Tips mencegah kucing dan anjing sakit saat musim hujan – TANYA DOKTER HEWAN

Tips mencegah kucing dan anjing sakit saat musim hujan

Tips mencegah kucing dan anjing sakit saat musim hujan

Musim penghujan memicu terjadinya berbagai penyakit yang diakibatkan oleh bakteri, virus, maupun organism lainnya. Hal ini terjadi karena perubahan musim memberikan efek stress terhadap kucing dan anjing. Kondisi stress ini dapat menyebabkan penurunan imunitas atau daya tahan tubuh. Seperti halnya pada manusia musim penghujan merupakan musim yang rentan terhadap penyakit. Berikut tips mencegah kucing dan anjing sakit saat musim hujan.

Tips mencegah kucing sakit saat musim hujan
Tips mencegah kucing sakit saat musim hujan

#Minum Madu

Madu merupakan senyawa alami yang telah lama dimanfaatkan untuk kesehatan terutama menjaga daya tahan tubuh. Memberikan madu pada anjing dan kucing Anda pun dapat memberikan efek yang baik, cukup berikan 1 sdt per hari.

#Suplemen immunomodulator

Immunomodulator (perangsang imunitas) berfungsi untuk meningkatkan daya tahan tubuh. Immunomodulator untuk anjing dan kucing mudah didapatkan, biasanya suplemen ini mengandung ekstrak Echinacea. Imboost dan stimuno merupakan brand obat manusia yang dapat digunakan untuk anjing dan kucing Anda. Cukup berikan 1 mL 1 kali sehari untuk anjing dan kucing.

#Ekstrak kulit manggis dan ekstrak manggis

Ekstrak kulit manggis memang sangat baik untuk kesehatan karena mengandung antioksidan serta dapat meningkatkan sistem imun. Jadi tidak ada salahnya memberikan untuk anjing dan kucing anda. Cukup berikan 1 mL ekstrak manggis atau kulit manggis. Namun, perlu diperhatikan jika terdapat kandungan anggur pada sirupnya, karena anggur berbahaya bagi anjing.

#Fish oil (minyak ikan)

Minyak ikan mengandung omega 3 dan kaya vitamin E yang sangat baik bagi tubuh dan kulit serta dapat meningkatkan imun tubuh. Memberikan 1 soft capsule sekali sehari setiap hari pada anjing dan kucing pun dapat membantu menjaga kesehatannya.

#Vaksinasi

Vaksinasi anjing dan kucing mulai dari usia 8 minggu sangat dianjurkan sehingga tubuh dapat membentuk antibody untuk melawan virus serta bakteri penyebab penyakit.

Pencegahan penyakit ini akan berhasil jika diiringi dengan menjaga hygiene dan sanitasi dengan selalu menjaga kebersihan kandang, tempat makan dan minum. Usahakan juga anjing dan kucing pada kondisi hangat, tidak kedinginan bahkan terkena hujan. Jika kandang anjing diletakkan diluar rumah maka perlu diberikan pelindung untuk menghindari kedinginan. Serta memberikan minum dan pakan yang baik untuk anjing dan kucing. Memberikan kuning telur (direkomendasikan matang) pada anjing maupun kucing pun dapat membantu meningkatkan daya tahan tubuh.

*P.S Jika ada yang ingin ditanyakan/didiskusikan jangan sungkan bertanya melalui komentar di bawah ini ya.
Jangan lupa juga share artikel ini agar informasinya bisa bermanfaat bagi orang lain.

Regards
drh Puspasari Respatiningtyas

73 comments

Dok mau tanya kenapa ya anak kucingku udah seminggu masih trus mencret dan juga diselingi muntah2.trus makan juga gak mau, kaya yg gak nafsu makan. Trus lemes gak ceria seperti biasanya badannya sampe kurus bgt dok padahal dia tadinya gemuk. bantu saya dok gmn cara menyembuhkannya obat apa yg harus saya beli. Soalnya dia udah gak ada induknya. Induknya kucingku meninggal pendarahan gara2 telat ngelahirin anaknya yg ke2. Dia aku yg rawat smpe skrng.

Usianya brp? Pernah vaksin? Klo muntah Dan diare sehari lbh Dr 3 Kali, lemas, udh brlgsg lbh Dr 2 hr. Sebaiknya diperiksakan ke dokter

Pagi dok aku mau bertanya kucing aku umur 3tahun dia udah 2kali mencret dalam 2 hari adakah obat sementara yg harus dibeli?

