Suara kucing serak

Misty jaba asked 4 months ago

Kepada Ibu dokter,
Saya punya anak kucing berumur 2 bln, jenis domestic (kucing kampung indo), jantan belang 3 (telon)
Pada hari pertama saya adposi, suara nya jernih2aja. Wktu itu dia mengalami sembelit, uda 2 hari ga pup. Krna pengetahuan saya wkt itu masih minim, jd saya minumkan dia obat pencahar manusia, tp dgn dosis 1/16 dr kapsul yg biasa d minum manusia. Nah sejak d minumkan obat itu, suaranya jd serak parao spt klo orang abis teriak2 seharian, besoknya suara nya ilang.. Kt mama ku kucing nya panas dalam krna jarang minum. Memang sih kucing ku jarang minum, tp belakagan ini udah rajin minum. 
Pertanyaan saya dok, bagaimana cara menyembuhkan suaranya dgn obat herbal/ obat apa lah yg gampang d temukan d apotek. Karena utk 1,5 minggu kedepan, di daerah saya tinggal, klinik hewan ud pada tutup krna liburan idul fitri. Kucing saya sehat sih, cuma kasian aja suara nya serak pas meong2.
Saya harap balasan nya dok.. 
Terimakasih, 
Misty jaba 

1 Answers
drh. Puspasari Respatiningtyas Staff answered 4 months ago

sebaiknya memang diperiksakan ke dokter, suara serak bisa karena ada gangguan di saluran nafas ataupun infeksi seperti flu, pemberian obat snagat tidak disarankan tanpa pemeriksaan terlebih dahulu. sebaiknya pastikan kondisinya nyaman, berikan makanan basah agar nafsu makannya meningkat, serta bisa berikan vtamin khusus kucing, saat pagi hari dijemur 5-10 menit.