Pentingnya Memiliki Dana Darurat untuk Hewan Peliharaan – TANYA DOKTER HEWAN

Pentingnya Memiliki Dana Darurat untuk Hewan Peliharaan

Merawat makhluk hidup termasuk anjing dan kucing sebagai peliharaan, tentu bukan perkara mudah. Perlu tanggung jawab penuh, agar terpenuhi hak nya (mendapatkan tempat yang layak, mendapatkan pengobatan ketika sakit, makan minum dipenuhi, dan poin lain yg termasuk animal welfare).

Salah satu hal penting, memiliki hewan peliharaan tentu suatu saat akan sakit karena mereka makhluk hidup. Kemungkinan sakit bisa kapan saja, tanpa bisa di prediksi. Ketika sakit, tidak sedikit biaya yang akan dikeluarkan untuk ke dokter hewan. melakukan pengobatan sendiri juga cukup sulit, tergantung kasusnya. Banyak juga yang coba coba mengobati malah tidak membaik.

Oleh karena itu, perlu juga dipersiapkan dana darurat untuk kesehatan anjing dan kucing. Biasakan menyisihkan sebagian pendapatan kita, baik bulanan, harian atau bisa juga mingguan. budget ini disesuaikan dengan pendapatan masing masinh tentunya. jika mendapatkan pendapatan harian, saya rasa 10.000-20000 sehari cukup untuk disisihkan bagi 1 ekor anjing maupun kucing. jika disiplin, 1 bulan bisa 300.000-600.000. misalnya jika memiliki pendapatan mingguan 300.000 bisa juga di sisihkan 40.000-50.000 perminggu, atau jika bulanan mendapat gaji 3000.000 saya rasa menyisihkan 150.000-300.000 juga bisa dilakukan. Lebih baik lagi diinvestasikan kembali ke reksadana seperti pasar uang misalnya (krn jangka waktu investasinya singkat). Tapi perku diingat, jika reksadana tidak bisa dicairkan secara langsung, harus menunggu 2 atau 3 hari setelah reksadana dijual.

Jika anjing dan kucing yang dipelihara lebih dari 1 ekor tentu budget ini akan menyesuaikan.
mencicil, tentu akan membantu meringankan beban kita.

Saya ingat, beberapa waktu lalu ada pet owner yg sharing kisahnya dalam mencicil menabung harian untuk kucing peliharaannya. Disiplin untuk mencicil membuatnya tidak kerepotan saat harus steril, atau mengobati kucing yang sakit ke dokter hewan.

Begitupun saya, saat tiba-tiba menemukan anjing yang memiliki luka parah dan harus dilakukan operasi dan pengobatan. Saat itu saya sementara tidak berpraktek, sehingga perlu dibawa ke kolega dokter hewan segera. Bayanya tentu tidak sedikit karena luka yang cukup parah. namun alhamdulillah karena menyisihkan budget dana darurat setiap bulan, jadi bisa diambil dari pos tersebut. Walau memang jujur saat itu dana darurat yang digunakan, tdk khusus untuk hewan. Masih menggunakan pos dana darurat dari keluarga.

Yuk mulai menyisihkan sebagian yang kita miliki untuk anjing dan kucing kita. Memelihara mereka merupakan tanggung jawab kita hingga akhir. Jadi perlu dipersiapkan dana dan kebutuhannya.

Leave a Reply

*