FAQ – TANYA DOKTER HEWAN

FAQ Tanya Dokter Hewan

A : Siapakah Pengelola Resmi Website Tanya Dokter Hewan
Q : Website ini dikelola oleh Drh Puspasari Respatiningtyas

A : Apakah jawaban yang ditulis dapat dipertanggungjawabkan ?
Q : Semua tulisan yang dibuat dalam website ini dibuat berdasarkan jurnal dan artikel ilmiah yang dapat dipertanggung jawabkan, Jika ada jawaban teknis yang kurang tepat silahkan tanya lebih detail melalui kontak yang disediakan karena penanganan hewan satu dengan lainya berbeda jadi mohon untuk bertanya lebih detail.

A : Apakah saya bisa bertanya langsung via email atau no telpon?
Q : Kontak tanyadokterhewan.com dapat dilihat dihalaman kontak

 

50 comments

Dok, teman saya baru saja mengadopsi kucing, tapi setelah 1 hari memelihara kucing tersebut, teman saya mengalami demam, mual dan tidak nafsu makan sampai sekarang. Teman saya sempat dicakar oleh kucingnya, saat ditanyakan kepada pemilik yg sebelumnya, kucing tsb belum pernah di vaksin.

Jadi saya ingin bertanya dok, apakah teman saya terinfeksi atau bagaimana? Tolong beri penjelasan dan apa yg harus dilakukan olrh teman saya.

Luka cakarnya dibersihkan dengan sir hangat Dan antiseptik. Kalau demam memang bisa sih akibat dicakar. Cuma biasanya krn reakssi thd luka, TP TDK menutup kemungkinan ada juga infeksi Dr bakteri seperti bakteri Bartonella yg memang menular melalui cakaran kucing. Jd sebaiknya diperiksakan saja ke Dokter ya. Spy diberikan obat sesuai dengan gejalanya. Untuk kucing nya karena memang baru d adopsi jadi masih adaptasi, masih stress sebaiknya mmg dibiarkan dulu, g perlu sering diajak main..biar dia penyesuaian dulu

Hallo dok, saya mau tanya, kucing saya sedang hamil, ini pertama kalinya saya ngerawat kucing hamil, akhir2 ini kucing saya mengeluarkan lendir campur darah dari alat kelaminnya, apa gapapa atau harus segera kedokter?
Kalo dihitung dari tanggal kawinnya belum 60 hari, tapi anak kucing yg diperutnya masih aktif bergerak, perlu tindakan seperti apa ya dok?

Dok saya mau tanya dok. Jadi gini dok, saya punya anjing dia ras nya itu anjing pug dok. Nah suatu ketika anjing saya ini bau nya tiba-tiba bau banget gitu. Saya pikir bau nya ini berasal dari dog food yang saya ganti. Lalu saya penasaran saya cium mulutnya ternyata bau nya ini berasal dari mulutnya. Akhirnya saya buka dong mulutnya. Pas saya liat lidah anjing saya itu kaya ada lingkaran-lingkarang merah seperti radang kaya sariawan gitu dok. kira2 itu penyakit apa ya dok? kalau benar itu sakit sariawan anjing apakah ada obat yang cocok ya dok. Thank you

sariawan bisa juga terjadi di mulut anjing, krn biasanya kesehatan gigi nya krg jadi perhatian, sebaiknya di konsultasikan ke dokter langsung ya. supaya mendapatkan penanganan lebih tepat.

misi dok, mau tanya.. kucing saya kemarin lusa kaki kiri depan nya antara pergelangan sampai telapaknya terlindas motor. sampai” bagian telunjuknya robek hingga ujung dalam kuku dan dagingnya terlihat, selain itu posisi kuku tengah nya berbalik mengahap atas.. lalu bagaimana cara mengobatinya? apa membutuhkan perawatan dokter kah?

dok, saya pelihara kucing persia. kucing saya beberapa hari ini kencing darah.
kencingnya lumayan banyak tapi darah semua. makannya juga banyak dok. tidak ada penurunan nafsu makan. kenapa ya dok ?