Iyah dok telinga kucing saya sakit , awal nya bengkak. Eh trnyata lama2 pecah, dan skrng pecahan itu masih berdarah, trua jdi bolong dok. Itu gimana dong dok? Kasih tau solusi nya dok

selamat sore, saya ingin bertanya mengenai kucing saya. dia mengalami sariawan dan ada luka di bagian mulut dekat gigi ada luka baik disebelah kiri dan kanan.sudah diberikan antibiotik namun belum memberikan hasil.makan pun susah .minta pencerahannya yah dok harus bagaimana.terimakasih

apakah antibiotiknya berdasarkan pemeriksaan dan resep dokter? jika iya, silahkan konsultasikan kembali jika tidak ya perlu diperiksakan. karena penyebab sariawan atau stomatitis d kucing itu bs juga disebabkan virus

Dokter mau tanya kucing saya 2 hr yg lalu muntah 3 x trus dia lemes g mau makan minum pun jarang habis muntah2 itu..
Kencingnya pun warnanya kayak teh dok..
Itu gmn ya dok.mksh

Dokter saya mau tanya kucing sy (Logan)pernah tiba2 tdk sadar tanpa tahu penyebabnya.Ketika sy bw ke dokter matanya sdh tdk ada reaksi, dokter sdh pasrah . Namun keesokan harinya Logan sdh sadar dan boleh pulang.
Tp sekarang jika berjalan tidak stabil dan tiba2 jatuh,kenapa ya dok,yks

Bgmn kondisinya skrg? Apakah sudah control ke dokter lagi? Kondisi inkoordinasi bisa disebabkan oleh kelainan syaraf, kelainan otot. Perlu pemeriksaan lebih lanjut untuk.mengetahui kondisinya ya

Dok, kucing aku kok udah 2hari ga mau makan & tiduran trs kayaknya males bangun gitu, kayak ga ada selera makan, itu gimana ya? Soalnya lemes banget sampe kalo jalan langsung duduk lagi, mohon jwbnya dok

Dok, baru2 ini ddpan rmh sya kedatangan kcing liar, tpi trnyta dperutny ad lubang. Kira2 penyakit ap ya dok? Brhbung sy ad kcing rumah sya takutny mnular. Mohon bantuanny dok

Mgkn luka, tp bs juga krn penyebab lainnya ya. Sebaiknya diperiksakan ke dokter ya. Lukany dibersihkan

Dok mau tanya anak kucing saya umur 5 mggu, jenis anggora, masih menyusui, 2 ekor sering muntah kuning seperti susu dan yang 1 ekornya lg mencret kira2 apa solusi atau obatnya ya dok, untuk ketiga anak kucing saya ini?

Mencret penyebabnya bs krn infeksi, atau kedinginan, kondisi lingkungan yg tdk nyaman bs saja. Jd perlu diperhatikan jg faktor2 tsb. Untuk kitten bs d coba pakai probiotik ya, info lengkap ad di instagram @tanyadokterhewan

Dok mau tanya anak kucing saya umur 5 mggu, masih menyusui, 2 ekor sering muntah kuning seperti susu dan yang 1 ekornya lg mencret dan setelah pup pantatnya basah serta di gosokan ke lantai kira2 apa solusi atau obatnya ya dok, untuk ketiga anak kucing saya ini? Terima kasih dok

Saya ada kucing skit mata , kelopak bngkak dan merah , jika digaruk si kucing langsung berdarah , , saya mohon bntuannya , , obat apa yg ampuh ya , terima kasih

untuk gangguan pd mata, krn organnya sensitif dan vital, perlu segera diperiksakan ke dokter sebelum d obati

Dok saya mau tanya kucing saya kok batuk2 kurang lebih 3 hari itu knp ya dok ? Saya mohon bantuannya dok. Terima kasih

Dok mau tanya kucing persia hbis mlhirkan anaknya mati. Bagian susu kucing bengkak besar. Meong terus. Mlmnya diem lehernya nunduk terus. G bisa jalan lemes terus. Rebahan terus. Knp dan obatnya apa ya?

Coba d kompres dan dipijat2 pakai air hangat. Juga kalau ad anak kucing yg bisa disusui akan lbh baik.

Dok sy mau taunya… Kucing saya usia 5 bln. Perutnya jadi gendut dan perut bagian bawah m agak kemerahan dan bengkak. Nafasnya agak tersengal-sengal. Itu kenapa ya dok? Terima kasih

dok mau tanya kucing saya sudah sekitar 3 minggu hidungnya bengkak dan ada lukanya seerta di depan telinganya seperti ada pengelupasan luka. kirakra kucing saya sakit apa ya dok? sempat 2 minggu yg lalu sy bawa ke vet tapi sampai skrg bengkaknya belum kempes dan katanya diindikasikan terkena scabies sudah diberi obat tapi tetep tidak kempes. terimakasih dok

Dok..
kucing saya Bubu (5,5 bulan ) sudah vaksin F3 & F4 dan Bebi (2 bulan ) sudah divaksi F3, untuk meningkatkan daya tahan tubuh selama musim hujan seperti sekarng ini apakah perlu ditambah suplemen Imboost, Minyak Ikan, Propolis & Kuning Telur? karena saya berencana menambahkan 4 komponen tersebut ke dalam makanannya setiap minggunya, mohon pencerahannya Dok.

