7 Penyebab kucing tidak nafsu makan dan cara mengatasinya – TANYA DOKTER HEWAN
7 Penyebab kucing tidak nafsu makan dan cara mengatasinya

7 Penyebab kucing tidak nafsu makan dan cara mengatasinya



7 Penyebab kucing tidak nafsu makan dan cara mengatasinya

Kurang nafsu makan pada kucing atau anorexia pada anjing dan kucing sering dikeluhkan oleh owner kepada dokter hewan. Kondisi ini bukan merupakan suatu penyakit, namun menjadi efek dari adanya penyakit atau perubahan pola makan. Kurang nafsu makan  pada kucing ini pun akan disertai gejala klinis lainnya seperti demam, lesu, dehidrasi, muntah, dan gejala lain yang terlihat.

Berikut 7 Penyebab kucing tidak nafsu makan dan cara mengatasinya

#1 Sakit akibat infeksi

Infeksi pada anjing dan kucing bisa bervariasi diakibatkan oleh virus maupun bakteri. Salah satu tanda adanya infeksi adalah demam, kondisi tubuh yang lemah, gangguan pencernaan (muntah, diare), dan umumnya disertai dengan penurunan nafsu makan pada kucing.

Infeksi yang diakibatkan virus biasanya akan memperlihatkan penurunan nafsu makan pada kucing yang cepat karena infeksi nya yang cukup berat. Penurunan nafsu makan kucing pada kondisi infeksi bisa terjadi dua atau 3 hari, reaksi kucing atau anjing biasanya makan hanya sedikit atau tidak makan sama sekali.

#2 Gangguan daerah mulut dan gigi

Kucing dan anjing pun bisa mengalami sariawan, kondisi ini menyebabkan sakit saat akan mengambil makan sehingga menolak untuk makan atau makan hanya sedikit saja.

Infeksi atau radang pada daerah gusi dan gigi (periodontitis) menyebabkan juga kesakitan pada daerah gusi sehingga makan lebih sedikit. Infeksi gusi dan gigi ini ditandai dengan bau mulut dan air liur yang lebih banyak.

Terdapat makanan atau tulang yang terselip pada gigi. Ketika memberikan tulang atau ikan pada anjing dan kucing tak jarang mereka pun tersedak, dan mungkin juga melukai bagian gusi dan gigi. Hal ini dapat menyebabkan sakit pada gusi sehingga nafsu makan kucing menurun.

#3 Bosan dengan makanan

Hal ini sangat mungkin terjadi pada anjing dan kucing loh pet lovers! Bayangkan saja memakan makanan yang sama selama bertahun-tahun dan tanpa variasi. Tentu saja ada rasa jenuh pada anjing dan kucing kita. Biasanya rasa jenuh akan terlihat ketika dia mencium makanan dan akhirnya makanan dibiarkan begitu saja. Walaupun kucing tidak bisa merasakan rasa manis seperti anjing, tapi lidah nya pun sensitive terhadap rasa lainnya terutama makanan yang baunya kurang menyengat.

#4 Mengalami perpindahan

Perpindahan ataupun menitipkan anjing maupun kucing bisa menjadi salah satu penyebab kucing tidak nafsu makan. Kondisi ini biasanya menyebabkan anjing dan kucing stress dan perlu beradaptasi. Anjing dan kucing pun sangat sensitive terhadap perubahan, mereka memiliki feeling dan mood sama seperti kita.

7 Penyebab kucing tidak nafsu makan dan cara mengatasinya
7 Penyebab kucing tidak nafsu makan dan cara mengatasinya

#5 Usia tua

Pada usia tua atau senior tak jarang kucing menjadi kurang nafsu makan. Bisa disebabkan oleh gigi yang sudah mulai ompong, sakit saat berjalan, sakit saat menunduk mengambil makan, atau mungkin tidak selera makan. Hal ini disebabkan penciuman saat sudah tua tidak setajam usia muda, sehingga nafsu makan tidak terangsang oleh bau maknaan yang biasa saja.

#6 Gangguan pada saluran cerna

Gangguan pada saluran pencernaan seperti infeksi pada usus, lambung, serta hati dapat menyebabkan anjing atau kucing enggan menyentuh makanan. Kondisi ini karena adanya rasa sakit pada bagian perut. Biasanya disertai dengan muntah dan diare.

#7 Stress

Penyebabnya beragam bisa karena kondisi terlalu ramai, ada hewan baru dirumah, ada anjing atau kucing yang mengganggu, serta bisa juga stress karena ditinggalkan oleh pemiliknya. Anjing dan kucing memiliki perasaan yang sensitive, namun biasanya kucing lebih pandai menyembunyikannya. Stress yang berkepanjangan disertai dengan penurunan nafsu makan tentunya akan berbahaya bagi anjing dan kucing.

#8 Awal kehamilan dan akan melahirkan

Kehamilan bagi anjing dan kucing pun merupakan salah satu hal pemicu stress, tak jarang anjing dan kucing mengalami penurunan nafsu makan karena hormone yang berubah. Biasanya juga anjing dan kucing bisa mengalami muntah pada awal kehamilan karena hormone progesterone yang meningkat menyebabkan kondisi lambung lebih asam. Hal ini juga memicu penurunan nafsu makan pada anjing dan kucing. Akan melahirkan biasanya anjing dan kucing sudah gelisah dan tidak mau makan. Makanan yang dimakan pun biasanya akan dimuntahkan karena dorongan saat kontraksi.

Penyebab tidak mau makan atau penurunan nafsu makan pada kucing dan anjing ini memang beragam. Pengobatan dan penangannya tentunya berdasarkan pada penyebabnya. Dokter akan menanyakan pertanyaan seputar apa yang dimakan sebelumnya, bagaimana vaksinasi dan obat cacingnya, lalu pertanyaan lainnya yang mnejurus kepada diagnose dokter. Sebaiknya Anda memperhatikan betul pola makan anjing dan kucing Anda sehingga bisa mengetahui jika terdapat perubahan pada pola makannya.

 

Cara Mengatasi Kucing Tidak Mau Makan

Repot juga ya kalau anjing atau kucing tidak mau makan. Kadang sudah diberikan makanan yang biasa dia makan pun tidak dimakan. Penyebab tidak nafsu makan ini memang beragam, sehingga perlu diketahui penyebabnya lalu diberikan penangannya. Jika kondisi ini dibiarkan terus menerus tentunya akan berbahaya bagi kucing maupun anjing. Biasanya ada muntah warna kuning yang menandakan perut kosong sehingga asam lambung meningkat, ataupun bau mulut seperti bau aseton (pembersih cat kuku) sama seperti bau mulut kita yang sedang puasa karena adanya keton atau asam lemak akibat pembentukan energy cadangan.

