5 Poin Kesejahteraan Hewan yang Wajib Anda Ketahui – TANYA DOKTER HEWAN
Kesejahteraan hewan 5 poin penting Tanya Dokter hewan

5 Poin Kesejahteraan Hewan yang Wajib Anda Ketahui

Animal welfare atau dalam bahasa Indonesia kesejahteraan hewan. Kenapa penting ya?

Pernah dengar istilah kesejahteraan hewan sebelumnya? Mungkin banyak orang termasuk anda yang masih asing dengan istilah kesejahteraan hewan.

Pada Manusia, kita tentunya sudah familiar dengan istilah Hak Asasi bagi Manusia. Hak untuk berpendapat, Hak untuk berkumpul, Hak untuk mendapatkan pendidikan, dll. Hak berarti sesuatu tersebut harus bisa kita jangkau, sehingga sederhananya jika kita tidak bisa mendapatkan hak apa yang saja yang seharusnya bisa kita terima maka harus ada yang bertanggung jawab agar kita mendapatkannya. Sebagai contoh  munculah program wajib belajar 9 tahun sebagai realisasi Hak mendapatkan pendidikan bagi warga Negara.

Nah bagaimana dengan Hak untuk mencapai kesejahteraan pada hewan?
Kesejahteraan pada hewan yang dimaksud adalah  hewan yang dipelihara secara langung oleh manusia, bukan hewan liar atau buas yang ada di hutan misalnya. Karena ketika kita memutuskan untuk memelihara hewan, maka kita secara langsung bertanggun jawab terhadap kesejahteraan hewan yang kita pelihara tersebut.

 

smile

Berikut 5 hak hewan yang harus anda ketahui,

Free from hunger and thirst  : bebas dari rasa lapar dan haus
Sebagai pemilik he wan, hal utama yang perlu di perhatikan adalah memberikan hewan peliharaan kita makan dan minum. Mungkin anda pernah dengar beberapa kisah agama yang menceritakan perbuatan dosa akibat tidak memberikan makan hewan peliharaanya hingga mati. Ya, Bahkan dalam sisi agama memberikan pakan bagi hewan peliharaan cukup penting sebagai tanggung jawab pemilik hewan terhadap hewan yang dipeliharanya. Jadi jika anda memutuskan untuk memelihara hewan, pastikan anda memberikan makan dan minum yang cukup bagi hewan peliharaan anda.

Free from  discomfort  : Bebas dari rasa tidak nyaman
Bukan hanya manusia yang memiliki Hak untuk bebas dari rasa tidak nyaman, hewan pun punya hak yang sama untuk bebas dari rasa tidak nyaman. Sebagai pemilik hewan,  memberikan rasa nyaman pada hewan peliharaan dapat dilakukan contohnya dengan memberikan tempat yang layak dan sesuai bagi hewan dan juga tidak memberikan asesoris hewan yang berlebihan.

Free to express natural behavior  : Bebas untuk mengekspresikan kebiasaan nya .
Bebas mengekspresikan kebiasaan hewan berarti tidak mengganggu/mengcontohnya realnya adalah untuk berkembang biak, bermain, berinteraksi dengan lingkungan dan hewan sekitarnya. Jika kita memiliki anjing hendaknya memiliki waktu mengajak berjalan, berlari, bermain tangkap bola dan lainnya. Jika kita memiliki sugar glider misalnya sediakan tempat seperti kantung dan ranting-ranting sehingga dia dapat bermain dengan bebas.

Free from pain, injury, and disease : Bebas dari rasa sakit dan kesakitan.
 memelihara hewan dengan baik jangan membiarkan hewan menjadi sakit, tidak menyiksa hewan peliharaan, tidak melakukan kegiatan mengadu hewan, jika hewan sakit maka perlu diberikan pengobatan ke dokter hewan

Free from fear and distress : Bebas dari rasa takut dan stress .

Hewan yang berkelompok hendaknya dipelihara berkelompok tidak sendirian, hewan tidak ditakut takuti, hewan tidak diancam. Hewan akan merasa terancam ketika kita melakukan tindakan provokatif seperti mengagetkan serta memukul hewan.
Memberikan perilaku yang baik terhadap hewan peliharaan anda akan memberikan timbal balik positif pada anda. Hewan peliharaan anda akan setia dengan anda, akan memberikan pelayanan terbaik untuk anda. Memberikan nutrisi serta menjaga kesehatan nya pun akan berdampak lingkungan yang sehat untuk rumah anda. Treat the well , your pet your family .

2 comments

Leave a Reply

*