5 Jenis Benjolan Bawah Kulit yang Perlu Diperhatikan pada Anjing dan Kucing – TANYA DOKTER HEWAN

5 Jenis Benjolan Bawah Kulit yang Perlu Diperhatikan pada Anjing dan Kucing

5 Jenis Benjolan Bawah Kulit yang Perlu Diperhatikan pada Anjing dan Kucing

Pernahkah merasakan adanya benjolan pada kulit anjing dan kucing kita? Kalau pernah, bagaimana bentuknya? Apa respon kucing dan anjing saat disentuh? Apakah kesakitan atau tidak? Apakah benjolan tersebut pecah dan bernanah?

Sering sekali saya mendapatkan pertanyaan dari pemilik hewan untuk mendapatkan saran pengobatan saat terlihat adanya benjolan pada anjing dan kucingnya. Padahal untuk melakukan pengobatan, penting sekali dilakukan pemeriksaan terlebih dahulu sehingga bisa mendapatkan penanganan yang sesuai.

Terutama jika berkaitan dengan keberadaan benjolan, perlu dilakukan pemeriksaan dengan melihat, meraba, bahkan jika diperlukan pengambilan sampl dari benjolan tersebut.

Mengapa demikian? Bukankan benjolan cukup dengan dikompres dengan air hangat atau dingin lalu diberikan obat saja?

Ternyata tidak, benjolan tidak bisa ditangani dengan dikompres lalu diberikan obat saja. Tergantung dari jenis benjolan yang terjadi pada anjing dan kucing kita.

Lalu ada berapa jenis benjolan yang bisa kita dapati pada anjing dan kucing?

Terdapat 5 jenis benjolan bawah kulit yang perlu diperhatikan pada anjing dan kucing

1. Benjolan disertai radang

Benjolan ini terjadi pada anjing dan kucing umumnya diawali dengan trauma atau adanya luka. Biasanya muncul setelah anjibg dan kucing berkelahi, terkena gigitan,  dipukul, mendapat suntikan dengan jarum yang tidak steril, tertusuk benda tajam dan dalam. Benjolan yang disertai radang ini merupakan respon tubuh untuk melokalisir infeksi, supaya infeksi tidak menyebar dengan merespon pada bagian yang luka saja. Biasanya luka akan menyebabkan pecahnya pembuluh darah karena pukulan, gigitan, maupun tusukkan. Darah akan menyebabkan bakteri berkembang  yang akan menimbulkan respon tubuh dengan mengirimkan mediator peradangan, sel sel pertahanan untuk melawan bakteri dan benda asing. Proses ini yang menyebabkan timbulnya peradangan, jika disertai adanya bakteri biasanya akan menimbulkan nanah. Maka benjolan tersebut pun menjadi benjolan bernanah yang dikenal dengan abses. Abses, biasanya disertai dengan demam dan penurunan nafsu makan karena kesakitan.

Benjolan disertai radang juga bisa terjadi pada kelenjar pertahanan (limfoglandula) yang terdapat di beberapa bagian tubuh anjing dan kucing. biasanya jika ada infeksi disekitar kelenjar getah bening (linfoglandula) maka kelenjar akan bengkak dan terlihat seperti benjolan.

Info lengkap abses bisa dicek di artikel ini : Abses pada anjing dan kucing 

 2. Benjolan tumor jinak

Tumor merupakan massa berupa benjolan atau bengkak akibat pertumbuhan abnormal dari sel-sel.  Tumor bisa juga terjadi pada anjing dan kucing, biasanya lebih sering terjadi pada anjing dan kucing usia lanjut. Pada anjing benjolan yang sering ditemukan yaitu lipoma atau tumor jaringan lemak. Sifatnya tidak ganas dan tidak sakit saat disentuh. Biasanya bisa tumbuh cukup banyak, namun untuk memastikan sifatnya perlu dilakukan biopsi, dikhawatirkan bersifat ganas atau kanker yang bs menyebar ke organ lainnya.