Beberapa tips yang dapat dilakukan untuk mengatasi kucing yang tidak mau makan :

#1 Jangan pernah merubah tempat makan, posisi tempat makan, waktu makan

Anjing dan kucing biasanya sangat terbiasa dengan pola yang berulang. Perubahan sedikit saja dapat menyebabkan kucing kehilangan nafsu makannya, sehingga sebaiknya jika akan melakukan perubahan tidak drastic namun perlahan-lahan. Waktu makan yang regular atau tetap pun sebenarnya memudahkan pengaturan diet untuk anjing maupun kucing.

#2 Hangat kan makanan

Anjing dan kucing sangat sensitive dengan indra penciumannya sehingga akan lebih tertarik pada makanan dengan bau yang menyengat dan menggugah selera. Memberikan ayam atau ikan rebus ditambah dengan kaldu ayam yang telah dihangatkan bisa menggugah selera makannya. Namun, pastika saat akan disajikan suhu makanan sudah dingin. Teknik menhangatkan makanan ini pun baik untuk meningkatkan nafsu makan pada kucing anjing yang sudah tua.

#3 Buat variasi makanan

Memakan makanan yang sama setiap harinya tentu membuat bosan. Anda bisa menambahkan ikan rebus, daging cincang, sardine, jeroan ayam, jeroan sapi, apapun yang dapat dicampurkan dengan makanan yang biasa dia makan. Biasanya variasi makanan ini akan menambah nafsu makannya. Untuk anjing, menambahkan minyak zaitun ataupun sayuran bisa menjadi pilihan yang menyehatkan. Selain itu, memberikan snack dengan buah pun dapat meningkatkan nafsu makannya.

#4 Tambah protein maupun lemak

Cara ini sangat baik digunakan pada kucing, menambahkan makanan kucing dengan makanan lain yang tinggi protein seperti ikan rebus, makanan kitten, serta ikan kalengan dapat membuat nafsu makan kucing meningkat.

7 Penyebab kucing tidak nafsu makan dan cara mengatasinya
7 Penyebab kucing tidak nafsu makan dan cara mengatasinya

#5 Memberikan suplemen meningkatkan nafsu makan kucing

Sebenarnya suplemen untuk meningkatkan nafsu makan pada kucing ini bisa diberikan kapan saja, tidak hanya saat mengalami kondisi tidak nafsu makan. Biasanya suplemen mengandung banyak vitamin dan mineral yang sangat baik untuk menjaga kesehatan. Secara alami, dapat menggunakan temulawak atau kunyit, tidak hanya bisa meningkatkan nafsu makan pada manusia, namun bisa juga digunakan untuk meningkatkan nafsu makan pada anjing dan kucing.

Penurunan nafsu makan pada anjing dan kucing ini akan mempengaruhi pada kesehatannya di kemudian hari. Waktu yang berkepanjangan dapat menyebabkan penuruna berat badan, dehidrasi, bahkan kondisi kurus yang sulit untuk diperbaiki. Beberapa cara diatas dapat dilakukan untuk meningkatkan nafsu makan pada kucing, namun jika tidak mengalami perubahan segera bawa ke dokter hewan untuk menghindari kondisi yang lebih parah.

*P.S Jika merasa artikel ini bermanfaat, mohon di share di Facebook ya supaya lebih banyak orang yang bisa baca 🙂

Regards
drh Puspasari Respatiningtyas

 



Tulis Pertanyaan Dokter Hewan

204 comments

Dok, aku baru adop kucing dan selain itu pas kucing masih sama induk dan saudara nya kucing itu gemuk.. Pas aku adop malah makin kurus
Gimna cara mengatasi nya dok? Trimakasih

Mgkn krn stress, sebaiknya Ketika adopsi usianya ckup umur. Sering diajak main juga , tetap diberikan suplemen vitamin agar nafsu makan

selamat malam dok saya mau tanya kucing saya tidak nafsu makan dan minum suhu badannya pun anget itu kenapa ya dan cara mengobatinya bagaimana ya dok . terimakasih

Seperti yg sdh dijelaskan di artikel. Tdk nafsu makan slh satunya krn sakit. Sebaiknya segera periksakan ke dokter

Dok saya ingin tanya. Kenapa kucing saya tidak napsu makan minum dan badanya agak hangat ? Terus kucing saya jg sedang sakit mata, apa ada hubungannya sama dia yg tidak mau makan dan ?

Tentu Sgt berhubungan , sama seperti kita kalau sedang sakit, tidak enak badan, nafsu makan juga berkurang kan?

Dok, kucing saya kemarin diare parah, saya bawa ke vet dan diberi suntikan. Pulang dr vet dia sdh ceria lagi, tp pup nya masih seperti bubur, dan ada lendir nya. Dia juga mengenjan keras sampai berbunyi. Saya inisiatif kasih L*cto B, 2 hari kemudian dia jadi lemas dan tidak mau minum, makan dry food tdk mau, dia cuma mau makan wet food saja. 2 hari ini dia tidak pup dok, tapak kaki nya basah berkeringat dan dingin. saya takit dia konstipasi krna makannya lahap tapi sama sekali tidak pup. Kitten saya kenapa ya dok?

Kucing ku parah banget kurusnya setelah aku tau dari blog ini bermanfaat banget dan mudah difahamin makasi….!!!

Dokter kalau kucing ga nafsu makan boleh ga dikasih kuning telur + madu ?
Biasanya kucingku aku kasih itu agar mau makan atau disaat sdg demam.

Kucingku flu sama stress gara2 dari 4 sodaranya skrg dia tinggal sendiri, trs aku kan ngekos jadi ga di rumah. Seminggu setelah aku pergi, pas aku balik dia jadi kurus banget, masih bingung mau diapain. Ada saran?

sebaiknya tetap diajak bermain, diberikan makan makanan yg basah dulu sementara spy nafsu makannya menigkat, boleh diberikan suplemen spt nutriplusgel dll

brrt ad infeksi d kuping nya, untuk ini perlu disembuhkan dulu infeksinya. kalau infeksi sembuh nanti nafsu makan akan kembali lagi. segera periksakan ke dokter. infeksi di telinga bs jadi parah dan sgt sakit

Tolog info dok kucing q udh gak makan dua hri sama sekali gak mw makan . Padahal udh d suntik vaksin . Memang sih kta nya dokter dia setres … tapi tlg solusi nya untuk mengatasi nya

siang dok , sekitar 4 bulan lalu saya pindah dari semarang ke jakarta saya membawa 10 kucing saya, saat ini kucing saya tidak dikandang ,dilepas dalam 1 kamar dg berbagai mainan makanan minuman , untuk makanan saya tidak pernah monoton, selalu tiap hari diselingi raw food / wet food / susu kucing / biskuit kucing,beberapa hari sekali minum vitamin, selain makanan utamanya dry food. 9 kucing saya cukup gemuk2, namun ad 1 kucing yg tadiny dari semarang gemuk seiring berjalannya waktu stlh pindah makin hari makin kurus dan skrg menjadi kurus sekali. sudah saya konsultasikan dokter bisa stress karena pindah atau diabetes, bisakah dokter membuat artikel tentang diabetes pada kucing??. FYI kucing saya yg kurus makan normal.

