SYARAT DAN KETENTUAN  – TANYA DOKTER HEWAN

Syarat dan Ketentuan 
1. TENTANG TANYADOKTERHEWAN

Website tanyadokterhewan.com merupakan salah satu sarana bagi pemilik hewan peliharaan untuk mendapatkan informasi seputar kesehatan hewan yang valid berdasarkan literatur, referensi, serta keilmuan yang dimiliki oleh penulis. 

2. PENANGGUNG JAWAB DAN PENGELOLA TANYADOKTERHEWAN
Penulis artikel dan tanya jawab di website ini adalah dokter hewan. Hasil tulisan berdasarkan literatur baik buku, jurnal, artikel ilmiah. 
3. TANYADOKTERHEWAN TIDAK MENGGANTIKAN PERAN DOKTER HEWAN 

Informasi yang didapatkan dari website maupun sosial media atas nama tanyadokterhewan di instagram serta facebook,  TIDAK BISA menggantikan peran dokter hewan, setiap hewan sakit wajib dan berhak mendapatkan pemeriksaan secara langsung oleh dokter hewan. 

4. DOKTER HEWAN PENGELOLA TANYADOKTERHEWAN TIDAK MEMBERIKAN DIAGNOSA DAN PENGOBATAN (RESEP) 
Dokter hewan yang mengelola website serta media sosial tanyadokterhewan tidak bisa memberikan diagnosa pasti mengenai penyakit hewan, memberikan pengobatan serta resep obat terhadap pemilik hewan. Hal ini akan membahayakan bagi hewan jika diberikan penanganan tanpa melakukan pemeriksaan. Bahasa tulisan bisa saja memdramatisir, tidak sesuai dengan kenyataan, bahkan lebih parah kondisinya. Jadi WAJIB dilakukan pemeriksaan oleh dokter hewan sebelum pengobatan. 
Dokter hewan pengelola dan penulis hanya bisa memberikan gambaran luas mengenai kemungkinan kondisi yang terjadi pada hewan. Namun TIDAK MEMBERIKAN DIAGNOSA MAUPUN PENGOBATAN secara detail terhadap kondisinya. 
5. TANYADOKTERHEWAN BUKAN UNTUK KONDISI URGENT ATAU DARURAT 

Hewan yang mengalami kondisi darurat segera dibawa ke dokter hewan terdekat. Website ini tidak bisa menjadi acuan untuk penanganan medis terutama kondisi darurat. 
6. KETENTUAN BERTANYA JAWAB 

Saat mengajukan pertanyaan harap bersabar. Dokter hewan pengelola berhak mencantumkan pertanyaan yang sesuai saja, berhak juga tidak menjawab pertanyaan. 
Sebelum bertanya sebaiknya membaca dulu komentar dan artikel yang telah ditulis, manfaatkan fitur cari tulisan dan cari pertanyaan di website. Sejauh ini hingga april 2018 kami sudah membalas lebih dari 8000 komentar dan menulis lebih dari 100 artikel yang dipublikasikan. 

7. MENGUTIP TULISAN 

Jika tulisan yang kami publikasikan akan dijadikan acuan, wajib mencantumkan sumber dari tulisan kami berupa tautan atau link yang benar dari website kami. 

Jika mengunduh ebook dan akan melakukan share kepada pihak lain, wajib juga mencantumkan link atau tautan ke website kami. 

Sangat tidak dibenarkan mengambil materi dari kami baik melalui tulissan website ataupun kiriman (post) media sosial seperti instagram kami @tanyadokterhewan tanpa mencantumkan sumber. 
Bagi siapapun yang telah mengunjungi website dan media sosial kami dianggap sudah menyetujui syarat dan ketentuan kami. 
Terimakasih 
drh Puspasari Respatiningtyas 

Founder tanyadokterhewan.com 
Healthy pet healthy life 

71 comments

Dok, anjing saya badannya merah semua karena gatal, sampai luka2 dan kakinya mulai bengkak, cara mengatasinya gimana ya??

