun.

Memang memiliki gaya hidup yang baik untuk anjing dan kucing tidak mudah dilakukan. Namun, hal ini bisa menjadi perhatian dan pencegahan agar anjing dan kucing kita dapat memiliki usia yang lebih panjang.

 

BerikutΒ 5 hal ini bisa membuat waktu hidup hewan peliharaan mu menjadi berkurang.

#1 Obesitas

Obesitas atau kondisi tubuh over weight (kegemukan) pada anjing dan kucing menjadi masalah baru. Di Indonesia, belum ada data yang jelas mengenai kecenderungan kondisi ini. Tapi, di Amerika sebanyak 54 % anjing dan 58 % kucing mengalami kondisi kegemukan. Obesitas dapat menyebabkan usia menjadi berkurang karena hewan dengan kondisi ini cenderung mengalami masalah kesehatan lainnya seperti diabetes, arthritis (radang sendi), gangguan fungsi hormon, kondisi kulit berjamur dan lembab, serta infeksi saluran kemih.

5 hal ini bisa membuat waktu hidup hewan peliharaan mu menjadi berkurang
5 hal ini bisa membuat waktu hidup hewan peliharaan mu menjadi berkurang

#2 Kurang latihan

Exercise ataupun latihan sehari-hari untuk anjing dan kucing wajib dilakukan. Hal ini penting untuk mengurangi stress pada anjing maupun kucing. Cara yang paling mudah adalah tidak merantai maupun mengandangkan anjing dan kucing seharian. Aktifitas perlu dilakukan setiap harinya selain makan dan tidur. Berlari pagi dan sore dengan anjing dapat menjadi pilihan yang sangat baik untuk menjaga kesehatan anjing Anda. Bahkan ini pun memberikan manfaat baik untuk kita karena kita ikut berolahraga juga. Latihan untuk kucing bisa menggunakan bola maupun haling rintang, karena kucing biasanya tidak suka diajak jalan.

#3 Gaya hidup outdoor

Anjing dan kucing yang tinggal di luar rumah (outdoor) memiliki kontak dengan lingkungan dan hewan lain lebih intens. Hal ini akna menyebabkan ancaman bagi anjing dan kucing misalnya saja dari masyarakat yang tidak menyenangi anjing maupun kucing, lalu lintas yang padat, serta kontak dengan hewan yang membawa penyakit. Resiko anjing dan kucing terkena rabies pun tinggi, belum lagi kecelakaan lalu lintas yang mungkin terjadi. Namun, bukan berarti anjing dan kucing tidak boleh keluar rumah ya. Tentunya boleh selama dalam pengawasan serta tetap on leash (menggunakan tali panjang). Menggunakan kandang semioutdoor pun bisa jadi pilihan untuk pet owner. Jadi, selain tetap bisa mengawasi kondisi anjing dan kucing, mereka pun bisa tetap nyaman merasakan dunia luar.

Kandang semioutdoor untuk hewan peliharaan
Kandang semioutdoor untuk hewan peliharaan

#4 Tidak melakukan vaksinasi

Vaksinasi merupakan salah satu upaya yang dapat dilakukan untuk mencegah kejadian penyakit yang disebabkan oleh virus maupun bakteri. Vaksinasi bisa membuat anjing dan kucing terlindungi dengan cara system tubuh melakukan pembentukan antibodi. Penyakit yang disebbakan oleh virus termasuk penyakit yang sulit disembuhkan dan biasanya membuat anjing maupun kucing berujung pada kondisi fatal. Oleh karena nya, vaksinasi pada usia 8 minggu penting dilakukan serta dikonsultasikan dengan dokter hewan. Tidak boleh melakukan vaksinasi jika bukan oleh dokter hewan.

#5 Tidak melakukan sterilisasi

Sterilisasi pada anjing dan kucing saat ini banyak digemborkan, hal ini dikarenakan banyaknya populasi anjing maupun kucing terlantar. Ternyata strerilisasi selain memberikan manfaat untuk mengendalikan populasi, dapat pula meningkatkan kualitas hidup dari anjing maupun kucing. Sterilisasi dapat mengurangi usaha hewan jantan untuk keluar rumah saat musim kawin, mengurangi hewan betina yang mengalami radang Rahim bernanah (pyometra), juga mengurangi kemungkinan adanya kematian akibat kesulitan melahirkan.

Sterilisasi pada kucing
Sterilisasi pada kucing

Faktor penting lainnya seperti selalu menjaga kesehatan (rajin check up ke dokter hewan minimal 6 bulan sekali), memberikan pakan yang baik dengan mencampurkan buah dan sayur pada makanan anjing, memberikan suplemen minyak ikan, menurunkan tingk at stress dengan melakukan aktifitas bersama dapat meningkatkan kualitas hidup dan usia dari hewan peliharaan kita.

*P.S Jika ada yang ingin ditanyakan/didiskusikan jangan sungkan bertanya melalui komentar di bawah ini ya.
Jangan lupa juga share artikel ini agar informasinya bisa bermanfaat bagi orang lain.

Regards
drh Puspasari Respatiningtyas

213 comments

Selamat siang Dok,saya mau tanya.anjing saya sudah berumur 9 bulan sekarang.waktu masih kecil belum divsksin.apakah pada umur sekarang boleh divaksin?.dan apakah boleh makan makanan dog food royal canin,saya dengar kalau dog food tidak baik.terimakasih

terimakasih pertanyaan nya.

boleh, segera konsultasikan dengan dokter hewan saja. Vaksinasi harus saat kondisi sehat.

Dog food pabrikan atau komersial boleh diberikan, tp sebaiknya diselingi juga dengan pemberian makanan buatan sendiri (home Made) dan dibantu dengan pemberian buah dan sayur Krn penting juga untuk anjing Konsumsi buah dan sayur.

dokkk.. kucingku kenapa selalu kaya ohok2 gitu ya.. padahal baru pada sehat, belum divaksin, setiap mau vaksin selalu gitu. Apa yg kaya batuk2nya gitu kesedek sesuatu atau gimana ya dok?

halo, terimakasih pertanyaan nya.
sebaiknya diperiksakan dan dikonsultasikan dulu dengan dokter masalah batuknya. karena jika diperiksakan secara langsung tentunya akan lebih mudah, juga saat akan d Vaksinasi perlu dikonsultasikan. pada dasarnya kalau tidak demam dan kondisi tubuh baik, bisa d Vaksinasi. yg terpenting dokter yg melakukan vaksinnya.

Halo dok, saya Keii..
Saya mau bertanya seputar kucing..
Sebelumnya saya punya 2 kucing, usia 2 bulan dan 5 bulan..
Nah, sejak kucing yang kecilnya diadopsi, kucing yang besarnya ini makannya gak pernah habis..
Dan juga perutnya buncit, padahal awalnya kurus sampai kelihatan tulangnya..
Apakah itu normal..?

halo kei, terimakasih atas pertanyaannya. bagaimana dengan porsi makannya? apakah bertambah ataukah sama? untuk perut buncit bisa juga disebabkan oleh adanya nya parasit spt cacing. pernah diberi obat cacing ga?

Terimakasih atas balasannya..
Saya sudah beri obat cacing, porsi makannya justru berkurang..
Ditambah lagi sakit flu juga sakit mata, sudah diobati tapi belum juga sembuh..
Saya sudah konsultasi dengan dokter hewan setempat, beliau menyarankan saya untuk menunggu sampai 2-3 minggu sambil tetap intens diberi obat..
Perutnya buncit tapi badannya biasa saja..
Apa yang harus saya lakukan dok..?

Tanya dok,
anjing shit shu saya usia 1 thn tdk mau mkn apapun biarpun sdh di ksh makanan kesukaannya..hanya mau minum air putih saja. Sdh di ksh vermox, antasida, vitamin, ttp tdk ada hasil..semakin hr semakin lemah..hanya tdr saja, pdhl dulu sangat aktif. Sedih banget…
Tdk ada batuk, flu, berak darah, dll…hanya pernah muntah cairan putih dan kuning..
MOHON solusinya dok..
Trima kasih..

terimakasih pertanyaannya, Rita. apakah sudah Vaksinasi? sudah berapa hari tidak nafsu makan? tidak mau makan mungkin bisa dengan makanannya maupun ada kesakitan d sal cerna nya termasuk gusi, lidah, dan daerah lainnya. perlu di perhatikan dan di amati daerah yang sakit. untuk variasi makanan bisa coba diberikan buah, sayur, maupun daging. bs juga mungkin stress akibat lingkungan baru, ada orang baru, maupun ad Pet baru. sebaiknya dilakukan pemeriksaan saja ke dokter khawatir terjadi kondisi yg lebih parah.

Dok,
Vaksinnya blm lengkap.. cuma 2x aja. Saya perhatiin, si doggie sering kayak kunyah2 sesuatu pdhl tdk ada yg di mkn..
Setelah mkn Vermox, saya perhatiin muncul belekan yg byk, itu knpa ya dok ?
Skarang doggie saya ksh minum madu & mkn oat meal pakai split supaya ada makanan yg msk berhubung doggie sama sekali tdk tertarik utk mkn (sdh +/- 1 mggu tdk mau mkn, hanya minum saja)
Apakah bisa Eritromisin di minumkan ke doggie ? brapa mg ya dok ?

Terima kasih banyak atas jawabannya ya dok…

eritromisin merupakan antibiotik, pemberiannya harus sesuai dengan resep dokter hewan tdk bisa dikira2 krn akan tdk efektif bahkan resiko over dosis.

Permisi dok, mau tanyak kucing persia saya mau melahirkan, air ketubannya sdah keluar tetapi dia juga blum melahirkan dok. Dari kemarin dia trus kesakitan dok. Kira kira brpa jam dok normalnya kucing dpt mgeluarkan anaknya

halo, terimakasih pertanyaannya. normalnya sekitar 6 jam sdh harus keluar. sebaiknya segera di bawa ke dokter, khawatir posisi kucing yg sungsang.

Permisi dok, mau tanyak kucing persia saya mau melahirkan, air ketubannya sdah keluar tetapi dia juga blum melahirkan dok. Dari kemarin dia trus kesakitan dok. Kira kira brpa jam dok normalnya kucing dpt mgeluarkan anaknya.

