Senang Bermain di Dalam Rumah Bersama Anjing dan Kucing, 4 Hal Ini Tidak Boleh Terlewatkan – TANYA DOKTER HEWAN
4 Hal penting memelihara anjing dan kucing

Senang Bermain di Dalam Rumah Bersama Anjing dan Kucing, 4 Hal Ini Tidak Boleh Terlewatkan

Memiliki Anjing dan kucing memang sangat menyenangkan, bermain bersama mereka membuat perasaan senang dan relaksasi. Beberapa dari Anda pasti senang membawa anjing atau kucing Anda bermain bersama di ruang keluarga dengan anggota keluarga yang lain. Jika Anda senang bermain di dalam rumah dengan Anjing dan Kucing, jangan sampe lewatkan 4 hal ini :

  1. Selalu membersihkan karpet, kasur, serta sofa dan hindarkan dari kelembaban

Karpet, kasur, serta benda lainnya yang berserat terutama daerah yang lembab merupakan tempat yang sangat sempurna bagi bertelurnya pinjal (flea) atau “kutu” loncat pada Anjing dan Kucing Anda. Ukurannya memang sangat kecil hanya berkisar 2 mm sehingga anda tidak bisa melihatnya. Namun ketika ada pinjal pada furniture anda maka akan sangat membuat gatal Anda dan hewan peliharaan Anda.  Mungkin pada tubuh hewan peliharaan Anda tidak terdapat lagi pinjal karena telah memperoleh perawatan. Namun ternyata pinjal bisa bertahan berbulan-bulan pada furniture anda.

4 Hal penting memelihara anjing dan kucing
Telur dan Larva Pinjal Pada Karpet yang Lembab
Sumber : Pfizer Atlas Parasitology
4 Hal penting memelihara anjing dan kucing
Pinjal pada Anjing dan Kucing
Sumber : www.cdc.gov
  1. Sediakan media scratching untuk kucing Anda terutama kucing muda

Anda tentunya tidak menginginkan furniture Anda yang berharga tinggi mengalami kerusakan bukan? Kucing usia muda memiliki rasa ingin tahu yang tinggi terhadap berbagai hal. Mengasah kuku pun perlu dilakukan untuk kucing sehingga kuku tidak terlalu tajam. Benda yang bertekstur seperti karpet dan sofa merupakan tempat menggoreskan kuku yang paling nyaman untuk kucing Anda. Oleh karena itu anda perlu memfasilitasi kebiasaan kucing Anda ini dengan memiliki scratching board sehingga tidak merusak furniture kesayangan Anda.

4 Hal penting memelihara anjing dan kucing
Sumber : www.theinfomercialguys.com
  1. Menyediakan mainan sebagai media menggigit (biting/chewing) untuk Anjing usia muda

Usia 3-6 Bulan pada anjing termasuk usia observasi Anjing sehingga anjing memiliki keinginan yang tinggi terhadap berbagai hal. Tidak hanya itu, pada usia ini terjadi pergantian gigi dari gigi susu menjadi gigi tetap. Perasaan gatal pada gigi akan menghantui Anjing Anda pada masa-masa ini sehingga Anjing cenderung akan menggigiti sesuatu. Anda perlu menyediakan mainan untuk menggigit seperti boneka, tulang, dan lainnya. Jika anda terlupa melakukannya maka benda kesayangan Anda seperti sepatu, sandal, maupun boneka kesayangan Anda dapat menjadi korbannya.

4 Hal penting memelihara anjing dan kucing
Sumber : www.wisegeek.org
  1. Kastrasi Kucing Jantan Anda untuk mengurangi spraying dan marking pada perlengkapan rumah Anda

Spraying atau menyemprotkan urine maupun feromon pada kucing jantan merupakan hal yang sangat wajar karena peran testosterone yang menyebabkan dominansi pada jantan. Kucing jantan Anda tentu ingin menunjukkan kekuasaannya pada daerah tertentu, terutama bagi Anda yang memiliki kucing jantan lebih dari satu. Spraying dan marking ini tidak akan menjadi masalah jika dilakukan di luar rumah, namun ketika berada di dalam rumah Anda tentu akan menimbulkan bau yang tidak menyenangkan. Oleh karena itu, kastrasi kucing anda pun penting untuk mengurangi kondisi spraying dan marking yang tidak diinginkan selain bermanfaat pula untuk kesehatan reproduksi Anjing dan kucing Anda.

4 Hal penting memelihara anjing dan kucing
Sumber : www.sprayalert.com

Menjaga kebersihan diri dan hewan peliharaan Anda pun merupakan hal terpenting untuk menghindari keberadaan parasit pada rumah Anda.  Pembersihan rumah dari parasite pun dapat dilakukan secara periodic 6 bulan sekali untuk menghindari adanya sarang-sarang parasit pada rumah Anda. Masalah tingkah laku yang muncul seperti biting, spraying,marking dapat diatasi dengan tindakan disiplin dari anda dan hewan peliharaan Anda dengan melatih sejak dini. Mengajak bermain hewan peliharaan Anda di dalam rumah perlu melakukan orientasi terlebih dahulu, berikan batasan mana ruangan yang boleh dimasuki oleh anjing maupun kucing Anda dengan melatihnya sejak kecil. Komunikasi yang baik antara Anda dan hewan peliharaan Anda akan memberikan suasana yang lebih menyenangkan di dalam rumah.

Leave a Reply

*