Perlukah berkunjung ke dokter hewan dan melakukan grooming saat pandemi covid-19? – TANYA DOKTER HEWAN

Perlukah berkunjung ke dokter hewan dan melakukan grooming saat pandemi covid-19?

Kasus infeksi covid-19 di Indonesia sepertinya masih terus berlanjut, kasus masih terus bertambah. Hal ini membuat pemerintah dan tentunya garda terdepan petugas medis bekerja sangat keras. Begitupun juga kita, bekerja dirumah dan diam dirumah saja serta melakukan pembatasan sosial (social distancing) untuk mencegah penyebaran penyakit ini.

Tentu, anjuran dari pemerintah ini harus kita lakukan. Diam dirumah merupakan usaha paling terbaik yang perlu kita lakukan.

Lalu, bagaimana kalau ternyata ada jadwal vaksinasi, kontrol ataupun kita merasa anjing dan kucing kita perlu grooming ke dokter hewan?

Sebaiknya, pada pandemi seperti ini kita tetap perlu mengurangi kontak dan keluar rumah hanya untuk kondisi sangat penting dan mendesak saja.

Jika ada jadwal kontrol ke dokter hewan, sebaiknya didiskusikan dengan dokter untuk ditunda. Apabila kontrol jahitan pasca operasi misalnya, diskusikan untuk menunda sementara. Kecuali, ada luka, infeksi atau bau tidak normal dari luka.

Vaksinasi juga bisa ditunda, tidak perlu dilakukan saat ini juga (apalagi kalau vaksin ulangan).

Jadi, kunjungan ke dokter hewan hanya jika diharuskan oleh dokter hewan yang bersangkutan dan kasus medis yang sangat darurat.

Bagaimana dengan grooming atau mandi untuk anjing dan kucing?

Rasanya, untuk grooming bisa dilakukan di rumah. Tapi, jika tidak bisa, sebaiknya jadwal groomingnya ditunda.

Tapi, jika benar-benar tidak bisa ditunda sebaiknya melakukan beberapa tindakan berikut:

– tetap jaga jarak kontak dengan orang lain

– biasanya klinik akan memberikan aturan sesuai dengan social distancing, bisa juga klinik memberitahu untuk meletakkan kandang atai carrier ditempat khusus. sehingga, pemilik dan petugas klinik maupun dokter tidak kontak langsung.

– cuci tangan dengan sabun setelah keluar rumah, memegang kandang, memegang alat, dan memegang hewan.

– disinfeksi kandang atau carrier setelah dari luar

– segera ganti baju dan mandi setelah keluar dari rumah

Praktek seperti ini perlu dilakukan dan tidak berlebihan, untuk mencegah membawa dan menulari anggota keluarga dari infeksi virus covid-19.

Anjuran seperti ini pun tidak hanya berlaku untuk kunjungan ke dokter hewan saja. Kunjungan ke rumah sakit umum, bidan, praktek dokter untuk kita pun sebaiknya tidak dilakukan dulu kecuali dalam kondisi darurat.

Semoga semuanya sehat selalu, jaga kebersihan, terapkan pembatasan sosial, hindari kerumunan dan jangan lupa cuci tangan dengn sabun.

Leave a Reply

*