Perlu dilakukan pemeriksaan lebih lanjut, apakah ada infeksi kulit akibat parasit, alergi, dll. Krn beragam sekali penyebab penyakit kulit dgn gejala serupa

Dok saya mau nanya, kucing saya sudah 3hari ini lemas. Gejala awalnya tidak nafsu makan sampao akhirnya tidak mau makan, tidak ceria, tidur terus, demam dan ketika berjalan seperti ada yang sakit dibagian kaki belakangnya. Krna melihat ada gejala sprti itu maka sya lgsng bawa ke dokter hewan. Dokternya kasih suntik dan cuman bilang kalo selama 2hari ini dilihat ada muntah terus menerus atau ada diare maka itu virus. Setelah saya lihat perkembangan kucing saya ternyata tidak ada muntah ataupun diare, ttapi tidak ada bab atau kencing. Setelah sya cari di internet saya sgt khawatir kucing saya terkena distemper. Lalu sya jga menemukan bbrpa blog yg memang beberpa gejalanya sama dan berhasil dsembuhkan, maka sya ikuti penanganannya. Yg sya berika campuran madu dan telur disertai vitamin imun dan nafsu makan yg sya beli dipetshop. Kucing sya menerima nya saat saya suapi dg pipet. Kemudian berkisar 1hari tidak ada perubahan, kmudian sya pergi ke petshop lain untuk mncari jawaban. Dan akhirnya sya diberi smacam bubur nutrisi dan vitamin yg memang dianjurkan untuk kucing sakit kata pemilik petshop yg saya kunjungi. Akhirnya sya belo dan saya berikan ke kucing sya setiap kurang lebih 1jam skali dan diiringi dengan madu dan telur beserta vitamin yang sya berikan setiap 3x sehari. Berangsung 1hari, demam kucing saya berkurang, dan dia ada kencing, dia juga bisa duduk, walaupun wajahnya masih agak lemas dan kakinya sperti masih ada yg sakit, tapi sore setelah itu dia bab dan bab nya normal tidak encer. Dan dia bisa berjalan walaupun sedikit sedikit, saya sangat senang melihatnya. Kemudian malamnya saya ttap mmberikan asupan yg sama, kucing saya masih bisa duduk dan menerima asupan yg saya berikan. Namun wajah dan badannya masih sangat lemas, matanya sayu, dan ketika saya coba dirikan dia terjatuh, kakinya sangat lemas, pdhl sorenya dia bisa berjalan dan berdiri walaupun lambat dan sedikit2. Tapi malam nya dia tidak bisa, dibagian kaki belakangnya sangat lemas, tidak bisa berdiri slama skli, langsung terjatuh lemas jika didirikan, dan seperti mengeong minta diturunkan saja. Tapi dia tetap masih bisa duduk. Jadi saya bingung dok apa penyakit kucing saya, mohon bantuannya, muka dia juga hnya lemas, tapi tidak terlalu lemas, jd saya bingung, apakah dia kena distemper atau hanya ada infeksi atau sakit dibeberapa bagian tubuhnya dok, mohon jawaban dan bantuannya

Untuk memastikan ada sakit tertentu tentu perlu pemeriksaan dokter lagi, krn sebelumnya sudah dilakukan pemeriksaan dokter baiknya komunikasikan kembali dengan dokter yg melakukan terapi. Bs jadi lemas krn dehidrasi, kalau sdh lemas perlu juga ada terapi lanjutan spt terapi infus. Krn penyakit juga pengobatannya ada yg perlu berkali2 tergantung kondisinya.

Dok anjing saya sering diare gara” saya kasi susu indomilk,, gimana ya dok cara mengobatin nya.. Di kasi apa ya obatnya apa di kasi oralit aja ya dok? Umurnya masih 2 mingguan trus induknya matii.. Gmana ya dok cara ngatasin nya di kasi apa ya dok biar smbuh???

Segera dihentikan penggunaan susu nya, krn kandungan gula yg tinggi bs menyebabkan diare, berikan oralit bisa. Lalu diganti ke susu khusus untuk puppy.

