SYARAT DAN KETENTUAN  – TANYA DOKTER HEWAN

Syarat dan Ketentuan 
1. TENTANG TANYADOKTERHEWAN

Website tanyadokterhewan.com merupakan salah satu sarana bagi pemilik hewan peliharaan untuk mendapatkan informasi seputar kesehatan hewan yang valid berdasarkan literatur, referensi, serta keilmuan yang dimiliki oleh penulis. 

2. PENANGGUNG JAWAB DAN PENGELOLA TANYADOKTERHEWAN
Penulis artikel dan tanya jawab di website ini adalah dokter hewan. Hasil tulisan berdasarkan literatur baik buku, jurnal, artikel ilmiah. 
3. TANYADOKTERHEWAN TIDAK MENGGANTIKAN PERAN DOKTER HEWAN 

Informasi yang didapatkan dari website maupun sosial media atas nama tanyadokterhewan di instagram serta facebook,  TIDAK BISA menggantikan peran dokter hewan, setiap hewan sakit wajib dan berhak mendapatkan pemeriksaan secara langsung oleh dokter hewan. 

4. DOKTER HEWAN PENGELOLA TANYADOKTERHEWAN TIDAK MEMBERIKAN DIAGNOSA DAN PENGOBATAN (RESEP) 
Dokter hewan yang mengelola website serta media sosial tanyadokterhewan tidak bisa memberikan diagnosa pasti mengenai penyakit hewan, memberikan pengobatan serta resep obat terhadap pemilik hewan. Hal ini akan membahayakan bagi hewan jika diberikan penanganan tanpa melakukan pemeriksaan. Bahasa tulisan bisa saja memdramatisir, tidak sesuai dengan kenyataan, bahkan lebih parah kondisinya. Jadi WAJIB dilakukan pemeriksaan oleh dokter hewan sebelum pengobatan. 
Dokter hewan pengelola dan penulis hanya bisa memberikan gambaran luas mengenai kemungkinan kondisi yang terjadi pada hewan. Namun TIDAK MEMBERIKAN DIAGNOSA MAUPUN PENGOBATAN secara detail terhadap kondisinya. 
5. TANYADOKTERHEWAN BUKAN UNTUK KONDISI URGENT ATAU DARURAT 

Hewan yang mengalami kondisi darurat segera dibawa ke dokter hewan terdekat. Website ini tidak bisa menjadi acuan untuk penanganan medis terutama kondisi darurat. 
6. KETENTUAN BERTANYA JAWAB 

Saat mengajukan pertanyaan harap bersabar. Dokter hewan pengelola berhak mencantumkan pertanyaan yang sesuai saja, berhak juga tidak menjawab pertanyaan. 
Sebelum bertanya sebaiknya membaca dulu komentar dan artikel yang telah ditulis, manfaatkan fitur cari tulisan dan cari pertanyaan di website. Sejauh ini hingga april 2018 kami sudah membalas lebih dari 8000 komentar dan menulis lebih dari 100 artikel yang dipublikasikan. 

7. MENGUTIP TULISAN 

Jika tulisan yang kami publikasikan akan dijadikan acuan, wajib mencantumkan sumber dari tulisan kami berupa tautan atau link yang benar dari website kami. 

Jika mengunduh ebook dan akan melakukan share kepada pihak lain, wajib juga mencantumkan link atau tautan ke website kami. 

Sangat tidak dibenarkan mengambil materi dari kami baik melalui tulissan website ataupun kiriman (post) media sosial seperti instagram kami @tanyadokterhewan tanpa mencantumkan sumber. 
Bagi siapapun yang telah mengunjungi website dan media sosial kami dianggap sudah menyetujui syarat dan ketentuan kami. 
Terimakasih 
drh Puspasari Respatiningtyas 

Founder tanyadokterhewan.com 
Healthy pet healthy life 

26 comments

Dok, anjing saya badannya merah semua karena gatal, sampai luka2 dan kakinya mulai bengkak, cara mengatasinya gimana ya??

