TANYA DOKTER HEWAN

6 Tips Merawat Kucing Usia Tua

www.acathospital.com

6 Tips Merawat Kucing Usia Tua

Kucing usia tua atau kucing berumur merupakan kucing dengan usia lebih dari 7 tahun.  Usia kucing 7 tahun sama dengan usia manusia 50 tahunan sehingga pada usia ini akan lebih banyak masalah yang muncul terutama masalah kesehatan. Berikut 6 Tips Merawat Kucing Usia Tua

#1 Rutin cek ke dokter hewan

Pada usia tua perlu dilakukan pengecekan yang lebih intens dan konsultasi dengan dokter hewan karena pada usia ini kecenderungan penyakit kronis akan muncul.

#2 Perhatikan pola makan

Kucing usia tua yang obesitas akan semakin mengalami peningkatan berat badan jika pola makan dan jenis pakan tidak dirubah. Pakan untuk obesitas sebaiknya pakan yang rendah lemak dan rendah kalori. Kucing obesitas pun perlu diiringi dengan latihan ekstra.  Kucing usia tua yang kurus perlu dirangsang untuk makan dengan memberikan makanan yang sedikit tapi lebih sering. Pola makan pun perlu diperhatikan untuk kucing usia tua dengan kondisi khusus.

6 Tips merawat kucing tua. Sumber : www.bloomingpaws.net

#3 Memberikan minum lebih banyak

Problem sulit minum sebenarnya tidak hanya dialami oleh kucing tua, kucing memiliki toleransi dehidrasi yang tinggi. Namun akan sangat berbahaya jika kucing usia tuatidak mendapatkan minum yang cukup karena akan berakibat dehidrasi. Fungsi organ kucing usia tua tidak sebaik kucing muda. Mengatasi hal ini maka kucing usia tua sebaiknya diberi pakan yang basah sehingga kebutuhan air terpenuhi.

#4 Memberikan pakan yang beraroma menyengat

Fungsi penciuman dan perasa (smell and taste) pada kucing usia tua akan mengaami penurunan.  Oleh karena itu terkadang kucing mengalami penurunan nafsu makan. Sehingga perlu diberikan makanan dengan aroma menyengat seperti tuna, kaldu ayam tanpa garam, serta makanan yang dihangatkan sehingga uap nya akan menimbulkan aroma yang menyebabkan meningkatnya nafsu makan.

#5 Menjaga kebersihan rambut dan kuku

Hindarkan kucing usia tuadari kondisi rambut yang kusam serta terdapat pinjal yang akan memperburuk kondisi tubuh kucing. Sehingga obat anti parasit harus tetap diberikan pada kucing usia tuasesuai jadwal. Rambut perlu disisir setiap hari untuk menstimulasi peredaran darah sehingga rambut tetap sehat. Kuku kucing usia tua akan cenderung pecah-pecah sehingga perlu di potong sebelum kuku memanjang.

#6 Menghindari Stress

Jangan biarkan kondisi stress memperburuk kesehatan. Stress dapat membuat kucing enggan untuk makan, beraktivitas, serta menurunkan sistem imun sehingga kesehatan menurun. Oleh karena itu kucing usia tuaperlu perhatian dari pemilik dengan mengajak bermain dan berinteraksi sehingga kucing tidak mengalami stress.

Memiliki kucing usia tuamemang membutuhkan perhatian ekstra, namun sangat membanggakan dan membahagiakan sebagai pemilik dapat memiliki kucing hingga berumur panjang. Hal ini menandakan Anda termasuk pemilik yang bertanggung jawab karena dapat dipercaya memiliki kucing dalam waktu yang lama. Selamat ! 🙂

*P.S Jika ada yang ingin ditanyakan/didiskusikan jangan sungkan bertanya melalui komentar di bawah ini ya.

Jangan lupa juga share artikel ini agar informasinya bisa bermanfaat bagi orang lain.

Regards
drh Puspasari Respatiningtyas