Dok, kucing saya koq setelah dikasih minyak ikan malah ga doyan makan ya . Gmna caranya biar napsu makannya muncul lagi, sebaiknya diberi asupan apa ? Trims

Dok, saya punya 4 anak kucing, dua hilang, yang 2 lg sekarang diare dan gak mau makan shg sangat kurus. Bagaimana mrngobatidiarenya krn buntutnya sampai basah krn sering bab, jd kotor dan bau. Mohon infonya…

Dokter, kucing saya mengalami luka memar di bagian bawah hidungnya.. Saya tidak tau terkena apa karena pulang kerumah udah kondisi seperti itu.. dan di setengah kulit ditelapak kakinya mengelupas.. obat apa yg harus saya berikan dokter ? makasih

Mungkin bs krn berkelahi ya, kalau ad yg bengkak coba kompres dengan air hangat. Luka nya dibersihkan. Untuk mengatasi kulit kering bisa dioleskan minyak zaitun

Selamat sore dok. Sudah 2 hari ini kucing saya gak mau makan. Tidur terus selama 2 hari ini. Apa mungkin dok ada gangguan pada mulutnya? Tapi mulutnya gak mengeluarkan air liur berlebih. Kira2 kenapa ya dok?

Mungkin, sudah dibaca artikelnya? Diartikel dijelaskan beberapa penyebab nya, dan step2 menanganinya.

Dokter kucing saya yg bibir bawah hdungnya itu seperti luka basah dokter.. Lukanya seperti bonyok seperti itu .. Bukan luka bengkak. terus air ludahnya netes terus dokter. Maaf merepotkan dokter.. Tpi saya mohon petunjuknya dokter harus diobatin apa biar kering lukanya. Terima kasih dokter

Cb dilihat d mulutnya ad yg luka atau ad yg nyangkut mungkin, lukanya parah ga? Mgkn bs juga krn infeksi virus, tp kemungkinan infeksi lain atau krn luka juga mungkin. Sebaiknya diperiksakan ya. Soalnya sulit kalau tdk d periksakan dlu. Kalau mw nunjukin gambar boleh, tag ke ig @tanyadokterhewan aja ya

Dok, kucing ku beberapa hari lalu demam, kaki depan mendadak pincang dan matanya suka kluar air mata bahakan kadang sering.
sdh dibawa ke drh, demamnya turyn dan kaki depannya gak pincang lg. tp sdh mau 3 hari ini kucingku tiba2 gak mau makan sama sekali. knp yah dok??

Pincangnya sdh berapa hari? Biasanya di kandang atau dilepaskan ? Pernah jatuh? Terluka yg kira2 bisa menyebabkan pincang? Ada luka d kaki atau kuku ga? Cb dilihat diseluruh tubuhnya, sela2 kaki ad yg luka atau ga. Soalny kalo demam brrr ada infeksi, nah kalo demamnya udh turun tp masih pincang brrt perlu d cari penyebabnya, mgkn luka yg g keliatan

sehabis dari dokter hewan sudah gak pincang dok. demam jg udah turun tp jadi lesu lebih banyak tidur dan gak mau makan sama sekali selama 2 hari ini. terus jadi suka muntah warnanya putih. kucing saya terkadang di kandang, kadang di bebasin di dalem rumah

udah diliat g ada luka? jadi, kucingnya indoor? gak pernah keluar? usianya brp? udh pernah vaksin?

kucingnya indor, 5 bulan. kemarin mau di vaksin cm kata dokternya blom bisa karna lg demam saat itu.
nah sekarang kucing sy ini sdh ga demam, sdh ga pincang. sluruh badan di cek ga ada luka atau bengkak. cuma saat ini sdh 2 hari ini mendadak malas bermain dan ga mau makan sama sekali,
knapa ya Dok?

Sudah coba dilakukan step2 supaya nafsu makanna meningkat? Seperti menggunakan makanan yg mudah dicerna dan baunya menyengat? Kalau masih g mau makan juga perlu diperiksakan ya. Thx. Walau indoor sgt ad kemungkinan juga terkena virus, terutama jika musim hujan, kondisi tubuh mudaj drop

Dok.. saya mau tanya kucing saya umurnya sudah1,5 tahunan.. sekarang sedang sakit ga taubsebabnya apa. Makan gaamau samassekali sudah 1 hari. Karna dia laki pernah saya lepas lalu munhki berantem dan kupingnya luka..sudah saya bersikan dan sekarang dia lemas ga berdaya gitu. Solusinya apa ya doc?

telinganya masih luka ga? ada infeksi? udh coba dilakukan step2 yg dijelaskan di artikel? spt mwmberikan makanan yg baunya menyengat?

Dok, kucing saya sedang menyusui tp berat badan menurun drastis disertai dengan muntah dan diare, sudah dibawa ke dokter hewan dan 2 hari saya rawat jalan, namun belum ada perubahan, alhasil kucing saya masih muntah dan kurus kering, bagaimana ya dok? Tiap dikasih obat malah muntah terus, saya takut kehilangan kucing saya :'(

Makannya apa? Anaknya gimana? Kalau mmg tdk memungkinkan bs anaknya tdk perlu menyusu dulu, tp d bantu dgn susu khusus kucing.

