Jawaban Lengkap Kapan Anjing dan Kucing Siap Kawin – TANYA DOKTER HEWAN
Jawaban Lengkap Kapan Anjing dan Kucing Siap Kawin

Jawaban Lengkap Kapan Anjing dan Kucing Siap Kawin

Jawaban Lengkap Kapan Anjing dan Kucing Siap Kawin

Anjing dan kucing yang tidak di steril atau kebiri memiliki siklus reproduksi yang tetap setelah memasuki masa pubertas usia sekitar 6 bulan rata-rata untuk kucing dan 8 bulan rata-rata untuk anjing.

Usia pertama birahi ini bervariasi setiap individunya, bisa lebih cepat maupun lebih lambat. Selama hidupnya walaupun usia tua anjing maupun kucing (diatas 7 tahun) bisa mengalami birahi, tidak seperti manusia yang bisa mengalami menopouse. Namun memang kondisi kesuburannya tidak sama dengan saat usia muda.

Bagaimana mengetahui kucing dan anjing yang birahi ?

Birahi pada anjing dan kucing dipengaruhi oleh keberadaan hormon estrogen pada betina, hormon tetsosteron pada jantan. Birahi pertama pada anjing dan kucing bisa terjadi pada usia 6 bulan.

Kucing dan anjing jantan yang telah mengalami birahi biasanya akan terlihat dari perilaku nya yaitu :

#a. Mulai agresif

Kucing dan Anjing Anda akan terlihat sangat gresif di rumah.

#b. Selalu ingin keluar rumah (roaming) pada musim kawin

hal ini dikarenakan pada musim kawin, anjing maupun kucing betina akan mengeluarkan feromon yang bisa dicium oleh jantan. Rangsangan ini akan menyebabkan libido meningkat dan anjing, kucing ingin kawin.

#c. Melakukan spraying (khusus nya kucing jantan )

spraying biasanya dilakukan untuk menandai wilayah kekuasaan kucing jantan, kondisi ini dipengaruhi oleh hormon testosteron yang mempengaruhi perilaku dominasi pada jantan.

#d. Melakukan humping (perilaku menaiki benda, maupun tangan pemiliknya )

humping merupakan posisi kawin pada anjing maupun kucing, terkadang anjing dan kucing melakukan humping pada benda yang tidak seharusnya. Seperti boneka, guling, tangan pemiliknya, maupun benda lainnya.

#e. Pertumbuhan tubuh secara fisik pun terlihat berbeda pada anjing maupun kucing jantan yang telah birahi

Biasanya rahang pada kucing jantan akan terlihat lebih lebar, besar, dibandingkan dengan kucing betina. Tentu perlu dibandingkan dengan ras yang sama ya, bukan ras yang berbeda.

Betina memiliki perilaku birahi cenderung menarik perhatian lawan jenisnya, seperti :

  1. berguling-guling
  2. mengeluarkan suara (vokalisasi) biasanya pada kucing,
  3. ingin keluar rumah untuk melakukan kawin
  4. saat dipegang bagian panggul akan menunjukkan postur siap dikawini jantan
  5. pada anjing betina akan terlihat vulva yang membengkak, keluar bercak darah, serta menerima jantan dengan baik

Pada kondisi birahi, tak jarang kucing dan anjing betina maupun jantan mengalami penurunan nafsu makan. Hal ini dikarenakan anjing dan kucing memfokuskan energi nya kepada keinginan kawin. Biasa nya makan menjadi hal nomor 2, oleh karena itu penting pada masa birahi memperhatikan asupan gizi dan makanan nya.

Bagaimana cara mengawinkan anjing maupun kucing ?

Selain mengawinkan sendiri, saat ini sudah banyak terdapat jasa pemacakan untuk anjing maupun kucing. Jasa pemacakan ini dilakukan untuk pemilik anjing dan kucing yang menginginkan betina maupun jantan nya kawin tanpa harus memiliki sepasang anjing maupun kucing.

