4 tips melatih anak kucing agar buang kotoran menggunakan kotak pasir – TANYA DOKTER HEWAN

4 tips melatih anak kucing agar buang kotoran menggunakan kotak pasir

4 tips melatih anak kucing agar buang kotoran menggunakan kotak pasir

Toilet training merupakan hal yang sangat penting karena dapat mempermudah kita dalam membersihkan kotoran dan kencing. Kucing sehat akan urinasi dan defekasi setiap hari, oleh karena itu perlu cara yang tepat agar rumah tidak terganggu oleh bau kencing maupun kotoran kucing. Penggunaan kotak pasir merupakan salah satu kebiasaan baik yang perlu dilatih dan ditanamkan pada kitten. Namun, pada dasarnya naluri kucing sudah mengerti dan mengetahui tempat membuang kotoran di tempat yang berpasir. Menggunakan kotak pasir akan mempermudah kita membersihkan kotoran, mengurangi pencemaran lingkungan akibat kotoran kucing sehingga lingkungan tetap bersih.

Berikut 4 tips melatih anak kucing agar buang kotoran menggunakan kotak pasir.

#1 Usia yang tepat

Anak kucing atau kitten dapat dilatih menggunakan kotak pasir pada usia 3 atau 4 minggu. Usia ini kitten memang sudah harus mandiri, biasanya induk akan secara otomatis mengajari anaknya kemudian anak mengikutinya.

4 tips melatih anak kucing agar buang kotoran menggunakan kotak pasir
4 tips melatih anak kucing agar buang kotoran menggunakan kotak pasir

#2 Letakkan kotak pasir ditempat yang mudah dijangkau

Kotak pasir dapat disimpan di dalam kandang atau pun ditempat lain, yang terpenting untuk kitten tidak terlalu jauh dari tempat bermain serta mudah dijangkau.

#3 Sesuaikan ukuran kotak pasir

Ukuran kotak pasir untuk kitten disesuaikan dengan ukuran tubuhnya. Perlu diketahui sebaiknya ukuran kotak pasir 1.5-2 kali ukuran tubuhnya.

#4 Jenis pasir

Biasakan kucing menggunakan jenis pasir yang tidak beraroma, hal ini untuk menghindari ketidakinginan kencing dan membuang kotoran ketika pasir diganti menjadi pasir yang tidak beraroma. Lebih baik menggunakan pasir yang tidak menggumpal untuk kucing kecil, untuk menghindari kebiasaan buruk lainnya yaitu memakan kotoran. Usia 3-4 minggu kucing masih senang observasi sehingga memungkinkan memakan apa saja.

Baca juga : Tips memilih pasir untuk kucing sesuai kebutuhan

Perlu diperhatikan, saat melatih anak kucing berikut hal yang tidak perlu dilakukan.

#Mengangkat kucing ke kotak pasir

Hal ini tidak perlu dilakukan untuk melatih kucing membiasakan diri di kotak pasir. Kucing akan tidak mandiri jika kita terlalu sering memanjakannya. Cukup kita dekatkan saja kotak pasirnya, kemudian biarkan dia mengobservasi dan menggunakannya. Oleh karena itu usahakan modifikasi kotak pasir tidak terlalu tinggi sehingga kucing bisa mudah masuk dan keluar kotak pasir.

*P.S Jika ada yang ingin ditanyakan/didiskusikan jangan sungkan bertanya melalui komentar di bawah ini ya.
Jangan lupa juga share artikel ini agar informasinya bisa bermanfaat bagi orang lain.

Regards
drh Puspasari Respatiningtyas

13 comments

Hai Dok…
Aku punya pertanyaan nih, semoga dokter berkenan menjawab dan memberikan masukannya. Aku punya indukan kucing betina, dan sudah melahirkan anaknya 3 minggu yang lalu. Pertanyaannya sebagai berikut :
1) Bolehkan memisahkan anak kucing dengan induknya? Anaknya didalam kandang, induknya diluar kandang. Tujuan nya, agar anak anak nya melatih untuk bisa buang air di litter box. Karena selama pantauan aku nih, anaknya ini sudah beberapa kali buang air di karpet dan tidak pernah mengikuti atau mencontoh induknya ketika buang air di litter box.
2) Jikalau pertanyaan nomor 1 diperbolehkan, artinya si anak kucing tidak bisa menyusui dong Dok?
3) Dan kalau memang nomor 1 diperbolehkan, apa ada solusi atau saran bagaimana agar anaknya tetap bisa menyusui tetapi anaknya didalam kandang Dok?
4) Oh ya, ketergantungan anak kucing terhadap susu induknya berapa lama yah Dok?

Terima Kasih Dok.