Dok kucing saya 3 hari yang lalu pincang, dan diare.. dibawa ke drh pincangnya udah ilang tapi diare dan gak nafsu makan. Kucingnya kurus, tapi terlihat sehat dan energik suka main. Saya harus gimana yam

Dokter kucingku akhir akgir ini pasca melahirkan tidak nafsu makan?itu karna apa?apa karna bawaan setelah melahirkan apa sedang sakit?kucingku baru seminggu melahirkan

Permisi dokter.
Dok, saya mau tanya. Kucing saya dari kemarin nafsu makannya turun. Paginya sekitar jam 5 orang tua saya sempat kasih makanan kering ke kucing saya (rutin di lakukan). Nanti setelah saya bangun sekitar jam 7/8 saya kasih lagi makanan kaleng. Nah kemarin tumben sekali kucing saya gak menyentuh makanan yg saya kasih sampai sekarang. Sempet saya kasih vitamin catfortan dan susu kucing selang 2 jam diberikan vitamin dan saya suapin dia makan. Terus saya liat di tempat poopnya, kotoran yg di buang tidak sebanyak biasanya. Itu kenapa yah dok?

Pagi dok,kucing betina sy lagi hamil.tp pupnya kok jd lembek dan ada darahnya ya dok.itu kenapa??trs biar dia gemuk dan nutrisinya terpenuhi diganti hbs meo keproplan apa boleh dok?sy takut kucing sy tertular jantan yg baru sy beli jg eeg lembek berdarah.pdhl sblmnya pupnya bagus dok.makasih buat solusinya dok

Wajar kok, biasanya krn stress jd pupnya mencret. Baca ttg probiotik ya di ig @tanyadokterhewan . Kalau kucing hamil usia kebuntingan tua bagusnya di kasih makanan kitten, d campur. Mencret jg bs krn ad kucing baru, bs krn ganti pakan,

Dok, beberapa hari yang lalu kucing saya sakit . gejalanya sih seperti cacingan jadi saya berikan drontal cat . sekarang sudah sembuh, tetapi masih lemes dan tidak mau makan, saya sudah berusaha memberikan segala macam makanan kucing dari dry food hingga wetfood tapi hanya dijilat jilat saja. ingin rasanya saya memberikan obat curcuma plus dan minyak ikan ? tapi apa benar bisa meningkatkan nafsu makan kucing ? saya takut nanti kuci9ngnya malahan tambah sakit 🙁 🙁

Silahkan diberikan tdk masalah, itu hanya suplemen saja..mmg lebih baik diperiksakan ke dokter agar lbh tepat terapinta

Malam dok, kucing saya kemaren kelahi, kemudian setelah itu dy tidak mau di sentuh, awalnya dy mau makan tapi setelah 2 hari kemudian dy jadi malas makan dan minum hanya tidur dan menyendiri kemudian saya liat dekat tulang ekornya ada pembengkakan,saya bingung harus gimana dok dengan bengkaknya, dan apakah itu bisa sembuh sendiri atau gimana baiknya dok?

Tergantung keparahannya, apakah bengkak saja tanpa ada luka? Kalau bengkak aja bs d kompres air hangat, kalau ad luka perlu dibersihkan lukanya

Dok, kucing saya baru ketemu setelah kemarin hilang selama 2 minggu, kmrb masih mau makan dan minumnya banyak banget, hari ini dya ga mau makan, dan senengnya tidur dideket kamar mandi, saya mesti gimana ya dok?
Boleh minta saran

sudah dicoba step2 yg dilakukan di artikel? sudah baca ini ?www.tanyadokterhewan.com/2016/09/21/cara-membuat-wetfood-kucing-dengan-puding-dan-ikan/

dok mau tanya kucingku setelah melahirkan ko jd gk nafsu makan gmn ya,,, trs sehari stlh melahirkan kok mngeluarkan sedikit darah kental, bahaya gak ya dok? trmksh

Wajar kalau hbs melahirkan keluar darah. Untuk induk kucing asupannya harus banyak, dimanjain sementara gpp pakai makanan basah yg bagus, makanan basah kitten, atau dikasih ayam rebus, ikan. Krn dia butuh banyak energi untuk menyusui

Dok…..saya punya kucing tidak mau makan sama minum .saya kasih kuning telur sama minum susu .setelah makan saya beri minyak ikan gak papa ta dok….? Mohon di balas

Selamat malam dok. Salam sejahtera. Numpang tanya dok. Kitten saya umur 2,5 bulan krg lbh. Dob 17 agust 2016. Dia dr 4 bersaudara. Dia saya adobe dan pisah sama saudara2nya dok. Dia susah makan dan kalo pup dia cair seperti lumpur dok. Kira2 dia kenapa ya dok, apa setres krn tempat barunya atau gimana. Dan kalo di kasih obat nafsu makan itu apa nama obatnya dok. Dan cara ampuh mengatasi diarenya gimana ya dok. Sebelum dan sesudah saya ucpkan terima kasih.

Stress bisa, pernah dikasih obat cacing GA? Diare bs juga krn perubahan makanan, stress, infeksi. Bs dikasih curcuma plus untuk nafsu Makan nya. Cb dikasih probiotik udah? Infonya ada di Instagram @tanyadokterhewan

sore dok saya mau nanya saya baru beli kucing dan habis melahirkan apa itu mempengaruhi nafsu makannya do ? kucing saya makannya sedikit sedikit dok
terima kasih

Salam kenal Dokter, salam sejahtera.

Dokter, kucing saya habis melahirkan dua hari lalu. Kucing saya kog sering ngos ngos an kenapa yah Dok? Ngos ngis an sambil buka mulut gitu Dok.

Apakah normal Dok?

Kucing saya tetap mau makan banyak dan minum Dok.

Mohon dijawab yah Dokter. Terimakasih.

Skrg gimana kondisinya? Slma Hamil dikasih makanan APA induknya? Sbnrnya sih g normal y kondisi spt itu. Bs mengidikasikam ke kurang kalsium. Ada kejang GA?

Salam kenal dokter.. sebelum’ny terima kasih sdh mau menjawab email saya..
Dok saya mau nanya,, sy ada adopsi kucing persia mix lokal yang terkena sakit scabies.. setelah di suntik di vet kondisi kuping nya membaik.. tetapi kitten nya ini jadi ga mau makan dan muntah di sertai diare.. kira2 kenapa ya dok??
Thanks..

