TANYA DOKTER HEWAN

[Update]Tips mencegah kucing dan anjing sakit saat musim hujan

Tips mencegah kucing dan anjing sakit saat musim hujan

Musim penghujan memicu terjadinya berbagai penyakit yang diakibatkan oleh bakteri, virus, maupun organisme lainnya. Hal ini terjadi karena perubahan musim memberikan efek stress terhadap kucing dan anjing. Kondisi stress ini dapat menyebabkan penurunan imunitas atau daya tahan tubuh. Seperti halnya pada manusia musim penghujan merupakan musim yang rentan terhadap penyakit. Berikut tips mencegah kucing dan anjing sakit saat musim hujan.

Tips mencegah kucing sakit saat musim hujan

#Memberikan nutrisi yang cukup

Pada kondisi hujan dan dingin, sering kali anjing maupun kucing terlihat lebih diam dan tidak aktif. Namun, tetap perlu diberikan nutrisi yang cukup untuk menjaga daya tahan tubuhnya. Saat melihat kucing mulai diam, tidak nafsu makan, kita perlu merangsang nafsu makannya dengan memberikan pakan yang memiliki bau menyengat, biasanya makanan basah akan lebih beraroma dan mudah dicerna.

Baca juga : Membuat makanan basah untuk anjing kucing 

#Suplemen immunomodulator

Immunomodulator (perangsang imunitas) berfungsi untuk meningkatkan daya tahan tubuh. Suplemen untuk kucing baik dalam bentuk herbal, pasta maupun tetes bisa juga diberikan agar tetap mendapatkan mineral dan vitamin yang cukup untuk anjing kucing. Merk nya banyak ditemukan di petshop online maupun offline.  Immunomodulator untuk anjing dan kucing mudah didapatkan, biasanya suplemen ini mengandung ekstrak Echinacea, diantaranya Imboost dan stimuno merupakan brand obat manusia yang dapat digunakan untuk anjing dan kucing Anda. Cukup berikan 1 mL 1 kali sehari untuk anjing dan kucing.

#Probiotik

Probiotik dapat memperkaya bakteri dan organisme “baik” pada saluran cerna khusus nya usus, sehingga terdapat keseimbangan antara bakteri “baik” dan bakteri “jahat” penyebab penyakit.  Probiotik mudah ditemukan di pasaran diantaranya kefir, yoghurt. Pemberian probiotik cukup 1 sdm perhari.

#Vaksinasi

Pada saat pancaroba maupun musim penghujan, kondisi tubuh bisa menurun karena lingkungan yang dingin dan lembab bisa membuat kucing dan anjing stress, tidak nyaman, sehingga bisa meningkatkan resiko infeksi termasuk virus. Vaksinasi merupakan salah satu upaya yang bisa dilakukan untuk mencegah dan menurunkan resiko terinfeksi virus. Vaksinasi anjing dan kucing mulai dari usia 8 minggu sangat dianjurkan sehingga tubuh dapat membentuk antibodi untuk melawan virus serta bakteri penyebab penyakit.

Baca selengkapnya : vaksinasi pada anjing kucing 

Pencegahan penyakit ini akan berhasil jika diiringi dengan menjaga hygiene dan sanitasi dengan selalu menjaga kebersihan kandang, tempat makan dan minum. Usahakan juga anjing dan kucing pada kondisi hangat, tidak kedinginan bahkan terkena hujan. Jika kandang anjing diletakkan diluar rumah maka perlu diberikan pelindung untuk menghindari kedinginan. Serta memberikan minum dan pakan yang baik untuk anjing dan kucing.

*P.S Jika ada yang ingin ditanyakan/didiskusikan jangan sungkan bertanya melalui komentar di bawah ini ya.
Jangan lupa juga share artikel ini agar informasinya bisa bermanfaat bagi orang lain.

Regards
drh Puspasari Respatiningtyas