Tidak Semua “kutu” pada Anjing dan Kucing adalah Kutu – TANYA DOKTER HEWAN
Kutu anjing dan kucing tanyadokter hewan

Tidak Semua “kutu” pada Anjing dan Kucing adalah Kutu

Tidak Semua “kutu” pada Anjing dan Kucing adalah Kutu

Penamaan kutu pada parasit Anjing dan kucing sebenarnya kurang tepat. Namun sebagai pemilik anjing maupun kucing banyak yang mengatakan bahwa pada rambut hewan kesayangan mereka terdapat kutu. Kenyataannya parasit yang terlihat menempel dan mengambil darah hewan kesayangan Anda adalah pinjal (flea),  caplak (tick), serta tungau (mite) . Kutu dalam bahasa inggris dikenal dengan lice, kutu yang sesungguhnya dapat kita lihat di rambut manusia yaitu kutu rambut. Bentuk kutu rambut berbeda dengan parasit yang menempel pada anjing atau kucing Anda bukan ?

Berikut adalah parasit yang terdapat pada anjing dan kucing :

Pinjal (Flea) Ctenocephalides felis dan Ctenocephalides canis 

Pinjal ini berbentuk pipih yang akan terlihat menjalar pada rambut anjing atau kucing berwarna coklat, ketika pinjal akan ditangkap pinjal akan meloncat. Loncatan pinjal ini sangat tinggi hingga mencapai 20 cm. Tidak hanya membuat gatal anjing dan kucing Anda, namun gigitan pinjal ini dapat menyebabkan kegatalan, gigitannya cukup menyakitkan dan akan terlihat bintik merah kecil pada kulit. Pinjal ini senang bertelur pada daerah yang berserat seperti pada karpet,maupun kursi. Jadi berhati-hati dan jaga kebersihan rumah dan hewan peliharaan Anda.

Pinjal akan bertelur dan berkembang pada karper, kursi, kasur, dan permukaan yang lembab kemudian setelah 2-5 hari telur akan menetas menjadi larva, larva akan berkembang menjadi pupa, lalu menjadi dewasa. Saat dewasa pinjal akan meloncat ke tubuh anjing maupun kucing, lalu siklus hidupnya berulang. Siklus hidup ini akan berlangsung selama 2 minggu hingga beberapa bulan. Pinjal menggigit anjing atau kuicng kemudian akan menyebabkan alergi yang ditandai dengan gatal. Gatal yang berlebih akan menyebabkan iritasi dan akhirnya akan lebih parah dan terlihat terdapat lecet serta bernanah dikarenakan infeksi bakteri.

Kutu anjing dan kucing tanyadokter hewan
Pinjal pada Anjing dan Kucing
Sumber : www.cdc.gov

Caplak (Ticks) Rhipicephalus sanguineus

Caplak ini ditemukan pada anjing, bentuknya pipih, namun ketika terisi penuh darah akan berbentuk bulat dan terlihat jelas dengan mata. Caplak yang menghisap darah hanya caplak betina, karena membutuhkan darah untuk bertelur. Caplak betina yang telah kenyang darah akan jatuh ke permukaan tanah yang berumput kemudian akan menetaskan telurnya. Telur akan berubah menjadi larva dan nimfa kemudian berkembang menjadi dewasa. Saat dewasa caplak akan menempel pada anjing ketika anjing berguling di rumput. Siklus hidup ini berlangsung selama 3 minggu hingga 1 tahun.

Caplak ini merupakan parasit yang berbahaya karena selain menyebabkan kegatalan, caplak ini membawa parasit yang hidup di darah merah yaitu Babesia dan Erhlichia. Parasit darah ini akan sangat merugikan karena menyebabkan anemia (kondisi kurang darah) pada Anjing. Tidak hanya Anjing yang dapat diserang oleh caplak ini, manusia pun dapat tergigit oleh caplak ini. Oleh karena itu saat anda melihat caplak ini di anjing anda, Anda perlu berhati-hati gunakan lah sarung tangan ataupun pinset untuk mengambilnya. Kemudian tidak disarankan membunuhnya secara langsung karena akan menyebarkan telur ke lingkungan, namun perlu menyediakan tabung dengan alcohol 70% lalu caplak dimasukkan ke dalam tabung tersbeut kemudian ditutup rapat.  Gigitan caplak pada manusia dapat menyebabkan penyakit Rocky mountain spotted fever (demam disertai bintik), tapi sangat berbeda dengan demam berdarah ya!