Dok, sy baru 2minggu ini adopt kucing betina mix persia anggora usia 9bln.. selama ini picky makannya… kmrn sy bawa utk grooming & ke dokter utk vaksin (pernah di vaksin saat usia 2bln).. akan tetapi drh nya menyarankan utk diberikan obat cacing duli nt seminggu kmdn di vaksin. Sehari stl itu kucingnya tdk mau makan & hny tidur melingkar sj di sudut ruangan.. knp ya dok jd tdk mau makan? Apa krn stress? Trm.ksh.

assalamualaikum

dok saya mau bertanya kucing saya ekornya luka cara mengobatinya gimana ya ? dan efeknya dia jadi cuma diam dan tidak nafsu makan baru tadi sore lukanya, gimana nimbulin nafsu makannya lagi dok? terimakasih

Dok kucing saya sedang hamil besar terus sekarang dia ga mau makan, pas pagi kucing saya dikasih duri ikan. Jd penyebab sebenarnya karena tersedak duri dia ga mau makan atau karena dia sedang hamil besar dan akan mendekati proses persalinan?

semua kondisinya sangat mungkin, tgl d observasi lagi gejala lainnya. kalau kesulitan bs konsultasikan dgn dokter hewan

Assalamu’alaikum dok, saya mau bertanya kenapa ya sudah dua hari kucing saya gak mau makan, minum pun tak mau, dan badan nya pun kaku, tolong saran nya dok. Terima Kasih

Dok, saya baru adopsi kucing Norway betina umur 5 bln, tapi sudah 2 hari susah makan dari hari pertama kepindahan. Apa masih perlu adaptasi lebih lama? Saya sudah kasih makanan basah untuk memancing nafsu makan, tetapi masih belum mau juga. Tolong saran lebihnya dok terimakasih.

kucing sgt rentan stress terutama klo br d adopsi. ada baiknya mmg jika lebih dr 2 haritdk mau makan sgr periksakan ke dokter

Assalammualaikum dok
Saya mau nanya kenapa kucing saya tidak mau makan 2 hari paling cuman minum 2 sampe 3 kali jilat aja trus lansung tidur lagi trus jalannya kaya lemas banget muka nya kayak pucat ya kayak orang sakit lah seperti biasanya, biasa nya kucing saya jalan jalan keliling komplek klo gk tiduran di depan teras rumah biasa nya klo mau makan saya panggil dia pun semagat lansung datang ke saya minta makan sekarang dia jadi lemas gk mau makan sama minum itu gimana dok ?

Dok, kucing saya udah 2 hari ini gak mau makan dan lesu. Udah di coba dipancing dengan makanan lembut dan berbau menyegat, serta udah dicoba menggunakan kuning telur. Tapi tetap tidak mau makan, serta saya mau tanya untuk temulawak dan kunyit nya diapakan yah dok agar bisa diberikan kepada kucing saya. Terima kasih banyak dok

sebaiknya segera bawa ke dokter saja. terutama jika sudah dua hari tdk nafsu makan. pemberian temulawak bisa dalam bentuk esktrak ataupun serbuk

Dok, kucing ku kaki nya lagi luka karna ke serempet motor, sudah dua hari ngak nafsu makan + minum, bahaya ngak buat dia? Ngak makan dan minum untuk beberapa hari? terus mau bawa ke dokter tp banyak kendala terus. Kira kira gimana ya ngatasin kucing ku ini? Soalnya dua hari ini juga dia sembunyi terus. Aku takut dia kenapa-kenapa nantinya.

bahaya terutama jika lebih dari 2 hari, selain bisa menyebabkan dehidrasi juga lama kelamaan bisa menyebabkan kondisi sakit terutama ada luka tentu persembuhhan akan lebih lama kalau tdk ad nutrisi yang masuk

Mau nanya ni Dok, kucing saya kalau saya liat” sudah terkena penyakit periodontal kira” sudah ada 4-5 hari, dari gejala dan ciri” nya sih sudah jelas penyakit tsb, jadi saya ini sekarang bingung mau mengobatin nya pakek apa,dia tidak mau makan, jadi saya hanya memberikan susu+madu+kuning telur lalu liur nya saya ilap hingga kering dan saya tidak tahu dokter hewan di daerah kota Medan ini, jadi saya minta tolong solusi nya dari Dokter, Terimakasih . . .

silahkan ke dokter ya, mohon melakukan browsing di google untuk mencari dokter hewan. atau bisa menghubungi dokter hewan di dinas peternakan

dok, saya kemaren baru adobsi kucing orang usia 1,5 bulan lebih. setelah saya bawa pulang dirumah sudah hampir dr jam 8 sore – 1 siang ini belum mau makan juga, hanya minum sedikit2. dan ini jg sdh beberapa kali muntah. apa yang harus saya lakukan agar kucing saya nafsu makannya naik lagi ya dok.

Permisi dok, mau nanya kucing yang lemes, gak mau makan, perutnya juga sangat kosong, kadang juga muter muter gak jelas, itu kenapa ya dok? Sebelum saya kasih kunyit, jantungnya berdetak kencang. Ini kucing saya dpt dipinggir jalan sudah lemas gitu, tapi dia gak muntah muntah, disuapi makanan juga dikeluakan lagi dari mulutnya. Maaf dok kalau ngerepotin

Selamat malam dok. Saya mau nanyak ini dok. Kucing saya belakang ini sering muntah” tidak nafsu makan. Trus udah 2 hari ini dia gak mau makan sama mnum. Dia dulu pernah sakit jadi makanan nya harus resep dokter. Cuma klo stok makanan habis ke dokternya pun gak ada stok di kasih yg lain sesuai dokter yg nyuruh kok gak mau makan ya dok? Awalnya makan trus muntah” gitu. Skrg apa aja dkasih pun dia gak mau makan? Gmna itu dok? Hrus gmna? Kasian takut knapa”. Kata dokter nya coba di suapin. Cuma klo uda disuapin gak mau makan juga. Gak mau di telan. Apa solusi nya dok

memang perlu kesabaran dan perhatian lebi untuk kondisi seperti ini. seperti yang sudah dijelaskan di artikel, bosan juga salah satu penyebabnya. silahkan ikuti step-step yang sudah dijelaskan di artikel ya terimakasi

Dok kucing saya dulu pernah sakit. Jdi makanan nya sesuai resep dokter kdang klo sudah habis stok nya drumah atau pun di dokter habis. Jdi makanan nya sering di ganti gitu kdang dokternya yg suruh. Cuma setiap dia makan muntah gitu. Skrg udah 2 hri gak mau makan sama mnum krna makanan nya bukan yg dri resep dokter. Jdi hrus gmna?

Dok kucing saya dulu pernah sakit. Jadi makanan nya harus sesuai resep dokter. Jdi klo stok makanan nya habis drumah di tempat dokter pun habis. Jdi dia dkasih makanan yg lain rasa nya. Tapi pertama mau makan dikit setelah itu muntah”. Trus sampek skrg kucing saya udah 2 hari gak makan sama mnum. Dia gak mau sama makanan nya. Itu hrus gmna ya dok?

