Mengapa Wajib Vaksinasi Pada Anjing dan Kucing – TANYA DOKTER HEWAN
Mengapa Wajib Vaksinasi Pada Anjing dan Kucing

Mengapa Wajib Vaksinasi Pada Anjing dan Kucing

Mengapa Wajib Vaksinasi Pada Anjing dan Kucing

Vaksinasi, kalau bahasa yang kita kenal adalah imunisasi. Vaksinasi atau imunisasi adalah proses memasukkan virus, bakteri, yang sudah dilemahkan dengan cara diatenuasi (sifat patogen nya dihilangkan dengan cara ini), jadi sifatnya akan merangsang terbentuknya antibodi tanpa menyebabkan sakit pada individu yang divaksinasi.

Vaksinasi penting untuk mempersiapkan diri terhadap penyakit virus maupun bakteri yang biasanya serius dan fatal. Vaksinasi juga mencegah agar hewan tidak tertular penyakit yg bisa menular ke manusia juga salah satunya adalah rabies.
Kalau sudah vaksin apa yang terjadi pada tubuh?
Vaksin akan merangsang sistem imun tubuh membentuk antibodi. Jadi harapannya ketika ada agen penyakit yang masuk, tubuh sudah punya pertahanan. Lebih baik mencegah kan, daripada mengobati?

Gejala yg mungkin muncul setelah vaksinasi adalah demam (berarti tubuh merespon  dan membentuk imunitas), tapi demam ini bervariasi pada setiap individu, ada yang tidak demam setelah vaksinasi, dan itu pun normal. Nafsu makan menurun, lebih cenderung diam atau aktifitas berkurang 1-2 hari pasca vaksinasi . Kalau lebih dari itu segera konsultasikan dengan dokter hewan. PASTIKAN HEWAN SEHAT SAAT VAKSINASI

Mengapa Wajib Vaksinasi Pada Anjing dan Kucing
Mengapa Wajib Vaksinasi Pada Anjing dan Kucing

Apakah hewan yang sudah vaksin akan terbebas dari infeksi?

Tentu tidak, karena infeksi virus, bakteri, dan parasit masih bisa terjadi karena agen penyakit itu secara bebas ada dilingkungan. Tapi, dengan vaksinasi akan meminimalisir kondisi yg parah dibandingkan individu yg belum vaksinasi.

Kenapa hewan saya mati setelah vaksinasi?

Beberapa  pet owner pernah curhat tidak mau vaksinasi hewannya karena mendengar kisah owner lain yg hewannya mati setelah vaksinasi.

Hal ini mgkn terjadi kalau saat vaksin hewannya sakit, stress, ada infeksi tapi belum muncul gejala klinisnya, atau mmg mengalami gangguan sistem imun, sehingga tidak merespon vaksin, atau vaksin yang digunakan palsu, bukan diberikan oleh dokter, sudah expire, atau sedang terapi dengan obat yg mensupress sistem imun, hamil.

Kenapa hewan saya mati setelah vaksinasi
Kenapa hewan saya mati setelah vaksinasi

Syarat vaksinasi apa saja?

  • Hewan harus sehat,
  •  tidak ada kasus kematian akibat penyakit 2 minggu sebelum vaksinasi,
  • apabila baru di adopsi perlu d tunggu 2 minggu supaya tidak stress,
  • Kondisi hewan tidak demam,
  •  tidak stress,
  • Tidak hamil,
  • HARUS DILAKUKAN OLEH DOKTER HEWAN BERWENANG. Dibuktikan dengan tandatangan dan stempel klinik dibagian buku vaksin.

Baca juga : vaksinasi pada anjing kucing 

Bagaimana jika vaksin yg melakukan bukan dokter hewan?

Tentu tidak bisa menjamin keamanan vaksin dan reaksi yg mgkn muncul pada hewan. Bisa saja dilakukan secara asal dan tidak bersih yg akan menyebabkan radang atau abses pada bekas suntikan, bahkan menyebabkan kematian.

Kapan vaksinasi dilakukan?

