TANYA DOKTER HEWAN

7 hal penyebab dan cara mengobati penyakit kulit demodex pada Anjing.

7 hal penyebab dan cara mengobati penyakit kulit demodex pada Anjing.

Infeksi parasit yang menyebabkan penyakit kulit yang parah salah satu nya disebabkan oleh tungau demodex. Demodex menyebabkan infeksi yang dikenal demodecosis, bentuk tungau ini sangat khas jika dilihat di bawah mikroskop. Berikut 7 hal penyebab dan cara mengobati penyakit kulit demodex pada Anjing.

1# Demodex pada dasarnya lazim terdapat pada anjing maupun kucing

Tungau ini secara alami ada di kulit, namun pada kondisi tubuh yang baik tidak akan menyebabkan outbreak demodex yang akan mneimbulkan permasalahan pada kulit. Demodex bisa menginfeksi anjing ataupun kucing, namun demodex yang infeksinya massive jarang terjadi pada kucing, Pada kucing, infeksi demodex tidak berbahaya dan dapat sembuh dengan sendirinya.

2# Infeksi parah terjadi pada Anjing dengan daya tahan tubuh menurun

Daya tahan tubuh yang mengalami penurunan, dapat disebabkan oleh stress dan kondisi lingkungan yang tidak baik dapat menyebabkan perkembangan demodex yang drastis. Demodex yang berkembang secara berlebihan akan menyerang folikel rambut dan kelenjar minyak. Demodex membentuk terowongan pada kulit sehingga terlihat kulit berlubang dan berdarah. Demodex akan menyebabkan kebotakan akibat peradangan yang menyebabkan kondisi gatal.

3# Pemeriksaan demodex menggunakan mikroskop

Dokter hewan yang mencurigai adanya infeksi demodex pada anjing, akan melakukan pengerokan kulit (skin scraping) hingga kulit berdarah. Hal ini dikarenakan demodex senang tinggal di folikel rambut yang terletak didalam kulit. Setelah itu kulit akan diamati dibawah mikroskop. Hasil positif menunjukkan adanya parasit demodex pada sediaan dengan bentuk khas seperti wortel.

4# Demodex ditularkan induk ke anaknya

Pada usia 72 jam setelah lahir, induk akan menularkan demodex ke anaknya melalui kontak langsung antara anak dan induk saat menyusui. Demodex yang menginfeksi anak akan terus berkembang pada anak hingga anak menjadi dewasa dan dapat mneginfeksi hewan lainnya.

 

7 hal penyebab dan cara mengobati penyakit kulit demodex pada Anjing

5# Gejala klinis

Infeksi demodex akan menimbulkan gejala gatal, kebotakan, lepuh pada kulit, timbul nanah (pyoderma) akibat infeksi bakteri. Infeksi bakteri yang terjadi pada demodecosis akibat gatal yang amat sangat menyebabkan peradangan, pendarahan, dan akhirnya bakteri menginfeksi. Selain itu, hewan dengan demodex akan terlihat lesu, lemah, kadang aggressive karena perih dan sakit pada kulit, serta mengalami kekurusan.

6# Pengobatan

Pengobatan yang dapat dilakukan yaitu menggunakan amitraz, ivermectine, milbemycine.Amitraz termasuk sediaan berupa antiradang, aplikasinya dengan dimandikan. Terapi dilakukan selama 8 minggu, tergantung keparahannya. Mandi dengan amitraz ini dapat dilakukan setiap 2 minggu atau setiap minggu. Penggunaan amitraz tidak disarankan untuk anjing Chihuahua dan yang sensitive dengan senyawa ini, serta anak anjing dan anjing hamil dan menyusui.

7 hal penyebab dan cara mengobati penyakit kulit demodex pada Anjing

7# Pemotongan rambut total

Biasanya anjing yang mengalami infeksi demodex akan dipotong rambutnya sehingga memaksimalkan dalam pengobatan serta membantu penyerapan obat yang sempurna .

Demodex merupakan parasit yang menginfeksi hanya pada kondisi dengan imunitas atau daya tahan tubuh menurun. Oleh karena itu, tetap jaga kesehatan anjing dan kucing kita. JIka anjing dan kucing mengalami demodecosis segera diberi penanganan, dan tetap sabar untuk pengobatannya.

*P.S Jika ada yang ingin ditanyakan/didiskusikan jangan sungkan bertanya melalui komentar di bawah ini ya.
Jangan lupa juga share artikel ini agar informasinya bisa bermanfaat bagi orang lain.

Regards
drh Puspasari Respatiningtyas