Kelebihan adanya jasa pacak ini yaitu:

  1. tidak perlu memelihara satu pasang anjing maupun kucing, karena biaya perawatan dan kesehatannya pun akan lebih besar
  2. bisa memilih pejantan maupun betina dengan kualitas yang baik, silsilah yang jelas

kekurangan jasa pacak yaitu:

  1. perlu adaptasi antara kucing maupun anjing yang lama dengan pasangan baru nya
  2. rentan menyebabkan stress pada anjing maupun kucing, terutama jika karakternya tidak “Welcome” dengan anjing maupun kucing lainnya
  3. tidak semua anjing maupun kucing yang dipacak bisa cocok, terkadang kucing dan anjing memiliki preferensi tersendiri. Oleh karena nya penting untuk menyediakan pasangan lainnya.
  4. Perlu kejelasan status kesehatannya seperti kesehatan kulit (adanya parasit (kutu, pinjal, tungau), status vaksinasi, dan penting untuk memastikan anjing dan kucing dalam keadaan sehat.

Jasa pacak ini memiliki biaya yang bervariasi, tergantung dari penyedia jasa. Agar jasa yang sudah kita keluarkan bisa maksimal, maka penting untuk memastikan kucing dalam keadaan birahi, usianya tepat tidak terlalu dini.

Kapan seharusnya mengawinkan anjing maupun kucing ?

Walaupun anjing dan kucing bisa mengalami birahi mulai usia 6 bulan, namun penting untuk menunda kebuntingan sampai usianya diatas 12 bulan. Anjing biasanya mengalami pubertas lebih lama, tergantung ras nya.

Kenapa demikian ?

Usia dibawah 12 bulan atau 1 tahun merupakan usia yang penting untuk perkembangan anjing dan kucing, perkembangan secara fisik maupun secara hormonal masih belum matang saat usia ini. Bisa jadi sudah mengalami dewasa kelamin, tapi secara fisik belum mengalami kesiapan.

Sama seperti manusia kan, usia SMP sekitar 12 tahun sudah mengalami pubertas, mengalami menstruasi, tapi secara fisik belum siap kan? Perlu menunggu usia 20 tahun untuk siap secara fisik.

Lalu resiko apa saja yang terjadi saat kucing dan anjing tidak sengaja kawin pada usia muda?

Kondisi ini akan memberikan dampak yang kurang baik bagi induk maupun anaknya, seperti

#A. Keguguran

kondisi ini mungkin terjadi karena asupan makanan ke janin tidak maksimal dakibatkan induk yang masih membutuhkan banyak nutrisi untuk perkembangan tubuhnya. Selain itu, pada usia dibawah 1 tahun, kucing maupun anjing sedang aktif sekali beraktifitas, sehingga beban berat karena kondisi bunting bisa menyebabkan stress dan cedera pada induk. Kondisi stress bisa menyebabkan keguguran.

#B. Kematian saat lahir (still birth)

kasus ini bisa terjadi kalau puppies maupun kitten sudah lewat masa waktu dilahirkan, biasanya diakibatkan kesiapan induk yang kurang. Kemungkinan lainnya adalah jalan keluar lahirnya terlalu kecil sehingga puppies dan kitten tertinggal di rahim sementara ketuban sudah pecah sehingga kitten keracunan maupun sesak nafas.

#C. Sense of motherhood yang kurang pada induk

Secara naluri alami, induk yang sudah melahirkan akan memiliki perasaan merawat dan menjaga anaknya. Namun, tidak menutup kemungkinan juga ketika induk terlalu muda, induk anjing dan kucing masih belum mengerti bahwa dia memiliki kewajiban menyusui dan merawat anaknya.

Selain usia, apalagi yang perlu diperhatikan saat ingin mengawinkan anjing dan kucing ?

Pastikan betina benar-benar birahi, bisa diketahui dari ciri-ciri ini :

1. berguling-guling

2. mengeluarkan suara (vokalisasi) biasanya pada kucing,

3. ingin keluar rumah untuk melakukan kawin

4. saat dipegang bagian panggul akan menunjukkan postur siap dikawini jantan

5. pada anjing betina akan terlihat vulva yang membengkak, keluar bercak darah, serta menerima jantan dengan baik

6. lebih sering kencing pada betina

 

Pada anjing betina, penting untuk mengetahui siklus reproduksi yang tepat untuk meningkatkan keberhasilan proses perkawinan pada anjing.

