TANYA DOKTER HEWAN

4 tips melatih anak kucing agar buang kotoran menggunakan kotak pasir

4 tips melatih anak kucing agar buang kotoran menggunakan kotak pasir

Toilet training merupakan hal yang sangat penting karena dapat mempermudah kita dalam membersihkan kotoran dan kencing. Kucing sehat akan urinasi dan defekasi setiap hari, oleh karena itu perlu cara yang tepat agar rumah tidak terganggu oleh bau kencing maupun kotoran kucing. Penggunaan kotak pasir merupakan salah satu kebiasaan baik yang perlu dilatih dan ditanamkan pada kitten. Namun, pada dasarnya naluri kucing sudah mengerti dan mengetahui tempat membuang kotoran di tempat yang berpasir. Menggunakan kotak pasir akan mempermudah kita membersihkan kotoran, mengurangi pencemaran lingkungan akibat kotoran kucing sehingga lingkungan tetap bersih.

Berikut 4 tips melatih anak kucing agar buang kotoran menggunakan kotak pasir.

#1 Usia yang tepat

Anak kucing atau kitten dapat dilatih menggunakan kotak pasir pada usia 3 atau 4 minggu. Usia ini kitten memang sudah harus mandiri, biasanya induk akan secara otomatis mengajari anaknya kemudian anak mengikutinya.

4 tips melatih anak kucing agar buang kotoran menggunakan kotak pasir

#2 Letakkan kotak pasir ditempat yang mudah dijangkau

Kotak pasir dapat disimpan di dalam kandang atau pun ditempat lain, yang terpenting untuk kitten tidak terlalu jauh dari tempat bermain serta mudah dijangkau.

#3 Sesuaikan ukuran kotak pasir

Ukuran kotak pasir untuk kitten disesuaikan dengan ukuran tubuhnya. Perlu diketahui sebaiknya ukuran kotak pasir 1.5-2 kali ukuran tubuhnya.

#4 Jenis pasir

Biasakan kucing menggunakan jenis pasir yang tidak beraroma, hal ini untuk menghindari ketidakinginan kencing dan membuang kotoran ketika pasir diganti menjadi pasir yang tidak beraroma. Lebih baik menggunakan pasir yang tidak menggumpal untuk kucing kecil, untuk menghindari kebiasaan buruk lainnya yaitu memakan kotoran. Usia 3-4 minggu kucing masih senang observasi sehingga memungkinkan memakan apa saja.

Baca juga : Tips memilih pasir untuk kucing sesuai kebutuhan

Perlu diperhatikan, saat melatih anak kucing berikut hal yang tidak perlu dilakukan.

#Mengangkat kucing ke kotak pasir

Hal ini tidak perlu dilakukan untuk melatih kucing membiasakan diri di kotak pasir. Kucing akan tidak mandiri jika kita terlalu sering memanjakannya. Cukup kita dekatkan saja kotak pasirnya, kemudian biarkan dia mengobservasi dan menggunakannya. Oleh karena itu usahakan modifikasi kotak pasir tidak terlalu tinggi sehingga kucing bisa mudah masuk dan keluar kotak pasir.

*P.S Jika ada yang ingin ditanyakan/didiskusikan jangan sungkan bertanya melalui komentar di bawah ini ya.
Jangan lupa juga share artikel ini agar informasinya bisa bermanfaat bagi orang lain.

Regards
drh Puspasari Respatiningtyas