Kencinh darah salah satu ciri infeksi saluran kencing, sebaiknya diperiksakan ke dokter ya. Atau bs juga ada luka di saluran kencingnya

Siang dok sya mau tanya. Jadi saya punya kucing umur sebulan dan matanya itu kotor saya kasih obat tetes mata untuk kucing. Tapi kondisinya malah makin parah dok. Gimana ya cara mengatasinya -_-

dok, anjing saya mengalami gejala muntah berbusa warna putih, kadang berupa cairan putih, lalu tidak nafsu makan dan minum, harus di paksa menggunakan sedotan jika diberikan minum. Lalu terkadang anjing saya mengalami mencret mengeluarkan darah. itu gejala apa ya dok, apakah perlu penanganan langsung dari dokter ? anjing saya yang biasanya aktif tiba tiba menjadi tidak aktif, tampak lemas begitu

Dok… Saya punya anak anjing herder usia sktr 5 bln, kondisi badannya kurus, matanya belekan dan di perutnya ada gas (info drh yg sdh periksa) sudah sebulan ini saya kasih obat primperan, cotrimoxazole dan vitamin, tapi kondisinya masih lemas juga dan makan belum bisa banyak, krn gas di perutnya masih ada, penanganan yg terbaik bagaimana agar anjing menjadi sehat. Terima kasih

Apakah pemberian obat berdasarkan resep dokter? Apakah sudah diperiksakan kembali?

Halo, dok. saya mau tanya. kucing saya pilek tapi masih mau makan. cara mengatasi pileknya selain ke dokter hewan dengan apa ya dok? dan kalo ke dokter hewan menangani flu kira” biayanya berapa ya dok?

Siang dok, saya mau nanya kucing saya ada luka di bagian pangkal ekornya, luka awalnya kecil cuma sampe bolong, terus saya kasih betadhine dan saya kasih kunyit, terus kucing nya gak bisa BAB karna lukanya tu hampir kena ke daerah pantat nya, tapi dia terus maksa untuk BAB jadi luka nya Udh makin lebar sampe bagian anus nya juga ush robek, terus ada keluar cairan putih lendir gitu dok, dia gak mau makan, cuma minum doang, gimana saya bisa nolong kucing saya dok, saya mohon bantuannya ya dok, saya Udh strees saya gak tau lagi gimana biar dia bisa sembuh

Dok,saya mau tanya. Kucing saya sepertinya kena kutu,tapi bukan kutu yg seperti biasa ada dikulit keliatan dok,yg ini itu kutunya nempel di bulunya,kecil banget,kalau diliat awalnya cuma kayak kotoran debu atau bubuk merica,tapi kalau diliat lebih dekat itu kayak bergerak. Pengobatannya bisa seperti apa ya dok ? Soalnya udh pake mandi kutu juga gak berkurang dok.

dok, anak kucing saya (kira” 3bulanan) kan buta 1, mata 1 ny suka belekan, trus sering bersin dan batuk. sarannya gmn y dok? makasih

Siang dok, saya mau tanya.
Seminggu yg lalu saya mnemukan anak kucing dipinggir jalan (umurnya mngkin masih sekitar seminggu, krena matanya msih merem dan belum bisa jalan) dan saya ambil utk merawatnya. Selama ini perkembangannya baik, minum susunya jga habis banyak.
Lalu sabtu pagi kemarin saat kucingnya bngun tidur, matanya merem sebelah. Saya coba usapi pakai cotten bud dan akhirnya bisa melek. Kemudian siangnya setelah bangun tidur seperti itu lagi. Hingga minggu pagi ini masig sama dan saya bersihkan dg cara yg sama juga, tapi yg kluar dari mata kucing saya malah seperti nanah, kemudian sekitar kelopak merah seperti bengkak tapi akhirnya bisa melek.

Saya kasihan dan takut hal ini terjadi berulang ulang krena kucing ini masih bayi. Kira2 kucing saya kenapa ya dok? Dan bagaimana cara penyembuhannya?

Selamat malam dok
Sy mau tanya, kucing saya kaya susah kencing gt dan berdarah, mutah berwarna kuning dan ga mau makan?
Bagaiamana solusinya dok?
Terima Kasih

Sdh diperiksakan ke Dokter? Sebaiknya sgr diperiksakan ya, pipis berdarah salah satu ciri adanya infeksi saluran kencing

dok, saya tadi melihat di kulit anjing saya ada bulu rontok di bagian2 tertentu dan kulitnya mengelupas seperti ketombe. anjing saya sudah termasuk golongan senior, sudah 10tahunan. itu terkena penyakit kulit atau bagaimana ya dok? bisa diatasinya bagaimana? terima kasih, dok.

