Kura kura brazil baby issues

Dagoranna asked 2 weeks ago

Halo dok! Jadi seminggu yang lalu aku beli kura kura brazil di pinggir jalan. Soalnya belum pernah nemu tempat yang jual kura kura. Aku udah ngelist nih apa aja issues yang dialamin sama baby kura.
1. Jadi hari kedua baby kura tinggal sama saya muncul bercak putih di cangkang sama bagian bawah nya. Terus kerjaannya tidur, ga mau makan. Tapi kalo lagi bangun terus di taro di tangan gitu dia mau jalan. Cepet juga jalannya.
Emang pas abis beli itu ga langsung ke rumah karena lagi di luar kota. Jadi nginep di hotel. Karena kamar pake ac jadi kandangnya di taro di kamar mandinya. Tapi exhaust nya dimatiin. Terus pas tau katanya kalo bisa air kandangnya ga pake PAM, tapi kan gada lagi selain PAM akhirnya yaudah pake air keran.
Tiap hari dia di jemur dok, kan katanya kalo jamuran dijemur aja. Ato ga pake obat. Tapi disini yang jual garam ikan ga ada. Jadi ga tau lagi harus pake apa.
2. Terus sejak abis beli, aku baru nyadar dia suka kayak ngucek matanya gitu kalo abis bangun, terus kadang di idung keluar gelembung kalo lagi nyelem. Katanya itu flu. Tapi aku ga tau obatnya yang gampang didapet.
3.Terus juga, kan katanya air nya harus suhu ruang ya dok, terus kalo sakit kalo bisa diatas suhu ruang. Nah aku ga punya water heater jadi kek tiap beberapa jam sekali kasih air panas sedikit,
4. Terus katanya harus pake lampu uvb ya? Aku ada sih tapi buat nyamuk. Bisa ga pake lampu belajar biasa?

Sebenernya aku pas liat baby kura menderita gegara sakit aku nyesel sih. Kenapa aku beli dia dan ga mikirin konsekuensi, kewajiban aku sama haknya baby kura. As if yang penting punya pengen nyoba lagi punya kura kura. I’ve been selfish, dok. Tapi aku ga bakal nyerah makanya aku ngubungin dokter. Ur help will affect for both me and my baby Michaelangelo. Makasih ya dok!!

1 Answers
drh. Puspasari Respatiningtyas Staff answered 2 weeks ago

Untuk hewan eksotik seperti kura-kura brazil memang perlu penanganan khusus, dengan treatment yang lebih diperhatikan. Seperti perlu adanya tempat berjemur, tidak terus terendam air, dan perlu juga pencahayaan yang cukup. Untuk pemberian pengobatan bisa coba ddiberikan obat biru (methylene blue) untuk obat jamur dan antiseptik untuk kura-kura saya rasa banyak dijual. Akan lebih bagus lagi konsultasikan langsung ke dokter hewan yang juga menangani hewan eksotik di jakarta cukup banyak. 
Karena musim hujan, cahaya matahari kurang memang perlu diberikan lampu tambahan. Lampu pijar biasa sifatnya hanya menghangatkan, namun tdk bisa juga membasmi jamur maupun bakteri seperti lampu uv . 
 
Jangan lupa juga rajin mengganti air, karena air mudah kotor terutama kalau akuarium kecil, pup dan sisa makanan pasti banyak yang terendap. 
Pemberian air hangat sepertinya perlu juga diperhatikan suhu nya, perlu konsisten sesuai range nya sekitar 26-30 celcius. Pada kura kura yang yang sakit perlu lebih hangat lagi. 
Untuk pengobatan flu baiknya mmg dikonsultasikan ke dokter dulu ya, perawatan dengan melakukan pembersihan akuarium dengan antiseptik bisa sementara membantu.