Perlu dilakukan pemeriksaan lebih lanjut, apakah ada infeksi kulit akibat parasit, alergi, dll. Krn beragam sekali penyebab penyakit kulit dgn gejala serupa

Dok saya mau nanya, kucing saya sudah 3hari ini lemas. Gejala awalnya tidak nafsu makan sampao akhirnya tidak mau makan, tidak ceria, tidur terus, demam dan ketika berjalan seperti ada yang sakit dibagian kaki belakangnya. Krna melihat ada gejala sprti itu maka sya lgsng bawa ke dokter hewan. Dokternya kasih suntik dan cuman bilang kalo selama 2hari ini dilihat ada muntah terus menerus atau ada diare maka itu virus. Setelah saya lihat perkembangan kucing saya ternyata tidak ada muntah ataupun diare, ttapi tidak ada bab atau kencing. Setelah sya cari di internet saya sgt khawatir kucing saya terkena distemper. Lalu sya jga menemukan bbrpa blog yg memang beberpa gejalanya sama dan berhasil dsembuhkan, maka sya ikuti penanganannya. Yg sya berika campuran madu dan telur disertai vitamin imun dan nafsu makan yg sya beli dipetshop. Kucing sya menerima nya saat saya suapi dg pipet. Kemudian berkisar 1hari tidak ada perubahan, kmudian sya pergi ke petshop lain untuk mncari jawaban. Dan akhirnya sya diberi smacam bubur nutrisi dan vitamin yg memang dianjurkan untuk kucing sakit kata pemilik petshop yg saya kunjungi. Akhirnya sya belo dan saya berikan ke kucing sya setiap kurang lebih 1jam skali dan diiringi dengan madu dan telur beserta vitamin yang sya berikan setiap 3x sehari. Berangsung 1hari, demam kucing saya berkurang, dan dia ada kencing, dia juga bisa duduk, walaupun wajahnya masih agak lemas dan kakinya sperti masih ada yg sakit, tapi sore setelah itu dia bab dan bab nya normal tidak encer. Dan dia bisa berjalan walaupun sedikit sedikit, saya sangat senang melihatnya. Kemudian malamnya saya ttap mmberikan asupan yg sama, kucing saya masih bisa duduk dan menerima asupan yg saya berikan. Namun wajah dan badannya masih sangat lemas, matanya sayu, dan ketika saya coba dirikan dia terjatuh, kakinya sangat lemas, pdhl sorenya dia bisa berjalan dan berdiri walaupun lambat dan sedikit2. Tapi malam nya dia tidak bisa, dibagian kaki belakangnya sangat lemas, tidak bisa berdiri slama skli, langsung terjatuh lemas jika didirikan, dan seperti mengeong minta diturunkan saja. Tapi dia tetap masih bisa duduk. Jadi saya bingung dok apa penyakit kucing saya, mohon bantuannya, muka dia juga hnya lemas, tapi tidak terlalu lemas, jd saya bingung, apakah dia kena distemper atau hanya ada infeksi atau sakit dibeberapa bagian tubuhnya dok, mohon jawaban dan bantuannya

Untuk memastikan ada sakit tertentu tentu perlu pemeriksaan dokter lagi, krn sebelumnya sudah dilakukan pemeriksaan dokter baiknya komunikasikan kembali dengan dokter yg melakukan terapi. Bs jadi lemas krn dehidrasi, kalau sdh lemas perlu juga ada terapi lanjutan spt terapi infus. Krn penyakit juga pengobatannya ada yg perlu berkali2 tergantung kondisinya.

Dok anjing saya sering diare gara” saya kasi susu indomilk,, gimana ya dok cara mengobatin nya.. Di kasi apa ya obatnya apa di kasi oralit aja ya dok? Umurnya masih 2 mingguan trus induknya matii.. Gmana ya dok cara ngatasin nya di kasi apa ya dok biar smbuh???

Segera dihentikan penggunaan susu nya, krn kandungan gula yg tinggi bs menyebabkan diare, berikan oralit bisa. Lalu diganti ke susu khusus untuk puppy.

Dok anjing saya gatal gatal di bagian kulit, sepertinya ada luka infeksi pada bagian pantatnya warna kulit luka bagian pantat (agak ke Kuningan seperti abses) sudah saya bersihkan dengan NaCL dan antiseptik namun masalahnya anjingnya sering menggaruk bagian yang luka sehingga luka susah sembuh. Adakah saran pemberian antibiotik topikal (bila apa jenis apa yang bisa saya berikan) untuk pemberian antibiotik secara oral maupun injeksi saya tidak berani memberikan kebetulan saya bukan dokter hewan. Terimakasih mohon sarannya.

Pemberian antibiotik topikal perlu berdasarkan pemeriksaan apakah mmg diperlukan atau tidak. Perlu d cek apakah ada infeksi akibat parasit kulit dsn lainnya. Untuk menghindari digaruk bs gunakan collar atau corong untuk anjing.