Permisi dok, saya punya kucung persia 2 hari pup nya lembek gak cair tapi lembek banget warnanya sekarang coklat kekuningan. Dia aktif lincah.. sebelum di kasih susu kucing, pupnya normal. Makannya juga banyak. Bagaimana sarannya dok? Tetima kasih

Siang dok, kemarin kucing saya diserang kucing liar yang mengakibatkan selaput dimatanya sobek dan mengeluarkan darah, kemarin sudah saya beri obat ,syukur sudah bisa buka mata lagi.
Kucing saya suka bosan kalo terusan dirumah 24jm. Tapi takutnya kali saya biarkan nanti matanya gak terkontrol kalo dia lagi diluar.
Jadi sebaiknya apakah kucing saya sebaiknya kurangi aktivitas diluar rumah dulu ?

sebaiknya selama masa penyembuhan dibiarkan dikandang saja. jika memang memungkinkan tidak perlu beraktifitas diluar. jika ingin beraktifitas diluar diawasi saja, krn mmg untuk kucing yg lifestyle nya outdoor dan semioutdoor rawan terkena luka dan penyakit.

Hallo Dok, terimakasih utk infonya sangat bermanfaat sekali.

Saya mau tanya Dok, kucing saya saat ini berumur 2,5 thn jenis Persia Himalaya jantan dgn bulu medium hair. Dulu sdh pernah vaksin tp bukunya hilang, nah saya mau vaksin lagi harus mengulang dari f3 atau langsung f4 saja yah Dok? Lalu haruskah vaksin rabies juga?

Satu lagi Dok, apa saja yg perlu diperhatikan setelah pasca sterilisasi utk kucing jantan?
Terima kasih Dokter πŸ™‚

kalau pernah vaksinasi usia 2 bulan kemungkinan sudah f3 maupun f4 kandungan vaksinnya sama saja hanya di f4 ditambah dengan chlamidya. gak masalah tinggak vaksin ulang tahunan saja. vaksin rabies sebaiknya mmg dilakukan. untuk setelah kastrasi pastikan makanannya diberikan sedikit tapi sering dan banyak beraktifitas, biasanya cenderung mengalami kondisi overweight.

Permisi dok. Saya punya beberapa prtanyaan seputar kucing.
Saya punya 7 ekor kucing d rumah.
6 ekor kucing persia (2 peaknose 4 medium)
1 ekor kucing himalayan.
Nah pertanyaannya ini nih :
1. Kucing persia sy yg medium salah satunya, namanya Jazzy lg hamil bru 2 bln tp minggu kmrin pendaraham dok terus keluar anaknya tp keciiil banget trus dimakan dok sama Jazzynya. Tp stelah itu smpe skg dy keliatan baik” aja dok. Menurut dokter itu gmna kondisinya? Apa ga akan bermasalah dok buat kedepannya mengenai kehamilannya dok?
2. Kucing persia yg medium satunya lagi namanya Dede. Dy usianya udh setahun dok. Dy betina. Nah si Dede ini males banget buat makan. Pdhal mkanannya itu merk ProPlan dok. Dikasih mkan yg lain dy juga ga mau. Krjaannya juga cm tidur mulu. Badannya langsing wkwkkw. Nah itu gmna dok? Klo kucing ga suka makan gitu kitanya hrus gimana?
3. Kucing persia medium sy yg satunya lagi namanya Babang, jantan. Nah si babang ini suka pipis sembarangan. Tapi sekali pipis, kencingnya naudzubillah banyaknya dok. Sprti air mineral yg tumpah sebotol sedang dok. Itu kenapa yah dok?
4. Kucing persia peaknose sy namanya Livina sama Moni. Nah mreka brdua tuh dok beleknya banyaaakk banget. Walaupun habis dri salon juga bbrapa jam kemudian beleknya numpuk dok. Caranya gimana yah dok biar beleknya ga banyak?
5. Kucing Himalayan sy namanya Omie, betina. Dy tuh suka muntah dok. Trus muntahnya itu bulu semua dok. Mungkin itu bulunya dy yah. Tp sy suka takut klo muntahnya bulu gitu dok. Gmna caranya biar dy ga muntah lg? Sy bingung soalnya. Trus skg dy lg pngen kawin dok. Di rumah juga jd rame krna dy suka teriak” dok. Gmna yah dok caranya biar dy ga teriak” smpe sy bisa nemuin pejantan yg mau sy kawinin sm si Omie.

Itu aja sih dok. Kucing saya 6 ekor itu bermasalah, 1 ekor aja yg baik” aja hehehehhe.

Oh iya. FYI aja yah. Ini buat dokter atau siapapun yg baca tulisan saya.
Saya lg nyari org yg mau adopsi kucing persia sy. Soalnya udh kebanyakan di rumah euy heheheh. Yg mau saya lepas tuh si persia medium aja. Si Babang sama si Pablo. Pablo ini kucing persia medium sy yg ga begitu bermasalah sih, cm aktif aja dianya hehehe. Babang warnanya hitam bulunya. Klo Pablo warnanya putih bulunya. Kalo ada yg berminat bisa lah kontak ke sy untuk masalah harga via bbm di 5B81C4A2.

Ditunggu jawabannya yah dok..
Terimakasih

terimakasih dengan pertanyaannya yang cukup banyak. hehe.

oke dijawab satu persatu ya

1. kondisinya keguguran, selama tidak ada pendarahan dan fetus atau janinnya sudah keluar tidak masalah dengan kehamilan berikutnya.
2.kucing kebutuhan makannya berbeda beda dan karakternya juga. jd gak semua kucing seneng makan, gak masalah kalau dia makan sedikit yg penting sering. gak perlu dipaksa makan, yg penting makan minum masih oke dan gak lemas, kuus bukan berarti sakit dan gak sehat.
3. jika kucing jantan belum dikastrasi dan usianya sdh dewasa mmg sering kencing dimana saja dan banyak, juga kalau konsumsi airnya banyak tentunya juga urine nya banyak. bs juga jd masalah kalau urinnya sedikit tapi sering, ada darah, terlihat mengejan saat pipis.

4. untuk kucing persia pekenose/peaknose memang cenderung memiliki kotoran mata lbh banyak krn bentuk rahang yg pendek. ini menyebabkan saluran air matanya terjepit dan kecil, sehingga air mata sering membasahi bagian hidung dan mata akibatnya ad bakteri dan jamur yg berkembang krn kondisi lembab. biasanya jd banyak kotorannya. jd sering dibersihkan saja.
5. sering disisir setiap hari, jd untuk kesempatan menjilati nya berkurang. kalau ingin kawin mmg seperti itu, jadi itu tdk bisa dikendalikan. kecuali disteril jadi hormonnya sedikit, menyebabkan tdk birahi.

Dok,mau tanya,kalau priksa kesehatan ke dokter buat kucing itu kena biaya berapa ya ?
Soalnya kucing saya dari kemarin nafasnya kyk ada dahak,sudah dikasih obat flu&vitamin ga sembuh jugaa . i need your anwers dok

Dok, dirunah saya ada kucing nyasar. Tp saya kurang tau apakah kucing tersebut sudah divaksin atau belum. Kalo saya langsung bawa ke dokter hewan untuk divaksin apakah bisa? Kalo untuk umur kira2 udah diatas 1 tahun karena bobotnya lebih dari 4 kg. Terimakasih

Pagi dok,begini dokter 2hr yg lalu pas suami saya pulang kerja nemu seekor anak kucing kira”usianya br 3bln,jenis kelamin jantan dengan kondisi salah satu telapak kaki depannya agak bengkak dok…yg sy mo tnykan bgmn cara penangannya y dok biar telapak kakinya bs kembali k ukuran normal?

cb dikompres dengan air hangat, dan dibersihkan apakah ada batu maupun kayu yang menusuk. jika kondisi tidak membaik setelah dikompres segera diperiksakan ke dokter

Siang dok, di rumah saya ada kucing persia jantan usia 3 tahun. Belum disteril, rutin divaksin. Kucing saya kadang muntah , sebulan atau dua bulan sekali pasti ada muntah. Setiap habis muntah pasti gak nafsu makan. Tp sehabis muntah biasa saya kasih vitamin imboost , satu dua hr kemudian nafsu makannya kembali baik.

Dok kucing saya persia himalaya umur 1 th sering bngt terkena flu, terutama pada musim hujan. Solusinya gmn dok ?

kemungkinan krn imunitas atau daya tahan tubuh yang sedang turun. flu biasa disebabkan oleh virus. jadi usahakan meningkatkan daya tahan tubuh dengan memberikan makan tinggi protein, minyak ikan, dan bs juga suplemen yg bs meningkatkan daya tahan tubuh spt imboost maupun stimuno. tapi ada baiknya diperiksakan ke dokter jika semakin parah.

Pagi dok
Saya ingin bertanya. Saya memiliki 2 ekor kucing kitten. Satu himalaya umur 8 bln betina. Satu lg persia umur 5 bln jantan. Blm divaksin kedua’a. Yg betina ini sgt tkt klo bertemu dg manusia. Hobby’a tdur mulu. Ga prnh main. Digendong dia malah mengeong kaki nya dikakuin sm dy. Terus jg ada bunyi grok grok dr kucing sy. Nah klo yg jantan, dibawah perut bagian belakang kyk ada kulit ngatung gitu dok. Terus yg jantan gak gemuk*. Pdhl sy rutin ksh minyak ikan vitamin dan makanan’a diseling make royal canin. Tp ttp aja kurus dok. Saya hrs bagaimana ya sebaiknya… Mohon informasinya.

untuk kucing tidak perlu terlalu gemuk, kurus tidak masalah yg penting sehat. dan tidak terlalu kurus. diebrikan obat cacing juga penting, krn kurus juga bs diakibatkan adanya parasit spt cacing. kalau kucingnya nafsu makannya baik, tidak ada ingus, tidak lemas. tidak masalah, tp mng sebaiknya diperiksakan ke dokter. khawatir ada infeksi di saluran nafasnya. kalau takut dengan manusia wajar, tdk perlu d paksa. biarkan saja

1.Dok saya ingin bertanya kenapa ya kucing saya sering sekali menggaruk telinganya?? Sudah sering saya bersihkan tetapi msh saja seperti itu.. mohon penjelasannya..
2.sy ada rencana utk menyeterilkan kucing jantan saya, sekarang usianya 1 tahun 6 bulan dan belum pernah kawin. Apakah menurut dokter dikawinkan dulu sebelum steril atau tidak usah ya dok? Soalnya saya pernah dengar kalau kucing jantan yg belum prnah kawin jika disterilkan itu akan rentan terkena penyakit ‘kencing batu’ apakah betul? Mohon penjelasannya, terimakasih..

gatal di telinga penyebabnya bs krn jamur, ada tungau telinga (ini normal ada tapi kalau daya tahan tubuh menurun perkembangannya jd lebih cepat), jd selain dibersihkan juga sebaiknya diberikan obat tetes telinga antiparasit dan selalu menjaga sistem imunitas nya. ada baiknya juga diperiksakan ke dokter jadi tau penyebabnya. untuk steril bisa dilakukan kapan saja yg penting sehat. , tidak masalah belum kawin atau tidak. batu pada saluran kemih tdk berhubungan dgn kucing sdh kawin atau blm, batu berhubungan dgn pola makan, minum, dan kebersihan, bb yg berlebihan. bahkan jika tdk di steril hingga usia dewasa resiko terkena infeksi saluran urine akan semakin meningkat.