Dok anjing saya gatal gatal di bagian kulit, sepertinya ada luka infeksi pada bagian pantatnya warna kulit luka bagian pantat (agak ke Kuningan seperti abses) sudah saya bersihkan dengan NaCL dan antiseptik namun masalahnya anjingnya sering menggaruk bagian yang luka sehingga luka susah sembuh. Adakah saran pemberian antibiotik topikal (bila apa jenis apa yang bisa saya berikan) untuk pemberian antibiotik secara oral maupun injeksi saya tidak berani memberikan kebetulan saya bukan dokter hewan. Terimakasih mohon sarannya.

Pemberian antibiotik topikal perlu berdasarkan pemeriksaan apakah mmg diperlukan atau tidak. Perlu d cek apakah ada infeksi akibat parasit kulit dsn lainnya. Untuk menghindari digaruk bs gunakan collar atau corong untuk anjing.

Dok mau tanya. Saya punya kitten umurnya masih 3 minggu dan saya baru tau kalau kaki depannya bengkok ke dalam (seperti huruf o). Dia bisa jalan tapi agak miring. Kira cara penanganannya bagaimana ya dok? Kalaupun harus operasi brp biayanya? Terimakasih

Kalau sudah dari lahir biasanya cukup sulit di terapi, tapi bs saja dilakukan pengecekan dulu. Tapi memang usia krg dari 1 bulan masih dalam perkembangan jd jalannya tdk beraturan.

Dok mata anjing saya tidak mau di buka, bawah matanya sepertinya bengkak dan merah kemudian berair, sesekali mata nya dibuka tapi dia tutup lagi. Tapi dia sehat dok

Mohon info dan pengobatannya dok, saya kuatir karna baru kali ini anjing saya mengalami sakit mata sperti ini, terima kasih.

Bisa coba sementara kompres dengan air hangat. Dicek perkembangannya selama 2 hari. Jika semakin memerah dan meradang, baiknya konsultasikan ke dokter.

dok kucing saya kaki depannya tiba-tiba kaku kaya orang kram, ceritanya pas dia makan sore tiba-tiba kaki depannya diangkat satu dan agak nekuk terus saya tidurin dia diem aja, setelah itu dia bisa jalan lagi normal. malemnya pas dia jilat-jilat badannya sambil tiduran kambuh lagi itu kakinya dia langsung duduk walau agak kesulitan tangannya kaku dan kukunya keluar. selaput putih dimatanya juga agak lebar. knp ya dok, apa krn keseleo?

Dok, kucing saya keracunan obat kutu … Sudah dibawa ke dokter hewan dan juga sudah diinfus , saya takut racunnya sudah tercerna. Kalo sudah 1 hari setelah keracunan kalo dikasih air kelapa apakah masih bisa ternetralisir dok ?

Air kelapa hanya membantu menambah konsumsi cairan, jd harapannya banyak yg keluar bersama dgn urin. Tp tdk masalah kalau diberikan selama jumlahnya tdk berlebihan.

Selamat pagi dok,mau tanya. Kucing saya (jenis angora) sedang menyusui,dia muntah kuning dok. Dua hari sebelumnya dia juga sempat muntah yg sama,ga mau makan dan kerjanya tidur terus (badannya ga anget). Besoknya dia sudah segar lagi seperti biasa dan mau makan. Saya bingung 🙁 dia sembuh lantas muntah lagi,apa itu gejela penyakit serius atau dia hanya kekenyangan/salah makan? Soalnya saat sore saya kasih dia kepala ikan nila,lumayan banyak

Terimakasih dok jawabannya

Kalau sdh tdk muntah lagi bs sedikit lega dan tdk perlu khawatir. Kemungkinan bs krn pengaruh makanan.

dok, mau tanya. kira² biaya amputasi ekor kucing kisaran berapa ya? karena saya tidak punya cukup uang untuk mengamputasinya dok. 

Dokter, kucing saya (kucing kampung biasa) sakit udah 2 hari ini, mau setahun umurnya. Dia gak mau makan, minum, muntah. Saya kasih whiskas dia gak mau. Saya khawatir, sebaiknya gimana dok?

Silahkan segera konsultasikan ke dokter hewan terdekat. Baca juga mengenai kucing tdk nafsu makan di artikel web ini, manfaatkan fitur cari tulisan ya.