Anjing betina memiliki 4 tahapan estrus pada satu siklusnya :

siklus ini biasanya berlangsung 2-3 minggu, akan berulang kembali setiap 6 bulan, untuk beberapa ras biasanya anjing kecil bisa mengalami 3 kali siklus dalam 1 tahun.

  1. proestrus merupakan kondisi awal dari siklus, biasanya gejala birahi sudah mulai jelas terlihat ( owner biasanya mengatakan “anjing saya birahi” pada fase ini), jantan mulai tertarik dengan betina, tapi betina belum menerima jantan. Mungkin ada bengkak di vulva, lendir mulai banyak keluar dari vulva disertai darah, kadang ada yang mengistilahkan “mens” (padahal mekanisme nya berbeda dengan mens pada manusia). Kondisi ini terjadi selama 9 hari, bisa juga lebih 3-17 hari.
  2. Estrus : Sangat tepat mengawinkan anjing pada fase ini. pada fase ini sel telur mulai ovulasi, sudah jelas terlihat adanya gejala birahi yang kuat, biasanya sudah mulai menerima jantan, vulva sudah tidak terlalu bengkak, banyak lendir dari vulva tapi darah sudah mulai berkurang. Pada kondisi ini tepat untuk dilakukan perkawinan terutama ketika melihat darah sudah mulai sedikit dan lendir mulai bening. Fase ini terjadi selama 9 hari, tapi bisa juga lebih dengan range 3-18 hari. Pada fase ini bisa dlakukan perkawinan berkali-kali, bahkan sangat memungkinkan juga bagi betina untuk kawin dengan jantan yang berbeda pada satu siklus. Jika selama fase ini jantan yang mengawini nya lebih dari satu, sangat mungkin puppies yang dilahirkan akan berbeda-beda tidak dari satu jantan. Kondisi ini disebut superfekunditas, dan wajar terjadi pada anjing maupun kucing.
  3. diestrus : fase ini merupakan fase anjing betina tidak melakukan perkawinan kembali, gejala birahi sudah hilang. Tubuh mulai mempersiapkan kebuntingan yang mungkin terjadi pada betina. Kondisi ini berlangsung selama 60 hari. Jika anjing bunting pada fase ini maka akan terlihat adanya ciri-ciri kebuntingan. Tapi jika tidak, maka siklus akan berlangsung kembali setelah fase anestrus (fase selanjutnya).
  4. anestrus : anestrus artinya fase tidak estrus (tidak birahi). fase ini pada anjing betina yang hamil terjadi setelah melahirkan hingga mengalami masa laktasi. Siklus ini terjadi selama 4 bulan saat anak anjing masih menyusui. Pada anjing yang tidak hamil, tidak akan terjadi birahi lagi setelah 5 bulan pasca birahi. Baru akan terjadi birahi setelah siklus nya selesai.

Pada anjing akan lebih baik dilakukan perkawinan saat telah mengalami siklus loop ke 2, sekitar usia 12 bulan atau 14 bulan jika memang siklus loop pertama terjadi pada usia 6 atau 8 bulan.

Proses Anjing Kawin - Tanyadokterhewan.com
Proses Anjing Kawin – Tanyadokterhewan.com

Kita coba lakukan simulasi ya :

misalnya anjing memperlihatkan gejala birahi (vulva bengkak, ada lendir bercampur darah) pada tanggal 20 april 2017 (disini owner sudah bisa mulai menandai dengan menuliskan di kalender “mens”) lalu diamati 3-9 hari dari mens.

Saat lendir sudah mulai berwarna pink, darah sudah berkurang, vulva tidak terlalu bengkak, coba di dekatkan dengan jantan menerima dan kawin.

Misalnya terjadi pada tanggal 29 april 2017 maka owner menandai lagi di kalender nya misalnya “kawin”. Kawin bisa berlangsung selama 7 hari, setiap terjadi perkawinan perlu dicatat.