Dok, mata kucing saya kenapa ya? awalnya putih gitu, lama2 kaya ada benjolan gitu d matanya, warna merah. yang dulunya montok sekarang sudah kurus kucingny πŸ™

kemungkinan bs radang yg awalnya dr luka maupun penyebab lainnya, segera diperiksakan saja. mengingat fungsi mata yg vital tidak bisa diberikan obat sembarangan.

Dok saya mau tanya. Kucing saya napas nya sulit kayak sesak dan cepat. Dari kemarin gak mau makan sama minum dan gak mau buang air kecil dan besardia juga selalu pengen tiduran ditempat yang pojokan . Badan nya lemas mata nya agak sedikit belekan. Jantungnya cepet banget . Sulit napas dihidung. kenapa ya dok?

infeksi saluran nafas bisa disebabkan oleh virus, bakteri. biasanya krn daya tahan tubuh menurun menyebabkan mudah masuknya patogen ( organisme penyebab penyakit). segera periksakan ke dokter saja untuk mendapatkan penanganan lebih lanjut

Dok, anjing saya kulitnya kelupas dan kering banget semacam kaya ketombe gitu, itu kira2 karena apa dan cara mengobatinya gimana ya dok?

Dok saya mau tanya, kucing saya semalam habis berantem sama kucing jantan lain, pas dia pulang kakinya ternyata pincang, tapi tidak ada luka sedikitpun. Dan ketika kakinya di sentuh dia merasa kesakitan, gimana solusinya dok? Apakah ada obat yg bisa diminum? Terimah kasih

kalau kesakitan bs jadi ad memar d bagian dalam , ataupun ad luka yg tdk terlihat. sebaiknya cb diperiksa scr seksama bagian yg kesakitan. bs dikompres dgn air hangat.

lambung memiliki struktur yang tidak mudah bergerak, kecuali pada kondisi gas berlebih. jadi sebaiknya diperiksakan saja ke dokter untuk menjelaskan kondisi yang lebih tepat dan penanganan yg lebih tepat.

dok, beberapa hari lalu saya mendapatkan 1 anak kucing di dekat rumah saya. lalu saya mengadopsinya, memberinya susu bayi sgm 0-6 bulan , yang disarankan oleh orang di media sosial. beberapa hari lalu anak kucingnya baik2 saja. tapi sekarang mencret dan sering sekali berteriak. lalu apa yang harus saya lakukan?

kira2 usianya berapa minggu. tepatnya menggunakan susu yg non lactosa krn kalau ad laktosa biasanya alergi jd mencret. tp penyebab mencret juga bs krn terlalu dingin susunya, pemberian terlalu banyak. kalau sering menangis bisa krn kedinginan, lapar.

dokter kucing saya telinganya berbau, dulu sudah pernah diobatin dan sekarang kambuh lagi, kira” apa penyebabnya dan bagaimana solusinya ya dok.. trims.

Hallo dok saya wini mau konsultasi, kucing saya ginjalnya bengkak, dy tidak mau makan uda beberapa hari, minum juga tidak mau. Sempat ke dokter dan dikasih obat, cuma uda dua minggu keadaannya masih belum stabil. Dy tidur ters. Saran temen saya yg kondisinya sama dgn kucing saya dy kasih minum suplemen s luthena. Menurut dokter apa gak apa2 dikasih minum obat itu? Terus penyebab ginjal bisa bengkak itu karena apa ya dok? Contoh makanan yg baik itu buat kucing sakit khususnya ginjal bengkak, apa ya dok? Apa yg boleh dan apa yang tidak boleh? Mohon informasinya, terimakasih

mmg untuk gangguan di ginjal pengobatan cukup sulit krn kondisinya sudah kronis biasanya. untuk pengobatan sejauh bisa meningkatkan daya tahan tubuh itu bisa diberikan, krn biasanya mmg maintenance yg dilakukan untuk peningkatan masa hidup. untuk makanan sebaiknya hindari banyak mknn yg mengandung garam tinggi. penyebabnya beragam bs krn kurang minum, infeksi krn kebersihan yg kurang, atau mmg gangguan organ secara sistemik spt gangguan peredaran darah, dan lainnya. perbanyak minum dan makanan basah, krn kalau asupan minum kurang akan memperberat kerja ginjal.

Trimakasih responnya dok, oya dok klo ginjal bengkak dengan gagal ginjal itu penyakit yang sama atau berbeda dok? Tapi itu bisa sembuh lagi gak dok? Apa yg hrus dilakukan agar bisa sembuh lagi? Kalau di beri air kelapa boleh dok? Saya suka kasih kucing saya kuning telur untuk asupan proteinnya dan whiskas basah, itu gak apa2 dok buat ginjalnya? Pemberian kuning telur baiknya berapa kali dalam seminggu?

dok saya mau tanya
sudah 3 hari ini kucing saya ga mau makan sama sekali,badannya kurus bgt dan jadi galak sering menggeram gt
nah sebelomnya dia beberapa kali mencret dok dan cair gt
saya periksa ternyata ada luka di sudut bibir sblh kanan udah saya kasih salep, bagai mana ya dok nanggulanginnya berat badan turun drastis.
saya mau bawa ke dokter hewan tapi dia ga mungkin bisa dibawa karna selalu teriak dan galak.
Apa yg harus dilakukan dok?
pliss jawab ya dok

sebaiknya segera dibawa ke dokter saja. dgn menggunakan teknik menghandle dgn baik maka agresifitas dpt berkurang, spt menggunakan handuk atau d bawa dgn pet cerrier. krn kalau tdk diperiksa terlebih dahulu cukup sulit. tp sementara bisa dibersihkan dgn air hangat dan terus diberikan salep

DOK! saya NIZAR, DARI NGAWI JAWATIMUR,…… punya kucing kampung hitam putih jantan,kira” berumur 1 tahun, di perutnya dekat dengan anus atau tepatnya disela sela kaki belakang ada benjolan seperti dua bola pingpong dan membuat luka yang berlubang di perut kucing saya, Pada hari pertama saya lihat ada benjolan seperti satu bola ping pong, dan hari kedua saya lihat seperti bintik seperti kutil di atas benjolan tersebut, pas hari ketiga saya lihat lagi kucing saya jalannnya agak terseok seok seperti menahan kesakitan, pas saya lihat di perutnya ternyata sudah berlubang,]dan keluar cairan putih kental seperti nanah tapi tak berbau, di hari ke 4 saya lihat nanahnya sudah tidak ada tetapi masih ada lubang menganga kecil di atas benjolan.
bagai mana cara penanganannya dok, dan penyakit apa yang menjangkit kucing saya ini,, SUDAH 4 HARI dimulai tanggal 10 agustus 2016 saya gejala tersebut di atas…mohon bantuannya dok soalnya di lingkungan kota saya jarang menemui ada yang buka praktik dokter hewan..

sebaiknya diperiksakan saja ya, silahkan hubungi dokter hewan di dinas peternakan pasti terdapat puskeswan dan ada dokter hewannya. dr kondisi yg diceritakan kemungkinan mengalami abses yg sudah pecah shg nanah nya keluar dr luka. penyebabnya pernah ada luka dan menyebabkan radang jd ad abses. luka perlu dibersihkan krn jika tidak selain menyebabkan sakit, juga khawatir infeksi lebih parah..

Dok saya mau tanya kucing saya umur 6 bln tp udah bberpa hari ini dya gk mau mkn pdahal udah di ksih mkanan ksukaan.y mknan. y juga udah di gnti saya pikir dya bosa tp ttp aja gk mau mkn jga tp semua.y normal buang air.y normal cuma nafas.y rada bau gimana cara penanganan. y ya dok? trimakasih

maaf dok saya mau tanya,kucing saya habis kecelakaan.entah dilindas atau hanya diserempet.tp bekas lukanya cukup banyak dan kencingnya pun berdarah.ditambah gak mau makan sama sekali.untuk jalan kaki belakangnya diseret.bener2 lemes.jadi saya hrs gmn dok?

Malam dok saya mau tanya. kucing saya merupakan kucing kampung, datang kerumah sekitar bln maret lalu.
hari selasa tgl 23 kucing saya dari pagi diam saja. siang2nya dia pipisnya ada cacing dok. karena kucing saya emg suka keluar gitu buat bab/pipis. nah waktu siang itu dia minta keluar. sorenya mama saya melihat kucing saya kupingnya keluar cairan coklat entah apa. dibawa masuk jg diem saja. duduk saja dia. malamnya dia keluar
esoknya pagi2 dia sudah didlm. masih kondisi yg sama, diem, bengong, lalu sorenya dari idung/mulut sy kurang tau keluar lendir disertai darah. mulutnya juga bau
akhirnya malamnya dicekokin air putih dan susu. besoknya keadaannya makin parah, tdnya mau dibawa kedokter tp kata tetangga2 bakal mati jg, biayanya jg mahal. akhirnya cuma dikasih norit, wiamo (antibiotik), sm air gula+madu setiap satu jam sekali
tapi sampai sekarang gaada perubahan. mulutnya udh gamau buka, tambah bau, minum jarang, pandangan kosong, tp kadang merespon, kalau dicekokin lalu tiba2 tersedak dia langsung keluar pipis. darahnya sudah tidak begitu banyak keluar.
apa yg harus saya lakukan dok? sy sayang sekali dg kucing saya. maaf pertanyaannya banyak dok

saran saya sebaiknya dibawa ke dokter segera, untuk menangani kondisi dehidrasi terlebih sudah bbrp hari tdk mau makan. jika tdk ad riwayat vaksinasi mgkn saja terinfeksi virus, atau ada infeksi di bagian mulutnya yg juga bs bersifat sistemik atau menjalar ke seluruh tubuh jika tdk diobati. begitu pun dgn radang telinga yg mungkin terjadi penyebabnya bs krn infeksi tungau telinga maupun radang krn jamur, kemasukan air, dan lain sebagainya.