Salama sejahtera buat anda dok…Dok saya mau nanya dok kenapa ya kucing saya sudah 2 hari ini tiba tiba gak mau makan dan gak aktif seperti biasa maunya malesan aja sama tidur sama gak ngerespon kalo diajak.in main sama saya maupun saudanya.. tolong dok jawabannya saya mohon saya takut kucing saya mati… makasih dok

Silahkan cek di artikel mengenai kucing tidak nafsu makan. Manfaatkan fitur cari tulisan. Sebaiknya segera konsultasikan ke dokter.

Dok, kucing saya sudah disteril bulan juli lalu. Dan tidak ada perubahan diberat badan. Justru terbilang kurus. Saya sudah berikan RC dan Proplan juga utk makananya.

Terima kasih dok sudah menyediakan jasa ini

Selama masih dalam kondisi badan ideal tdk masalah. Baiknya dikonsultasikan ke dokter. Nnt dokter akan melakukan evaluasi apakah mmg kondisi tubuhnya kurus atau tdk.

Saya mau tanya dok… Kucing saya seminggu yang lalu melahirkan 6 anak kucing. Saya timbang setiap hari dan anak kucingnya sehat2. Tapi kemarin tiba2 4 anak kucing mati dok. Dan hari ini 1 lagi mati. Sebelum mati anak kucing seperti sesak nafas dan kebiruan disekitar leher di salah satu kaki anak kucing yang mati ada bekas luka gigitan. Apakah anak kucing ini terinfeksi dari induknya atau kucing yang lain? Karna induknya sehat2 saja dan sudah vaksin lengkap. Mohon bantuannya Terima kasih dok atas bantuannya.

Kalau satu indukan mengalami kematian secara bertahap dalam waktu singkat, bs jadi memang terdapat kondisi scr genetik yg kurang baik, bs jadi juga saat bunting induk tdk mendapat nutrisi yg baik, pernah terkena infeksi saat kebuntingan. Jadi, anak yg dilahirkan memiliki daya tahan tubuh kurang baik. Penyebab lain bs jadi krn adanya infeksi maupun pengaruh lingkungan terutama suhu.

Dok, mau tanya. Kura-kura saya kena jamur di badannya sudah seminggu lebih. 2 hari terakhir tiap pagi antara jam 9-10 saya rendam pakai garam ikan+obat biru sekitar 20 menit, direndam air biasa lagi lalu dijemur panas matahari. Jamurnya sudah kering dan berwarna cokelat dan beberapa ada yg mengelupas. Tapi kura-kuranya masih terlihat lesu. Saya harus gimana ya dok? Terima kasih sebelumnya.

Pemberian obat biru sdh sgt baik jika mmg ada infeksi jamur maupun luka2. Namun jika nafsu makan menurun, bs jadi diperlukan treatment lanjutan. Baiknya konsultasikan juga ke dokter.

dok, kucing perempuan saya sebelumnya pipis teratur di tempatnya (pasir), baru 2 minggu ini mulai pipis sembarangan, semakin sering, kucing juga mulai terlihat malas, saya lihat ada sesuatu yang menonjol keluar dari saluran pipisnya, warna merah, menonjol, kayak “panjang” gitu, tapi enggak besar, dan kucing selalu marah kalau bagian itu disentuh, sepertinya terasa nyeri, mohon jawabannya dokter

Perlu diperhatikan dari anus atau dari vagina kalau betina. Kalau dr vagina kemungkinan yang menonjol adalah rahim, kalau dr anus kemungkinan adalah rektum. Tentu nyeri kalau disentuh karena bagian tsb tdk normal, seharusnya terletak didalam dan tdk keluar. Sebaiknya coba dikompres dgn air dingin untuk mengurangi nyeri, lalu konsultasikan ke dokter. Pastikan bagian yg merah dan menonjol tdk infeksi, krn bisa bahaya kalau infeksi dan membusuk.

syalom dok.

sy punya anjing yg gk sy tau jenisnya.

diperkirakan umurnya 6-8th.

besarnya seperti anjing kampung.

dan lebat bulunya hampir sama sperti herder.

tp kupingnya turun.

waktu kecil, warna bulunya dominan coklat yg bercampur hitam sperti herder.

saat udah mulai besar warna hitam menghilang dan cuma terisah pada mulutnya.