Dok mau tanya kucing saya sdh 2 hari ini ga mau makan dan juga sering menetes kan air libur nya dok? Apa ya penyebab nya dok?

sudah dibaca artikelnya? kalau sakit tentu tdk nafsu makan, silahkan di cek ya apakah ada luka di mulutnya

Pagi dok, kucing saya berumur 6 bulan lebih.. udah sehari kemarin dia ga mau makan, kalo di lepas dr kandangnya dia overaktif terkadang mengeong menghampiri saya. Apa kucing saya lg birahi?? Apa ketika birahi kucing ga mau makan?? Tksh

ketika birahi, sangat mungkin juga tdk nafsu makan krn memang fokusnya ingin kawin. tapi saya sarankan usia 6 bulan tdk dikawinkan terlebih dahulu,

Jadi apa selama masa birahi kucing ga mau makan?? Ngomong2 kucing saya betina kira kira masa birahi berapa lama dok?? Maaf dok banyak tanya : ) Tksh.

Permisi dok saya mau tanya, kucing saya umur 5 bulan, anusnya merah terus kotorannya sering kececeran gitu bentuknya kaya bubur, warnanya pucat dok, tapi dia tetap ceria, makanya juga biasa, gimana cara berntiin pup nya yg suka kececeran ya dok?…
Terimakasih

dok kucing saya sakit sudah sempet di bawa ke dokter dan di kasih vitamin tapi saya lupa pemberian vitamin berapa kali jika kucing sedang sakit

dok, kenapa kucingku tiba² kehilangan nafsu makan,dan di perutnya seperti ada benda asing yang keras. gimana cara mengatasinya dok. terimakasih

Dok kucing diare boleh di kasih obat menara lima lima dan kucing sakit boleh dimandikan soalnya bau banget?

Dok aku punya kucing persia baru 2 bulan dy tdk mau makan ap2..sdah dikasih royal canin.. Whiskas..tidk mau.. Aku coba ksih ikan teri mentah..dy mau tp mencret…aku kasih hati ayam yg direbus jg mencret…gimna y dok kyax kucing aku tambah lemes???

Saya baru menemukan kucing di teras rumah sedang kedinginan
Esok harinya Kucing saya seharian tidak mau makan minum
minum dan sepertinya sedang birahi
Apa itu yg mempengaruhi??
Thx

penyebabnya bisa karena kedinginan, bs karena stress di tempat baru, bs juga krn birahi krn fokusnya dia mencari pasangan lebih utama saat birahi

Dok info dong kalo kucing saya gak mau makan dan mau muntah terus tapi muntahannya gak keluar” itu gimana cara ngobatinnya ya? Oh iya di mulutnya juga keluar liur dan mulutnya berbau dok

Permisi dok. Saya mau nanya kucing saya usia 4 bulan makannya sedikit banget sudah 2 hari ini tapi masih mau main dan tidak lemas. Sudah dikasih makanan lembut dari royal canin sampe whiskas junior tapi hanya diendus2 saja dan dijilat sedikit saja. Saya harus apa lagi ya dok? Mohon dijawab terimakasih

kalau lebih dari 2 hari sebaiknya diperiksakan ke dokter ya. tidak nafsu makan salah satu gejala kalau kucing sakit.

Dok..mau tanya…kmren saya nemu anak kucing umur 2-3 minggu an…dia sendiri di jalan…trs saya ambil…dia kan hnya minum susu…nahh kmren pas sya bawa ke dokter…di saranin untuk kasih susu merk nlm…tp saya tidak ktemu susu trsebut…kmudian saya baca artikel…kata nya bisa di kasih susu sgm llm+….krna low laktosal…pertnyaan nya dokk…bagus mana susu sgm llm+ dgn susu lac milk untuk anak kucing yg umur nya jalan 3 minggu an…trimakasih

Kalau sama2 non lactosa masih bisa diberikan ke kucing. Perlu dilihat juga reaksinya nya apakah mencret dan reaksi lainnya. Download juga ebook perawatan anak kucing nya ya : ebook

dok, mau tanya. kucing saya habis melahirkan 2,5 bulan yang lalu. dia makannya banyak tapi badannya tetap kurus, sekarang semakin kurus. itu kenapa ya dok? biasanya dia makan wishkas dari kecil. Dan tadi malam kucing saya jatoh dari lantai 2 rumah saya, jatuh nya langsung ke tanas pas hujan, saya mau nagkap tapi gabisa dok dia terlalu kurus. sekarang dia gabisa jalan dan berdiri.

Dok kucing saya sepertinya ada makanan kering nyangkut di gigi nya. Jadi kucing saya tidak mau makan . Gimana caranya biar makanan kering yang nyangkut di gigi hilang dan nafsu makannya kembali lagi? Trims

Cb d cek juga ada luka atau radang gak, paling baik mmg diperiksakan ke dokter spy sekalian d bersihkan juga.

dok ..kucing saya hilang selera makan ..skrg nie bdn dia jdi kurus sngt dn tidak bermaya …. saya pnggil dia pon dia dh tk pndg dh … kucing sya jgk tk nk brsuara … bulu dia pula bnyk yg gugur … bkn itu shja kucing saya juga tidak larat nak bersihkn diri dia sndiri .. tahi dia pon sering lekat kt bulu dia … dn akhir skli smnjk nie kucing saya juga sering muntah2 .. ap ptut saya buat doc ??

Kucing nya mybe not feeling well, krn sakit, bs juga ada bagian yang cedera. Ada baiknha sgra diperiksakan ke vet ya. Kelamaan bisa menyebabkan kucingnya dehydrated kalau terus muntah

Perlu dirangsang makanannya dgn yg basah, perlu dikasih makan yg terbaik, ikan rebus, ayam rebus. Jgn sampai gak makan lbh dr 2 hari

Kalau ad luka ataupun nyeri d daerah mulut sgt wajar sekali tdk nafsu makan, sebaiknya segera periksakan ke dokter y

Dok, mau tanya kucing saya jantan dua hari ini muntah, nafsu makannya gak ada.. Cuman tidur atau berdiam diri… Minum masih mau

Bagaimana ya dok?

Hallo dok, kucing saya sedikit makan tapi banyak minum
Kita kasih makan pasti di makan sedikit kemudian di tinggal

Saya pemilik barunya sih, apa dia stress atau gimana ya?

pagi dok saya mau tanya, kucing saya sudah 2 hari ngak mau makan dan ngeong cuma tidur terus.tapi dia tidak muntah atau mencret.sudah saya kasih vitamin dan penafsu makan tapi tetap sama.kenapa ya dok?tempat saya tinggal sngat jauh dari dokter hewan,solusinya gimana ya dok?

