Apakah anjing dan kucing menularkan virus corona? – TANYA DOKTER HEWAN

Apakah anjing dan kucing menularkan virus corona?

Infeksi virus corona atau covid-19 yang sedang menjadi pandemi saat ini, membuat resah pemilik hewan. Pemilik hewan mengkhawatirkan adanya penularan dari hewan peliharaannya terutama anjing dan kucing ke manusia. Namun ternyata terdapat perbedaan antara virus corona yang menginfeksi manusia dan hewan.

Virus corona yang menginfeksi anjing dan kucing merupakan jenis alpha-coronavirus yang menyebabkan feline infectious peritonitis pada kucing, pada anjing menyebabkan infeksi pada saluran pencernaan/ radang usus (gastroenteritis). Virus corona yang menginfeksi manusia jenis beta-coronavirus yang hanya menyerang manusia dan tidak bisa menginfeksi hewan.

Berikut ilustrasinya yang disadur dari instagram bayer pet care indonesia :

Meskipun begitu, jika kita sakit,  merasa tidak enak badan atau bahkan terlihat gejala gangguan nafas sebaiknya hindari kontak langsung dengan hewan peliharaan. Biarkan anggota keluarga lain yang menjaga atau membersihkan hewan peliharaan kita. Tetap selalu jaga kebersihan diri dan lingkungan seraya berdoa agar pandemi ini segera bisa berlalu.

Leave a Reply

*