5 Tips perawatan anjing dan kucing masa menyusui – TANYA DOKTER HEWAN

5 Tips perawatan anjing dan kucing masa menyusui

5 Tips perawatan anjing dan kucing masa menyusui

Saat bayi kucing atau anjing lahir, induk mengeluarkan banyak energi untuk melahirkan, menyusui,  dan akan terus berlanjut hingga anak telah lepas sapih dan mulai memakan makanan padat.

Sama juga seperti manusia, anjing dan kucing yang menyusui membutuhkan perawatan yang terbaik. Pemberian makanan dan minuman serta kondisi tubuh anjing dan kucing sangat mempengaruhi produksi asi. Tak jarang induk yang menyusui jika makanan yang diberikan nutrisinya belum mencukupi energi yang dikeluarkan, induk kucing dan anjing akan mengalami kondisi malnutrisi bahkan tubuh yang kurus pasca menyusui.

Lalu, apa yang perlu dilakukan untuk menghindari kondisi kurus pada induk hamil dan menyusui? 

Penting untuk diketahui, induk hamil dan menyusui membutuhkan energi 3-4 kali dari kucing maupun anjing biasanya. Hal ini dikarenakan induk perlu memberikan nutrisinya untuk perkembangan janin. Jika kitten dan puppies sudah lahir, induk butuh energi untuk menghasilkan asi bagi anak nya. Oleh karena itu, pemenuhan energinya harus sesuai, karena energi ini digunakan juga untuk induk melakukan maintenance tubuhnya.

Berikut 5 Tips perawatan anjing dan kucing masa menyusui:

1.Tidak perlu membatasi makanan, makanan diberikan lebih sering. 

Jika mempunyai induk anjing atau kucing yang sedang menyusui, sesuaikanlah asupan makanan dan minuman yang masuk, apabila pemberian tetap jumlahnya, induk bisa kekurangan gizi dan air susu tidak keluar.

Saat menyusui, energi induk akan terfokus pada pembuatan air susu sehingga akan mudah lelah dan lapar.

Tetapi, hanya akan makan sedikit-sedikit karena proses adaptasi saat menyusui.

Sebaiknya, isi tempat makanan si induk dengan sedikit makanan tapi jangan pernah kosong.

Induk anjing dan kucing akan makan sedikit-sedikit tapi sering.

Jika diperhatikan, induk yang sedangan menyusui dapat makan lebih dari 6 kali sehari.

Lakukan penyesuaian pemberian makan sebanyak 2-3 kali.

Saat awal laktasi, saat laktasi, dan puncak laktasi yaitu minggu ke 3-4 kelahiran.

Setelah minggu ke 4, bayi anjing dan kucing akan mulai belajar memakan makanan padat dan mengurangi minum air susu induknya sehingga mengurangi stimulasi pembentukan air susu.

Saat itu, sesuaikan kembali menjadi kebiasaan makan dan nutrisi yang biasanya tetapi prosesnya pelan-pelan saja.

2. Perbanyak konsumsi air 

Air bisa didapatkan dari makanan maupun air langsung, jadi pada induk yang menyusui lebih baik diberikan makanan yang basah. Makanan basah mengandung air lebih banyak dan mudah dicerna karena teksturnya yang lembut. Untuk air minum usahakan berikan yang matang, bersih, dan layak minum. Jika minum mulai berkurang bisa juga diperhatikan tempat minumnya apakah kotor atau bisa juga mengganti dengan mangkok stainless agar tetap dingin.

3. Berikan makanan untuk anakan yang teksturnya lembut untuk anak

Memberikan makanan anakan pada induk sangat membantu meningkatkan nafsu makan dan produksi susu. Pemberian makanan bisa dilakukan dengan mencampurkan makanan basah dan makanan kering. Misalnya dari 8 kali makan, 3x diberikan wet food.