Lalu dilihat kembali 30 hari pasca kawin yaitu 29 mei 2017 kemungkinan adanya kebuntingan, bisa juga mulai melakukan pemeriksaan ke dokter.

Karena biasanya cukup sulit melihat cirinya secara fisik, biasanya mulai terlihat minggu ke 6 atau sekitar 45 hari pasca kawin, perut mulai membesar, puting mulai berubah bentuknya, nafsu makan bertambah, beberapa ada juga yang mengalami morning sickness (mual, muntah) pada awal kebuntingan .

Kebuntingan akan berlangsung rata-rata 63 hari, tidak lebih dari 72 hari. Berarti kemungkinan kelahirannya akan terjadi pada 29 juni 2017 – 5 juli 2017.

Pada fase-fase ini penting untuk melakukan pemeriksaan rutin ke dokter hewan. Terutama mengetahui kondisi induk, posisi janin.

Birahi akan terjadi kembali sekitar 1 bulan setelah proses menyapih atau saat anak usia 4 bulan.

 

Pada kucing, siklusnya tidak jauh berbeda dengan siklus pada anjing. Namun ada beberapa hal yang perlu diperhatikan pada kucing :

Proses kawinnya berbeda dengan anjing.

anjing melakukan proses kawin dengan mengubah posisi menjadi saling membelakangi.

Ini sangat wajar dan alami dilakukan karena secara anatomi, penis anjing memiliki bulbus glandis, atau bagian yang menonjol pada penisnya yang akan membesar ketika ereksi. Sehingga saat kawin bisa mengunci betina.

Penis kucing yang berduri - tanyadokterhewan.com (Sumber LIttle 2012)

Penis kucing yang berduri – tanyadokterhewan.com (Sumber LIttle 2012)

Sementara kucing, memiliki penis yang berduri, yang berfungsi untuk merangsang ovulasi atau keluarnya sel telur. Jadi wajar ketika setelah kawin kucing betina akan marah, kesakitan, dan berguling-guling.

 

#b). Kucing tidak mengeluarkan lendir bercampur darah, serta vulvanya tidak terlihat jelas bengkak seperti anjing.

Posisi tubuh kucing saat estrus - tanyadokterhewan.com (Sumber Eldrege 2008)

Posisi tubuh kucing saat estrus – tanyadokterhewan.com (Sumber Eldrege 2008)

Gejala birahi yang jelas yaitu mengeong (vokalisasi), jika dipegang panggulnya akan mengangkat sebagai tanda posisi siap kawin, serta akan senang berguling-guling manja.

 

#c). Owner bisa melakukan penandaan di kalender saat melihat kucing kawin.

Jika bunting maka setelah 45 hari pasca kawin akan terlihat tanda-tanda bunting. Jika tidak, birahi kembali akan terjadi lagi 45 hari setelah kawin.

 

Kucing maupun anjing juga sangat mungkin mengalami ketdaksuburan (infertilitas) sehingga penting untuk melakukan konsultasi dengan dokter hewan.

 

*P.S Jika ada yang ingin ditanyakan/didiskusikan jangan sungkan bertanya melalui komentar di bawah ini ya.
Jangan lupa juga share artikel ini agar informasinya bisa bermanfaat bagi orang lain.

Drh Puspasari Respatiningtyas.
https://tanyadokterhewan.com

 

Referensi :

England GCW.. Physiology and endocrinology of the female. di dalam : BSAVA Manual of canine and feline  reproduction and neonatalogy 2nd edition.