Terimakasih reaponnya. Tapi ortu saya tidak mau dibawa kedokter karena mahal. Apalagi setelah mendengar tetangga2 sy yg blg kalau dibawa kedokter mati juga.
Jadi bagaimana dok? Selain di dokter apa tdk bisa disembuhkan sendiri?
Soalnya tetngga sy jg blg obat yg dikasih pun spt obat manusia. Saya bingung dokk, sudah 6 hari. Dia lemes, tp masih bisa jalan pindah2.

kalau tdk diperiksakan tdk bisa merrkomendasikan pemberian obat. perlu diperiksakan terlebih dahulu. mmg obat ny kemungkinan sama tp kn dosisnya beda.

dok, saya mau nanya.
beberapa bulan yg lalu, mata anjing saya muncul bintik putih di bagian tengah matanya. lalu saya bawa ke dokter hewan, dgn dokternya dikasih obat tetes mata. kemudian, selang bbrp bulan bintiknya semakin besar jd spt selaput putih di matanya tp tdk sampai menutup matanya penuh. lalu sy bw ke dokter lg dan dktrnya bilang bahwa korneanya luka (sobek) ttp dokternya blg bahwa itu gpp, hanya anjing sy klo melihat akan ada bintik putih, tdk smp buta. smp skrg selaput putihnya smkin besar. ap yg harus sy lakukan, dok? terimakasih.

silahkan konsultasikan ke dokter lagi ya, kondisi kornea yg luka mmg bs sembuh dgn pemeriksaan dan penanganan yg tepat. terimakasih

Malam dok saya mau tanya. Kucing sy merupakan kucing kampung. Dtg kerumah sekitar bln maret lalu.
Hari selasa tgl 23 kucing sy dari pagi diam saja. Siangnya dia pipisnya ada cacingnya dok. kucing sy emg suka keluar, lalu dia minta keluar.
Sorenya mama saya melihat dikupingnya keluar cairan coklat entah apa. Dibawa masuk jg diem aja. duduk saja, melamun.
malamnya dia minta keluar, besoknya pagi2 dia sudah didlm. Masih kondisi sama. diem, bengong. Sorenya dari idung/mulut sy gatau keluar lendir disertai darah. Mulutnya jg bau sekali.
Akhirnya malamnya dicekokin susu+air karena dia gamau minum.
besoknya keadaannya makin parah, darahnya netes banyak. Lendirnya jg, lemas. Tadinya mau dibawa kedokter tp menurut tetangga2 saya, percuma krn bakal mati jg. Saya jg tidak ada uang. Akhirnya cuma dikasih norit pas jam 2, dikasih air gula+madu tiap 1 jam sekali. Lalu jam 11 malam dikasih wiami (antibiotik)
Tapi sampai sekarang gaada perubahan. Mulutnya tambah bau, tdnya mulutnya masih mau terbuka sekarang engga. Minum jarang, pandangan kosong, suka duduk dilantai kamar mandi. Kalau dicekokin air suka tersedak lalu dia pipis. Darahnya sudah tdk begitu banyak keluar. Tp tetep masih blm berhenti.
Hari ini blm dikasih obat apapun karna dia gamau buka mulut. Cuma td pagi dikasih air gula+madu. Itu dia sampai tersedak parah, trs gemeteran palanya. Tapi dia lemas begitu masih bisa jalan, malah kalau duduk, pindah2 tempat terus
Apa yg harus saya lakukan dok? Saya syg sekali dg kucing saya. maaf byk pertanyaan dok. Saya mohon dijwb dan dibantu. Ortu saya tdk mau bawa kedokter soalnya. Terimakasih banyak dok. Saya butuh respon yg cepat. Maaf dan terimakasih sekali lagi

Dok saya mau tnya kucing sya kira” umurnya 5 bln trus s3karang dia hamil dah hampir 2 buln.. puting susu nya udah bngkak tpi ko blm melahirkan.. dan perutnya pun udah besar skali.. kira” brpa blan dok kucing hamil? Trus dia kaya punya ambeien karna kalau mau buang air besar kaya kluar dagingnya gtu..keluar cacing ama cair kotorannya warnanya pun agak merah muda gtu dok? Kalau setiap mau dibersihin di area pantat nya pasti triak”ksakitan…. apa perlu SC ya dok? Kalau SC kira” biayanya brapa dok??? Mkasi dok..

Saya mau tanya dok,
Saya punya anjing mini pinscher trus kenapa bulu anjing saya rontok banyak, dan dia sering gigitin ekor dan kakinya?

Selamat malam dok
Saya perpim dari palembang
Mau nanya,kucing saya mengalami pyomerta terbuka.tapi belum saya oprasi..bisa gk dok kalau kucing saya tidak perlu dioprasi..terus apakah bisa kucing saya hamil..umurnya baru 5bln
Terimakasih dok sebelumnya
Tolong dibalas ya dok..

apakah diagnosa sudah berdasarkan diagnosa dokter? untuk pyometra terbuka artinya ad nanah keluar dr rahim dan berceceran keluar dr vagina. kondisi ini membuat mudah masuknya agen penyakit lain spt bakteri, krn bakteri sgt suka dgn nanah, dan air. nanah juga isinya bakteri, jk tdk segera diobati khawatir kondisi radang semakin memburuk, parahnya lg bs menyebabkan sepsis atau masuknya bakteri dan racunnya ke seluruh sistem tubuh melalui pembuluh darah. akhirnya bs menyebabkan kematian krn infeksi. untuk kondisi pyometra, tdk bs hamil krn tubuh mengkondisikan diri seperti sedang hamil, jd hormon yg menyebabkan birahi (estrogen) tdk akan ada. tentu kalau tdk birahi, tdk bisa kawin.

Permisi dok.
Kucing saya usia 2bln jantan persia medium. Saya baru adopt pas usia 2bln ini dr teman saya katanya sudah lepas sapuh. Trs sudah bisa makan dan emang sudah bisa makan trs saya rawat saya kasih minyak ikan tiap hari (dari adopt sampai sekarang-5hari) tetapi setelah saya tinggal dan saya pulang lagi, saya nemuin dia muntah muntah. Pertama muntah full makanan setelah di cerna gitu. Kedua muntah air sama makanan. Trs selang 30-40mnt Ketiga kali muntah lendir campur makanan dan air, selang 30-40mnt dia batuk trs muntah lagi lebih sedikit makanan keluar tp ada airnya, setelah itu di ulangi 2,kali kaya gt tp dengan kondisi muntah yang semakin sedikit. Trs saya kasih air dia mau minum. Trs dia tertidur. Lalu saat bangun kembali dia muntah lagi dok tp hanya lendir dan air saja. Lendirnya warna cream gitu. Boleh minta saran dan bagaimana cara penanggulangannya dok? Sepertinya dia sudah lemes :'(

Mungkin bs krn pergantian pakan yg terlalu cepat, apakah makanannya lgsg dry food atau masih wetfood? Tp bs juga ad kemungkinan terkena infeksi d saluran pencernaan akibat hal lain spt virus ataupun bakteri. Usahakan makan minum tetap masuk dgn d suapi dan tekstur makanannnya yg lembut sedikit2 saja diberikannya. Jika tdk ad perubahan segera bawa ke dokter

Permisi dok,
Kucing saya udh hampir seminggu lebih sakit, badannya makin kurus, nafsu makan baik, udah dikasih vitamin tapi gak ada berubah2
Ini baru tadi sya liat ada benjonlan di daerah pipinya. Itu kenapa yah??

Brp usianya? Sdh vaksin? Benjolan d pipi bs krn radang yg menyebabkan abses. Bs juga karena pembengkakan kelenjar.

Met siang dok,saya lagi bingung nih,tiga hari yang lalu saya mandiin anjing saya pake shampo flea and tick ultra guard plus merk hartz,tapi malamnya badannya terasa panas, kulitnya bentol2 dari leher sampai buntutnya,dia suka garuk2 dan gigitin badan juga buntutnya sampe luka2 dan berdarah sana sini,kurang nafsu makan sampai hari ini,menurut perkiraan saya ,anjing saya itu terkena alergi atau mungkin saya salah,jadi anjing saya kenapa ya dok dan apa obatnya ?,tolong segera di jawab,Trima kasih.

Mmg betul salah satu ciri alergi gatal, mgkn juga ini terjadi krn kurang cocok dg shampoo nya atau mmg ad kondisi lain yang perlu dipastikan dgn pemeriksaan..krn jika hnya membaca dr gejalanya sja tp tdk memeriksa lgsg cukup sulit juga. Jd sebaiknya diperiksakan saja ke dokter. Untuk kulit luka bisa d oleskan minyak zaitun atau vco

Dok saya mau nanya, tdi siang kucing kitten saya ngejilatin coklat yg ada di wafer better sama soes keringg isi coklat itu gimana ya jadi panik saya takut mati keracunan

Selamat siang dok, sya mw tanya.. sya punya kitten 5 ekor, 3 jantan dan 2 betina.. yg 1 ekor jantan itu sepertinya sudah birahi, soalnya td sya liat dy mw kawin sma kitten sya yg betina… sya jd bingung, apa kitten sya ini sya steril dulu atau di vaksin terlebih dahulu, mereka blm ada yg vaksin.. apa kitten umur 4 bulan bisa hamil ya dok? Mohon pencerahannya ya dok.. soalny sya cemas tkut kitten sya nnti hamil, kan kasian umurnya baru 4 bulan…
Terima kasih…

usia tsb mmg steril bs dilakukan, tp baiknua vaksin trlbh dahulu, rata2 puber usia 5 atau 6 bulan. krn kn steril trmasuk operasi yg butuh pemulihan jd d khawatirkan daya tahan tubuh menurun jd mudah terserang virus dan kalau bln d vaksin kondisinya bs lbh parah. tp ada baiknya konsultasikan dlu dgn dokter

Halo Dokter. saya mau tanta vitamin yang bagus untuk daya tahan tubuh kucing apa ya? kitten saya usia kurang lebih 6 bulan sudah 2 hari gamau makan, dikasih ikan cuma diendus2. belum saya coba ganti makanan sih. tapi badannya jadi lebih kurus dari sebelumnya. pup dan pipis normal. baiknya ganti makanan saja atau kasih vitamin jg ya dok?
terima kasih

Selamat malam dok,

Saya Punta kucing kampung, betina,data sudah bawa ke dokter hewan untuk di steril,dokternya udah membelah kulit tapi setelah di cek ama dokternya dia bilang kucing saya hamilnya dua gede,gak berani dibuang rahimnya karna takut pendarahan,lalu bekas operasi di jahit kembali,tapi sejak dari abis operasi 3 hari an ini,bekas luka jahitan tersebut bernanah dok,kucing saya masih bisa makan,tp sedikit.yang mau saya tanyakan, berbahaya gak yah itu luka operasi yang bernanah,trus kalo kucing saya melahirkan nanti,kira kira dia sanggup melahirkan gak ya,karna takut luka operasi belum sembuh.mohon pencerahan nya dok.terima kasih

malam dok, saya mau bertanya
1.kucing saya cwe disuntik kb oleh drh setempat udah bertahun2 disuntik kb, berat kucing saya sudah 5kg karna suka makan.. selain purring dia juga sering bernafas mengeluarkan suara “ehm emm”gtu dok, apa itu tidak berbahaya dok?
2.shampo yang aman bagi kucing berbulu pendek apa ya dok? takutnya salah shampo
terima kasih dok

Dok,
Mhn bantuannya.