Vaksinasi dilakukan setelah usia 2 bulan atau 8 minggu. Karena harapannya pada usia tersebut sudah sedikit antibodi dari induk (maternal antibodi). Untuk hewan tanpa induk artinya tidak mendapatkan kolostrum (air susu pertama dr induk) perlu perhatian ekstra karena tidak ada perlindungan dr induknya.

Vaksin apa saja yg diberikan?

Untuk anjing : DHPPIL-R (DISTEMPER, HEPATITIS, PARVO,PARAINFLUENZA, LEPTOSPIROSIS, RABIES)

kucing : F3 ATAU F4 (FELINE PANLEUKOPENIA, FELINE CALICIVIRUS, FELINE RHINOTRACHEITIS, CHLAMIDYA)

Biasanya jarak booster  nya 3-4 mg dr vaksin pertama. Selanjutnya tahunan jika diperlukan. Untuk rabies wajib tahunan karen indonesia masih endemis rabies.

Untuk hewan lain seperti monyet, musang, racoon, perlu konsultasi dengan dokter untuk vaksinasi. Biasanya menggunakan vaksin yang sama dengan anjing atau kucing.

Jangan lupa terus konsultasikan kesehatan hewan peliharaan mu dgn dokter hewan terdekat.

 

 

*P.S Jika ada yang ingin ditanyakan/didiskusikan jangan sungkan bertanya melalui komentar di bawah ini ya.
Jangan lupa juga share artikel ini agar informasinya bisa bermanfaat bagi orang lain.

Drh Puspasari Respatiningtyas.
https://tanyadokterhewan.com

73 comments

Dok, kucing saya sudah steril tp setelah 3 bulan ada nanah yg keluar dr vaginanya, kemudian berhenti , beberapa bulan keluar lagi nanahny..kenapa ya dok?

waktu steril dipastikan diangkat semua rahim dan ovariumnya? jika ada nanah kemungkinan ada infeksi. segera konsultasikan lagi ya ke dokter

Dok, tiba” pagi ini anjing saya matanya menutup gt, sepertinya klu kena cahaya dia menutup matanya, itu kenapa ya dok?

Dok kucing saya setelah sakit skrg jd nafsu makannya kurang , harus diapakan ya dok ? Trus ada jamur dikuping dan di kaki , apakah pakai salep yg saya beli di petshop cukup untuk mengobati jamur tsb? Mks

Dok, anjing saya satu minggu lalu diare, ini hari ke-tiganya mau suntik cacing. Dokter hewan ditempat saya sdh mau beri suntik vaksin bersamaan dengan suntik cacing hari ini. Apa bisa itu dok? #Umur anak anjingnya pas dua bulan, sdh lepas susu induknya, sering gemetar, kotorannya masi ada KL 5-6 cacing.

vaksinasi harus dalam kondisi sehat, kalau ada cacing berarti tidak sehat 100%, sebaiknya diselesaikan dulu satu persatu terapinya baru dilakukan vaksinasi

Dok, anjing saya melahirkan anjing w2 kali tetapi bayi nya selalu meninggal dok. Setelah itu anjing saya sering merenung terus di iringi bulu nya juga rontok dok. Bagaimana mengatasinya dok?

konsultasi itu perlu dilakukan bersama pemeriksaan juga, tidak bisa hanya lewat kata-kata saja. kalau memang saya rasa perlu langsung dikonsultasikan ke dokter ya perlu dilakukan. kan saya gak bisa tau kalau hanya dari tulisan saja.

Dok saya mau tanya, kucing saya sudah 4 hari tidak mau makan , minum pun cuman sedikit, jam tidurnya melebihi jam tidur biasanya.Ditambah lagi mulutnya mengeluarkan air liur berlendir, berwarna coklat , dan berbau busuk. Saya sudah search di berbagai media, ada yang bilang kalau saya harus kasih kelapa muda ke kucing saya. Saya sudah lakuin, setelah kucing saya diminumin air kelapa muda dia sedikit membaik, dia sudah mau berdiri dan tidak tidur terus. Tapi air liurnya belum berkurang sama sekali, kira kira kucing saya sakit apa ya dok, dan bagaimana cara pengobatannya

Dok saya mau nanya dong, kucing saya umurnya udh 1tahun, tp belom saya vaksin, gapapa kan dok di vaksin udh umur setahun gitu? ada efek samping nya dok?