Terima kasih.
Alia

Dok, kucing saya batuk, pilek dikasih obat apa dok?. Trus kucing satunya habis melahirkan anaknya mati trus sekarang bulunya rontok dan badannya jd kurus banget kenapa dok?

saran saya sih dibawa ke dokter saja ya, terutama untuk induk seabis melahirkan perlu penanganan ekstra. kondisinya drop bs juga krn stress thd lingkungan atau bs krn ada infeksi.

Dok saya baru rescue kucing jalanan 3 hari yg lalu, langs saya bawa k vet dan d beri drontal cat, pagi ini saya liat poop nya ada darah segar d ujung poop nya, padalah 2 hari yg lalu ngga, ini knapa ya dok .. apa karena makanan ( saya kasi dry food ) atau cacingan ( saya liat tp d poop nya ngga ad cacing ) poop nya tdk keras atau cair

bs krn makanan misalnya ganti pakan, atau mgkn ad iritasi krn cacing, protozoa, atau ad infeksi bakteri

Dokter, minta pencerahannya kucing sy tiba2 ga mau makan udh 1 hari, kalau minum masih mau. terus muntah2 warna kuning udah 2x, kucing sy berumur 6 bulan dan blm vaksin. apa yang harus sy lakukan? trmksh

sebaiknya jika lebih dr 2 hari sgr bawa ke dokter ya. muntah salah satu ciri ada gangguan di saluran pencernaan

Permisi mau nanya.
2 hari yg Lalu aku Baru adopsi anak Kucing Persia medium (jantan),, umurnya skitar 2-3 blan la (kucingnya lurus, smpai tulangnya dg jelas dapat diraba). Sejak awal adopsi kucingnya emang diem Dan gak aktif, sukaaanya tdur seharian.
Pas awal adopsi ak kasih wet food (whiskas junior) dia mau makan, TP dikit. Terus selanjutnya ak kasih dry food meo kitten, Dan dia makan juga TP dikit. Hari ke 2 ak grominng kucingnya krna Kotor banget, Dan sama dokter hewannya kucingnya dikasih obat cacing juga. Habis itu ak kasih makan, dia makan TP dikit banget, Jd intinya mau makan tp dikit banget setiap mau makan, bahkan pernah ak kasih ayam pun mau, TP dikit makannya. Sampai saat in selalu gitu, Dan kucingnya tetap lemas Dan tdur seharian. Kalo ajak keluar, dia jalan” gitu Tp gak selincah kitten ku yg lain. Kucingnya tdur seharian. Dan tambahan awal ak adops kata dokternyavada banyak telur kutu gitu. Untuk minumnua kucingnya cukup sering. Apakah normal in?
Kucing ku baik-baik saja gak itu/mungkin sakit? Terus biar nafsu makanya Naik gmna ya? Katanya dikasih kuning telor mentah, Cara kasihnya gmna? Apa dkocok dlu kucingnya Dan biar kucingnya jilat sndiri?

Dok mau tanya kenapa ya kucing saya dari kemaren pagi ngga BAB sama sekali dan nggak nafsu makan,ngga mengeluarkan suara sedikit pun, badannya lemes, klo dikeluarkan dari kandang suka gali-gali pasir dan itu pun bukan untuk BAB tapi ditidurin ada apa dengan kucing saya dok?

dokter , mau tanya.. kucing saya kemrin baik2 saja , terus hari ini seharian tdr aja , gak mau makan , badanny sedikit hangat.. didaerah sya , cari dokter hewan susah.. boleh tau obat apa yg saya bisa kasi ya dokter buat kucing saya?
untuk kondisi kucing saya , masih mau mainkm keluar

dok, sya mau nanya. kucing sya baru melahirkan, sebelumnya baik2 sja tpi setelah ditinggalkan kakaknya (kucing pertama sya) dia tidak mau makan. sdh hampir satu minggu, trus anaknya tdk diurus . minum air truss ndk mau mkan. sdh sya kasih obat cacing konvermex tpi tetep aja gk ada perubahan. knp ya dok???
sedikit tambahan dulu yang membawa kucingku ini kakaknya, waktu itu dia masih kecil. smpai dia hamil dan melahirkan kakaknya masih ada, tiba kakaknya mati karna cacingan mungkin dia sdh ndk mau mkan sma skali.
tolong dok dikasih jwban tntang persoalan ini! di tmapt ku tdk ada dokter hewan,aku tkut nnti dia sperti kakaknya yg gk mau makan hampir seminggu dan mati nya sangat mnyedihkan. gimana nasib anaknya 🙁