Jangan terlalu banyak, karena jika tidak habis dan dibiarkan lebih dari 2 jam, wet food menjadi tengik dan sangat mungkin terkontaminasi bakteri sehingga tidak baik untuk dimakan.

Pakan anakan juga mengandung protein yang cukup tinggi sehingga energi bisa dihasilkan lebih banyak.

4. Berikan tambahan nutrisi dan suplemen

Induk menyusui sudah pasti memerlukan penambahan beragam nutrisi agar kalori banyak masuk dan air susu yang dihasilkan banyak.

> tambahan makanan.

Selain memberikan wet food/dry food pabrikan, cobalah membuat makanan tambahan seperti ayam atau ikan rebus atau telur rebus yang dihaluskan sebagai tambahan protein. Membuat puding ikan juga bisa membantu jika cukup sulit mendapatkan makanan basah komersial. 

Resep puding ikan cek disini : membuat puding ikan untuk kucing 

Berikan madu atau air madu untuk menambah energi induk.

Tidak perlu memberikan susu, pemberian susu pada induk menyusui bisa menyebabkan mencret.

> tambahan suplemen

Tidak jarang pemilik yang menambahkan suplemen ke dalam makanan induk hewan. Suplemen yang banyak ditambah biasanya kalsium.

Kalsium berperan mulai dari masa kehamilan hingga menyusui sehingga banyak anjing dan kucing dengan kondisi kekurangan kalsium pada masa itu. 

Pemberian kalsium juga perlu diperhatikan sesuai dosis nya, pemberian pada wkatu yang tidak tepat dan jumlah yang terlalu banyak bisa menyebabkan ketidakseimbangan hormon pengatur kalsium di tubuh.

Pemberian suplemen dalam bentuk pasta yang mengandung berbagai vitamin dan mineral (Nutri plus gel, vita gel) bisa juga membantu.

 

5. Berikan tempat yang aman, bersih, dan nyaman bagi induk menyusui 

Induk menyusui perlu juga dijaga kebersihannya karena pada kitten maupun puppies sangat rentan terpapar penyakit, jika kondisi tidak bersih sangat mungkin anak mudah terinfeksi. Namun, menjaga kebersihan induk tidak perlu dimandikan, cukup di lap dengan air hangat bagian yang kotornya.

Mandi pada induk, bisa membuat anak tidak mau menyusui terutama usia kurang dari 2 minggu. Pada masa tersebut kitten maupun puppies belum membuka mata dan melihat, jadi hanya mengandalkan sentuhan dan penciuman saja. Jika terjadi perubahan bau dikhawatirkan anak tidak bisa mengenali induknya lagi.

Alas kandang mungkin akan kotor dikarenakan darah maupun air kencing. Jadi sebaiknya dibersihkan, jangan sampai dibiarkan kotor dan basah. Selain lembab, tidak nyaman juga kan kalau kita tidur ditempat yang basah?

Pastikan letakkan di tempat yang tidak tinggi, beberapa kali saya pernah mendapati pemilik yang curhat kalau anak kucing nya jatuh dari ketinggian karena induk diletakkan di atas. Ini sangat fatal !

Cukup letakkan di nursing box, kandang, maupun kotak lain yang dialasi alas yang cukup hangat dan tidak membuat sakit. Pastikan juga aman, anak tidak terjepit di sela-sela kandang.

 

Jangan lupa periksakan juga ke dokter hewan jika induk menyusui tidak mau menyusui anak, tidak nafsu makan lebih dari 2 hari, pendarahan dari vagina, serta kondisi lain yang menyimpang. Perawatan induk menyusui yang baik akan membuat anak dan induk sehat serta  nyaman.

 

Referensi:

Lopate, C. Management of pregnant and neonatal dogs, cats, and exotic pets. 2012. Oxford: Wiley – Blackwell.

Cas P, L. Nutrition of canine and feline third edition. 2011. Missouri: Mosby – Elsavier.

 

Leave a Reply

*