Pagi dok..
Saya mau tanya, saya baru adopt kucing persia umur 5bulan….
2 hari ini kok nafsu makan nya berkurang ya dok..
Cuma di waktu pagi dia mau makan,
nah seterusnya nya sampe malem dia malah ngga mau makan…
Ini di sebabkan oleh stress atau sakit ya dok?
Oh ia klo minum dia normal.

Pagi dok.. Kucing saya sdh 3 mingguan kurang slera makan. Biasanya hanya selera makan d pagi hari. Klo Siang atau malam, susah makan, dan sering mual mau muntah, tp tdk memuntahkan apa2. Meow jg jdi pemurung dan ga mau bermain. Selain itu, setiap kali dielus, dan meow coba bunyi fur, biasanya si meow lngsung batuk kyk mau muntah. Kira2 itu gejala apa ya dok? Apakah kucing sakit atau gejala stress. Soalx d rmh ada kucing baru. Dan dia sakit2an sejak kucing baru itu datang.

stress bisa juga, apakah sudah di vaksin kucingnya? kucing baru nya sudah vaksin juga? penularan penyakit bisa rentan terjadi antara kucing

stress bisa juga, apakah sudah di vaksin kucingnya? kucing baru nya sudah vaksin juga? penularan penyakit bisa rentan terjadi antara kucing …

Dok Sanya mau tanya,3 hari yg lalu saya Nemu anak kucing,kaki blakangnya pincang(dibagian sendinya antara paha dan pinggul),saya pegang ga da pembengkakan,kira gimana ngobatinnya,karena kucingnya ga begitu mau makan,makanya cuma sedikit.

Dok saya ingin tanya. Kenapa kucing saya tidak napsu makan minum dan badanya agak hangat ? Terus kucing saya jg sedang sakit mata, apa ada hubungannya sama dia yg tdk mau makan dan minum. Kucing saya juga lemas sekali, baiknya bagaimana ya?

tp anak nya sudah umur 1 bulan, indukan nya kurang nafsu makan, makan sedikit terus muntah…tolong solusi nya dok?

Selamat siang dokter
Kucing saya jantan usia 2,5 thn. 3 hari ini sakit & tidak mau makan, hidungnya keluar ingus kental
Saya periksa badannya tidak demam walaupun sangat lemas tapi kalau pup n pip kucing saya masih pup di wc( karna terbiasa pup n pip di wc), n dari pip nya saya liat berwarna hitam n pupnya tetap padat, saya berikan obat DOXYCAT blm ada perubahan n untuk asupan ke tubuhnya saya berikan madu korma plus air yg saya spet menggunakan suntikan ke mulutnya
Saya coba suapin makanan wetfood i/d tapi dia nolak
Pertanyaan saya Dok sakit apa kucing saya n bagaimana penanganan yang baik, untuk wetfood i/d kira2 tahan berapa lama ketika tutupnya sudah dibuka
Terima kasih Dokter

Dok saya mau tanya. Kucing saya udah 3 hari nafsu makannya hilang, dia cuman tidur seharian, badannya jadi kurus, pupnya mencret terus mirip lendir gitu, saking seringnya dia pup ekornya jadi basah dan bau, dia juga sering bersin.
Saya kasih wetfood engga di makan, saya kasih kuning telur juga engga di makan, saya kasih susu kucing engga di minum.
Saya harus gimana yah? Badannya jadi lemes banget soalnya.

Dok sya mau nanya kucing saya jantan usia 1thn di hidung y trus berairkeluar air nafasnya juga sesak semacam flu ,penyakitnya apa yh dok ,trus obat yg cocok apa dok?

Dok,mau tanya,kucing saya udah lama ni gamau makan,sampe yg dari pertama belinya gemuk dn skrg sampe kurus,itu kenapa ya? Padahal wktu itu sudah diberikan variasi makanan seperti daging ikan tuna asli,tapi sm kucingnya itu gamau dimakan,itu kenapa ya dok?

Spt yg sdh dijelaskan di artikel. Penyebabnya kn banyak. Sebaiknya sgr periksakan ke dokter, jgn dibiarkan kasian sekali kucingnya.

Dok mau nanya, kucing saya udah sekitar 3 hari nggk mau makan masih kecil umur 2bln pup nya kayak ada darahnya gitu dok trus badanya kurus, dingin agak kaku juga dok itu kenapa ya dok mohon sarannya terimakasih

Segera periksakan ke dokter ya, terutama kitten sgt rentan sekali dengan dehidrasi. Dehidrasi bs berakibat fatal untuk kitten

Dok saya mau nanya, kucing saya baru berumur 1,5bln sekarang dia nggk mau makan udh sekitar 3 hari dok trus badannya tu dingin dan agak kaku dok klo bab rada encer dan kayak ada darahnya gitu dok mohon sarannya

segera ke dokter ya, terutama kitten sangat rentan dgn dehidrasi bs menyebabkan kondisi yang fatal

Dok saya abis adopsi kucing usia 3bln dia engga mau makan padahal makanan nya saya beliin sma kaya yg di tmpt saya adopsi, mau makan ikan pindang tp pup nya encer itu kenapa ya dok, obat nya apa??

Biasanya krn masih penyesuaian jadi masih tdk nafsu makan, mencret krn ganti pakan dan tempat baru sgt mungkin terjadi. Silahkan baca disini ya : kucing diare

Jika mencretnya berlanjut sebaiknya segera periksakan ke dokter

Dear Drh.Pusparani,
Saya Azizah,. Terima kasih untuk artikel yang sudah diberikan disini. Ada hal yg mau saya tanyakan, Syam (persian, 2y) cuma mau wetfood dan tiduran terus untuk seminggu ini. Lebih sering kentut juga, tp poop nya tidak bermasalah sih. Gimana ya biar Syam mau makan dryfood lg? Sblmnya cukup aktif juga. Terima kasih, dok 🙂

Bisa coba dicampurkan perlahan lahan ya, kalau saya pribadi tidak masalah jika kucing ingin makan yang basah terus, alternatif lainnya bisa juga membuat puding ikan sbg campuran dry food.

