TANYA DOKTER HEWAN

Cara Mengobati Ear Mite atau Tungau Telinga pada Kucing

Cara Mengobati Ear Mite atau Tungau Telinga pada Kucing

Ear mite atau Tungau telinga atau banyak juga petowner yang menyebutnya kutu telinga merupakan parasit yang sering dijumpai pada anjing maupun kucing. Spesies yang menginfeksi telinga yaitua Otodectes cynotis, sangat senang tinggal pada permukaan telinga, menggigiti telinga dan menyebabkan peradangan pada telinga.

Cara Mengobati Ear Mite atau Tungau Telinga pada Kucing

Berikut ciri-ciri jika anjing atau kucing terkena earmite

Jika Anda mendapati kucing atau anjing anda mengalami hal tersebut perlu diperiksakan ke dokter hewan. Dokter akan memeriksa kotoran telinga menggunakan mikroskop. Otodectes cynotis atau ear mite pun melakukan perkembang biakan di dalam telinga, sehingga saat memeriksa kotoran telinga tak jarang didapati telur dari ear mite.

Ear mite melakukan siklus hidup selama 3 sampai 4 minggu dan telur akan menetas setiap 3 sampai 5 hari. Pencegahan yang dapat Anda lakukan yaitu dengan membersihkan telinga kucing setiap 3 atau 4 hari sekali. Pembersihan dapat menggunakan minyak zaitun (olive oil), selain menyebabkan kematian tungau karena sesak nafas akibat minyak zaitun. Minyak zaitun pun sangat baik untuk mengurangi peradangan akibat infeksi tungau telinga.

Jika anjing atau kucing Anda positif terkena ear mite sesuai pemeriksaan dokter maka Anda perlu memberikan pengobatan topical atau dengan tetes telinga.

Langkah yang perlu dilakukan saat mengobati anjing dan kucing yang terkena tungau telinga :

Menjaga kebersihan telinga anjing dan kucing merupakan hal yang penting untuk mencegah terjadinya infeksi tungau telinga. Keep your pet healthy, healthy pet healthy life.

*P.S Jika ada yang ingin ditanyakan/didiskusikan jangan sungkan bertanya melalui komentar di bawah ini ya.
Jangan lupa juga share artikel ini agar informasinya bisa bermanfaat bagi orang lain.

Regards
drh Puspasari Respatiningtyas