Di komplek perumahan kami ada 2-3 monyet (yg mungkin ex peliharaan) lepas. Dan mulai merusak taman dan menjarah makanan di dapur warga perumahan.
Beberapa warga ingin menembak dgn senapan angin. Namun warga yg lain tidak tega kalau harus dibunuh.
Kira-kira di mana kami, warga perumahan di Jatibening, Bekasi ini bisa dapatkan jasa penangkap satwa yg handal?

Terima kasih sebelumnya, dok.

cb hubungi dinas peternakan ya, bisa hubungi juga kebun binatang ragunan, mrk punya alat bius nya biasanya.

Dok kucing saya dari kemaren kaki yg depan sbelah kanan bengkak tapi gak ada luka, Jadi dia lemes dan gak mau makan

Apa yg harus saya lakukan dok, Apa minum susu bisa mengganti nutrisi makanannya

Dok, saya mau tanya. Saya punya anak kucing, seukuran sendal dewasa. Jadi gini, kucing saya, kedua kaki bagian depan gk bisa digerakkin. Jadi klo jalan selalu bergantung sama kaki belakang. Alhasil, klo jalan selalu nyusruk, kaki depannya jadi diseret melulu. Saya khawatir. Saya tanya orang2 sama anak2 kecil, katanya kaki depannya kelindes mobil. Pas saya cek, kakinya gk hancur, tapi saya pencet2 kakinya, dia gk ngerasa sakit. Biasanya kan kucing kalo kakinya digituin kan langsung marah, kalo ini enggak. Cara nanganinnya gmna ya dok? Mohon jawabannya. Terima kasih

Dok saya mau nanya anjing saya jenis beagle udh umur setahun, masalahnya setiap kali saya ajak keluar jalan2 balik2 malah kutuan
Apakah pemakaian frontline plus setiap 2 bulan sekali dapat membantu??

Bisa, biasanya kutu nya bs berupa caplak, bs pinjal. Kalau caplak (tick) Sgt senang berada d rumput2, kalau pinjal (fleas) bs ad d lingkungan, karpet, furniture. JD selain anjingnya d beri obat antiparasit. Perlu juga d bersihkan lingkungan nya.

Dok saya mau tanya, saya punya kucing persia medium usia 9Bulan, setelah saya groomingkan di salon kok tiba2 jadi lesu dan tiduran terus ya dok?? Tp makanya alhamdulilah masih mau. Kira2 knp ya dok? Untuk makanan kucing persia baiknya dikasih Dry food atau WF saja dok?? Mohon info

Sementara wetfood boleh. Mandi emg g disarankan sering2, bisa bikin stress. Klo sy pribadi sih beranggapan kucing udh bs Mandi sendiri krn dia grooming tiap hari. JD y Mandi klo perlu aja

Dok..
Di ketiak kucing saya ada bintik-bintik hitam yang menempel di kulitnya yg bikin bulu di bagian itu botak, kemungkinan karna sehabis mandi dia gak jilatin ketiaknya jadi gak sampai kering di bagian itu.
Saya menggunakan VCO dicampur minyak tawon, yang saya tanyakan
1. Apakah bintik hitam itu jamur dok?
2. Klo VCO sama minyak tawonny dijilatin apa gak berbahaya dok?
3. Kira-kira berapa lama saya harus ngasih VCO sama minyak tawonny dok soalny kasian dia kurang nafsu makan karna itu dok?
4. Apakah pemberian VCO sama minyak tawon sudah benar untuk menghilangkan bintik2 hitam itu dok? Saya smpai ketulran ada bentol2 kecil dan gatal di sela jari saya dok.
Mohon dijawab terima kasih banyak dok..

Vco aman. Minyak tawon gak terlalu saya sarankan. Lbh baik vco aja. Mgkn bs jamur. Mgkn bisa kotoran, atau kotoran kutu ya. Sampe sembuh aja vco gpp dikasih. Klo mnyk tawonnya g usah. Saran saya ad baiknya diperiksakan juga ke dokter ya. Spy mendapatkan penanganan yg tepat

Beberapa tahun yg lalu kucing saya pernah kutuan dok krna terjangkit kucing lain, sekarang udah gk kutuan lagi dok. Jika itu memang kotoran kutu apa VCO bisa menghilangkanny dok?

Selamat pagi dokter.. oiya dok kucing saya gondokan, ada benjolan besar di leher, obat yg tepat apa ya dok? Yg bisa dibeli di apotik..
Terimakasih..

obat hanya diberikan setelah pemeriksaan dokter. klo benjolannya cuma radang ya bisa d kompres pkai air hangat aja

Dok, kucing saya muntah darah segar,

1. mengapa ya?
2. Dia masih bisa minum susu, masih bisa mulet, tetapi badannya terlihat lemas juga?
3. Hari ini tgl 1 januari banyak drh tutup, sy khawatir kalau ditunda besok berakibat nyawanya

(Sy lokasi di surabaya)
Mohon info juga drh mana yg bisa bantu

Lamb bisa, cm ini tergantung anjingnya. Ad yg mmg super sensitif juga jd makanan nya perlu d konsultasikan dgn Dokter, sblm ganti pakan.

dok aku punya kitten kampung 5 usianya 2,5 bulan .sejak usia 1 buln induknya mati trus sy kasih susu skim dari petshop. kemarin diare saya kedokter trus sembuh pakannya diganti khusus yg intestinal.krn kemarin habis diganti lg sama dokternya katanya aman juga .kondisi sekarang yang 2 demam, lemas sulit bangun , sama sekali tidak mau makan/minum sy konsul dokter( kucing tdk dibawa) trus diberi antibiotik sy warna kuning 2x. ini sdh 2 hr tidak ada perubahan kira kira penyakitnya apa ya dok…..sebelumnya pupnya lembek dan bau sekali..saya tunggu jawabannya dok trimakasih

Klo penyakitnya APA , perlu diperiksakan dlu MB. Gak bs tau saya klo g diperiksakan. Macam2 mgkn bs terjadi dgn gejala yg sama

Hallo dok, saya ocha dari Depok
Mau tanya dok, saya punya kucing persia (kitten) betina umur 3bln mata sebelah kirinya keluar kotoran seperti belek dan hampir tertutup, selain membersihkan dgn tissue+air hangat apa ada cara lain yg lebih baik dok?
Terimakasih sebelumnya.

Pagi dok
Kucing saya terkena scabies sudah disuntik juga dan kasih scabimite awalnya lukanya kering dok setelah disuntik tetapi 4 hari selanjutnya lukanya berair lagi dok, bahkan berdarah dikarenakan kucing saya berlebihan menjilati lukanya
Apa yang harus saya lakukan agar lukany cepat kering dok?
Terima kasih banyak dok

selain diterapi, perlu juga dipakaikan collar atau corong supaya tidak mudah terluka. untuk luka bisa diberikan minyak zaitun

Dok mau nanya anjing saya yang jantan, di bagian kelaminya keluar nanah.
Kira2 apa pemyebabnya dan cara menanganinya bagaimana?
Thx

Siang dok,, saya mau tanya saya punya kucing kampung udah 2 hari ni gak makan normal,, trus udah gak tidur 2 malam ini,, napasnya juga megap2 dok,, dia cm bs duduk dan gak bs rebahan,, ini knp yaa dok makasih

Met malem dokter. Jadi ceritanya saya adopsi kucing campuran anggora persia, umur 2 bulan. Jadi pemiliknya bilang (kebetulan tmn saya) klo beberapa hari sblm saya ambil anak kucingnya sm dia dikasih susu dancow, dia harap begitu saya ambil jd gemuk, eh ternyata malah mencret2 dok. Tibalah akhirnya kamis tgl 16 feb 2017 saya ambil ternyata masih mencret2 juga, trus di pup nya ada cacing putih 1 mati, udah tuh dok sekali itu doang seterusnya engga, tp msh mencret, mencretnya dia sih ga cair dok, tp kaya bubur kental gitu mencretnya. Soal makanan dia gamau makanan kering maunya dicampur sm makanan basah dok, akhirnya saya campur deh, nah trus karna ternyata pupnya masih blm bulet alias padet saya bawa ke petshop tanya2 ama mbak2 pemilik katanya mesti dikasih susu kucing, yaudah akhirnya saya kasih lah sampe 2x eh malah pupnya lbh parah dr sblm2nya dok lebih cair udh gt ada bercak darah sedikit. Lgsg saya stop susunya. Akhirnya lgsg saya bawa petshop lg (karna didkt rmh saya gada dokter hewan) saya mandiin dulu karna kebetulan itu dia bulunya panjang bgt dok jd pupnya nempel dibulu2 sekitar *maaf* duburnya, abis itu lgsg dikasiin obat cacing dok, nah kata mbak2nya jgn dikasiin makanan basah nnti pupnya terus lembek akhirnya pas pulang saya tunggu agak lama biar dia laper dulu trus saya coba kasih dry food eh dia mau dok sampe malem ini dia terus makan dok dikit2 tp sering. Yg wktu dikasih makan wet jg gt dok dikit2 tp sering, minumnya juga, jd soal nafsu makan ga masalah. Tp pupnya msh blm bulet dok. Tp dok dia itu lincah dok, ga lemes sama sekali malahan aktif seneng dibecandain. Jd dok dr cerita saya yg panjang ini menurut dokter kucing saya kenapa pupnya blm padet trus sering? Apa pengaruh dipisahkan terlalu dini ya dok dr ibunya?

Oh iya dok yg soal pup nempel dibulu area dubur gmn dok bahaya ga dok klo ga dibersihin? Sbnrnya sih saya lgsg lap pake tisu basah / kering cmn ya itu dok ga keangkat sempurna, trus ntar dia kering sendiri dok, gmn tuh dok? Dia msh blm bisa bersihin diri sendiri soalnya dok.

