Siapkan 3 Hal ini Jika Anda Memiliki Hewan Peliharaan di Rumah – TANYA DOKTER HEWAN

Siapkan 3 Hal ini Jika Anda Memiliki Hewan Peliharaan di Rumah

Memiliki hewan peliharaan seperti anjing dan kucing tentu perlu memperhatikan kesehatan dan kenyamanannya dengan seksama. Kucing ataupun anjing yang sehat akan sangat aktif dalam bergerak. Terkadang mereka tidak menyadari akan bahaya yang mungkin terjadi disekitarnya karena asik bermain. Oleh karena itu sebagai pemilik hewan yang bertanggung jawab kita perlu mempersiapkan bernagai hal untuk mengantisipasinya. Kecelakaan yang mungkin terjadi pada hewan kesayangan anda seperti luka tertusuk, tergores, terkuak, bahkan patah tulang.

Berikut hal yang perlu anda persiapkan di rumah untuk menangani kondisi darurat

  1. Memiliki kontak dokter hewan praktik yang mudah dijangkau

Kontak dokter hewan praktik sangat penting dimiliki terutama untuk kondisi darurat yang membutuhkan penanganan segera terhadap hewan peliharaan Anda. Tidak jarang pula terdapat praktik dokter hewan yang menyediakan layanan House call sehingga Anda hanya menghubungi dokter hewan tersebut.

  1. Memiliki peralatan P3K

Memiliki peralatan P3K yang penting Anda miliki yaitu antiseptik (rivanol, alcohol 70%, Povidone Iodine),  cairan saline (NaCL fisiologis 0.9%),  Kasa steril, kapas, Plester pembalut luka, Pinset tidak bergerigi (Pinset anatomis), Gunting tumpul tajam bengkok, sarung tangan latex non steril (gloves),  serta thermometer.

Kecelakaan pada Anjing Tanya Dokter Hewan
Sumber :poolhouse.s3.amazonaws.com
  1. Memiliki pet carrier serta alat pengendali (restrain)

Pet carrier perlu Anda miliki sesuai dengan ukuran tubuh hewan kesayangan Anda karena akan memudahkan Anda dalam membawa hewan Anda ke dokter hewan. Alat pengendali (restrain) pun penting Anda miliki terutama pada kondisi kesakitan makan hewan Anda akan sulit untuk dikendalikan. Alat restrain Anjing yang terpenting adalah muzzle atau berongsong untuk melindungi Anda dari gigitan yang spontan karena kesakitan. Alat restrain untuk kucing seperti sarung tangan kulit yang tebal ataupun handuk untuk meindungi pula anda dari gigitan serta cakaran kucing.

Kunci utama dari penanganan kecelakaan pada hewan kesayangan Anda adalah Jangan Panik !

Leave a Reply

*