LIttle S.2012. the cat clinical medicine and management. Elsevier : Missouri

Eldrege DM.2008.Cat owner’s home veterinary handbook 3rd edition. Wiley : new jersey

 

71 comments

Hello dokter. Saya ingin bertanya mengenai 2 anak kucing saya yang baru berumur 7 hari. Induk mereka meninggal karena operasi caesar sehingga saya harus merawat anak2nya. Pertanyaan saya jika anak2 kucing tersebut tidak pup lebih dari satu hari, apa yang harus saya lakukan. #catatan : minum susu cukup banyak dan normal. Stimulasi pup dan pee sudah saya lakukan berkali2 setelah minum susu tetapi anak2 kucing tersebut tetap tidak pup. Terima kasih.

untuk 1 ruangan boleh saja, tp perlu diperhatikan kemungkinan berkelahi antara jantan dan kitten

Pagi dok..
Saya punya kucing. awalnya kucing saya kakinya pincang, terus beberapa hari kemudian sudah membaik. Tp akhir2 ini, kucing saya tidak mau makan & minum. Kucing saya hanya mau tidur. Tidurnya pun tidak seperti biasanya. Dia tidur nya lemes & waktu tidurnya lama kadang bisa sampai sore tidurnya. Kucing saya jika dipegang, bersuara tapi tidak terdengar.

Kenapa ya dok?

Mgkn masih kesakitan ya, krn kalau kesakitan atau tidak nyaman kucing akan mengurangi aktifitasnya dan cenderung menyendiri. Sama seperti kita yg juga ingin diam saja kalau sedang tdk enak badan

Hy dokter mau nanya dok, dogi saya waktu saya ambil dia usia 2 minggu itu gemuk badannha tapi kutuan sekrang dia sudah mau 2 bulan dan nafsu makannya sngt menurun, kurusan bulunya terkelupas,kemarin2 dia aktif sekarang hanya tdr terus bdannya luka2 bernanah itu knpa dok?? Saya hawatir di kase makan seperti kaki ayam tapi dia udah g mau lagi, mohon arahanya dokterdan menu maknn yg baik untuk dogi saya sehingga bisa aktif lagi, dan luka2nya bisa hilang ?? mohon bantuanya dokter.

Obat suntik saja tdk cukup. Perlu dilakukan penanganan lebih lanjut oleh dokter. Walaupun untuk operasi cukup sulit dilakukan, tapi sebenarnya bisa saja dilakukan dengan memodifikasi perlengkapan yang ada. Jd sebaiknya periksakan dulu ke dokter

Dok , kenapa yak selang 3 hari setelah di vaksin rabies anjing saya jadi gk mau makan + lemes apa ad hubungan nya dgn vaksin yak ?? Saya baru kasi dia vitamin minyak ikan sma imboost

Halo dok, saya mau tanya.. kenapa kucing saya pup nya bau pesing?? Padahal bentuk pup nya bagus padat bentuk nya utuh

kalau ada aroma tdk normal dari pup, perlu dilihat juga secara keseluruhan kondisi nya, kebersihan ltterbox nya,

Mallam dokter saya mau nanya kucing saya masih umur 3bln awal mula nya ada bagian badan nya engga ada bulu nya tpi Cuman sedikit dok. Laku saya tanya temen saya kata nya jamur. Lalu saya olesin minyak zaitun tpi ko makin parah Bangat dok kucing saya makin rontok bulu nya sampe kaya ada kulit kering gitu dok. Itu knapa ya dok

perlu di periksakan secara langsung ke dokter ya, karena penyakit kulit biasanya gejala nya sama, tapi penyebabnya beda-beda

Hallo dok, saya mau tanya ada gak yah obat buat kucing yang bulunya rontok, padahal makanannya baik ko, suka dimandiin, dikasih minyak ikan pula. Tapi bulunya masih rontok banget.

penyebabnya biasanya ada infeks d gigi, gusi dan mulut, sebaiknya diperiksakan ke dokter yaa. dkhawatirkan ada infeksi juga krn bakter maupun virus

Dok saya punya kucing umur 5 bulan gatau kenapa sekarang sering gigit dan lemes gitu,, kaya yang keaakitan paha dalam nya,, awalnya sih gara2 berantem sama kucing lain tapi pahanya ga knpa2 waktu beaok nya saya pegang dia gigit dan kaya yang kesakitan padahal ga ada luka,, knpa ya dok?

Luka bs bagian dalam tidak terlihat, bisa berupa luka yg terlihat. Mungkin saja ada memar di bagian ototmya.