Tidak apa2, tapi kalau ada infeksi virus tdk menjamin bisa terlindungi ya. Kalau sdh vaksin kan sdh ada antibodi nya jd kalau terinfeksi tdk akan terlalu parah gejalanya

Dokter, Kucing saya belum pernah di vaksin. Sekarang usianya mungkin sekitar 2 tahunan….kalau mau di vaksin itu vaksin untuk apa ya dok? saya juga maunya vaksin rabies selain vaksin2 untuk kesehatannya…mohon infonya kira2 berapa biayanya dan vaksin apa saja ya dok…

Dok, saya bru 2 hr ini adopsi kitten, yg 1 umurnya hmpir 3 bulan dan yg satu tgl 5 ini genap 2 bln,, rencana saya mau vaksin tunggu mrka sudah trbiasa sama saya, nah yg saya tnyakan,bolehkah umur segitu saya pilih vaksin f4 langsung? Dan apakah ada vaksin yg hanya sekali tanpa di ulang bulan brikutnya? Krna kittennya stlah vaksin mau di bawa ke kmpung hlman yg blm ada dokter hewannya,,kitten dalam kondisi sehat hanya minum bulu blm tumbuh bekas jamur dan sdkit kutu,blm saya ksih obat cacing juga,

Vaksinasi perlu di booster terutama vaksin awal, tujuannya untuk meningkatkan antibodi thd virusnya.

dok anjing saya kok kurus ya. padahal nafsu makannya baik. minum obat cacing juga
tulangnya di punggung sampe kerasa gitu dok kalo dipegang.
emang dia high energy dog bangetttt. kalo dirumah jarang bisa diem pasti keliling2 terus, pokoknya aktif bgtt. apa itu berpengaruh jd gabisa gendut? bukan gendut, maksudnya ideal gitu. makasi sebelumnya Dok 😀

Aktifitas yg tinggi bs juga membuat energi nya jd g balance, terutama kalau asupannya tdk sesuai dgn energi yg dikeluarkan. Bs konsultasi dgn dokter juga ya ttg masalah ini

Dog, saya punya puppy golden umur 3bln. Dia suka sekali tidur di kamar mandi yg basah. Smp badan bagian bawahnya basah semua. Apakah kebiasaannya itu bisa berdampak negatif dok?? Mksh

Karena basah, rambutnya panjang, bs jd kulitnya rentan dgn infeksi jamur. Kemungkinan ingin tidur d tempat yg dingin. Bisa juga diberikan tempat yang nyaman. Kalau dirumah menggunakan ac, bs tempatkan kandang d tempat yg ber ac, atau bs juga ditempat dgn sirkulasi udara yg baik spy tidak terlalu panas.

Dok kucing saya birahi nah dia itu masih kecil ga kecil kecil amat, nah saya mikir dia itu belum bisa nyusuin, saya harus bagaimana dok ?,
Kalo kucing birahi kalo tidak di kawin kan apakah benar bisa menyebabkan kematian ?

Dok, ada anak kucing kampung liar datang ke rumah, tidak mau makan minum, udh di coba berbagai macam makanan berdasarkan referensi dr google, tapi ttp saja kucing tersebut tidak mau makan, dan saya rasa akan segera mati, gimana solusinya untuk menyelamatkan anak kucing kampung tersebut ?

kalau memang sudah dicoba disuapi tidak mau juga makan, sebaiknya dicek ke dokter karena kalau tdk diperiksa langsung tidak mengetahui kondisi sesungguhnya.

Umur kucing kamu berapa? Setau saya (bukan dokter) dan kebiasaan saya selama ini, kucing memang lebih baik tidak dibiarkan kawin dulu sebelum umurnya 1tahun, kalau kurang dari setahun takut kucingnya keguguran, gapapa mpussnya di kurung selama masa birahi, kalau mpussnha ngeong mulu atau gelisah, diajak main aja biar mpuss nya lupa. Nanti setelah umurnya lebih dari 1th baru boleh kawin. Jangan lupa mpussnya rutin dikasih vitamin.