Mohon dibaca ya dokkk maaf kalo bahasa saya agak bikin bingung hehe saya tunggu responnya dok makasiiiih

Maaf dok, saya mau tanya.. kucing saya jantan umurnya 1tahun, sudah 2 hari ini tidak mau makan dan minum tapi sering muntah cairan warna kuning, berat badannya juga menurun drastis.. Kemarin sudah coba dikasih obat penambah nafsu makan tapi tidak ada perubahan, jadi terpaksa saya suntikan minum dan wetfood yang dilarutkan di air karna takuy dia dehidrasi juga.. Kira kira penanganannya gimana dok? Soalnya dokter hewan di pet shop dekat rumah hanya ada hari sabtu.. Terimakasih dok..

Dok. Saya baru beli kucing 3 hari yg lalu. Kenapa ya kucing nya itu selalu aja sembunyi ditempat gelap? Baru dok saya juga habis mandiiin dia. Pakem air hangat juga sampo kucingkok
Tapi kenapa ya kucing saya itu jadi lemes padahal saya ngeringinnya sampel benar2 kering kok pakem hair drayer. Dia diam aja malah nurut bth. Baru dia gak mau makan sama sekali padahal makanan nya sama kayak ditempat saya beli?? Umurnya sekitar 3-4 bulan

Dokter salam kenal πŸ™‚
Nama saya Danti.

Dok saya ada sepasang kucing jantan dn betina umurnya 1 thun 6bln.. mrk juga sama2 pertama kawin. Dn betina jg udah punya anak. Anaknya sktr 2 blnan.

Dn si betina birahi berat skrg. Wkt itu jantannya saya kastrasi sekitar 3 blnnan menjelang dkt2 betina saya birahi…

Yang saya mau tanyakan sbnrnya pejantan masih bisa kawin ngak si? Ehehehe soalnya si jantan jg birahi tp kaya kebingungan gitu.. ini kedua xnya si betina birahi. X ini birahinya lebih berisik bgt… dn pejantan jg ikutan birahi tp kebingungan gitu. Saya tkt jantan saya strees? Bisa buat bgitu ngak dok?

Nah trs saya rencana steril kucing betina saya stlh sudah nyapih anaknya. Apa ya efek betina klo di steril.. klo baca2 jrg penjelasan lengkap ttg betina stlh steril dok…. selain pengaruh kesehatan yg membaik. Apa ada sprti perubahan perilaku ngak ingin kawin? Tmbah nafsu mkn ky pejantan ngak ya dok?

Ditunggu masukannya dok πŸ™‚

kalau sudah di steril setelah pernah birahi biasanya masih penyesuaian tubuh dan hormonal thd perilaku nya. jadi masih mungkin ada perilaku birahi tapi akan berkurang lama kelamaan. betina steril perubahan perilaku nya tdk terlalu signifikan, kalau nafsu makan mmg akan meningkat krn energinya untuk makan dan bermain saja. tdk untuk kawin dan hamil lagi

Dokter mau tanya. Kucing saya sudah lama sekali sakit. Dy sakit setelah ada kucing dirumah saya mati. Sehari setelah kmatian kucing sy 2kucing sy ikut sakit. Yg jantan lebih parah namun hanya dalam 10hari kucing jantan saya sudah sembuh dan sehat kembali. Namun yg btina hingga sekarang gak sembuh, nafsu makan msih ada. Sering minta makan namun milih,paling suka kl makan ikan mentah.
Berat badan turun bgt. Spt dehidrasi, lemah bgt gak mau di ajak main. Namun kl klaperan sanggup manjat2 meja dan tidurnya di atas kulkas. Gak mencret dan gak muntah.
Itu kenapa ya dok kira2…

saran saya diperiksakan ke dokter ya, supaya bisa diperiksan lebih lanjut kondisinya . stress mungkin saja tapi bisa juga ada hal lain spt infeksi

Hay dok saya dila dari pagaralam sumsel. Saya punya kucing anggora yg habis keguguran, sudah keluar janinnya 2 dok. Namun setelah 3hari kemudian di vagina kucingnya keluar lagi darah sedikit2. Itu kenapa ya dok? Apakah bahaya? Bagaimana cara menanganinya agar darah tdk terus keluar (darah yg keluar sedikit *setitik tapi sering) suka di jilat kucingnya. Kondisi kucingnya bersemangat, nafsu makan mendekati normal, suka lari2 dan bermain sendiri. Mohon saran dan pendapatnya dok. Terimahkasih sblmnya πŸ™‚

biasanya pendarahan masih menandakan ada janin yang akan keluar. kalau ad demam, darahnya berbau busuk, segera periksakan ke dokter ya

Dok, kucing saya usia 5 bulan dan lagi pengen kawin. dari sumber yang saya baca usia segitu masih rawan untuk hamil dan kalau pun hamil anaknya akan berisiko banyak yang mati. Mohon saran dok gmn mengatasinya, soalnya tiap malam mengeong kenceng minta “kawin”. Bolehkah di beri KB? atau ada cara lain selain d sterilkan, Trims…

tidak boleh dengan kb, kalau mau tdk kawin ya jgn sampai bertemu dgn jantan. selama masa birahi diusahakan tetap didalam rumah

Halo Dok , saya punya kucing 1 persia betina dewasa 12hari yang lalu melahirkan anak 5ekor secara normal. 1 persia jantan dewasa bapaknya anak 5ekor sud d steril 1bulan yang lalu dan masih birahi. 2 kitten ( maincoon & persia ) jantan usia 4bulan , 1 kitten maincoon betina usia 5bulan , 1 kitten ragdol betina usia 8bulan sedang birahi. Semua sud obat cacing rutin dan sud vaksin rutin

Kitten jantan maicoon di rumah kami sebelum sweety diketahui hamil sedangkan kitten betina maincoon dan kitten betina ragdol baru 2hari an diadop sebelum sweety melahirkan. Dan kitten persia jantan baru 3hari ini bergabung.

Sejak sweety punya anak otomatis sudah 12hari kucing yg lain tidak lagi main keluar seperti biasanya.

Pertanyaan 1. Usia anak kucing berapa ya yang aman supaya sweety tidak stress tepatnya agar kucing2 lain bisa main keluar kandang lagi. sweety sampai hari ke 12 sweety sudah 4kali memindahkan anak2nya dan sekarang anak2 sweety ada dikardus dalam kamar kosong

Biasanya kucing2 main dirumah sekarang sud 12hari dikandang terus, di 1 sisi khawatir kucing2 lain memangsa anak2 sweety walaupun anak2 tsb dikamar tapi pintu kamar dibuka krn sweety makan minum pup tetap bolak2 d kandang tapi di sisinlain jadi khawatir mereka stress krn dilarang kekuar kandang hanya digendong2 saja

Pertanyaan 2. 8bulan betina ragdol sudah boleh kawinkah? Memang lagi birahi dan jantan dewasa persia yg sud d steril pernah menghampiri

Pertanyaan 3. Usia berapa anak2 sweety 5ekor bisa mulai dikasih obat cacing dan divaksin untuk pertama kali?

Pertanyaan 4. Usia berapa anak2 sweety bisa mulai dipertemukan dengan anjing 1ekor betina shih tzu 1thn 9bulan sud vaksin rutin yg sud 2minggu sengaja saya ikut sertakan training kebetulan diwajibkan tdk memperkenankan bawa pulang kerumah anjing selama training.

Atas waktu menjawabnya diucapkan terimakasih. Salam

perlu ruangan khusus untuk induk dan anaknya, kucing lain tdk perlu dikandangkan, tapi batasi akses ke kitten dan induk yang sedang menyusui. akses ke makanan untuk induk sebaiknya dekat induknya termasuk litterbox, jadi induk tdk perlu meninggalkan anaknya.

usia 8 bulan saya tdk sarankan untuk kawin karena masih dalam masa pertumbuhan dan perkembangan tubuhnya.

usia 2 bulan sudah boleh vaksinasi untuk kitten dan pemberian obat cacing.

pengenalan kucing dengan hewan lain bisa dimulai saat usia sosialisasi 8 minggu sudah bisa.

info lengkap perawatan anak kucing silahkan download disini ya : e book

Halo Dok , saya punya kucing 1 persia betina dewasa 12hari yang lalu melahirkan anak 5ekor secara normal. 1 persia jantan dewasa bapaknya anak 5ekor sud d steril 1bulan yang lalu dan masih birahi. 2 kitten ( maincoon & persia ) jantan usia 4bulan , 1 kitten maincoon betina usia 5bulan , 1 kitten ragdol betina usia 8bulan sedang birahi. Semua sud obat cacing rutin dan sud vaksin rutin

Kitten jantan maicoon di rumah kami sebelum sweety diketahui hamil sedangkan kitten betina maincoon dan kitten betina ragdol baru 2hari an diadop sebelum sweety melahirkan. Dan kitten persia jantan baru 3hari ini bergabung.

Sejak sweety punya anak otomatis sudah 12hari kucing yg lain tidak lagi main keluar seperti biasanya.

Pertanyaan 1. Usia anak kucing berapa ya yang aman supaya sweety tidak stress tepatnya agar kucing2 lain bisa main keluar kandang lagi. sweety sampai hari ke 12 sweety sudah 4kali memindahkan anak2nya dan sekarang anak2 sweety ada dikardus dalam kamar kosong

Biasanya kucing2 main dirumah sekarang sud 12hari dikandang terus, di 1 sisi khawatir kucing2 lain memangsa anak2 sweety walaupun anak2 tsb dikamar tapi pintu kamar dibuka krn sweety makan minum pup tetap bolak2 d kandang tapi di sisi lain jadi khawatir kucing2 lain akan stress krn dilarang keluar kandang hanya digendong2 saja

Pertanyaan 2. 8bulan betina ragdol sudah boleh kawinkah? Memang lagi birahi dan jantan dewasa persia yg sud d steril pernah menghampiri

Pertanyaan 3. Usia berapa anak2 sweety 5ekor bisa mulai dikasih obat cacing dan divaksin untuk pertama kali?

Pertanyaan 4. Usia berapa anak2 sweety bisa mulai dipertemukan dengan anjing 1ekor betina shih tzu 1thn 9bulan sud vaksin rutin yg sud 2minggu sengaja saya ikut sertakan training kebetulan diwajibkan tdk memperkenankan bawa pulang kerumah anjing selama training.