Dok, saya mau tanya,, dirumah ada 3 kucing dan semua jantan.. 1 yg umur 9bulan sudah birahi dan dia mau ngawiinin kucing saya yg cowok, selalu saya cegah dan pisahkan.. Apakah kucing saya homo dok?? Apa yg harus saya lakukan.. ?

Kalau memang tdk ada rencana untuk kebiri, sebaiknya kawinkan dgn betina. Saling menaiki antara jantan biasanya hanya perilaku sementara saja

Halo dokter, anak kucing saya jenis persia mix usia 3 minggu , sekarang beberapa dari mereka sedang sakit mata ( matanya belekan cukup banyak) apakah dengan dibersihkan menggunakan air hangat tidak apa2? Obat salep apa yang kira2 bisa diberikan ya dok? Makasih dokter

Bersihkam dgn air hangat untuk penanganan dirumah sdh cukup . Untuk pengobatan sebaiknya diperiksakan ke dokter dulu ya

Halo dokter, kucing saya usia 1tahn 2 bulan saya baru adopsi sekitar 1 setengah bulan yang lalu, Minggu kedua setelah adopsi dia birahi, tapi masalahnya tidak sampai 1 bulan dia sudah birahi lagi, kira2 internalnya per 10-14 hari dan lama birahi kira2 5-7 hari. Apakah itu wajar dok? Saat dia birahi nafsu makannya menjadi sangat menurun akhirnya kucing saya semakin kurus.

Biasanya sesuai siklus nya bs 1.5 bln atau 1 bln baru birahi kembali, jika jarak nya terlalu dekat mgkn juga ada ketidak seimbangan hormon ya

Dok, saya mau tanya. Di bagian perut kucing saya ada benjolan kecil seperti jerawat dan didaerah benjolan itu bulunya pitak, kira-kira kenapa ya dok? Berbahaya apa tidak? Terimakasih.

Hallo dokter saya punya anak kucing usia masih d bawah 5 bulan dan tiba” awalnya dia diare poopnya cair dan terus keluar begitu saja tanpa bisa dia kontrol. Kemudian sampai skrng efeknya kaki belakangnya susah d jalankan saya pernah nanya ke dokter hewan d suruh kasih obat cacing,saya udah kasih tapi tetap saja tidak ada efeknya. Tolong pencerahannya dokter

Malem dokter,kucing saya tgl 8mei kemarin baru melahirkan,tapi tadi sore sampai sekarang saya melihat di kemaluan kucing saya mengeluarkan darah ,kira2 itu kenapa ya dokter? Penanganan nya bagaimana? Terimakasih.

Selama tdk bau, tdk pendaraham, tdk demam kucingnya. Nafsu makan bagus, wajar kalau hbs melahirkan ada darahnya,biasanya terjadi selama 1 minggu

Dok saya mau tanya
Saya punya kucing (kucing biasa) pas kucing saya pukabg kerumah saya liat di testisnya kucing saya itu diikat karet. Karna saya khawatir jadi saya potong karetnya itu. beberapa hari saya liat lagi testisnya itu terus seperti mau putus dok.
Dan kondisinya sekarang skrotum dari kucing saya itu udah lepas dok. Itu gimana ya? saya bingung dok

Selamat siang dok, begini saya baru dibelikan kucing anggora umur 10 bulan hari kamis lalu di barito jaksel. Pas perjalanan pulang, kucing saya ini ternyata diare, padahal yg jual bilang kucing ini sehat. Di hari jumat, saya sudah kasih obat cacing merk pet derm dan hari sabtu pagi, cacing sudah keluar bersamaan dengan fesesnya. Tetapi kucing saya masih diare sampai hari ini. Bahkan dia suka bersin2 dok dari kamis malam juga. Saya blm bisa bawa ke dokter hewan karna kendala biaya. Apakah ada yg harus saya lakukan ya dok? Karna saya baru pertama kali mengurus kucing. Terima kasih dok

Assalamu alaikum dok, sy punya 2kucing betina skarg usianya 1,5thn. Tapi sampai saat ini blum kawin (karena jantannya gak tau kawin). Apa tidak masalah bagi kesehatannya bila diusia ini blom pernah kawin. Trmksh

Dok kucing saya sakit tidak mau makan beberapa hari hanya tidur saja lalu beberapa hari kemudian kucing saya mau makan lagi dan menjilat badannya ga lama kemudian kucing saya sakit seperti itu lg dok smpe kucing saya kurus sekali dan napasnya pun sudah terengah-engah, bagaimana ya dok?