Lipoma (tumor jaringan lemak) pada anjing (sumber : dogtime.com)

 

3. Benjolan akibat hernia

Benjolan akibat hernia yang umun terjadi pada hernia yang terlihat seperti hernia umbilicalis, hernia scrotalis, hernia inguinalis. Benjolan ini diakibatkan adanya organ yang masuk melalui cincin hernia sehingga pada kulit terlihat adanya benjolan. Benjolan karena hernia bisa terjadi pada kucing dan anjing usia dini, biasanya hernia umbilikalis, tapi bisa juga terjadi pada anjing dan kucing usia dewasa akibat kecelakaan ataupun secara genetik seperti hernia scrotalis dan hernia inguinalis.

Benjolan karena hernia bisa tidak menimbulkan rasa nyeri, mudah dimasukkan, namun akan bertambah besar karena organ yg masuk ke cincin hernia semakin banyak kalau dibiarkan.

Baca juga : anjing dan kucing bisa terkena turun berok, kenali gejalanya ! 

Benjolan akibat hernia pada anak anjing (Sumber : wagwalking.com)

4. Benjolan akibat kanker

Kanker sifatnya lebih ganas daripada tumor, kanker akan memperlihatkan benjolan yang tidak beraturan. Sifat kanker lebih massive dan tidak berkapsul, jadi biasanya benjolannya lebih tidak beraturan dan terdapat banyak pembuluh darah sehingga sangat mudah menyebar dan mengalami pendarahan. Untuk memastikan jenis dan sifatnya perlu dilakukan biopsi.

5. Benjolan berisi darah

Benjolan berisi darah yang dimaksudkan adalah hematoma atau penumpukkan gumpalan darah d bawah kulit. Hematoma bisa terjadi di bagian kulit mana saja, namun lebih sering terjadi pada daun telinga.  Penyebabnya karena telinga yang gatal, sehingga menggaruk daun telinga yang menyebabkan pembuluh darah di daun telinga pecah dan telihat adanya benjolan.

Benjolan berisi darah di daun telinga kucing (sumber : marvistavet.com)

Apa yang perlu diperhatikan jika anjing dan kucing terdapat benjolan?

1. Perhatikan respon saat benjolan disentuh, jika memilih menghindar dan menjadi agresif berarti kucing dan anjing merasa tidak nyaman dan sakit akibat adanya benjolan

2. Besar benjolan, semakin membesar, mengecil, atau tidak mengalami perubahan bentuk.

3. Bentuk benjolan, beraturan atau tidak

4. Benjolan disertai darah atau nanah 

5. Perhatikan juga adanya demam serta penurunan nafsu makan dan aktifitas pada anjing dan kucing.

Penanganan yang dilakukan jika anjing dan kucing terdapat benjolan yaitu melihat benjolan secara detail, kemudian konsultasikan ke dokter hewan mengenai benjolan. Sebaiknya tidak berinisiatif melakukan penusukan atau pencongkelan terhadap benjolan. Dikhawatirkan akan menyebabkan radang dan infeksi lebih parah. Dokter akan memeriksakan benjolan dan memberikan tindakan yang sesuai. Melakukan usg dan rontgen (x ray) juga bisa dilakukan untuk memastikan benjolan dan melihat pengaruhnya dengan organ lain misalnya benjolan pada kelenjar susu, benjolan pada otot dan tulang.  Jika benjolan mengarah ke tumor dan kanker akan dilakukan pengambilan jaringan (biopsi) untuk menentukan jenis jaringan tersebut.

Jika benjolan pecah dan berisi nanah, sebaiknya luka dibersihkan dan tetap konsultasikan dengan dokter hewan untuk mendapatkan penanganan yang sesuai.

 

Benjolan memang bervariasi bentuk dan penyebab nya, sehingga untuk mengetahui secara langsung perlu dilakukan pemeriksaan oleh dokter hewan. Pemeriksaan dan diagnosa yang tepat akan menentukan penanganan dan perawatan yang sesuai.

40 comments

Dok saya mau tanya,kucing saya di daerah kuping dan pipinya ada luka bekas luka garukan kucing sampe luka,harus dikasih obat apa ya?tolong bantu

Sebaiknya selain dibersihkan lukanya dengan air hangat ataupun antiseptik, perlu juga diketahui lebih lanjut penyebab gatal daerah telinga. Jd lebih baik konsultasikan ke dokter juga ya.

