6 Kondisi Darurat pada Anjing dan Kucing serta Cara Menanganinya – TANYA DOKTER HEWAN
5 Hal Penting yang Harus dilakukan Saat Memelihara Kucing dan Anjing.

6 Kondisi Darurat pada Anjing dan Kucing serta Cara Menanganinya

6 Kondisi Darurat pada Anjing dan Kucing serta Cara Menanganinya.

Kondisi darurat pada anjing dan kucing Anda dapat terjadi kapan saja kunci utama dan terpenting adalah membuat diri anda setenang mungkin serta tidak panik. Kondisi panic akan membuat Anda merasa kesulitan serta hewan Anda akan ketakutan sehingga anda harus tenang. Menggunakan Alat pengandali (restrain) untuk hewan kesayangan Anda sangat penting karena akan memudahkan Anda saat melakukan pemeriksaan serta membuat Anda lebih aman. Berikut 6 Kondisi Darurat pada Anjing dan Kucing serta Cara Menanganinya:

#1 Luka tergores dan terbuka

Luka tergores maupun luka yang terbuka dapat dibersihkan dengan menggunakan cairan saline steril terlebih dahulu kemudian selanjutnya menggunakan antiseptik. Jika terdapat pendarahan yang tidak berhenti maka perlu dibalut sembari ditekan. Luka terbuka yang membutuhkan penjahitan perlu dibawa ke dokter hewan setelah dibersihkan dan diberi balutan.

#2 Luka Lebam

Luka dalam yang memperlihatkan lebam namun saat dipegang mengalami respon sakit perlu diperiksa lebih lanjut di dokter hewan dengan menggunakan diagnose penunjang seperti ronsen dan usg.

#3 Penonjolan pada Mata

Kecelakaan yang menimbulkan penonjolan pada bola mata perlu segera dibawa ke dokter hewan untuk reposisi. Penanganan yang pertama dapat dilakukan yaitu menempelkan kasa steri yang telah dibasahi cairan saline untuk membersihkan luka dan menghindarkan dari kondisi kekeringan.

#4 Patah Tulang

Patah tulang yang terjadi pada hewan Anda dan jelas terlihat perlu segera Anda bawa ke dokter hewan. Penanganan pertama yang dapat dilakukan yaitu membawa hewan Anda dengan aman menggunakan kain yang berfungsi sebagai tandu untuk hewan Anda.

#5 Tersedak Benda Asing

Tersedak benda asing seperti batu, tulang, maupun kayu dapat membahayakan hewan Anda. Hal penting yang harus dilakukan yaitu memastikan hewan memuntahkannya, kita perlu membuka mulut anjing atau kucing Anda. Jika terjangkau Anda dapat mengambilnya secara hati-hati dengan pinset. Namun jika Anda kesulitan maka segera bawa hewan Anda ke dokter hewan. Teknik lain yang dapat digunakan yaitu pada Anjing besar menggunakan teknik Heimlich yaitu dengan meletakkan tangan Anda pada perut tepat dibelakang tulang rusuk terakhir dengan posisi Anjing Anda berdiri. Kemudian tangan Anda dikepalkan dengan ibu jari ke arah atas dan menekan ke dinding perut. Langkah ini dapat anda ulangi beberapa kali hingga benda asing keluar. Namun jika tidak ada perubahan segera bawa hewan Anda ke dokter hewan.

Kondisi darurat pada anjing dan kucing
Kondisi darurat pada anjing dan kucing

#6 Kejang

Kejang atau seizure mungkin terjadi pada hewan kesayangan Anda. Langkah pertama yang dapat Anda lakukan adalah memegangi kepala hewan Anda untuk menghindari benturan pada permukaan yang kasar. Tidak memasukkan benda apapun kedalam mulut karena akan memperparah kondisi. Hewan Anda lama kelamaan akan tenang setelah tenang di bawa ke dokter hewan untuk dilakukan observasi.

Dengarkan juga soundcloud jawaban : Tips Merawat Kucing Atau Anjing Di Musim Hujan

*P.S Jika ada yang ingin ditanyakan/didiskusikan jangan sungkan bertanya melalui komentar di bawah ini ya.
Jangan lupa juga share artikel ini agar informasinya bisa bermanfaat bagi orang lain.