Dok mau tanya. Saya punya kitten umurnya masih 3 minggu dan saya baru tau kalau kaki depannya bengkok ke dalam (seperti huruf o). Dia bisa jalan tapi agak miring. Kira cara penanganannya bagaimana ya dok? Kalaupun harus operasi brp biayanya? Terimakasih

Kalau sudah dari lahir biasanya cukup sulit di terapi, tapi bs saja dilakukan pengecekan dulu. Tapi memang usia krg dari 1 bulan masih dalam perkembangan jd jalannya tdk beraturan.

Dok mata anjing saya tidak mau di buka, bawah matanya sepertinya bengkak dan merah kemudian berair, sesekali mata nya dibuka tapi dia tutup lagi. Tapi dia sehat dok

Mohon info dan pengobatannya dok, saya kuatir karna baru kali ini anjing saya mengalami sakit mata sperti ini, terima kasih.

Bisa coba sementara kompres dengan air hangat. Dicek perkembangannya selama 2 hari. Jika semakin memerah dan meradang, baiknya konsultasikan ke dokter.

dok kucing saya kaki depannya tiba-tiba kaku kaya orang kram, ceritanya pas dia makan sore tiba-tiba kaki depannya diangkat satu dan agak nekuk terus saya tidurin dia diem aja, setelah itu dia bisa jalan lagi normal. malemnya pas dia jilat-jilat badannya sambil tiduran kambuh lagi itu kakinya dia langsung duduk walau agak kesulitan tangannya kaku dan kukunya keluar. selaput putih dimatanya juga agak lebar. knp ya dok, apa krn keseleo?

Dok, kucing saya keracunan obat kutu … Sudah dibawa ke dokter hewan dan juga sudah diinfus , saya takut racunnya sudah tercerna. Kalo sudah 1 hari setelah keracunan kalo dikasih air kelapa apakah masih bisa ternetralisir dok ?

Air kelapa hanya membantu menambah konsumsi cairan, jd harapannya banyak yg keluar bersama dgn urin. Tp tdk masalah kalau diberikan selama jumlahnya tdk berlebihan.

Selamat pagi dok,mau tanya. Kucing saya (jenis angora) sedang menyusui,dia muntah kuning dok. Dua hari sebelumnya dia juga sempat muntah yg sama,ga mau makan dan kerjanya tidur terus (badannya ga anget). Besoknya dia sudah segar lagi seperti biasa dan mau makan. Saya bingung 🙁 dia sembuh lantas muntah lagi,apa itu gejela penyakit serius atau dia hanya kekenyangan/salah makan? Soalnya saat sore saya kasih dia kepala ikan nila,lumayan banyak

Terimakasih dok jawabannya

Kalau sdh tdk muntah lagi bs sedikit lega dan tdk perlu khawatir. Kemungkinan bs krn pengaruh makanan.

dok, mau tanya. kira² biaya amputasi ekor kucing kisaran berapa ya? karena saya tidak punya cukup uang untuk mengamputasinya dok. 

Dokter, kucing saya (kucing kampung biasa) sakit udah 2 hari ini, mau setahun umurnya. Dia gak mau makan, minum, muntah. Saya kasih whiskas dia gak mau. Saya khawatir, sebaiknya gimana dok?

Silahkan segera konsultasikan ke dokter hewan terdekat. Baca juga mengenai kucing tdk nafsu makan di artikel web ini, manfaatkan fitur cari tulisan ya.

Salama sejahtera buat anda dok…Dok saya mau nanya dok kenapa ya kucing saya sudah 2 hari ini tiba tiba gak mau makan dan gak aktif seperti biasa maunya malesan aja sama tidur sama gak ngerespon kalo diajak.in main sama saya maupun saudanya.. tolong dok jawabannya saya mohon saya takut kucing saya mati… makasih dok

Silahkan cek di artikel mengenai kucing tidak nafsu makan. Manfaatkan fitur cari tulisan. Sebaiknya segera konsultasikan ke dokter.

Dok, kucing saya sudah disteril bulan juli lalu. Dan tidak ada perubahan diberat badan. Justru terbilang kurus. Saya sudah berikan RC dan Proplan juga utk makananya.

Terima kasih dok sudah menyediakan jasa ini

Selama masih dalam kondisi badan ideal tdk masalah. Baiknya dikonsultasikan ke dokter. Nnt dokter akan melakukan evaluasi apakah mmg kondisi tubuhnya kurus atau tdk.

Leave a Reply

*