Selamat siang dok .. saya mau menanyakan ini kucing saya tenggorokannya bernanah dan baunya sagat tifak enak makan tak mau minum pun tak mau boleh kasih saran dok dikasihkan apa ya dok obatnya..

Halo dok selamat pagi, mau tanya kucing saya sedang proses saya pacak dgn kucing betina, saya sudah melihat ciri2 betina yg guling2 untuk mengundang si jantan, sya juga sudah bbrapa kali mendengar suara betina yg vokalisasinya kencang setelah itu guling2 dan menjilat bgian kemaluaannya. Namun setelah itu mereka seperti itu berkali2 dan sblmnya kucing jantan saya beberapa kali melakukan humping pda bantal dan skg sprti itu ke betinanya, apakah itu normal dok? Dan berapa kali normalnya kucing kawin?
Trims

dok , saya mau tanya, Saya punya anjing betina ini hamil 49 hari.2 hari ini anjing saya mengeluarkan darah kental Dr vaginanya. Ini tandanya apa ya

Halo dok, anjingku mencret dr kmrn sampai hr ini udah mencret berkali2. Tp dia makannya lahap dan aktif. Ada alternatif hrs dikasih obat atau makan apa ya dok ? Bsk aku baru mau bawa ke dokter. Tp kalau bisa diobatin pakai obat alami, lebih baik sih dok. Terima Kasih, dok 🙂

Dok, kucing saya pilek obat secara alami nya apa ya? Tanpa harus dibawa ke dokter? Dan dibagian leher kucing saya kaya ada luka kering, itu apa ya dok dan cara menanganinya gimana? Tolong dijawab ya dok terima Kasih ?

cukup sulit kalau tdk diperiksakan ke dokter ya. krn pwrlu dilihat kondisinya sblm dilakukan pengobatanm silahkan baca juga disini : kucing flu

Dear Dokter yang cantik, sebulan yang lalu ada kucing betina yang dating kerumah dengan kondisi flu dan demam, ternyata kucing itu hamil seperti nya pertama kali hamil. Dan seminggu yang lalu kucing tersebut melahirkan secara prematur (kondisi anak merah belum ada bulu, tetapi semuanya mati),sekarang perutnya masih membuncit. Apakah perut masih membuncit ini menandakan masih ada anak kucing yang belum dikeluarkan? Mohon dibantu jawab dokter. Terimakasih banyak

kemungkinan keguguran ya, kalau masih buncit mgkn masih ada janinnya, mgkn juga ada infeksi jd sebaiknya sgr periksakan ke dokter

Halo dok saya mau konsultasi bagaimana mengobati telinga kucing yang sakit karena kemungkinan di gigit semut alhasil tidak mau makan sama sekali dok

Halo dok kucing saya sudah 1 minggu ini mencret. Sudah dibawa kedokter tapi dia suka dimuntahin obatnya. Udah coba juga dikasih tempe tpi masih tetep. Gimana ya solusinya dok?

Halo dok saya mau konsultasi bagaimana mengobati telinga kucing yang sakit karena kemungkinan di gigit semut alhasil tidak mau makan sama sekali dok

Perlu diperiksakan ke doktee untuk dilihat, apa betul krn digigit semut atau ada kemungkinan lainnya

Siang dokter, knp ya dok awalnya empus saya titipan di Petshop krn saya keluar kota trs saya ambil sudah 5 hre nii gak mau makan, makanpun hanya 3 – 4 biji aja kaya org yg sakit bau makanan tu menghindar.
Berat badannya jd ringan bgt,emg suaranya bawel jadinya gk arti biasanya.
Tu kira” bahayanya gk ya dok buat kesehatan dia krn gk mau makan itu.