Maaf dok ingin bertanya. Kalau kucing setelah vaksin pertama berapa hari harus diistirahatkan di kandang? Apakah f4 wajib satu bulan setelah vaksin pertama? Apa efeknya jika tidak faksin f4? Mohon penjelasannya terima kasih

Tidak perlu dikandangkan tidak masalah, booster sebaiknya sesuai dengan jadwalnya, jika lewat waktunya bs menyebabkan perlindungan thd virus tsb kurang maksimal.

Dok, saya mau tanya, kucing saya umur 8bulan, hari ini baru ke dokter krn mencret dan ada darahnya, udah dikasih obat, nah kalo mau vaksin kira2 jedanya berapa lama dari masa pengobatan ? Tadi ga sempet tanya karena dokternya langsung pergi

saat kucing sudah sehat, terai tetap diteruskan berdasarkan saran dokter. nanti dokter akan memeriksakan kembali dan melihat kondisi nya apakah layak vaksin atau tidak.

Dok saya mau tanya, saya baru saja mengadopsi seberian husky usianya sekitar 6 bln dan kata pemiliknya husky nya blm pernah divaksin sama sekali, bahaya tidak kalau saya vaksin diusianya saat ini. Dan vaksin apa yang cocok dok

vaksin menggunakan vaksin dasar, nanti dokter akan memberikan vaksin yang aman dan sesuai dengan kebutuhan anjng nya.

Dok, kucing saya matanya belekan terus dong. Kira kira kenapa ya dok? Udah saya kasih obat mata dok takutnya kucing saya sakit mata tapi sampe sekarang masih belekan dok teruz saya coba bersihin pake air hangat, tapi masih belekan juga dok. Pas dibersihin kaya perih gitu dok. Kenapa ya dok kira kira?

pemberian obat mata pada kucing sebaiknya tidak diberikan sembarangan tanpa pemeriksaan, kotoran mata (belek) memang salah satu ciri adanya infeksi atau radang pada mata, namun perlu juga dikonsultasikan ke dokter selain rajin dibersihkan untuk mendapatkan penanganan yang sesuai.

Dok, saya mau nanya nih, anjing saya (umur 15bulan)
Setelah vaksin yg ketiga , sdh dua hari ini nafsu makannya agak menurun, dan pupnya kaya diare gt (cm sekali sehari). Itu gejala normal (setelah vaksin) kah Dok? Terimakasih

beberapa anjing memang memiliki respon berbeda terhadap vaksin, jadi memang perlu dipastikan saat vaksin anjing benar-benar sehat dan siap vaksin. tetap berikan makanan yang sesuai, kalau perlu diberikan makanan dengan protein tinggi untuk meningkatkan nafsu makannya misalnya diberikan daging rebus, ayam rebus. kalau baru sekali belum termasuk diare, bisa hanya mencret saja. kalau diare terjadi pup lembek dengan frekuensi yang sering (lebih dari 5 kali, waktunya berdekatan). kalau masih berlanjut kondisinya hingga 2 hari kedepan disertai diare yang parah segera konsultasikan ke dokter.

Permisi dok..
Sekarang sy adopsi kucing jenis persia . Mungkin umurnya sekitar setahunan . Kata si pemilik sebelum saya, kucingnya belum pernah vaksin sekalipun . Vaksin pertama yang baik untuk kucing apa ya ?

silahkan artikelnya dibaca ya, disitu sudah dijelaskan dengan jelas vaksin yang pertama dilakukan lalu pengulangannya.

Dokter, tanggal 30 Juni 2018 kemarin saya bawa kucing saya kedokter untuk di vaksin. Ini tadi baru saya cek di buku vaksinnya, ternyata di stiker vaksinnya tertulis expired date tanggal 12 Juni 2018.
Apa yang harus saya lakukan? Apakah perlu di vaksin ulang? Berbahaya tidak apabila divaksin ulang?
Terima kasih..

Baiknya d vaksin ulang ke dokter nya, supaya dokter juga tau kalau sudah expire vaksinnya. Krn vaksin yg sdh expire tentu efektifitasnya berkurang.

