Pengobatan Kucing yg batuk seperti tersedak

Website Tanya Jawab Dokter Hewan Terpopuler di IndonesiaCategory: QuestionsPengobatan Kucing yg batuk seperti tersedak
Laras asked 4 months ago

Dok,mau tanya kucing saya itu selalu batuk2 seperti tersedak2 gitu.. itu penyebabnya apa ya 
dan utk perawatannya agar kucing saya tidak batuk2 lagi gimana ya?
jika kucing saya bau mulut apa yg harus saya kasih supaya tidak bau mulu dan kucing saya bsa sehat berumur panjang 
 
terimakasih 

1 Answers
drh Winda Staff answered 4 months ago

Ada beragam penyebab batuk, antara lain adanya flu, menelan benda asing atau hairball, keracunan, adanya gangguan saluran pernapasan, alergi, pengaruh lingkungan dan sebagainya. Sehingga diperlukan pemeriksaan oleh dokter hewan secara langsung, sehingga mengetahui penyebabnya dan diberikan medikasi yang tepat. Jaga kebersihan kandang atau tempat istirahat kucing ya, dan tetap jaga asupan makan dan minumnya.
Untuk mengatasi bau mulut pada kucing yaitu dengan menjaha kesehan mulutnya. Hal-hal yang dapat dilakukan yakni, dengan rutin menyikat giginya tentunya dengan sikat dan pasta gigi khusua kucing (dilakukan setidaknya 3 kali dalam seminggu), kedua jaga dietnya dengan mengurangi makanan dengan bau yang menyengat, rutin memeriksakan kesehatan gigi dan mulut ke dokter hewan setidaknya setiap 6 bulan sekali, dan jika terdapat plak atau karang gigi segera dibersihkan dengan proses scalling yang dilakukan oleh dokter hewan.
Hal-hal yang bisa membuat kucing terus sehat dan berumur panjang yakni pertama jaga kesehatannya dengan menjaga asupan dan pola makan dan minum, berikan nutrisi yang baik, hindari hal-hal yang memicu stress, kucing tidak dikandangkan dan berikan tempat yang nyaman dan hangat, ajak bermain supaya tetap aktif dan senang, cek kesehatan ke dokter hewan, melakukan vaksinasi dan deworming, dan jika perlu memberikan supplemen atau vitamin untuk menjaga kesehatannya. Semoga menbantu