biasanya terjadi karena kondisi stress pada kucing, krn tidak nyaman saat dititpkan, waktu bermain yang kurang ataupun selalu dikandangkan. sebaiknya ketika tidak mau makan lebih dari 1 hari segera periksakan ke dokter, tidak perlu menunggu lagi. krn dikhawatirkan kucing mrngalami dehidrasi.

baca juga disini ya : kucing tidak nafsu makan

Hallo Dokter, saya mau konsultasi tentang kucing saya, jadi 5 hari yang lalu kucing saya melahirkan, keluarnya 2 anak kondisinya Alhamdulillah sehat, tapi saya lihat perut induknya kok masih besar yaaa ? Apakah ini merupakan indikasi bahwa ada janin yang mati sebelum dilahirkan atau perutnya memang masih melar ? Untuk perilaku(makan, kebelakang, main) induknya sendiri normal, mohon dijawab ya Dok, Terima kasih

setelah melahirkan memang tidak langsung kembali ke kondisi semula, masih penyesuaian dari bentuk rahim nya. yang terpenting diperhatikan tidak ada demam, nafsu makan masih baik, menyusui dgn baik

Hallo Dokter, saya punya anjing, sepertinya anjing itu ada gangguan /penyakit di telinganya mungkin congekan kali. Jadi telinganya sampai turun sebelah
.APA YANG HARUS SAYA LAKUKAN?
ATAS BANTUAN DOKTER SAYA UCAPKAN TERIMA KASIH.

Kalau sampai telinganya bau lalu kesakitan bahkan ada perubahan di telinga, kemungkinan infeksinya sdh parah, sebaiknya sgr periksakan ke dokter ya

Pagi Dok saya resti, saya punya kucing himalaya setelah dia dibawa pindah rumah dia sedikit aneh kenapa ya? Terus ga seperti biasanya yg tadinya lincah sekarang jd pendiem dan garuk2 atau jilat2 menjadi berantakan padahal udah saya sisirin atau bersihin tapi tetep seperti itu, dan coba saya deketin dia menjauh. Kenapa ya? Oh iya kalo umur 3bulan setengah boleh dimandikan apa tidak?

Assalamualaikum dok saya mau tanya saya punya kucing betina usianya kira kira masih di bawah 1th, dan tadi malam habis melahirkan 4 kitten yg selamat cuman 1. Tapi saat ini kucing saya perutnya masih buncit dan belum kempes, dan sehabis melahirkan tadi dia masih mengeong ngeong, makannya dikit tapi dia dikasih susu kucing.Apakah itu wajar sehabis melahirkan? Karena ini baru pertama kalinya. Dan apakah ketika kucing baru melahirkan boleh diajak pergi jauh bersama bayinya? Kalau tidak memungkinkan, apakah kalau di tinggal di rumah tidak apa apa? Karena keadaanya sangat mendadak dok.

Tolong dijawab ya dok. Wassalamualaikun

Dok, saya punya anjing jantan(1thn) dan kucing jantan (8bln) mereka sebelum sy titipin itu g bertengkar, hbs itu setelah pulang kok anjing saya jadi birahi sama kucingnya dan klo dipisahkan anjingnya itu marah kyk mau gigit, apakah anjing dan kucing saya homo, tolong ya dok???

perilaku tersebut mungkin bisa terjadi karena penyesuaian kembali setelah dititipkan, karena saat di penitipan kan ada anjing dan kucing lainnya, jadi mungkin karena sering komunikasi dengan anjing dan hewan lainnya sangat mungkin bau nya berbeda.

Untuk selanjut nya tanya jawab bisa dilakukan disini.
Hi, saat ini kami memiliki fitur baru halaman tanya jawab agar lebih mudah menjawabnya dibandingkan di komentar. Silahkan tulis pertanyaan anda di (Konsultasi Dokter Hewan Online) https://tanyadokterhewan.com/tanya-dokter-hewan-online/

Leave a Reply

*