Dok anjing saya baru 3 bulanan kenapa dia penakut dan cengeng ya dok, dan tidak lincah ,, apalagi kalau tidur malam dia maunya di dekat saya tidak mau kalo di taruh di luar kamar dalam keadaan pintu saya tutup?

Assalamualaikum dok. Saya pelihara kucing yg datang ke rumah sekitar semingguan lalu dalam keadaan scabies di telinga dan kepalanya. Setelah hari ke 3 datang saya vaksin scabies. Smp saat ini kulit2 matinya masih rontok terus dan belum bersih. Untuk vaksin F4 nya menunggu 2 minggu dr tanggal kedatangan si kucing atau menunggu sisa2 scabiesnya menghilang? Terima kasih dok

untuk scabies belum ada vaksinnya, mungkin yang di injeksikan adalah suntikan antiektoparasit. sebaiknya vaksin saat kondisinya sudah benar2 sehat, menunggu benar2 kondisi kulit kembali ke kondsi semula tanpa kerak.

Dok, kucing saya 2 persia umur 2,5 bulan, seminggu sebelum nya kena earmites, sama mencret, hari ini di konsultasikan lg ke dokter, sdh tdk mencret dan tdk ada earmites lg, waktu datang ke klinik, kucing yg 1 dlm keadaan kepanasan karna pet cargo nya kurang sirkulasi udaranya, sampe mengeluarkan liur, dan basah ke lehernya, tp dokter bilang sdh bisa di vaksin pertama, tp setelah di vaksin, yg 1 jd tidak mau makan, lemes terus, tiduran trs, dan tidak aktif, apakah Itu normal dok? Saya harus gimana?

Seperti yg dijelaskan diartikel, bbrp kondisi bs terjadi pasca vaksin. Kalau lebih dr 2 hari baiknya konsultasikan ke dokter.

salam dok, saya punya kcing dpt dikasih sama teman saya, dan dia lupa umur kucingnya hanya kisaran aja 5-6 bulan. masalah vaksin juga teman saya lupa dan buku vaksinnya hilang teman saya gajelas dok, mohon solusinya dok apa sebaiknya saya vaksin ulang? terimakasih

assalamualaikum dok , saya mau nanya nih soal kucing kampung saya sebelumnya saya sudah bawa ke dokter soal dia diare awalnya gitu kan pas di suntik di berikan penangan baik oleh dokternya ini setelah dia bab dia mengeluarkan cacing panjang banget setiap bab selalu keluar cacingnya , nah kebetulan saya lagi ke kampus dan bapak saya di rumah jagain kucing saya yang masih umur 2 bulan kecil banget badannya g nyampe 1 kg BB nya , dan bapak saya kasih susu kucing buat dia minum susu gtu karena induknya g ada terjadilah mencret / diare lagi dok , nah itu apakah saya harus Konsul lagi atau saya beli obat petshop cara mencegah nya beli obat di petshop , kebetulan kucing saya g bisa di kasih obat yg bijian gitu bisanya pakai tetesan cairan gtu dok , karena dia masih kecil kucingnya.

hallo dok, mau tanya. saya baru aja pelihara anjing dia umur 3 blm dan tanggal 5 agustus kemarin baru saja menjalani vaksinasi( plus obat cacing) yg pertama. yg saya heran sehabis vaksin kok dia ga lemes sama sekali ya? malah akftif seperti biasa. apakah itu normal dok? saya takunta vaksinnya tidak bekerja makanya dia tidak lemas. tapi beberapa saat sehabis vaksin dia muntah, setelah itu normal kembali. di tunggu jawabannya ga ya, dok. makasih

respon tubuh terhadap vaksin berbeda2, tidak masalah jika tidak memperlihatkan kondisi demam atau lemas karena memang tidak tentu memperlihatkan gejala tersebut. yang terpenting perlu diperhatikan saat vaksinasi harus sehat.

Dok izin bertanya, kucing saya saat bernafas terdengar seperti ada suara nafas tambahan tp tdk ada tanda gejala terkena flu dok. kira-kira knp ya dok?

Perlu dicek lebih lanjut bagaimana yg dimaksud suara tambahan, krn bisa saja iti suara yg normal pd kucing yg dinamakan purring.