Dok kucing saya diperutnya ada bengkak memanjang kalau disentuh dia marah spt kesakitan. Nafsu makan masih spt biasa. Bab dan pipis masih normal. Itu apa ya

Untuk mengetahui nya perlu diperiksakan ke dokter. Supaya diketahui bengkak nya, terutama kalau sakit kemungkinan ada radang dan infeksi.

Hallo dok, saya punya kucing, saya baru pertama kali punya kucing,kucing saya masih kecil, tapi di bagian atas kaki dan dekat perut kiri dan kanan ada benjolan, benjolannya gak beraturan gitu terus kayak kenyal2 gitu, saya udh coba pegang tapi kucingnya gak ad respon, dia biasa aja, tpi 2 hari yang lalu kucingnya diare udh d kasih obat, dan udh sembuh, cuma karna ada benjolan aja saya cemas,sarannya sebaiknya gimana dok??

Konsultasikan ke dokter untuk diperiksakan benjolannya ya, seperti dijelaskan diartikel benjolan bs bermacam2

Dok.. Dogi saya tiba”ada benjolan di bagian kulit leher sebelah kanan..
Saya baru tau tadi
Kmren waktu saya elus” dy gda benjolannya
Benjolan nya sedikit ngluarin darah karna di garuk sama dogi nya..
Waktu saya pegang benjolannya dogi saya ga brontak alias diem aja
Saya bingung
Bisa bantu dok????

perlu dikonsultasikan ke dokter ya untuk dilihat secara langsung bentuk benjolannya, besarnya, bisa saja memang kemungkinan tumor, atau bisa saja radang jadi bengkak akibat infeksi.

Dok, di leher kanan/di bawah rahang anjing saya muncul benjolan. Kalo dipegang padat dan kayaknya tdk sakit, tapi anjing saya jadi malas makan. Benjolannya cepat mmbesar. Kenapa yah? Tolong infonya

Seperti yang sudah dijelaskan di artikel, penyebab benjolan bs bermacam2 ya. Jd perlu konfirmasi dgn pemeriksaan langsung. Kemungkinan tdk mau makan krn kesulitan mengunyah dan menelan akibat bengkak

Dok, anjing saya ke 2 kupingnya kena karet dan putus, setelah sembuh sekarang terdapat benjolan dibawah kupingnya
Apa yang perlu saya lakukan dok?

Dok, saya punya anjing perempuan baru 1,5 bulan. Di bagian perut bawahnya ada benjolan bulat, kenyal dan tidak keras. Saya sadar baru2 ini dan saat saya sentuh dia tidak kesakitan atau memberontak. Tapi saya takut itu kenapa2 dok. Harus saya apakan ya? Tolong infonya, dok. Terima kasih.

Sebaiknya dilakukan pengecekan untuk dilihat bentuk dsn jenis benjolannya. Krn kalau tdk d cek tdk bs

dok anjing aku ada benjolan di bawah kulit tepatnya di perutnya sekitar tulang rusuk. ukurannya kecil dan kalau dipegang tidak ada respon kira kira itu apa ya ? tolong bantu makasih

Dok, boleh bertanya? , kucing saya masih sekitar berumur 1 bulan, tiba-tibaada benjolan dibawah lehernya, benjolannya lembek dan tidak mengeluarkan nanah atau air, itu kenapa ya dok? Terimakasih sebelumnya

Bisa dicek diartikel ya, penyebab benjolan beragam. Kemungkinan ada infeksi juga bs menyebabkan pembengkakan kelenjar pertahanan. Kalau infeksi dan radang disertai dengan demam

Sy mw tanya dok, anjing sy tb tb kyk ad benjolan yg kl dipegang kyk balon yg diisi air. Itu tumbuh ny di antara dagu dan leher. Jd kyk pelikan gt, itu penyakit atau krn lemak yah dok???

Untuk memastikan perlu langsung dicek ke dokter ya. Nanti dilihat apakah mmg itu bengkak kemungkinan ada radang, atau mmg hanya lemak.

Benjolan berisi air perlu dicek lagi apakah mmg ada protein, darah, serum atau yg lainnya. Biasanya nnt d dokter dilakukan pemeriksaan lebih lanjut.