Siang dok, aku mau tanya, aku punya kucing 10 ekor dewasa rata umur 1 tahun. Nah untuk pakannya aku kasih pagi dan malam buatan sendiri msg2 tempe yg panjangnya 22cm+salem 1/4 kg(1 ekor ikan)+1/2 cup dry food rc hair&skin. Nah pertengahan siang mereka aku ksh puding kaldu ikan pake serpihan ikan (1 sachet agar putih), 2 kali seminggu pake telor kuningnya aja (1 butir), ditambah virbac nutriplus tp cuma yg mau aja krn sebagian gamau makan virbac. Nah itu asupan mereka sudah cukup atau belum ya dok? Kalo porsinya karna aku pake 2 nampan gede penuh setiap makan supaya mereka nafsu makannya krn berebut. Makasih dok:)

untuk tau cukup atau tidak nutrisinya mmg perlu perhitungan lebih lanjut. tapi pemberian pakan dengan mencampur sry food dan wetfood sudah cukup baik.

Hallo Dok, saya mau tanya sedikit tentang info kucing persia peaknose. Saya punya kucing persia peaknose usia 6 bulan, matanya sering berair dan bau. Apakah itu normal Dok? Dari umur 2 bulan emang sudah sering berair tapi belom lama ini airmatanya jadi bau. Bagaimana solusinya Dok?

Terima Kasih.

Halo dok, saya ma tanya. Kucing saya pilek. Setiap bersin selalu mengeluarkan ingus agak kehijauan. Matanya jg sering berbelek. Apakah ada cara menyembuhkannya tanpa harus ke dokter?

Hallo dok,

aku mau tanya nih,
kucing aku kan kucing kampung, trus banyak kutu dan ada koreng2 gtu. menurut dokter pakai obat apa yah? boleh direkomendasikan biar kucing aku bulunya lumayan bagus. thanks dok 🙂

kalau ada kutu tentu perlu diberikan obat kutu, jenisnya banyak dipasaran, yg penting khusus untuk kucing

Siang dok..
Dok,kucing saya diare lalu di bawa kedokter. Hasil pemeriksaan: tidak ada demam,*gak ada yang serius

Obat: clavamox dengan dosis 2 tetes pagi malam selama 7 hari.
Makanan: saya bwei makanan basah untk kucing diare dan saya canpur dengan sedikit tempe (pagi dan malam, siang makan makanan kering biasa).

Pup kembali padat. selang 7 hari dan obat dihentikan kucing diare lagi. Pup berwarna kuning terang,agak berlendir,kadang ada merah2nya (sedikit)

Berhenti minum obat: kemarin (26/5/2017)
Feses diare : 27/5/2017 (baru ketahuan)

Apa obat tsb masih boleh diberikan pada kucing?
Jika boleh, Seberapa banyak dan berapa lama?

Kondisi kucing:
Kitten,lincah,makan bnyak,tidak kurus,sudah pernah diberi obar cacing(sekitar 1bln yg lalu),belum di vaksin.

Mohon bantuannya dok..
Makasih 🙂

pemberian antibiotik jangka panjang bs menyebabkan juga kondisi bakteri di usus tdk seimbang, kadang jd mencret. pemberian antibiotik tdk diberikan kalau tdk konsultasi dgn dokter. sebaiknya konsultasikan lg dgn dokter ya

Dear dokter..
Dok, salah satu kitten saya kumisnya patah2.. jadi hampir semua kumisnya pendek,hanya beberapa yg panjang.. itu pun kumis panjangnya terancam patah juga.

Apa itu normal dok?
Apa yg harus saya lakukan?

Makasih dok 🙂

Dok kmrn saya mengobati kucing saya dgn obat anti jamur scabies berjenis semprotan spray. Namun sehari setalahnya, saya baru tau mata kucing saya sedikit membengkak dan berair krn terkena obat semprot anti jamurnya. Untuk mengatasi matanya yg bengkak bagaimana dok?

apakah sudah dperiksakan ke dokter ? kemungkinan iritasi ya, untuk meringankan sakitnya bisa di kompres air hangat

Leave a Reply

*