Dok, kucing saya pertama x vaksin di umur 6 buln dan langsung vaksin F3 dan sebulan kemudian F4.
Tp koq utk.vaksin rabiies jeda waktunya setahun yaa dr vaksin F4?

Bisa dicek kembali buku vaksinasinya, didepannya ada info kapan saja perlu vaksinasi. Ada yg bersamaan antara vaksin rabies dan vaksin f4, ada juga yg jeda 2 mg ataupun 1 bulan. Untuk tahunan biasanya pengulangan .

Dok kucing saya sdh 7bln..jenisnya Siam..waktu di adopsi umur 3bln bulunya putih..cmn bagian telinga,ekor dan kaki yg warna hitam..pas usia 7bln mulai badannya tumbuh warna kecoklatan di muka jg,serta kaki mulai tp gk merata..yg sy mw tanya apa ada hubungan nya kerontokan bulu sm bergantinya bulu yg warna kecoklatan itu? Trus..kucing sy sehat no.kutu no.jamur…tp smpai sekarang blom di vaksin…apa bisa langsung sy vaksin F4 tanpa harus F3 dlu..?? Trima kasih..dan mohon di jawab y dok….

Vaksin bs langsung saja dilakukan asal sehat, brrt vaksinasi awal nanti diulang sebulan untuk booster lg. Pada kucing dgn rambut jenis shell point spt himalaya msh sgt mungkin timbul spot2 warna baru, tgl dilihat kembali warna induknya spt apa.

Dok kucinh saya baru saja di vaksin yang ke dua kalinya… tapi besoknya setelah vaksin dia kurang nafsud makan terus tiba2 muntah makanan yg dimkannya dan bening juga… kucing saya knp y dok? Apa karena vaksinny?

Perlu diperhatikan saat vaksin kondisinya harus sehat, komplikasi setelah melakukan vaksinasi jarang sekali terjadi jika kondisi kucing sehat. Sebaiknya segera konsultasikan ke dokter supaya mendapatkan penanganan lebih lanjut.

Dokter kucing saya meninggal karena distemper, dan satu hari setelah dia meninggal saya vaksin anak-anaknya, apa gak bahaya ya dokter, tpi udh di periksa kedokter hewan dia gak demam trus dokternya lngsng vaksin, skrg kucing saya tidak mau makan dan minum, dia lemas dan terus duduk di wc

Baiknya tdk langsung d vaksin setelah ada kasus, perlu menunggu 2 mgu supaya memastikan kittennya sdh terinfeksi atau belum. Krn saat sdh terinfeksi, tentu ketika sdh terlanjur vaksin, bs jadi tubuh jadi drop dan tdl efektif . Jd sebaiknya konsultasikan kembali ke dokter, terutama jika kitten mengalami penurunan aktifitas lbh dr 2 hr.

Doc saya baru terima adopsi kucing dan kondisinya memang agak memprihatinkan,hari pertama saya langsung bawa ke doc hewan dan kata dokternya berat badannya hanya 380gr di usia yg kurang dr 2.5bln harusnya berat badannya dg usia kucing tersebut bisa sampe 800gr. Ditambah lagi kutunya sangat banyak dan terutama di bagian kuping dan kucing saya dikasih obat kuping dan vitamin aja. Setelah proses 1.5bln saya rawat sndri dg obat trakhir dr doc tersebut sampe skrg saya blm ke doc lagi karna bingung harus gmn lagi. Tetapi setelah saya rawat 1.5bln bersama saya berat kucingnya bertambah menjadi 1kg ada kemajuan dan juga kucingnya sangat aktiiff meskipun bulunya semakin habis karna kutu/parasit. Gimana ya doc apa yg harus saya lakukan utk mengatasi kutu/parasitnya dan meskipun berkutuan maksimal tapi si kucing aktif bageeeet ampe gak bisa diem klo di ajak main bahkan main sndri keasikan seolah2 gk punya penyakit saking aktifnya,mohon arahan selanjutnya ya doc?.

Bisa diberikan obat antikutu yang khusus untuk kitten. Dimandikan bisa saat usia 2 bulan dengan kondisi sehat.

Leave a Reply

*