7 Tips untuk mengatasi sembelit pada anjing dan kucing – TANYA DOKTER HEWAN

7 Tips untuk mengatasi sembelit pada anjing dan kucing

7 Tips untuk mengatasi sembelit pada anjing dan kucing

Normalnya, setiap hari anjing dan kucing akan mengeluarkan kotoran nya sebagai tanda metabolisme tubuh yang berjalan dengan baik.

Namun, ada kalanya anjing dan kucing mengalami juga gangguan pada tubuhnya, salah satunya adalah sembelit.

Sembelit pada anjing dan kucing membuat anjing dan kucing tidak nyaman, terkadang pemilik tidak segera menyadari nya. Pemilik mungkin baru menyadari setelah kucing dan anjing sangat lemas dan nafsu makan menurun.

Pada artikel sebelumnya, saya sudah menjelaskan mengenai 6 Penyebab sembelit pada anjing dan kucing. Bisa cek artikelnya disini : 6 Penyebab sembelit pada anjing dan kucing 

Lalu, apa yang perlu kita perhatikan sebagai pemilik untuk mengetahui sembelit pada anjing dan kucing ?

1.Frekuensi buang air besar.

Hewan seperti kucing atau anjing normalnya membuang kotoran 2-3 kali sehari (setiap hari).

Jika frekuensinya berkurang atau tidak membuang kotoran sama sekali dalam sehari, termasuk disebut sembelit.

2. Lama proses defekasi (buang kotoran)

Misalnya saat kucing menuju kotak pasir untuk pup, perhatikan berapa lama kucing disana sebelum akhirnya pupnya keluar.

Saat hewan sembelit, mereka akan merasakan sakit karena kotoran yang menumpuk dan mengeras jadi akan sakit saat mengeluarkannya sehingga akan lama prosesnya.

3. Perhatikan ada luka atau tidak di anus

Saat sembelit, kotoran mengeras, kadang akan menyebabkan luka lecet pada lubang anus.

Periksa anus hewan saat selesai pup, selain kesakitan biasanya disertai darah keluar bersama dengan pup.

Perlu diperhatikan juga kemungkinan keluarnya bagian anus (prolapsus ani) karena mengejan terlalu hebat.

 

Anjing dan kucing yang mengalami sembelit, sebaiknya segera diperiksakan ke dokter. Terlalu lama kotoran tidak keluar dari tubuh akan menyebabkan tidak nyaman, juga menyebabkan kondisi yang serius dikemudian hari seperti adanya penonjolan anus, maupun megacolon (pembesaran colon/usus besar).

Jika sembelit baru terjadi 1-2 hari (pemilik menyadari tidak ada kotoran di kotak pasir, dan kucing terlihat tidak nyaman) , kita bisa melakukan 7 Tips untuk mengatasi sembelit pada anjing dan kucing, yaitu :

1.Berikan makanan yang basah

Makanan basah akan meningkatkan konsumsi cairan, diharapkan dengan konsumsi  cairan yang meningkat akan menyebabkan feses menjadi lebih lembut sehingga mudah melewati anus.

2. Lap anus dengan air hangat

Ini bisa dilakukan pada anjing dan kucing usia muda maupun kitten, untuk menstimulasi kerja otot sekitar anus sehingga kotoran bisa keluar.

Jika kitten atau puppy hanya konsumsi susu saja (kurang dari 1 bulan) biasanya sangat mungkin tidak buang kotoran selama 2 hari karena nutrisi terserap. Namun tetap perlu dilakukan rangsangan untuk mengeluarkan kotorannya.

Sembelit juga mungkin terjadi pada kucing maupun anjing yang mengalami pengalihan makanan dari makanan lembut ke tekstur yang keras.

Lap anus dengan air hangat pun sangat membantu jika ada luka atau lecet di anus.

3. Sediakan minum yang bersih dan cukup setiap hari nya.

4. Oleskan minyak zaitun atau VCO di anus

Minyak zaitun maupun VCO merupakan minyak alami yang aman untuk manusia, begitu juga dengan anjing dan kucing.