Cek disini ya : puding ikan

Untuk selanjut nya tanya jawab bisa dilakukan disini.
Hi, saat ini kami memiliki fitur baru halaman tanya jawab agar lebih mudah menjawabnya dibandingkan di komentar. Silahkan tulis pertanyaan anda di (Konsultasi Dokter Hewan Online) https://tanyadokterhewan.com/tanya-dokter-hewan-online/

Dok saya mau tanya .
saat induk sedang menyusui boleh tidak dikasih minum obat cacingan . Soalnya induknya cacingan . Kalau tidak di kasih minum anak yg menyusui juga ikut cacingan dan bisa muntah muntah keluar cacing .

boleh, jika anaknya sudah berusia 6 minggu sebaiknya anaknya diberikan obat cacing juga. tentu pemberiannya sebaiknya dikonsultasikand dengan dokter terlebih dahulu

Untuk selanjut nya tanya jawab bisa dilakukan disini.
Hi, saat ini kami memiliki fitur baru halaman tanya jawab agar lebih mudah menjawabnya dibandingkan di komentar. Silahkan tulis pertanyaan anda di (Konsultasi Dokter Hewan Online) https://tanyadokterhewan.com/tanya-dokter-hewan-online/

Dok, kucing saya mengeong terus,dan suaranya itu seperti sedang sakit, belakangan ini dia seperti susah buang air besar dok, lalu saya pernah melihat pas dia ingin buang air besar dan tidak keluar dok, lalu saya seperti melihat ada sedikit darah di tanah dok,kenapa ya?

sebaiknya periksakan ke dokter ya, terutama jika melihat kucing beberapa hari tidak pup disertai rasa sakit saat pup. kucing juga bisa mengalami konstipasi atau sembelit sama seperti manusia, penyebabnya bisa karena asupan cairan yang kurang maupun adanya gangguan di saluran cerna nya.

Dok kucing saya biasa nya aktif tiba tiba sekarang jd pendiam .. Nafsu makan phun turun drastis.. pdhl saya selalu belikan makanan kesukaan nya pindang sama ayam.. tapi si kucing cuma mengendus makanan nya aja, kalo minum sih masih suka minum yg gk selera makan nya obat nya apa dok

Dok mau tanya
Kucing saya baru sembuh dari sakitnya, tapi sekarang dia ga mau makan Dok, nafsu makan nya hilang gituh. Sampe2 harus di paksa di suapin, solusi nya apa yah dok???

sebaiknya jika 2 hari tidak nafsu makan, segera periksakan ke dokter ya, bisa dicoba cara yang terdapat di artikel.

untuk selanjutnya tanya jawab dilakukan disini ya
Hi, saat ini kami memiliki fitur baru halaman tanya jawab agar lebih mudah menjawabnya dibandingkan di komentar. Silahkan tulis pertanyaan anda di Konsultasi Dokter Hewan Online

Slamat malam dok,
Aku mau tanya kmrin kan kucingku aku kasih obat cacing, trus besoknya gak mau makan sama skali , lemas, terus kaya batuk batuk gitu kenapa ya dok? Lalu bagaimana penanganannya? Saya kasih minyak ikan sama kuning telur gpapa kan dok?

apakah batuk nya ada cacing nya? biasanya pemebrian obat cacing tidak berefek selama hewannya tidak dalam kondisi hamil, kalau hamil perlu deprhatikan pemberian obat cacing nya.

minyak ikan maupun kuning telur tidak masalah diberikan.

untuk selanjutnya tanya jawab dilakukan disini ya
Hi, saat ini kami memiliki fitur baru halaman tanya jawab agar lebih mudah menjawabnya dibandingkan di komentar. Silahkan tulis pertanyaan anda di Konsultasi Dokter Hewan Online

Kucing saya suka nangkap kecoa dan cicak terus dimakan sama dia, beberapa hari ini dia gak mau makan, solusinya gimana yaa?

kemungkinan yang terjadi bisa karena ada kontaminasi bakteri ya yang menyebabkan gangguan saluran cerna. apakah sudah dicoba langkah sesuai dengan yang diartikel? jika sudah dlakukan dan tetap tidak nafsu makan segera periksakan ke dokter ya.

untuk selanjutnya tanya jawab dilakukan disini ya
Hi, saat ini kami memiliki fitur baru halaman tanya jawab agar lebih mudah menjawabnya dibandingkan di komentar. Silahkan tulis pertanyaan anda di Konsultasi Dokter Hewan Online

Dok kucing saya sedang dikawin kan tp sudah 4 bulan blm kawin juga, si betina malah jd galak solusinya apa dok?

birahi mungkin ya, kalau kucing tidak kawin perhatikan apakah ada tanda-tanda hamil atau tidak, jka tidak ada tanda-tanda hamil sebaiknya konsultasikan ke dokter untuk tau kemungkinan ada gangguan di organ reproduksinya atau tidak.

Untuk selanjutnya, tanya jawab bisa dilakukan disini :
Konsultasi dokter hewan online

dok kucing sya tiba2 hilang nafsu makan badannya agak demam hidungnya juga berair seperti flu..dia juga jadi tidak seaktif biasanya belum buang air besar juga ..harus gimana ya dok?
tapi dia ga muntah kmren saat masih pup..pupnya tidak mencret normal saja

kucing sakit tidak perlu disrtai dnegan muntah, bisa juga jika flu atau ada infeksi di saluran nafas menyebabkan tidak nyaman dan tidak nafsu makan, sama juga seperti kta kalau sakit tentu gak mau makan ya.

untuk selanjutnya, tanya jawab bisa dilakukan disini :
Konsultasi dokter hewan online

Dok saya mau tanya,kucing saya pilek terus idungnya ada darah,tidak nafsu makan dan minum,lemas. Gejala apa ya dok?apakah berbahaya?

sebaiknya dikonsultasikan ke dokter ya,penurunan nafsu makan merupakan gejala umum kalau kucing sedang sakit, penyebabnya bisa macam-macam, bisa jadi bahaya kalau tdk segera diperiksakan ke dokter.

untuk selanjutnya, tanya jawab maupun diskusi bisa juga dilakukan disini : tanya jawab dokter hewan

Dok, kucing saya baru melahirkan. Sepertinya keguguran (anaknya gak ada). Setelah itu dia gak makan selama 3 hari ini, badannya makin kurus & lemas. Dia cuma mau minum dan itu jg jarang. Kira2 kena penyakit apa ya? Ada saran dok?

sebaiknya segera di cek ke dokter ya, dikhawatirkan ada infeksi lanjutan, terutama kalau sudah tidak mau makan lebih dr 2 hari, cukup berbahaya kalau dibiarkan.

untuk selanjutnya, tanya jawab maupun diskusi bisa juga dilakukan disini : tanya jawab dokter hewan

Assalamualaikum
Dok, sya mau mnta solusinya buat kucing sya, hari ini kucing sya susah makan terus badannya anget dan detak di perutnya lmyan kenceng, sya harus gmna dok? Sya takut trjd apa² sm kucing sya.

Leave a Reply

*