Regards
drh Puspasari Respatiningtyas

23 comments

Selamat sore dok, kucing saya awalnya pupnya ada cacingnya. sdh di obati kombantrin. tapi setelah itu sakit flu dan matanya belekan. Sy obati pimtracol + vitamin, perutnya sy kasih minyak putih. trus berhari2 ndak pulang. Setelah seminggu pulang kondisinya lebih parah. Matanya kuning dan lebih lebar, telingganya juga kuning. pingginnya makan tapi klu dikasih makanan ndak bisa makan. cara penanganannya gimana dok ? sebenarnya kucing saya sakit apa ya dok ? Mohon bantuannya, Terima kasih

Kalau terlihat mata kuning dan daerah telinga kuning juga diamati gusi kuning atau tidak . kalau gusi juga kuning berarti telah mengalami infeksi hati. Primtakol itu mengandung parasetamol yang beracun untuk kucing, kemungkinan kerusakan hatinya berasal dari sana. Atau mungkin ada infeksi lainnya.

Dok , gini anjing saya ketimpa papan , tiba” mata merem satu , saya liat matanya merah gk bsa kebuka , gmna ya cara nanganinnya ? Saya takut gmna” tolong batuannya.. Trma kasih.

Dok, saya mau tanya
kalo hidung anjing yang terluka karna ketusuk lidi, dan terus terjadi pendarahan pada hidung bagian dlm nya, itu bagaimana cara penanganan nya ya dok?

halo terimakasih sudah bertanya, mohon maaf baru merespon. saya sering melakukan komunikasi via instagram dan [email protected], untuk fast response silahkan hubungi channel tersebut ya.

penanganan pertama kondisi luka dibiarkan darah mengalir dahulu. ketika darah sudah berhenti maka dilakukan kompres menggunakan es. karena jika darah yang didalam tidak keluar dengan sempurna dikhawatirkan akan menyumbat. terimakasih.

Dok, kucing saya tersedak tulang kalau di suruh makan es batu biar terdorong ,kalau nyangkut kan es batunya bisa encer bagaimana dok?

dok kucing saya tdk nafsu makan, tdk mau minum susu dan air putih sekalipun. dia lemas dan selalu tidur di setiap saat, dia sempat tidak membuka mata selama 1 jam dan hanya memberikan gerakan bernafas pda tubuhnya. apa yang terjadi pada kucing saya dok? tolong diberikan solusi terbaik agar kucing saya kembali pulih seperti sedia kala

Dok, kucing saya baru berusia 4 minggu. Kakina seperti patah hari ini. Kondisi tidak napsu makan dan minum sangat sedikit. Jika saya tersenggol sedikit langsung mengeong kesakitan. Untuk biaya pemeriksaan ke dokter kira2 berapa dan tindakan apa yang mesti saya lakukan sekarang. Thanks

Untuk kasus kaki patah perlu dilakukan x ray atau ronsen biasanya sekitr 150.000, tp mgkn juga berbeda setiap klinik, belum dengan biaya pemeriksaan lainny, tindakan dr dokter dan operasi jk mmg dibutuhkan

Dok saya mau tanya. Awalnya itu kepala kucing saya ada benjolan lunak. Lama-lama kempes sedikit karena di garuk. Dan sekarang robek nya besar. Antara kulit kepala sama telinga. Dan juga ada cairan-cairannya. Bagaimana tanggapan anda? Apa dibawa kedokter hewan?

pemeriksaan ke dokter perlu tetap dilakukan, jika dibiarkan dikhawatirkan luka akan infeksi, atau bisa saja karena luka yang lebar, perlu dilakukan operasi oleh dokter

Dok..anjing Saya sering batuk2. Trus mengeluarkan lendir,.Dan sampai gak bisa menggonggong, setiap dia mau mengera Dia batuk2 sampe muntah lendir,.Saya khawatir Ada inveksi tenggorokan atau radang tenggorokan,.mohon sarannya dok,.

Kemungkinan infeksi tenggorokan maupun adanya radang bs juga, selain itu batuk juga bs jadi salah satu ciri gangguan organ lain salah satunya jantung. Sebaiknya konsultasikan ke dokter untuk mendapatkan pemeriksaan dan penanganaa yg sesuai. Krn kalau sampai batuk berlendir dan tdk diobati bs menyebabkan anjing tdk nyaman, nafsu makan juga bs menurun.

Slmt sore dok. Anak anjing saya sprtinya ada nyangkut duri ikan di tenggorokannya, dia berusaha utk muntah mgkn spy duri ikannya kluar tapi tidak bisa. Apa yg harus saya lakukan dok? Terimakasih.

Bisa d cek dengan dilihat langsung di dalam mulutnya, perlu hati2 saat membuka mulut anjing. Krn sulit kalau tdk dilakukan langsung.

Malam dok, anjing saya makan tulang iga dan saya khawatir melukai usus dam mengganggu pencernaan, biasa makan dog food kering dan basah, sebaiknya saya kasih obat apa ya?

Perlu dicek gejala lain spt adanya muntah, kotoran berdarah (kalau mmg ada usus terluka). Selama tdk ada gejala tsb, maka seharusnya semua normal.

Leave a Reply

*