TANYA DOKTER HEWAN

Cara yang benar untuk membersihkan kotak pasir kucing

Cara yang benar untuk membersihkan kotak pasir kucing

Cara yang benar untuk membersihkan kotak pasir kucing

Kotak pasir yang bersih akan membuat nyaman kucing Anda dan membuat sehat rumah Anda. Namun banyak pula pemilik kucing yang enggan membersihkan kotak pasir karena kekhawatiran dengan adanya toksoplasma di feses kucing. Padahal jika tidak dibersihkan justru bisa berbahaya bagi kita. Cara membersihkan kotak pasir yang tepat dan menjaga kebersihan diri akan menghindarkan Anda dari ketakutan Anda.

Berikut cara yang benar untuk membersihkan kotak pasir kucing:

#1 Gunakan masker dan sarung tangan

Masker penting Anda gunakan saat menangani pasir di kotak pasir karena kemungkinan partikel pasir dapat masuk ke saluran pernafasan. Masker sangat penting terutama jika Anda menggunakan pasir dengan bahan silica karena seringnya terpapar silica dapat menyebabkan silikosis. Sarung tangan perlu Anda gunakan saat menangani feses agar tidak kontak langsung antara feses dan tangan anda.

Pasir Jenis SIlika

 

Berikut cara yang benar untuk membersihkan kotak pasir kucing

#2 Ambil kotoran kucing dengan sekop

Feses/poop/kotoran kucing yang terletak di kotak pasir dapat Anda sekop dengan menggunakan sekop khusus ataupun sekop ukuran kecil. Pasir yang basah pun dapat Anda sekop menggunakan sekop ini.

Simpan sekop di tempat yang tidak mudah terjangkau anak-anak.

Sekop Pasir Kucing

Baca juga : Pentingnya Mengenali Feses Anjing dan Kucing Anda

#3 Cuci pasir dan kotak pasir

Pasir zeolit dapat dicuci kembali dan dikeringkan. Jadwal mencuci pasir dan kotak pasir dapat dilakukan 1 atau 2 minggu sekali. Mencuci pasir dilakukan dengan memasukkan pasir kedalam air hangat kemudian dimasukkan sedikit sabun lalu direndam selama 30 menit. Disinfektan seperti karbol pun dapat digunakan untuk membersihkan pasir ini. Kemudian dibilas dengan bersih lalu dikeringkan dengan sinar matahari dan diangin-anginkan. Kotak pasir dapat dicuci dengan menggunakan air hangat lalu diberi sabun cuci, cuci hingga bersih kemudian dapat diberikan disinfektan seperti karbol atau klorin. Biarkan selama kurang lebih 30 menit lalu dibilas dengan bersih. Kotak pasir dijemur hingga benar-benar kering.

Silahkan dibaca ulang bagian ini ya, penting untuk diketahui 🙂

#4 Selalu cuci tangan

Cuci tangan dengan sabun merupakan kebiasaan baik yang penting. Setelah menangani feses dan kotak pasir Anda dapat mencuci tangan dengan sabun hingga bersih. Tidak ada salahnya pula menggunakan sabun yang mengandung antiseptic seperti “Dettol”, “sabun antiseptic betadine”, sabun “JF sulfur”.

Ingat, jangan sepelekan mencuci tangan setelah membersihkan kotak pasir Anda demi kesehatan.

Langkah mengisi kotak pasir

Kotak pasir yang telah dicuci dapat diisi kembali dengan pasir dan dapat digunakan dengan nyaman oleh kucing Anda. Berikut langkah mudah mengisi kotak pasir

  1. Pastikan kotak pasir dan pasir benar-benar kering
  2. Lapisan pertama mengunakan koran atau kertas sebagai penyerap agar pasir tetap kering
  3. Lapisan kedua menggunakan pasir (jenis pasir yang Anda pilih) kurang lebih ¼ kotak
  4. Lapisan ketiga (opsional) menggunakan karbon aktif atau baking soda sebagai penyerap bau
  5. Lapisan keempat menggunakan pasir sesuai yang Anda pilih isi sekitar ¾ kotak

Kotak pasir yang bersih dan tak berbau ini siap digunakan untuk kucing Anda. Kebersihan kotak pasir dan pasir perlu diperhatikan dengan baik agar kucing Anda merasa nyaman.

Kalau masih bingung, silahkan baca ulang ya. Kalau sudah baca lebih dari 3 kali dan masih bingung, silahkan tanyakan di kolom komentar 🙂

*P.S Jika ada yang ingin ditanyakan/didiskusikan jangan sungkan bertanya melalui komentar di bawah ini ya.
Jangan lupa juga share artikel ini agar informasinya bisa bermanfaat bagi orang lain.

Regards
drh Puspasari Respatiningtyas