yg paling bikin cantik ada warna garis hitam di ujung matanya.

ekornya seperti ekor tupai yg berbulu cantik.

bagian dadanya pun ada warna putihnya.

kira² jenis anjing apa ya itu dok?

pertanyaan selanjutnya, dsaat ajalnya anjing yg lain menggonggong.

saya gk trlalu gubris krn anjing yg sy sebutkan jenisnya td gk ikut menggonggong.

sekita 20mnt dia menggonggong, sy mencoba untuk cek dan ternyata anjing yg sy sebutkan sudah sekarat.

di lantai penuh dengan air berlendir dan kotoran anjing saya itu.

yg bikin saya bingung, kotorannya itu bisa sampe jauh dr batas panjangnya rantai itu (anjing saya di rantai).

sy sempat meliha dia menggerang kesakitan.

saya pikir dia lg depresi makanya saya gk brani pegang.

soalnya mulutnya mengkerut menunjukan gigi seperti lg waspada.

dan akhirnya sy benar² melihat dia brnapas untuk trakhir kalinya.

dia mati dengan keadaan mata masih trbuka dan mulut masih sperti lagi waspada.

dan lidah udah mulai menjadi keunguan.

apa yg membuat anjing saya itu mati mendadak dok?

krn hari sbelumnya anjing saya sll braktifitas sperti biasanya.

benar² normal.

dr dulu emang anjing saya ini paling mudah rontok bulunya.

tp gk bikin badannya terlihat botak atau gk ada trlihat kulit yg infeksi.

tolong dok penjelasannya.

baru td siang (27/09/18 13.12wib) anjing saya mati.

saya sedih krn saya sayang sama anjing saya itu.

terimakasih.

Kalau memang tdk diketahui asal usulnya, kemungkinan sdh campuran, bisa dikatakan mixed breed atau juga mongrel. Anjing sekarat biasanya menggonggong sejenak baru lama2 hilang suaranya, ada juga yg silent. Biasanya kalau anjing akan mati, akan pergi jauh dr rumah kalau tdk dirantai. Kondisi banyak kotoran, berlendir sebelum mati wajar, krn sebelum mati semua otot akan bekerja maksimal. Kemungkinan mati bisa bermacam2, bs krn ada racun, penyakit, usia tua. Jika memang dicurigai ada racun, dicek kembali pakan nya daa lingkungannya apakah kemungkinan bisa menjilat racun atau tdk.

mohon tanya.

sy punya anjing yg gk sy tau jenisnya.

diperkirakan umurnya 6-8th.

besarnya seperti anjing kampung.

dan lebat bulunya hampir sama sperti herder.

tp kupingnya turun.

waktu kecil, warna bulunya dominan coklat yg bercampur hitam sperti herder.

saat udah mulai besar warna hitam menghilang dan cuma terisah pada mulutnya.

yg paling bikin cantik ada warna garis hitam di ujung matanya.

ekornya seperti ekor tupai yg berbulu cantik.

bagian dadanya pun ada warna putihnya.

kira² jenis anjing apa ya itu dok?

pertanyaan selanjutnya, dsaat ajalnya anjing yg lain menggonggong.

saya gk trlalu gubris krn anjing yg sy sebutkan jenisnya td gk ikut menggonggong.

sekita 20mnt dia menggonggong, sy mencoba untuk cek dan ternyata anjing yg sy sebutkan sudah sekarat.

di lantai penuh dengan air berlendir dan kotoran anjing saya itu.

yg bikin saya bingung, kotorannya itu bisa sampe jauh dr batas panjangnya rantai itu (anjing saya di rantai).

sy sempat meliha dia menggerang kesakitan.

saya pikir dia lg depresi makanya saya gk brani pegang.

soalnya mulutnya mengkerut menunjukan gigi seperti lg waspada.

dan akhirnya sy benar² melihat dia brnapas untuk trakhir kalinya.

dia mati dengan keadaan mata masih trbuka dan mulut masih sperti lagi waspada.

dan lidah udah mulai menjadi keunguan.

apa yg membuat anjing saya itu mati mendadak dok?

krn hari sbelumnya anjing saya sll braktifitas sperti biasanya.

benar² normal.

dr dulu emang anjing saya ini paling mudah rontok bulunya.

tp gk bikin badannya terlihat botak atau gk ada trlihat kulit yg infeksi.

tolong dok penjelasannya.

baru td siang (27/09/18 13.12wib) anjing saya mati.

saya sedih krn saya sayang sama anjing saya itu.

terimakasih.