Atas waktu menjawabnya diucapkan terimakasih. Salam

Dok saya mau tanya, kucing saya beberapa hari ini tidak mau makan,dan minum. Dia tidur terus , jam tidurnya melebihi jam tidur biasanya. Yang lebih parah lagi, dia mengeluarkan air liur yang berwarna coklat dan bau, air liurnya ada di ujung-ujung bibir

Dok mau nanya, anjing beagle saya setiap habis mandi dia suka gatal2 sampe 2-3 hari gt tapi setelah itu normal lagi dan kulitnya berketombe.
Apakah karna tidak cocok sama shampo nya atau makanan nya?

bisa keduanya, kalau kulitnya sangat sensitif kemungkinan perlu treatment khusus. ada baiknya periksakan terlebih dahulu ke dokter ya

Dok kucing saya baru saja melahirkan semalam. Saya mau bertanya untuk induk kucingnya di beri makan berapa kali dalam sehari? Lalu bagaimana kalau ingin buang air karena sudah terbiasa buang air di kamar mandi?

induk hamil harus lebih sering makannya, bs 5-6 kali sehari, makan pakai makanan kitten, gak boleh dibatasi. bisa juga pakai ikan, ayam rebus, dan lainnya. harus yg protein tinggi, usahakan yg basah supaya banyak cairan yang masuk. gak masalah kalau harus ke kamar mandi. yg penting usahakan kondisi anak aman

Dok kenapa yaa induk kucing saya yang sedang menyusui itu nafasnya seperti terengah-engah dan mulutnya terbuka? Apa itu dehidrasi? Tetapi di kasih minum gamau dok, apa yang harus saya lakukan?

Anaknya banyak gak? Nafsu makannya bagus? Kalau terengah2 bs kelelahan krn menyusui jd perlu makan yg kualitas baik, proteinnya tinggi. Kasih makanan kitten, atau bs juga mmg ada gangguan d saluran nafasnya.

Dok, kucing betina saya tanggal 15 maret disteril. diberikan obat antibiotik dan lambung sampe tanggal 24 maret. tanggal 25 maret malam harinya kucing saya muntah2 busa warna putih, sampe sekarang tanggal 2 april masih muntah2 busa putih jika dikasih makanan, tapi kalau dikasih minum sedikit2 tidak muntah. sy sudah coba ronsen, 1 dokter bilang sakit lambung, 1 dokter bilang batuk berlendir, 1 dokter bilang ada kelainan di hati dan 1 dokter lagi bilang semuanya normal cuma kebanyakan dikasih obat setelah operasi (harusnya 5 hari, ini 10 hari dikasih obatnya. dokter yang terakhir menyarakan diberikan susu aja sedikit2, tapi hari ini jadi mencret BAB nya dan masih muntah jika diberikan makanan. mohon pencerahannya dokter, saya sangat binggung. trmksh

Lebih baik memang memberikan makanan nya sedikit tapi sering, perlahan2. Muntah biasanya juga krn efek asam lambung yang meningkat, biasanya krn kondisi stress, TDK nyaman, efek obat bisa, atau mmg ada iritasi d saluran cerna. Pasca operasi juga salah satu kondisi yg bs membuat stress.

Dok kenapa yaa induk kucing saya yang sedang menyusui itu nafasnya seperti terengah-engah dan mulutnya terbuka? Apa itu dehidrasi? Tetapi di kasih minum gamau dok, apa yang harus saya lakukan?

Dok anjing saya sempat kselip kakinya masuk lubang kandang besi, kayak ada bunyi “krek” gitu, apa kakinya patah ya? Skrang masih bengkak. Kejadian sudah skitar 5 hari lalu, trus apa bisa sembuh sndiri gak dok? klo misalnya ke dokter apa biayanya mahal? Makasih

ya perlu diperiksakan terlebih dahulu, jika perlu dilakukan x ray atau ronsen. kalau memang patah, lalu dibiarkan bisa menyebabkan pertumbuhhan tulang yang tidak sempurna.

Dok, kucing saya jenis mix persia domestik berumur 7 bulan dan beberapa hari ini mulai birahi. Saya berniat untuk steril tetapi belum ada dana.. Apakah umur 7 bulan sudah boleh hamil dok? Dan misalnya kucing saya hamil, kapan waktu yang tepat untuk steril?

sebaiknya tdk dikawinkan dulu sebelum usia 12 bulan ke atas, krn fokus tubuhnya masih ke perkembangan tubuh, nanti dikhawatirkan beresiko untuk induk dan janin nya.

Dok, anjing sy betina ampir 2 tahun, blom pernah kawin, dari sebagian putingnya kluar cairan kuning..bbrp bln lalu pernah begini jg slma 2-3hr. Normalkah ini dok, mohon infonya. Terimakasih

Sudah steril atau belum? Bisa juga pengaruh hormonal, terutama kalau sedang birahi sgt mungkin juga membuat kelenjar mamae tegang jd bisa mengeluarkan cairan. Tp kondisi ini rentan juga dgn kontaminasi, krn bagian putingnya terbuka bs ada bakteri yg masuk, nanti menyebabkan radang atau mastitis. Kalau memang ada demam maupun kesakitan di daerah puting segera konsultasikan dengan dokter

Dok, kucing saya ada dermatitis akibat gejala scabies,tetpi gk sempat terkena scabiesnya dok, sudh dsuntik beberpa kali sma jga tapi sampai sekrng blum sembuh jga dok.. Kasian klo keseringn dsuntik sdh 3bulan dok dsuntik trus.. Habis lukany kering kehitaman trus dia jilatin jdi merah lagi dok, saya pakaikan colar kasian karna setelah saya leps colarny psti dia kya stres gtu dok trus jilatin beks obtny smpai buluny hilang kulitny kemerhan trus lukany jdi lgi dok.. Sekrang saya memakai obat semprot saja dok, kucing saya gk mau dksih minyak zaitun dok psti gk tahan sma gtalny.. Setelah saya elus2 ternyta ada luka kecil merah tertutp bulu jga dkulitnya dok
Gmna spy leks sembuh dok? Mohon bntuannya dok.. Ksian kucing sya
Dari obt scabimate, pipapet cream blum smbuh jga dok

Halo Dok, trimakasih atas jawaban pertanyaan saya beberapa waktu lalu dan artikel sterilnya yg sud masuk d email saya.
Kabarnya bayi2 kucing sekarang sud berusia 5minggu dan dari usia 4minggu sud saya tarok d kandang induk krn d kardus sud ada kotoran pup kecil.
Saat ini kelimanya sud mulai ikut makan makanan induk tetep ASI dan sud bisa pup pipis d kotak pasir
Kelimanya juga sud jalan keluar kandang dgn pengawasan dan arahan induk shg tau kapan masuk kandang kapan main keluar kandang
Seperti yg telah Dokter kemukakan d jawaban terdahulu bahwa usia 2bulan baru bisa d berikan obat cacing dan vaksin , maka krn saya melihat bayi2 kucing sud mulai pup pipis dan main pasir maka pertanyaan saya :

1. Apakah kelima bayi2 kucing tetap makan obat cacing dan vaksin d usia 2bulan?
2. Usia brp bayi2 kucing bisa makan makanan induk? Apa sud d bolehkan bayi2 kucing yg berusia 5minggu makan makanan induk? Makanan induk mix royal canin mother and baby cat dengan orijen cat & kitten
3. Sampai usia berapa bayi2 kucing berada 1 kandang dgn ibunya?
4. Usia berapa pemisahan kandang u bayi2 kucing jantan betina?
5. U kucing dan anjing obat cacing wajib diberikan berulang hitungannya tiap berapa bulan?
6. Pemilihan pasir yg bagus u kotoran kucing yg warnanya putih atau coklat terang? Biasanya pakai yg 20kg 25kg gitu
7. Anjing shih tzu sbntr lagi selesai training , bagaimana bila cara mengenalkan bayi2 kucing k shih tzu dengan alas tidur bayi u d endus ? Maksudnya d saat shih tzu sud d rumah tidak terjadi hal2 yg menghebohkan?

Trimakasih Dok atas kesediaan waktu menjawabnya. Salam

Halo Dok, trimakasih atas jawaban pertanyaan saya beberapa waktu lalu dan artikel sterilnya yg sud masuk d email saya.
Kabarnya bayi2 kucing sekarang sud berusia 5minggu dan dari usia 4minggu sud saya tarok d kandang induk krn d kardus sud ada kotoran pup kecil.
Saat ini kelimanya sud mulai ikut makan makanan induk tetep ASI dan sud bisa pup pipis d kotak pasir
Kelimanya juga sud jalan keluar kandang dgn pengawasan dan arahan induk shg tau kapan masuk kandang kapan main keluar kandang
Seperti yg telah Dokter kemukakan d jawaban terdahulu bahwa usia 2bulan baru bisa d berikan obat cacing dan vaksin , maka krn saya melihat bayi2 kucing sud mulai pup pipis dan main pasir pertanyaan saya :

1. Apakah kelima bayi2 kucing tetap makan obat cacing dan vaksin d usia 2bulan?
2. Usia brp bayi2 kucing bisa makan makanan induk? Apa sud benar saya biarkan bayi2 kucing yg berusia 5minggu makan makanan induk? Makanan induk Saya campur royal canin u mother and baby cat dengan orijen u cat & kitten
3. Sampai usia berapa bayi2 kucing berada 1 kandang dgn ibunya?
4. Usia berapa pemisahan kandang u bayi2 kucing jantan betina?
5. U kucing dan anjing obat cacing wajib diberikan berulang hitungannya tiap berapa bulan?
6. Pemilihan pasir yg bagus u kotoran kucing yg warnanya putih atau coklat terang? Biasanya pakai yg 20kg 25kg gitu
7. Anjing shih tzu sbntr lagi selesai training , bagaimana cara mengenalkan bayi2 kucing k shih tzu? Maksudnya bila nanti saat shih tzu sud d rumah tidak terjadi hal2 yg menghebohkan

Trimakasih Dok atas kesediaan waktu menjawabnya. Salam

dokter kenapa kucingku menyendiri diatas loteng tapi pas mau diambil dia malah kekeh gakmau turun? apa betul karna dia mau pergi ninggalin saya/mau meninggal?
karna sy browsing dgn alasan seperti itu?

Dok mau tanya, Anjingku jenis minipom jantan sdh umur 5 tahun. Sehat dan lincah. Pertanyaan sy:
1) Apakah di usianya yg sdh 5 tahun itu msih bisa di sterilisasi? Soalnya dulu terlambat krn blum tau.
2) Anjingku dulu rutin di vaksin selama setahun. Dan selama lwt dari setahun sy tdk pernah lgi membawanya pergi vaksin sampai skg di usianya 5 thun krn sy sibuk. Apakah tdk masalah tuh dok?
Mohon infonya ya dok. Trima kasih.

