Kucing setelah melahirkan

Hanna asked 1 year ago

Dok kucing saya selama 3 hari setelah melahirkan  tdk mau makan hanya minum saja, kemudian saya beri susu supaya ada asupan namun juga tdk mau hanya mau minum air putih, apa yg terjadi sama kucing saya dok? Lalu bagaimana mengecek perutnya apakah masih ada janin atau tidak? Dan bagaimana mengecek payudaranya keluar susu atau tidak? Karna anaknya mati entah krn air susu atau kondisi yg lemahlemah. Terimakasih

1 Answers
drh Winda Staff answered 1 year ago

Coba untuk memberi makanan dengan aroma yang kuat, mungkin seperti makanan basah atau campurkan makanan keringnya dengan makanan basah, supaya merangsang nafsu makannya. Jika masih tidak mau, bantu menyuapinya ya. Harus tetap makan dan minum karena induk pasca melahirkan butuh asupan yg cukup banyak untuk memulihkan tubuh dan menunjang masa laktasinya. Beberapa induk tidak nafsu makan pasca melahirkan bisa disebabkan stress dan kelelahan pasca melahirkan, atau bisa juga merasakan bagian tubuhnya sakit seperti adanya peradangan dan infeksi pada saluran reproduksi pasca melahirkan atau peradangan pada payudara. Boleh ditambahkan supplemen atau vitamin penambah nafsu makan, seperti nutri plus gel, fish oil, dan vitamin lainnya yg juga membantu masa laktasinya. Boleh juga menambahkan madu atau sari kurma pada air minumnya untuk menambah energinya.
Cara mengecek perut induk untuk memastikan ada janin atau tidak dengan meraba bagian perut jika terasa seperti terdapat bulatan keras seperti tengkorak janin, maka kemungkinan masih ada jsnin dalam rahim, namun diperkirakan kondisinya sudah tidak bernyawa. Apakah induk masih terlihat mengejan? Untuk itu jika tidak yakin maka sebaiknya konsultasikan langsung ke dokter hewan terdekat ya.
Untuk mengecek payudara mengeluarkan asi yaitu dengan menekan ujung payudara yakni nipple, maka akan mengeluarkan asi. Amati kitten untuk memastikan mendapatkan asi dari induk. Jika perlu bileh ditambahkan susu formula khusus kitten.
Jika kondisi sudah berlangsung selama 3 hari maka perlu diperiksakan ke dokter hewan ya. Sebagai tambahan silakan baca artikel berikut

Ebook: Panduan Lengkap Merawat Anak Kucing