Hallo Dok, kucing saya baru berusia 1,5 bulan. Sejak 3 hari lalu hidungnya luka seperti lecet tapi hanya di sebelah kiri, jadi sampai bulunya hilang dan keliatan kulitnya. Lalu, semalam saya cek ternyata di dagu juga muncul seperti itu. apakah itu bahaya? dan bagaimana cara mengobatinya Dok? dia tetap mau makan dan aktif tetapi saya kasihan melihat hidung dan dagunya yang luka. mohon jawabannya, Dok.

Perlu dilakukan observasi lebih lanjut untuk menentukan bahaya atau tdk. Krn penyebab luka yg menyebar bs macam2, bs mmg karena digaruk jadi lukanya menyebar, atau mgkn ada infeksi dr parasit kulit spt scabies. Kalau ada luka bs dibersihkan dgn air hangat dan antiseptik. Silahkan manfaatkan fitur cari tulisan untuk mencari artikel mengenai penanganan luka pada kucing.

Selamat malam dokter, saya Inggah.
Saya punya kucing yg kurang lebih umur dua tahun. Beberapa hari ini saya menemukan benjolan di leher kucing saya awalnya kecil sekarang agak membesar dan terlihat besar sebelah. Saya sudah ke vet langganan kata beliau harus ada rontgen dibagian leher karna beliau tidak berani ambil resiko disekitar leher. Dari beberapa artikel yg saya baca itu menyerupai abses atau bisul tapinsaya udh cek ga ada ujung lukanya, jadi pengobatan saya paling kompres dengan air hangat. Yang ingin saya tanyakan apakah ini benar abses atau saya harus pastikan itu melalui rotgen??
Terimakasih sebelumnya

Jika diperlukan ronsen mmg perlu dilakukan, untuk melihat jaringan bengkaknya sudah sampai mana, apakah menekan syaraf atau tidak, mengenai tulang atau tdk. Krn kalau tdk diketahui luas jaringannya akan cukup beresiko ketika dilakukan operasi maupun treatment lainnya.

Dok saya mau tanya, kalo kucing terus menerus keluar darah dari hidung itu kenapa ya? Badannya lemas dan mengeluarkan air liur.

Perlu d cek pada bagian hidung apakah ada luka atau tidak, benda asing, ataupun hewan misalnya lintah. Sebaiknya periksakan ke dokter segera ya, terutama kalau keluar darah terus menerus.

Malam dok, kucing saya baru melahirkan 10 hari lalu. Tepat 6 hari, induknya pergi dan belum pulang lagi. Kittennya selama ini saya beri minum susu beaphor dengan menggunakan dot. Sejauh ini kucing saya aktif, setiap terkena sentuhan dia mengeong keras. Malam ini tiba-tiba kucing saya lemas, dipegang tidak berontak seperti biasa. Diberi susu dihisap dotnya tapi setelah dicek jumlah susu tidak berkurang. Pupnya berbentuk pasta (menurut Kitten Lady normal). lalu kucing saya kenapa ya dok? Trims

Banyak faktor yg mempengaruhi bs jd mmg ada infeksi, mgkn daya tahan tubuh menurun akibat kedinginan,

Dok, anjing saya kan abis d steril nah dia disuntik bius tu d kaki kanan belakangnya setelah dy sadar tu kok kakinya yg d suntik tu lemes ga bisa di pake berdiri gtu dok kegantung gtu kakinya, udah 3 hari juga masih gtu dok, itu kenapa ya ? Mohon d jawab terimakasih

Assalamu’alaikum dok,
Saya punya kucing dome yang rencananya mau saya steril. Tapi kucing saya ini termasuk kucing yg saya lepas, bebas main dan tidak dikandang. Pasca steril, kucing saya ini perlu dikarantina berapa lama ya sampai dia bisa aman main di luar lagi?
Terimakasiihh

Jantan atau betina? Kalau jantan, krn lukanya kecil 1 hari sdh bs dilepas, kalau betina perlu istirahat 2-3 hr krn luka jahitannya perlu mengering dulu, apalagi kalau lukanya d bawah perut bukan disamping.

