6 Buah Ini Dapat Menjadi Snack yang Menyehatkan bagi Anjing Anda – TANYA DOKTER HEWAN
6 Buah Ini Dapat Menjadi Snack yang Menyehatkan bagi Anjing

6 Buah Ini Dapat Menjadi Snack yang Menyehatkan bagi Anjing Anda

Pernah terpikirkan memberikan buah untuk anjing anda? Selain sayur, buah bisa menjadi snack yang menyehatkan untuk Anjing anda dikala bermain maupun latihan. Memberikan buah pada Anjing Anda pun dapat memberikan manfaat terutama untuk kesehatan gigi. Tekstur buah yang keras dapat melatih proses mengunyah serta menghilangkan karang gigi pada Anjing anda. Buah yang dikonsumsi sebaiknya telah dibersihkan biji maupun tangkainya untuk menghindari tersedak.

 

6 Buah Ini Dapat Menjadi Snack yang Menyehatkan bagi Anjing
Sumber : http://bunkblog.net/

6 buah ini dapat menjadi snack yang menyehatkan untuk Anjing Anda, berikut daftarnya:

  • Blueberries

Blueberries mengandung tannin yang sangat baik untuk Anjing Anda karena dapat mencegah terjadinya infeksi saluran urinari (perkemihan).  Selain itu, blueberry sangat baik pula untuk kesehatan jantung serta sebagai anti kanker. Anda dapat memberikan blueberry sekali waktu saja karena terlalu sering memberikannya akan menyebabkan diare.

  • Semangka

Semangka tanpa biji merupakan pilihan yang tepat bagi Anjing Anda karena kadar  air yang cukup tinggi sehingga menyegarkan. Semangka memiliki rasa yang manis sehingga tidak disarankan diberikan terlalu banyak .

  • Strawberry

Anda sangat menggemari rasa manis asam dari strawberry bukan ? Sensasi rasa ini pun memberikan rasa yang menyenangkan bagi Anjing Anda terutama strawberry beku (frozen strawberry). Manfaat strawberry sebagai sumber vitamin C serta antioksidan dapat memberikan efek yang baik bagi Anjing Anda.

  • Apel

Apel memiliki tekstur yang keras sehingga ketika mengunyahnya akan menyebabkan terangkatnya karang pada gigi Anjing Anda. Hal ini akan membuat Anjing Anda terhindar dari masalah bau mulut dan infeksi rongga mulut. Perlu anda perhatikan pula biji buah apel dapat menyebabkan keracunan pada Anjing karena mengandung racun sianida.

  • Pisang

Pisang mengandung banyak serat sehingga sangat baik untuk pencernaan Anjing Anda. Pisang sebagai sumber kalium pun sangat baik untuk menghindarkan dari kondisi hypokalemia.  Kalium sangat penting dibutuhkan untuk pergerakan.

  • Melon kuning

Mengonsumsi melon kuning sangat baik bagi Anjing karena mengandung banyak vitamin A yang sangat bermanfaat bagi kesehatan mata serta dapat mencegah terjadinya kanker.

Konsumsi buah-buahan ini dilakukan sebagai makanan pendamping saja, sebagai pengganti snack yang sehat dan kaya manfaat. Anda dapat memvariasikan penyajian buah untuk Anjing Anda dengan dikonsumsi secara langsung maupun dibuat snack dalam bentuk biscuit sehingga Anjing Anda akan lebih bahagia. Mencampurkan buah dengan yoghurt pun dapat menjadi pilihan tepat. Saat anda mengonsumsi yoghurt tidak ada salahnya anda berbagi dengan Anjing Anda. Yoghurt sangat baik untuk Anjing Anda terutama untuk pencernaan, namun hentikan konsumsi jika menimbulkan efek diare pada anjing Anda. Perlu Anda perhatikan tidak memberikan anggur maupun  kismis pada anjing Anda karena termasuk makanan berbahaya.

8 comments

sore dok, saya mau tanya.. apakah benar kulit telur ayam itu bagus untuk tulang anjing? saya pernah baca di internet kayanya bagus untuk vitamin tulang, tapi kata tetangga saya yg sudah bertahun2 punya anjing, sebaiknya jangan karna kulit telur ayam itu tajam dan bisa melukai usus anjing saya. mohon jawabannya dok, terimakasih

dan juga tulang ayam, apakah tidak boleh diberikn ke anjing karna tajam dan bisa melukai usus anjing dok?

Tulang ayam bisa beresiko melukai gigi, gusi, dan tersedak, sebaiknya tdk diberikan tulang yg keras, kalau mau d presto dulu bisa

Sebenarnya bisa sebagai sumber kalsium, tapi kalau sulit untuk diberikan masih banyak sumber kalsium lain spt kaldu tulang, tulang rawan kaki ayam, telinga babi, dan lain sebagainya.

dok anjing saya jenis poodle umur 4 bln jamur nya banyak bgt dok, udh coba obat megadem dan rutin 2x sehari mandikan pakai sampo zebanol, tdk kunjung sembuh dan tdk berkurang dok, dan skrng sayanhentikan megadem nya dok, saya disarankan kasih obat minyak ikan yg jual di pet shop dok, udh 2x minum dok, rada hilang bagian perut cuma bagian kepala makin banyak dan sampai kehidung ke bibir anjing dan daun telinga dok, tlng kasih saran baiknya seperti apa dok ?

apakah sudah dikonsultasikan ke dokter? sebaiknya diperiksakan dulu untuk dicek apakah benar karena jamur saja, atau bisa saja ada infeksi lain spt tungau bahkan alergi.

Leave a Reply

*