KUCING MUNTAH

Nanava asked 4 years ago

Dok saya bingung sekali, kucing saya pasca ovariohisterektomi 1bulan yll, 1minggu setelah itu paha bekas suntikan bius jadi seperti mengeras dan korengannya membesar, saya kembali ketempat drhnya dan hanya diberikan vitamin dan obat utk otot yg kaku tsb. namun setelah 1minggu minum obat yg diberikan itu, ototnya memang tidak kaku lagi, tapi jadi lembek, luka menganga, melebar, basah dan bernanah, saya coba tanya k tmn yg keebtulan drh jg tapi berada dikota lain, katanya abses dan kalau ingin cpt sembuh harusnya dijahit. Tapi saya trauma ketempat dokter hewan yg pernah saya datangi itu, saya pikir pekerjaannya tidak higienis dan pastinya harus dibius lagi seperti sebelumnya. Lalu saya putuskan untuk tidak menjahit absesnya dan hanya minum obat oral dan topikal saja yg disarankan tmn sy itu. 5hari telah terlewati luka menjadi tidak sebasah yang sebelumnya juga tidak bernanah lagi namun masih lebar. 5hari berikutnya dan sampai saat ini kucing saya masih mengkonmsumsi obat. obatnya Amoxicillin + Meloxicam +Vitc dg dosis yg telah tmn saya yg drh itu ajarkan.
nah yang menjadi kecemasan saya sekarang, semenjak sebulan ini kucing saya selalu muntah terus menerus berwarna kuning. Pernah satu kali saya memperhhatikan muntahnya terdapat cacing begitupun pupnya. lalu saya berpikir bahwa kucing saya harus diberi obat cacing, lalu 3hari yll, saya beri drontal cat dengan dosis yg sudah diajarkan tmn saya tadi. namun muntahnya masih saja keluar dan ditambah lagi nafsu makan menurun drastis, untung saja masih mau minum. disamping obat oral yang saya berikan sampai saat ini karena luka yg blm kunjung kering, saya juga memberikan vitamin herbafit 10drops setiap hari.
sehari setelah minum drontal cat, muntahan dikucing saya terdapat sesuatu seperti putih-putih pipih dan banyak, saya pikir itu cacing. sehari setelah itu paginya muntah lagi dan keluar bercak merah, seperti darah segar gitu dok. Tidak ada diaRE, malah semenjak minum obat cacing kucing saya tidak pernah BAB sampai hari ini (4hari).
jadi kucing saya selama 2bulan ini semakin hari semakin kurus, terlihat ingin menyendiri dan tidak segar.
kemungkinan ini disebabkan oleh apa dok? dan apa yang harus saya lakukan selain ke dokter hewan? trim”s

1 Answers
drh. Puspasari Respatiningtyas Staff answered 4 years ago

kalau sampai bernanah kemungkinan memang karena abses atau radang berisi nanah. pemberian obat pereda nyeri seperti meloxicam dalam jangka waktu yang panjang tidak drekomendasikan karena bisa menyebabkan iritasi lambung, juga berhubungan dengan sistem peredaran darah, hati dan ginjal juga bekerja lebih keras jika diberkan obat terus menerus. jadi memang pemberiannya tidak bisa terus menerus, . Perlu berhati-hati dalam penggunaan obat, jadi memang konsultasi dengan dokter tetap diperlukan, krn kalau tdk melihat langsung pengobatan tidak bisa dilakukan