Dok saya ingin bertanya, kucing saya berumur 3 bulan. Warna bulu kucing saya hitam akan tetapi semakin hari warna buku kucing saya berubah kemerahan dan terdapat bulu putih seperti uban. Kiranya penyebab masalah tersebut apa ya dok?

Pada kucing dengan warna hitam bisa juga disebut smoke hair, terkadang menyembunyikan warna dasarnya, jadi ada juga yg lama kelamaan menimbulkan warna lain, bisa dicek kembali silsilahnya apakah induknya warnanya serupa atau memang hitam semua.

Dok saya ingin bertanya.

Anak kucing saya ada 4 berusia 1 bulanan sudah lincah-lincah, saat itu induknya mindahin semua anaknya ke kolong tempat tidur, tapi yang 1nya tiba-tiba nangis terus setiap beberapa menit sekali, lalu tidak bisa melek, jalan, dan tidak bisa mengisap susu induknya sendiri, hanya bisa berbaring lemas. Lalu saya kasih susu formula, ada kemajuan seperti matanya sudah bisa melek dan sudah bisa berdiri namun belum bisa jalan + masih nangis terus. Saya sedih udah 4 hari dia gabisa kaya yg lainnya dok.

Itu kenapa ya dok? Mohon penjelasannya dok..

Terimakasih..

Perlu dicek kembali dengan pemeriksaan lebih lanjut, biasanya kalau mengeong terus menerus, selain lapar, atau kedinginan, bisa juga ada luka atau sakit pada tubuhnya. Jadi perlu dilakukan pemeriksaan untuk mengetahui kondisinya.

Sore dok. Saya mau tanya ini kucing saya selalu garuk” sampe luka di sekitar telinga kanan sama kepalanya. Saya cek di telinga kanannya kaya ada suara gelembung gitu. Kalo periksa sama pengobatan di vet brp ya?

Pemeriksaan tergantung klinik dan tentu tergantung kondisinya, biasanya kisaranny 50.000-150.000 untuk konsultasi, biaya pengobatan belum termasuk. Sebaiknya segera dikonsultasikan, bisa jadi ada radang akibat tungau telinga, atau ada parasit seperti scabies. Cek juga info mengenai radang telinga atau otitis di artikel di web. Manfaatkan fitur cari tulisan.

selamat sore dokter.Saya punya anak kucing,kakinya terlindas motor dok tadi pagi,setelah terlindas kakinya tidak bisa digerakkan dan kakinya terihat seperti terkulai.
kaki yang terkena adalah kaki bagian belakang bagian perut nya juga membengkak.
apa yang harus saya lakukan untuk mengobatinya?
terlebih didaerah saya belum ada dokter hewan/pun klinik hewan
sekian terimakasih

Sepertinya jika sudah ada perut yang membengkak, berarti ada organ yg terluka atau trauma. Kemungkinan terburuknya bisa usus atau organ pencernaan yg luka dan keluar dr pelindung perut (peritoneum). Pada kondisi ini perlu langsung mendapat penanganan dokter. Sementara bisa diberikan kompres air dingin pada bagian luka, tetap berikan makanan dan berikan tempat yang nyaman (dialasi kain, kardus).

dok saya mau tanya, jadi kucing saya itu waktu itu dia badannya lemes beberapa hari ini terus saya kasih vitamin buat kucing saya dok. tiba2 besoknya kucing saya kakinya pincang dan tiba2 jdi bengkak dok. setelah beberapa lama tiba2 kucing saya jadi bernanah di kakinya dok. kira2 saya harus gimana dok dan kalo harus ke dokter hewan kira2 biayanya berapa ya dok? terimakasih

Silahkan baca mengenai abses pada anjing kucing, baca mengenai benjolan pada anjing kucing. Manfaatkan fitur cari tulisan, krn sudah pernah dibahas.

kucing saya jd kurang nafsu makan dan sering bab, bab nya pun encer, tp dia ttp lincah, sempet muntah jd. dan kemaren sore saya kasih susu, dan malemnya babnya makin encer. kira kira itu kenapa ya dok?