Pemberian minyak zaitun dan VCO pada anus bisa berfungsi sebagai pelumas, diharapkan bisa melunakkan feses dan tidak nyeri saat pup.

Selain diberikan pada anus, bisa juga diberikan dengan mencampurkan makanan atau diberikan langsung pada anjing dan kucing melalu mulut.

5. Selain makanan kering, tambahkan juga buah dan sayur untuk anjing 

Buah dan sayur bisa menjadi snack yang baik untuk anjing dan kucing, pemberiannya bisa diberikan langsung atau dibuat jus untuk memudahkan penyajian.

Bisa baca disini buah yang aman untuk anjing, sayur yang aman untuk anjing 

6. Berikan tambahan serat 

Salah satu penyebab sembelit adalah kurang nya serat, jadi saluran pencernaan tidak bekerja dengan baik. sebaiknya dibuatkan juga snack untuk anjing dan kucing yang mengandung serat. Tapi proporsinya tidak terlalu banyak, bisa gunakan labu, oat,  pada snack anjing maupun kucing.

7. Pastikan anjing dan kucing tidak malas beraktifitas

Anjing sebaiknya diajak jalan pagi dan sore hari untuk melancarkan buang kotoran, begitu juga dengan kucing. Namun, biasanya kucing tidak suka diajak jalan, usahakan tidak dkandangkan terus. Biarkan beraktifitas di dalam rumah (jika kucing indoor) dengan menaiki mainan maupun benda lain agar bisa tetap bergerak.

Apakah boleh memberikan obat pencahar untuk anjing dan kucing ? 

Obat pencahar yang ada saat ini untuk manusia, berupa tablet, sirup,  suposituria, maupun laxative enema. Untuk anjing dan kucing sebaiknya pemberianya dikonsultasikan terlebih dahulu ke dokter hewan. Dikhawatirkan ada kondisi lainnya yang perlu perhatian khusus selain sembelit.

Jadi, selalu konsultasikan kondisi anjing dan kucing jika terlihat mengalami gangguan. Pemilik pelru turut serta membersihkan kotak pasir setiap hari ataupun berinteraksi dengan anjng dan kucing untuk mengetahui perubahan yang terjadi pada anjing dan kucing nya.

 

 

27 comments

Dok kucing saya umur satu tahun, nafsu makan menurun, pas di kotak pasirnya lama, tapi ga ada pupnya
apa ini konstipasi udah berat dok?

Dok kucing saya sudah 3 hari gak pop. Tapi makannya tetap banyak. Tapi sekarang lebih sering tiduran. Itu gimana ya

Silahkan baca artikel diatas, saya sudah bahas cara2nya. Segera konsultasikan ke dokter. Baca juga artikel mengenai megacolon pada kucing di web tanyadokterhewan.com

dok, kucing saya umur sktr 1 tahun, spertinya sembelit, tp dr anusnya srg keluar air dan lendir bening. Itu kenapa ya? dan penanganan sederhananya bagaimana?

Silahkan baca di artikel mengenai penyebab sembelit ya. Anus keluar cairan pd kondisi ini krn mengejan terus menerus, jd kemungkinan ada gesekan antara permukaan anus.

Dok kira kira, berobat ke dokter hewan minimal Bayar berapa ya dok, buat kucing yang Ngak mau buang Pup! Tolong dok dijawab

Malem dok, saya izin tanya… Saya punya kucing, saya rawat dari msh kecil sampai sekarang udh hampir 3 tahun. Dan baru kali ini dia sakit udh dari hari kemarin, sekarang itu dia badannya lemes, gamau makan dan gakuat buat bangun, sebelum dia sakit, kalau mau pup itu biasanya diluar rumah dan beberapa hari ini setiap dia lg dirumah, dia kayak mau pup tapi kayak susah pupnya dan keras. itu sebaiknya gimana ya dok? Dan itu cara ngobatinnya gimana ya dok? Soalnya kalau dibawa ke dokter hewan gaada dokter hewan deket rumah saya. Terimakasih dok

Silahkan cek di artikel ya mengenai sembelit (kalau mmg pup nya keras) , sudah saya bahas.