kucing juga bisa mengalami trauma secara psikis dan sedih, sebaiknya tetap diberikan perhatian yang lebih dengan mengajak bermain, berbicara, memang cukup aneh terdengarnya tapi cara ini bisa dilakukan, karena kucing juga punya perasaan. untuk anak, bisa diberikan susu dot jika memang induk tidak mau menyusui, kalau sudah bisa makan perlu diberikan makanan kitten. kondisi induk perlu diberikan makanan basah juga untuk merangsang nafsu makannya. silahkan baca ini ya : kucing tidak nafsu makan

stress pada kucing

Halo dok! Saya mau nanya, kucing saya sudah berumur hampir 10 bulan. Saya bingung dok, kucing saya walaupun setiap hari selalu makan tapi tidak pernah gemuk. Dia hanya tertutup oleh bulunya yang panjang dan tebal. Solusinya apa ya dok?
Makasih dok.

Tergantung jenis kucingnya ya, genetik juga, apakah memang bawaannya gemuk atau memang kurus, bisa juga krn ada parasit spt cacing.

Pagi dokter saya mau tanya kucing saya umurnya kira-kira udah 1 tahun lebih jenis anggora , dari semalem ga bisa buang air kecil udah bolak balik ke pasir tempat dia biasa buang air tapi sampe pagi ini ga keluar sedikit pun , cara mengatasinya gimana ya dok :’)
Mohon dibantu ya dok solusinya .
Makasih dok

Sudah diperisakan ke dokter ? Kondisi tdk bs kencing merupakan salah satu kondisi darurat yang penting untuk dilakukan penanganan segera

Pagi dok . Saya mau tanya kucing saya jantan jenis anggora dan umurnya udah 1 tahun 5 bulan lebih dok . .
Dari semalem belom buang air kecil dan udah bolak-balik ke pasir tapi ga ada keluar gimana ya dok solusi nya , mohon bantuannya dok .
Makasih

Maaf dok mau tanya, sy dpt anjing usia 3bln, klo mau dikasih combantrin syrup dosisnya brp klo pake suntikan dan diberikan brp lama? Sama imunos syrup dosisnya brp? Brp lama pula diberikannya? Makasih dok, td saya kirim almt email, yg pertama salah. A/N Erawan

Mau tanya dok,kucing sayang udah 3 hari buang air nya mencret sampe ada salah satu berdarah,terus d selangi muntah,susah makan,ini belum d vaksin semua,umur nya baru 1 bln,cuman udah d tinggal induk nya,biar tetap hangat saya pakai lampu d dekat kandang nya

Slmt malam Drh, saya mau tanya spertinya kucing saya flu/pilek (ada ingus) 2hari ini pdhl sdh 1x vaksin. Makannya pun kurang/tdk mau. Saya mau tnya untuk mmbantu penyembuhannya dgn viusid pets dan imunos plus syrup boleh? Kalau blh brp ya dosis yg tepat utk imunos plus dberikan pd kucing flu? Terimakasih drh mohon pencerahannya.

Saya mau tanya dok, tadi pagi kucing saya tiba-tiba kencingnya ada darahnya dan sepertinya sampai sekarang dia juga susah pipis. Obatnya apa ya dok?

dok, kucing saya usia 4bln, sebelumnya pupnya cair dan ada darah sedikit, diperiksa sama drh setempat katanya cacingan, kemudian diberi obat diarenya dulu tapi belum diberi obt cacing, krn mau disembuhin diarenya dl. Terus ketika saya mau memberikan drontal cat, kucing saya demam krn cuaca saat itu hujan terus menerus, setelah 2hari sembuh, saya berencana memberikannya drontal cat, tapi saya takut kekebalan tubuhnya jadi turun lagi. boleh tidak saya berikan stimuno terlebih dahulu sebelum memberikan drontal cat ? kalau boleh, berapa dosis stimunonya utk kitten tsb ? dan berapa kali sehari pemberian stimuno baru setelah itu pemberian drontal cat ?

Slmt malam Drh, saya mau tanya spertinya kucing saya flu/pilek (ada ingus) 2hari ini pdhl sdh 1x vaksin. Makannya pun kurang/tdk mau. Saya mau tnya untuk mmbantu penyembuhannya dgn viusid pets dan imunos plus syrup boleh? Kalau blh brp ya dosis yg tepat utk imunos plus dberikan pd kucing flu? Terimakasih drh mohon pencerahannya.

Leave a Reply

*