TANYA DOKTER HEWAN

Cara Membuat Wetfood Kucing dengan Puding dan Ikan

Cara Membuat Wetfood Kucing dengan Puding dan Ikan

Pernah merasa kebingungan jika kucing dan anjing tidak nafsu makan?

Kucing dan anjing tidak nafsu makan penyebabnya memang beragam, salah satunya adalah bosan dengan makanan.

Bayangkan saja dalam waktu yang lama mnegonsumsi makanan yang sama Atau mungkin, usia anjing dan kucing sudah tua, jadi tidak bisa makan seperti biasanya, perlu makan makanan yang bau nya menyengat maupun makanan yang lebih lembut. Oleh karena nya terkadang perlu dilakukan variasi makanan untuk anjing dan kucing.

Baca juga : 7 Penyebab kucing tidak nafsu makan dan cara mengatasinya

 

Variasi makanan untuk anjing dan kucing dapat dilakukan dengan :

#1. Menambah makanan basah ke makanan kering

Cara ini biasanya tidak disukai kucing, karena kucing akan lebih senang memakan makanan basah sendiri atau makanan kering sendiri. Tapi, cara ini bisa dengan mudah dilakukan untuk anjing.

#2. Mencampurkan bahan makanan lain yang aman

Makanan anjing dan kucing yang dijual dipasaran memiliki komposisi yang telah diperhitungkan. Namun, tidak ada salah nya kita melakukan variasi makanan dengan menambahkan makanan lain disekitar kita. Tentunya yang aman untuk anjing dan kucing, seperti ikan, ayam, ati, dan beberapa sumber protein lain. Anjing bisa ditambahkan sumber karbohidrat lain seperti ubi, kentang, serta buah dan sayuran.

Baca juga: Siapa Bilang Anjing Tidak Makan Sayuran, 8 Jenis Sayuran Ini Ternyata Sangat Baik Bagi Anjing Anda

 

#3. Membuat makanan sendiri sebagai kudapan (snack),

Kucing cenderung tidak terlalu menyukai kudapan, tidak seperti anjing yang sangat senang diberikan imbalan berupa kudapan. Kudapan untuk anjing dapat dibuat dengan bahan yang ada seperti membuat frozen yoghurt dari pisang, strawberry, dan yoghurt. Atau mungkin membuat kudapan selai kacang (peanut butter) dicampurkan dengan pisang dan buah lainnya.

#4. Membuat wetfood kucing dengan puding dan ikan

Puding untuk anjing dan kucing berawal dari ide membuat tekstur makanan menyerupai makanan basah yang dijual di petshop. Hal ini bisa dengan mudah dibuat dengan perlengkapan dan bahan yang ada disekitar kita.

 

Resep untuk membuat puding yaitu :

Bahan :

Agar-agar plain warna putih

Ikan laut (bisa digantikan bahan lain, untuk anjing bisa ditambah sayuran dan buah)

Air (500 mL)

Cara Membuat Wetfood Kucing dengan Puding dan Ikan

Cara membuat :

  1. Bersihkan ikan
  2. Masukkan ikan ke dalam panci berisi air, lalu rebus selama kurang lebih 5 menit
  3. Angkat ikan dari panci, air rebusan jangan dibuang,
  4. Pisahkan duri ikan dengan dagingnya
  5. Haluskan daging ikan (tidak perlu terlalu halus)
  6. Air rebusan ikan, digunakan kembali untuk merebus agar-agar
  7. Rebus agar-agar hingga mendidih,lalu masukkan dalam cetakan
  8. Tunggu hingga agar-agar mengeras, lalu sajikan

Pengalaman saya memberikan pudding ikan membuat voodoo menjadi lebih lahap, fesesnya berbentuk lebih padat, serta feses tidak berbau. Saya sudah membuat video singkat untuk menjelaskan proses pembuatannya, silahkan klik dibawah ya.

salah satu cara buat bikin kucing kamu nafsu makan. kucing gak nafsu makan sebenarnya banyak penyebabnya, bisa bosan sama makanan, usia sudah tua, jd bau makanan nya harus yg menyengat, gak mau yang keras keras, pengen yg lembut2, atau memang dia lagi sakit jadi gak mau makan. terinspirasi dari azfar yang suka banget sama puding dan agar2 krn mmg lg belajar makan macem2. pengen banget bikin sesuatu supaya voodoo juga gak bosen sama dry food yg itu2 aja. terlebih voodoo juga udh gak muda lagi, giginya pada ompong. jadi udh males kalo makan yg bau nya g menyengat. akhirnya, kepikiran bikin puding ikan. pas lg belanja ada ikan kembung jadi ya dicoba aja. hihi pas udah bikin, dicobain ternyata voodoo suka, tp kurang suka sm tekstur agernya kayakny terlalu keras, jdinya kalo makan ada ager yg g kemakan. next time airnya ditambahin lagi. agar agar manfaatnya bagus juga buat kucing, selain bikin kenyang juga bagus untuk pencernaan nya krn seratnya yg tinggi. dan kadar air nya juga banyak kalau disajikan dalam bentuk agar2 atau puding. btw, puding ini pakai ikan, kalau mau coba tambahin tempe, ayam, ceker, boleh juga yg penting tulangnya lembut (bisa pakai presto) silahkan dicoba ya ! semoga suka 🙂 #dokterhewan #vet #anjing #kucing #kucinglucu #anjinglucu #pet #dog #cat #petstagram #kucingcomel #catlovers #doglovers #catpudding #fishpuding #pettips #diy #cattips #dogtips #indovidgram #dailyfluff

A video posted by tanyadokterhewan.com (@tanyadokterhewan) on

 

Variasi makanan ini bisa diberikan disela waktu makan, ataupun mencampurkan pada makanan utamanya. Variasi makanan ini karena menggunakan bahan yang bermacam-macam, perlu diperhatikan kebersihannya, keamanannnya, serta efek sampingnya. Sebaiknya, pemberian makanan tidak dilanjutkan jika mendapati anjing atau kucing menjadi mencret serta terlihat tidak menyukai variasi makanan yang diberikan.

 

Drh Puspasari Respatiningtyas.
https://tanyadokterhewan.com