Silahkan baca artikel mengenai diare, mengenai pemberian susu pada kucing, manfaatkan fitur cari tulisan. Sebelumnya sudah saya bahas.

Dok kucing saya seminggu gak mau makan 4hari panas badannya lemes bawah mulutnya ada lendirnya setelah itu sy kasih air kelapa dah agak mendingan tp ttp gk mau makan, sekarang malah ada benjolan agak besar dibawah telinga ditengah benjolan ada kaya darah yg kering. Kira2 kenapa ya dok?

Bisa jadi benjolan tersebut yang membuat demam, mengindikasikan ada radang dan infeksi. Baiknya segera konsultsikan ke dokter. Benjolan bisa merupakan infeksi dari gatal akibat infeksi di dalam telinga, atau memang bisa jadi ada infeksi lainnya. Kalau sudah infeksi dan radang tentu nyeri dan tidak nyaman.

Dok mau tanya anjing saya sudah setahun,kmarin dia mkan selotip 1roll,skrg dia muntah2 dan tidak nafsu mkan dan setiap dia memuntahkan selotipnya dia memakan lagi,bgaimana dok?? Dan posisi saya di ambon di ambon tidak terdapat klinik hewan

Jika terlihat selotip tersebut sudah dimuntahkan, segera dipindahkan jangan sampai termakan lagi. Karena khawatir menyumbat saluran cerna. Untuk ambon bisa juga hubungi dinas peternakan maupun badan karantina setempat karena di instansi tersebut ada dokter hewan yang bertugas.

Sekitar 750.000-1.5 juta rupiah, bisa bervariasi tergantung kondisinya, silahkan tanya langsung ke dokter maupun klinik yang dimaksud.

Halo dok, saya mau tanya. Akhir2 ini kucing saya jalannya seperti pincang, tidak nyaman dan ternyata setelah dilihat kukunya ada yang rusak dan patah. Sudah hampir setahun ini dia suka keluar mencari betina dan sering sekali berantem sama kucing lain, kita curiga karena itu. Kalo kakinya dipegang dia suka meong kesakitan dan berbau, curiganya bau ini adalah bau nanah. Kira2 harus diapakan dulu ya pertolongan pertamanya sebelum ke vet? Terima kasih dok.

Jika sudah bernanah dan bau kemungkinan ada infeksi dan radang, tentu kalau dipegang tidak nyaman. Kompres dengan air hangat bisa membantu, tapi sebaiknya segera dikonsultasikan ke dokter, kondisi tdk nyaman dan sakit lama kelamaan jika dibiarkan bisa menyebabkan kondisi yg lebih parah.

Dok, kan kucing sy kehilangan 3 taring dok itu gimana ya, terus juga di bagian mulut sedikit bengkak dan ada luka di bawah bibir cara yg terbaik agar kucing kembali sehat gimana ya, soalnya tidur mulu tp kalau makan mau dan habis. Trms

Sebaiknya dikonsultasikan ke dokter untuk mendapatkan penanganan. Bisa jadi gigi nya patah maupun copot karena kondisi gigi yg tdk sehat dan menyebabkan peradangan. Sementara bisa diberikan pakan yang halus dan lembut.

Dok, saya mau tanya gimana cara agak kucing kita makin gemuk, apakah ada vitamin atau cara khusus
Kucing saya baru berumur 7 bulan tapi badan nya sudah besar tidak seperti kucing 7 bulan pada biasa nya. Saya jadi punya obsesi buat bikin badan nya tambah besar/gemuk
Kalo boleh minta solusi nya dok, thanks.

Tidak perlu gemuk, yg penting sehat. Kalau gemuk malah bisa menyebabkan masalah. Yg penting nafsu makan baik, tidak kurus tapi ideal. Bisa cek di artikel web mengenai obesitas pada kucing. Manfaatkan fitur cari tulisan. Silahkan baca2 juga di ig @tanyadokterhewan.

Leave a Reply

*