TANYA DOKTER HEWAN

6 Kondisi Darurat pada Anjing dan Kucing serta Cara Menanganinya

5 Hal Penting yang Harus dilakukan Saat Memelihara Kucing dan Anjing.

6 Kondisi Darurat pada Anjing dan Kucing serta Cara Menanganinya.

Kondisi darurat pada anjing dan kucing Anda dapat terjadi kapan saja kunci utama dan terpenting adalah membuat diri anda setenang mungkin serta tidak panik. Kondisi panic akan membuat Anda merasa kesulitan serta hewan Anda akan ketakutan sehingga anda harus tenang. Menggunakan Alat pengandali (restrain) untuk hewan kesayangan Anda sangat penting karena akan memudahkan Anda saat melakukan pemeriksaan serta membuat Anda lebih aman. Berikut 6 Kondisi Darurat pada Anjing dan Kucing serta Cara Menanganinya:

#1 Luka tergores dan terbuka

Luka tergores maupun luka yang terbuka dapat dibersihkan dengan menggunakan cairan saline steril terlebih dahulu kemudian selanjutnya menggunakan antiseptik. Jika terdapat pendarahan yang tidak berhenti maka perlu dibalut sembari ditekan. Luka terbuka yang membutuhkan penjahitan perlu dibawa ke dokter hewan setelah dibersihkan dan diberi balutan.

#2 Luka Lebam

Luka dalam yang memperlihatkan lebam namun saat dipegang mengalami respon sakit perlu diperiksa lebih lanjut di dokter hewan dengan menggunakan diagnose penunjang seperti ronsen dan usg.

#3 Penonjolan pada Mata

Kecelakaan yang menimbulkan penonjolan pada bola mata perlu segera dibawa ke dokter hewan untuk reposisi. Penanganan yang pertama dapat dilakukan yaitu menempelkan kasa steri yang telah dibasahi cairan saline untuk membersihkan luka dan menghindarkan dari kondisi kekeringan.

#4 Patah Tulang

Patah tulang yang terjadi pada hewan Anda dan jelas terlihat perlu segera Anda bawa ke dokter hewan. Penanganan pertama yang dapat dilakukan yaitu membawa hewan Anda dengan aman menggunakan kain yang berfungsi sebagai tandu untuk hewan Anda.

#5 Tersedak Benda Asing

Tersedak benda asing seperti batu, tulang, maupun kayu dapat membahayakan hewan Anda. Hal penting yang harus dilakukan yaitu memastikan hewan memuntahkannya, kita perlu membuka mulut anjing atau kucing Anda. Jika terjangkau Anda dapat mengambilnya secara hati-hati dengan pinset. Namun jika Anda kesulitan maka segera bawa hewan Anda ke dokter hewan. Teknik lain yang dapat digunakan yaitu pada Anjing besar menggunakan teknik Heimlich yaitu dengan meletakkan tangan Anda pada perut tepat dibelakang tulang rusuk terakhir dengan posisi Anjing Anda berdiri. Kemudian tangan Anda dikepalkan dengan ibu jari ke arah atas dan menekan ke dinding perut. Langkah ini dapat anda ulangi beberapa kali hingga benda asing keluar. Namun jika tidak ada perubahan segera bawa hewan Anda ke dokter hewan.

Kondisi darurat pada anjing dan kucing

#6 Kejang

Kejang atau seizure mungkin terjadi pada hewan kesayangan Anda. Langkah pertama yang dapat Anda lakukan adalah memegangi kepala hewan Anda untuk menghindari benturan pada permukaan yang kasar. Tidak memasukkan benda apapun kedalam mulut karena akan memperparah kondisi. Hewan Anda lama kelamaan akan tenang setelah tenang di bawa ke dokter hewan untuk dilakukan observasi.

Dengarkan juga soundcloud jawaban : Tips Merawat Kucing Atau Anjing Di Musim Hujan

*P.S Jika ada yang ingin ditanyakan/didiskusikan jangan sungkan bertanya melalui komentar di bawah ini ya.
Jangan lupa juga share artikel ini agar informasinya bisa bermanfaat bagi orang lain.

Regards
drh Puspasari Respatiningtyas