Dok aku mau nanya kucing ku di bawah ketiak sebelah kanannya ada benjolan , itu kira” bahaya gaa ya dok apa yang harus saya lakukakan

Terimakasih

Maaf ya klo setiap pertanyaan selalu dijawab dengan silahkan baca artikel lagi atau lakukan pemeriksaan, sebaiknya anda tidak perlu membuat pilihan tanya dokter hewan di blog/artikel anda,

Silahkan membaca syarat dan ketentuan website ini, pemeriksaan tetap perlu dilakukan karena tidak bisa kalau hanya menduga dan meramal saja, apakah bisa memberi obat tanpa tau kondisinya? Tentu tidak. Jika memang pertanyaannya sudah sering dijawab dan sudah dijelaskan di artikel yang panjang, untuk apa saya menjelaskan lagi. Membaca itu penting jika memang ingin tau lebih.

Dok saya mau tanya kucing saya muncul benjolan kecil di kepala. Coba di pegang ngga dia ngga memberontak, ukuruan nya juga ngga berubah ubah. Kirakira benjolan apa yg muncul di kucing saya dok? Apa berbahaya?

Untuk memastikannya perlu diperiksakan, tdk bisa hanya menduga2. Silahkan baca kembali artikelnya, disitu sdh dijelaskan kemungkinan benjolan yg terjadi.

Ass. Dok saya mau tanya anjing saya tiba2 ada benjolan besar, di area bawah rahang. Itu kenapa ya dok bahaya apa tidak, dan bagaimana cara mengobatinya. Mohon bantuannya ya dok soalnya anjing saya lagi hamil takutnya nanti salah dampaknya ke kehamilanya,

as dok, anjing saya sudah di suntik vit, tapi setelah di suntik lehernya bengkak, berisi air sama darah dok, gimana cara penangannya dok help me

Sebaiknya konsultasikan ke dokter untuk dicek kondisi bengkaknya. Kompres air hangat bs membantu mengurangi bengkak dan nyeri

Dok, kucing saya empat hari yang lalu sampai sekarang nggak bisa buang air kecil, tiga hari setelahnya terdapat benjolan dibawah kulit bagian perut, dan sekarang kucing saya lumpuh, gimana dok penanganannya, mohon penjelasan nya, terimakasih

Sebaiknya d periksakan segera ke dokter untuk dilihat secara langsung kondisinya. Krn tdk bs kalau tdk dilihat. Apalagi kalau sampai lumpuh brrt ada gangguan di otot, tulang, bahkan mgkn syaraf.

Dok, saya mau tanya di leher anak kucing saya jenis persia ada benjolan kecil. Dan setiap saya tekan kucing tdk merasa sakit.

Dok saya mau tanya, di leher kitten kampung saya kaya ada benjolan seperti bengkak dok. Saya gatau kenapa dok karna sebelumnya gak kenapa2, tapi 3hari yg lalu kucing saya dibawa kabur sm kucing besar. Semenjak kejadian itu dia jadi lemes dok, napsu makannya berkurang gamau minum susu, gak ngerespon panggilan saya, dan jadi lebih sering tidur dok sampe hari ini, cuma kalo bengkaknya si baru skrg aja. Kira2 kitten saya kenapa ya dok, saya takut dia mati dok ?

Kalau ada riwayat gigitan, bisa jadi ada radang lalu bengkak, biasanya krn gigi kucing yg menusuk menyebabkan radang dan infeksi. Kondisi ini tentu tdk nyaman untuk kitten krn sakit, biasanya disertai demam juga. Sebaiknya segera konsultasikan ke dokter untuk mendapatkan penanganan..

Dok saya mau tanya,anjing saya seperti bengkak dibagian maaf selangkangan nya dia.Itu kenapa ya dok?? Saya belum terlalu liat jelas respon dia saat dipegang bengkak nya…

Perlu dilakukan pemeriksaan langsung untuk mengetahuinya. Seperti yang dijelaskan di artikel kemungkinan benjolan itu beragam, bs jadi hernia, atau memang ada bengkak krn trauma dan luka misalnya.

Leave a Reply

*