Tips menjaga kebersihan rumah bersama anjing kucing selama pandemi covid-19 – TANYA DOKTER HEWAN

Tips menjaga kebersihan rumah bersama anjing kucing selama pandemi covid-19

Pernah lihat netflix docuseries dengan judul Pandemic? Ternyata, kondisi pandemik itu sedang terjadi saat ini di bumi kita. Sejak Desember 2019 lalu, muncul virus baru yang menyebabkan infeksi saluran nafas pada manusia di China tepatnya Wuhan. Awalnya dinamakan novel coronavirus, sampai akhirnya berubah nama menjadi COVID-19. Awalnya belum jadi pandemik, tapi pertengahan maret ini kasus yang massive menyebabkan berkembang kasusnya menjadi pandemik. Salah satunya tentu Indonesia juga sudah terinfeksi dan tercatat ada 227 kasus positif corona (19 Maret 2020).

Salah satu kebijakan yang dilakukan yaitu sosil distancing, jadi tidak berkumpul di kerumunan, bekerja dirumah, sekolah di rumah. sementara kebijakan ini berlaku selama 2 minggu kedepan.

Tentu kondisi pandemik ini membuat resah semua pihak. bagi yang memiliki hewan peliharaan pun tentu juga resah dan khawatir. Namun, tidak perlu khawatir karena anjing dan kucing tidak menularkan covid 19 ini. Penularannya antar manusia saja. Walau begitu, kita perlu tetap melakukan upaya menjaga kebersihan setelah kontak dengan manusia maupun hewan.

Berikut tips menjaga kebersihan rumah bersama anjing dan kucing selama pandemi COVID-19 :
1. Selalu cuci tangan dengan sabun setelah interaksi dengan anjing maupun kucing.
2. Langsung bersihkan kotak kotoran ataupun kandang ketika sudah ada kotoran anjing maupun kucing di kandang ataupun litterbox.
3. Bersihkan tempat makan dan minum anjing dan kucing segera setelah makan.
4. Rajin ganti air minum, tidak membiarkan air minum seharian tidak diganti.
5. Gunakan disinfektan saat membersihkan alat-alat makan maupun kandang. Membersihkan alat makan, pastikan tidak ada bau yang tersisa.

Disinfektan bisa menggunakan cairan disinfektan yang sudah ada seperti karbol, detol, ataupun pemutih pakaian (bayclin) untuk membersihkan kandang dan tempat kotoran. Pemutih pakaian mengandung chlorin yang memang digunakan sebagai disinfektan, dalam dosis tertentu. Perlu dicairkan dan dicampur air, sehingga tidak pekat. Membuat disinfektan dengan pemutih pakaian bisa mencampurkan 1 bagian pemutih pakaian dengan 9 bagian air. Begitu juga untuk karbol dan detol, bisa digunakan sesuai petunjuk.

Sedangkan, untuk alat makan bisa dibersihkan menggunakan sabun cuci piring yang tidak meninggalkan bau. Lebih amannya sebelum mengisi dengan makanan, dibilas lagi dengan air.

Jangan lupa juga berikan pakan basah untuk kucing supaya nafsu makan meningkat sehingga menghindari penurunan daya tahan tubuh dan sakit. Berikan juga suplemen untuk anjing dan kucing. Perlu juga diberikan buah dan sayur yang aman untuk anjing sebagai snack sehingga mereka tidak bosan.

Semoga pandemi ini segera berakhir, tetap jaga kebersihan, kesehatan.

sumber data pasien covid-19 : https://infeksiemerging.kemkes.go.id/

Leave a Reply

*