Halo, terimakasih pertanyaannya, maaf atas keterlambatan responnya. Kami memang lebih sering berkomunikasi lewat media sosial instagram maupun [email protected]

Untuk masa menyusui kucing hingga usia anak 8mgu atau sekitar 2 bulan. Krn pd usia lbh dr itu gigi sdh muncul dan biasanya mmbuat induk kurang nyaman. Untuk melatih bisa ditempatkan litter box di beberapa tempat ya, seperti sekitar tempat bermainnya. Sy rasa mmg usia kitten sgt senang bereksplorasi jadi harap maklum dan sabar saja. Solusinya ya ditempatkan ditempat bermain khusus, sementara sebelum bisa pup dan pee di litter box jgn dlu ditempatkan di tempat umum mslny ruang tamu. Ckup sediakan area bermain misalnya di tempat khusus tdk perlu d kandang krn kan jd terbatas aktifitasnya. Selama masa menyusui sebaiknya tdk perlu dipisahkan dengan induk

Semoga jawabannya membantu ya, jika ada yg ingin ditanyakan silahkan hubungi kami d kontak yg tersedia.

Pancing dengan makanan favoritnya. Melatih kucing sedikit berbeda dengan melatih anjing; untuk melatih kucing, Anda harus menghargai kemandiriannya dan punya alasan kuat agar ia menurut. Makanan kering kurang menggoda baginya, begitu juga pujian berlebihan – kucing tidak terlalu tertarik dengan pujian, tidak seperti anjing. Triknya adalah menggunakan hadiah berkualitas seperti

Halo dok… sya punnya masalah karena pasir nya selalu saja di makan …. sudah 2 kali di tempatkan di box pasir tapi tetap sajja dimakan
Gimana cara nya ya dok biar kitten 1 bln sya tidak selalu memakan pasir ?

Terimakasih dok

pasirnya pasir apa? kalau kitten 1 bln g boleh dikasih pasir gumpal, krn emng menggumpal ntr jd suka dimakan. pakainya pasir zeolit

dok mau tanya kucing ku juga sering makan pasir nya,saya pake pasir induk nya bentuk nya pasir kasar gitu ngga berbau,kucingku makan 3butir pasir seukuran biji pepaya itu bahaya ngga sama kitten nya:(

sangat tidak dianjurkan untuk kitten menggunakan pasir gumpal, sebaiknya induknya pasirnya pun diganti ya. bisa mneyumbat saluran cerna nya

Selamat pagi dok,
Saya mau cerita sama dokter ni.kucing betina saya bulan febuari kemaren baru j beranak 2 ekor tapi perkembangannya kok beda apa karna saya bantu proses beranaknya soalnya waktu anak 1 saya sendiri yang potong tali pusarnya, putus tali pusar kitten 1 juga lama,buka mata juga lama,jalan pun masih sedikit gemetaran kalo kitten ke 2 tali pusarnya dipotong sama induknya.apa karna itu x yah dok perkembangan kitten saya beda sama kitten 1 dan ke 2.kitten 1 juga telat buang airnya kalo kitten ke 2 sudah beberapa x
pertnyaan saya:
1,pada usia berapa anak kucing berhenti nyusu/disapi?
2,usia berapa juga anak kucing buang air besar/kecil?
3,usia berapa anak kucing diajarkan buang air ditoilet?
4,boleh g dok usia 1 bulan disapi karna g mau nyusu,saya kasih makanan basah.boleh g dok.
5,bagaimana caranya biar kitten 1 mau buang air dok/ngerangsang dy mau buang air dok?
Terima kasih semoga dokter kasih saya solusi yang terbaik buat anak kucing saya maaf saya banyak kata2 semoga dokter ngerti maksud saya.tolongin saya dok saya khawatir sama kitten saya.

Ass. Dok,,saya mau tanya,anak kucing saya sdh berumur 1bulanan dok,,tapi kl induknya makan dia jg ikut mau makan,,karna saya sekalian mau mangajarinya makan boleh tidak dok saya beri makan dia sm seperti induk nya?

Assalamualaikum dok, saya punya anak kucing baru di adopsi sekitar 5hari yg lalu waktu itu matanya masih ketutup dok, sekarang saya gak tau usianya berapa kira2 mungkin 3mingguan, udah kebuka matanya. Nah selama 5hari itu dia belum pup, baru hari ini dia udh pup. Dari tadi meong meong terus dok, kan belum aku mandiin ya dok, terus hari ini juga baru diganti kardus soalnya yg lama kekecilan, nah, biasanya dia itu bisa tidur kalo di pangkuan aku dok, tapi sekarang kan dia abis pup, dan dari tadi masih meong2 sementara udh aku kasih susu dan makan, kira2 gimana ya dok solusi yg bagus. Terimakasih.

usia kurang dari 3 minggu selama full susu, tidak pup masih normal. tapi kalau setelah diberikan makan basah dan susu masih tidak pup, kemungkinan tekstur makanan dan jumlahnya terlalu banyak. jadi perlu diperhatikan teksturnya.

Leave a Reply

*