Bisa, tapi perlu konsultasikan kesehatan dan kesiapan nya dulu untuk operasi dgn dokter. Krn usianya tdk muda lagi. Vaksinasi sebaiknya mmg diulang tahunan, terutama rabies untuk daerah yang belum bebas rabies, vaksin tahunan untuk penyakit lainnya jika diperlukan dan dianggap daerahnya beresiko, tapi selama vaksin intinya sdh lengkap maka tdk masalah.

Saya Dhany….yg mau saya tanyakan kucing saya usia 4 th kencingnya berdarah dok
apakah ada pengaruh dari makanan, krn baru satu minggu ini saya ganti makanannya
karena makanannya habis dipasaran. sedangkan kucing saya jarang sekali makan makanan basah, tindakan apa yg harus saya ambil kebetulan dokter hewan langganan saya sedang luar kota

Kalau kencing berdarah bs salah satu gejala infeksi saluran kencing, penyebabnya bs krn infeksi bakteri. Kurang minum, pemeriksaan Dokter penting dilakukan, selain kasihan thd kucingnya yg kesakitan, kalau dibiarkan juga bisa menyebabkan infeksi nya menyebar

dok mau tanya dong kucing saya kuku kakinya copot gara gara berantem sama kucing lain nah udah saya obatin pake air anget dan pakai obat merah tapi habis di obatin itu malah jadi pendiem tidur di bawah kursi yg gelap . apa dia tidak apa apa dok ? πŸ™

Kuku copot itu sakit sekali, sebaiknya diperiksakan ke Dokter untuk dilakukan penanganan segera ya

Selamat malam dok. Saya adalah pemilik kucing bernama Milo. Tiga minggu yg lalu Milo dibawa oleh kakak ipar saya untuk dikawinkan dengan kucingnya. Setelah 1 minggu saya kawatir dan menjemput Milo pulang. 3 hari kemudian Milo berkurang nafsu makan dan semakin kurus. Puncaknya Milo terjatuh dan tidak mau makan berhari2. Berbagai cara saya coba agar milo mau makan lagi. Akan tetapi tidak ada yg berhasil. Akhirnya saya berikan energen dalam bentuk kental kemudian saya suapkan dengan suntikan tanpa jarum. Ternyata selang beberapa hari telinga milo membusuk. Awalnya saya pikir akibat perkelahian dengan kucing tetangga. Sekarang Milo sudah mau makan sendiri. Akan tetapi telinganya menjadi bernanah. Kemudian berpindah ke telinga satunya. Dan sekarang kedua telinganya menjadi bernanah.
Saya bingung dokter, bagaimana mengobati telinganya. Harus diapakan agar bisa sembuh. Sedangkan di daerah saya hanya ada puskeswan untuk hewan ternak.
Mohon pencerahannya dokter. Terimakasih.

puskeswan untuk ternak pun yang menangani nya dokter, jadi bisa juga dkonsultasikan dgn dokter yang berangkutan

Saya mau tanya karna baru pertama pelihara kucing, kalau disterilkan apakah kucing jantan msih bisa kawin, dan kucing betina masih bisa hamil? Trus kira2 berpa kisaran biaya steril

Dok..
Saya mau tanya..
Anjing saya kan jantan.. terus kawin sm anjing tetangga..

Krn setiap kali dia mau dekat ke anjing betina .. ada anjing jantan yang lain menghalangi akibatnya skrg anjing saya jadi gak mau makan dan minum
Bagaimana ya dok..

Selamat sore dok, saya ingin bertanya
Di dagu kucing saya ada kerak hitamnya sudah saya bersihkan tetapi muncul terus dok
Cara mengobati agar gk kembali lagi gimana ya dok?
Terima kasih banyak dok

mungkin bs juga salah satu ciri infeksi jamur atau krn ada penyebab lainnya. sebaiknya mmg diperiksakan ke dokter memberikan vco mgkn bs membantu untuk mengurangi kulit kasar

Setelah tempat makannya saya ganti dengan plastik kerak hitamnya mulai muncul dok tapi sekarang tempat makan berganti stainless

Jika vco yang saya simpan di kulkas membeku apa tidak apa-apa dikasihkan ke kucing setelah mencair dok?

Terima kasih banyak dok

Tdk masalah vco diberikan, tp mmg sebaiknya penyimpanannya dgn benar, yg pntg bau dan warnanya tdk berubah

Dokter,, ,saya mau tanya, kucing saya satu hari yg lalu digigit anjing dan ada luka bgian paha belakan sekitar anus nya,, ,,dan skrg dya tidak mau mkan dan hanya terbaring lemah,,apa yg harus saya lakukan,, ,karna didaerah saya tidak ada dokte hewan?? Mohon bantuanya

Apakah sudah ditanyakan ke komunitas cat lover atau pet lover, cb hubungi juga dokter di dinas peternakan. Kemungkinan kesakitan dan ada infeksi jadi menyebabkan tdk mau makan.

Dok, saya mau tanya. Saya punya kucing persia awalnya itu telinganya gatal2 dan digaruk trs smpai berdarah dan bulunya juga rontok. Saya coba kasih obat dan lama kelamaan lumayan sembuh tp gatal2 nya berpindah ke tangan, kaki smpai leher smpai bulunya hilang smua dok. bgaimana cara mengatasinya dok?

sebaiknya periksakan ke dokter ya, untuk melihat kondisinya lebih lanjut karena gatal memang sangat mengganggu dan menyebabkan tdk nyaman. perlu dipastikan penyebab gatal nya.

Dokter, anjing saya betina 8 tahun dan tidak disteril. Puting susu dan alat kelaminnya kenapa membesar bengkak dan ada bintik2 hitam ya? Bintik2 hitamnya bisa dipencet keluar. Kira2 anjing saya kenapa, dan bagaimana cara mengatasi? Terimakasih

Anjing yg tidak disteril tentu kemungkinan hamil nya tinggi salah satu cirinya pembesaran puting, atau jika virgin (perawan) dan tdk pernah kawin bisa juga meningkatkan resiko adanya kanker rahim, infekai rahim, dan tumor payudara.

Selengkapnya baca disini ya : anjing steril

Untuk selanjut nya tanya jawab bisa dilakukan disini.
Hi, saat ini kami memiliki fitur baru halaman tanya jawab agar lebih mudah menjawabnya dibandingkan di komentar. Silahkan tulis pertanyaan anda di (Konsultasi Dokter Hewan Online) https://tanyadokterhewan.com/tanya-dokter-hewan-online/

Dok..teramat sangat saya mnta jwbn dikter.saya py kucing btina umur 1 thn brt 2.7. Birahi 1mgg 2 periode.sy stres skli kahn trs mulai td sy steril kcng betina sy.smp rmh sore msh sperti bgg jln jth2 sy ga tega rasa pgn nangis.kucing sy ga mau dikandang.jln2 trs didlm rmh kyk bgg tkt dll.ada kcng btina lain didlm rmh yg tdnya akrab.bgma cr atasi kucing yg kyk kebingungan jln sempoyongan tp gak mau dikandang dok.mkn mnm ga mau.mksd ht sy srh mnm td gamau.luka sy kasih obat merah cina dok…tolong dok saya hrs gmna….mksh…esti wonosobo…..

jika setelah steril sebaiknya dibawa pulang setelah sadar dengan benar, kemungkinan masih sempoyongan karena efek obat bius, biasanya jika sudah pipis banyak akan mudah siuman dari efek obat nya, jika dipaksa minum ataupun makan malah akan berbahaya karena dikhawatirkan masuk ke paru2

untuk selanjutnya tanya jawab dilakukan disini ya
Hi, saat ini kami memiliki fitur baru halaman tanya jawab agar lebih mudah menjawabnya dibandingkan di komentar. Silahkan tulis pertanyaan anda di Konsultasi Dokter Hewan Online

Kucing sya sdh 4 hri gk bisa kncing.awalnya sya kira gk bisa pup. Ya saya beri mikrolax. Tetap juga ternyta kcing sya itu bkn gk bisa pup malah ssah kncing. Sdah lma emng susah kencing. Sedikit” kncingnya. Dan ada cmpuran drah. Tdk mau makan. Kmren sya ksih air kelapa. Alhmdulillah udh mau kencing.dan mau jalan. Kalo mkan sya kasi kuning tlur dlm suntikan. Tp kok kcing sya kencingnya banyak dn keseringan. Awalnya abis minum air kelapa dn smpe mlam kencing biasa dan banyak higlngga berkali”.lalu ttakhir ada campuran darahnya. Volume kencingnya lebih bnyak dri yg dulu. Dulu nua haya 5 tetes saja. Gimana sarannya dok. Tolong bntuannya. Apa itu kemajuan yg bgus? Atau kucing sya mlah akan mati kebyakan kencing dn mengndung darah ?? Saranya dok scptnya !! Makasii

sebaiknya jika sudah ada kencing darah segera periksakan ke dokter, terutama jika terjad berkali2 kemungkinan ada sumbatan maupun infeksi di saluran kencing nya.

untuk selanjutnya tanya jawab dilakukan disini ya
Hi, saat ini kami memiliki fitur baru halaman tanya jawab agar lebih mudah menjawabnya dibandingkan di komentar. Silahkan tulis pertanyaan anda di Konsultasi Dokter Hewan Online

Dok saya mau tanya, saya punya kucing sedang sakit, sudah dibawa kedokter hewan, sudah divaksin dan disuntik antibody, keadaannya belum membaik juga, lalu saya baca artikel untuk memberikan minyak VCO, setelah saya berikan minyak tsb, mulut kucing saya menghitam dan semakin lemas, apakah itu wajar ?
terima kasih

kucing sakit tidak boleh di vaksin, vaksin hanya dilakukan saat sehat. jika kucing di vaksin akan lebih melemahkan daya tahan tubuhnya. sebaiknya konsultasikan kembali ke dokter ya,

untuk selanjutnya tanya jawab dilakukan disini ya
Hi, saat ini kami memiliki fitur baru halaman tanya jawab agar lebih mudah menjawabnya dibandingkan di komentar. Silahkan tulis pertanyaan anda di Konsultasi Dokter Hewan Online

Dok mau nanya, saya kan sering lari sama anjing saya setiap pagi, apakah setelah berolahraga langsung dikasih makan atau tunggu beberapa saat dulu baru dikasih makan?

Leave a Reply

*