Dok kucing saya dia kan sudah masuk ke tempat pup nya tapi pup nya itu ga kluar kek keras gitu habis tu nafsu makanny ilang dan g bisa berdiri lagi kalau itu bagai mana ya dok mohon bantuannya

Silahkan baca di artikel ya. Kalau dibiarkan bs menyebabkan kondisi yang parah. Jadi baiknya kalau lbh dr 2 hari segera konsultasikan ke dokter.

dok kucing saya kalo dikasih makan kering sembelit, kasian kalo pup mengejan sambil jerit2 tapi kalo dikasih ikan rebus mencret jadi gimana solusinya yah dok
Terimakasih

Kalau mmg dgn ikan kotorannya mencret baiknya bs diberikan ikan dgn jenis lain atau jumlah yg lebih sedikit. Berikan juga makanan basah sachet misalnya, atau ayam rebus. Pastikan asupan air setiap harinya cukup.

Mlm dok numpang tanya
Begini dok saya punya dua ekor kucing Dok…
Akhir-akhir ini sudah makan dan pup mencret dan mutah dan keluar cacing
Lalu yang satunya pup keras dan anusnya kelihatan memerah

Silahkan baca di artikel mengenai cacingan pada kucing, muntah kucing..silahkan manfaatkan fitur cari tulisan. Baca juga artikel diatas untuk membantu mengatasi sembelit, jangan lupa segera konsultasikan ke dokter hewan.

Dok,saya mau tanya,klau kucing saya sembelit,apakah bisa menggunakn microlax? Sebelumnya muntah,tapi sudh di bawa ke dokter,muntahnya sudah hilang,akan tetapi malah sembelit.

Boleh selama diresepkan oleh dokter. Usahakan dengan menggunakan cara-cara alami sebelum intervensi ke pengobatan dengan menggunakan laxative

Dok , saya punya kucing kampung anakan. Kadang saya beri makan nasi dicampur ikan pindang. Tapi sekarang badannya lemes dan sembelit. Makannya lahap sekali dok sampe gak mau berbagi sama yg lain. Tapi kok kucingnya kurus. Ini kenapa ya dok? Dikasih air kelapa boleh apa tidak dok?

beberapa kucing ada yang tidak suka jika bersama kucing lain, bisa jadi kalau berat badan semakin menurun akibat stress karena keberadaan kucing lain.atau memang ada parasit spt cacing, maupun penyakit kulit dan gangguan pencernaan sehingga penyerapan nutrisinya terganggu. baiknya dikonsultasikan ke dokter, pemberian air kelapa untuk kucing yg kurus tidak terlalu menbantu, krn perlu asupan nutrisi yg sesuai.

Dok,,kucing saya sudah 3hri tdk bsa bab, ap boleh saya kasih obt cair yg lwat anus yg biasanya dpake manusia? Trimakasih dok

bisa diberikan dengan pemeriksaan dulu, usahakan berikan terapi tanpa obat dulu, dgn menambah cairan maupun memberikan pakan basah.

Dok kucing saya umur 5 minggu, kalau pup keluarnya keras dan pipisnya keluarnya dikit, dan kemarin lemes, tidur mulu, gak mau makan + minum..
dan dibagian belakangnya seperti ada yg keluar, itu kira2 pup yg mau keluar atau bagian anusnya ya, soalnya saya takut juga liatnya, disini juga gak ada dokter hewan…

Dok, boleh minta info dosis minyak zaitun untuk kitten (3bln) sembelit? Berapa kali sehari dan masing2 berapa ml dok? Terima kasih.

cukup 1 ml sekali sehari, perhatikan juga asupan cairan yang cukup, pakan yang basah. jika lebih dari 2 hari tidak ada reaksi, sebaiknya segera konsultasikan ke dokter.

Leave a Reply

*