Kutu anjing dan kucing tanyadokter hewan
Caplak anjing kenyang darah
Sumber : www.photographersdirect.com

Tungau (Mites)

Tungau merupakan parasit yang sulit dilihat oleh mata telanjang, parasit ini akan jelas dilihat dengan bantuan mikroskop. Tungau sangat senang bersembunyi dan membuat terowongan di kulit. Demodex merupakan salah satu tungau dengan bentuk mirip wortel, sangat senang membuat terowongan di kulit sehingga akan menyebabkan kegatalan luar biasa. Selain demodex, tungau lain yang menimbulkan kegatalan yaitu tungau penyebab scabies (kudis) pada anjing maupun kucing. Tungau penyebab scabies yaitu Sarcoptes scabiei yang akan membuat kulit anjing atau kucing anda menjadi kasar dan seperti berkerak. Selain terlihat adanya perubahan pada kulit, terdapat tungau yang menyenangi bersarang di tempat yang lembab seperti di dalam telinga, tungau telinga (ear mites) yang dapat menyebabkan penumpukkan kotoran telinga, bau telinga, serta infeksi pada telinga. Tungau telinga yang biasa menginfeksi yaitu Otodectes cynotis. Tungau lain yang dapat menginfeksi dan terlihat seperti ketombe (dandruff) karena warnTa nya yang putih dan dapat menyebabkan kebotakan yaitu Cheyletiella.

Kutu anjing dan kucing tanyadokter hewan
Anjing yang terinfeksi tungau demodex
Sumber :www.nevetdermatology.com
Kutu anjing dan kucing tanyadokter hewan
Tungau telinga (Otodectes cynotis)
Sumber : Pfizer Atlas Parasitology
Kutu anjing dan kucing tanyadokter hewan
Anjing terinfeksi scabies
Sumber : www.zoetisus.com
Kutu anjing dan kucing tanyadokter hewan
Tungau Cheyletiella pada anjing
Sumber : www.florapetnaturals.com

 

Kutu (Lice)

Parasit ini memang tepat dinamai kutu sesuai dengan bentuk tubuhnya yang pipih. Kutu yang menginfeksi anjing dan kucing biasanya adalah Felicolla substratus, Trichodectes canis, serta Linognathus setosus. Kutu ini akan menimbulkan kegatalan pada kulit anjing dan kucing, biasanya muncul karena perawatan yang tidak baik.

 

Kutu anjing dan kucing tanyadokter hewan
Kutu pada anjing
Sumber : www.dogbreedinfo.com

Parasit pada hewan kesayangan Anda menandakan kurangnya kebersihan diri anjing maupun kucing Anda. Keberadaan parasit pada hewna kesayangan Anda tidak hanya memberikan rasa tidak nyaman pada hewan namun dapat berakibat pada kesehatan kulit Anda pula. Beberapa parasit seperti caplak maupun pinjal dapat menyebabkan kegatalan pula pada kita pemilik. Oleh karena itu, perlu perhatian extra dengan memberikan antiparasit secara teratur untuk hewna kesayangan Anda dan lingkungan.

Jadi, tidak semua “kutu” pada Anjing dan Kucing Anda adalah benar-benar kutu, kan? 🙂

*P.S Jika ada yang ingin ditanyakan/didiskusikan jangan sungkan bertanya melalui komentar di bawah ini ya.
Jangan lupa juga share artikel ini agar informasinya bisa bermanfaat bagi orang lain.

Regards
drh Puspasari Respatiningtyas

14 comments

Kalau fur mites itu cara mengatasinya seperti apa ya? Apakah memakai kalung anti kutu juga efektif utk menghilangkan fur mites?

pakai obat tetes antiparasit saja spt revolution maupun frontline. untuk kalung selain khawatir terjilat juga cukup keras obat nya, cukup berbahaya.

Dok, kucing saya berumur 2 tahun jenisnya persia. Sudah hampir 1 tahun ini sakit, awalnya luka di bagian leher tapi lama kelamaan melebar hampir ke seluruh leher atas kucing dan berdarah karena terus menerus digaruk. Kami sudah membawa ke beberapa dokter untuk melakukan pengobatan, dokter pertama ketika awal menganalisa kalau terkena kutu dan diberikan obat tetes dan suntik rutin selama beberapa bulan nama obatnya biocan M, revolution Setelah berobat rutin hampir 5 bulan akhirnya dokternya menyarankan luka yg semakin melebar diberikan betadine saja. Kami berikan betadine luka menjadi basah dan berbau jadi kami stop dan kami pikir dokter ini sudah tidak sanggup lagi. Kami mencari dokter hewan lain, setelah mendapatkan dokter baru, dokter menganalisa jika kucing saya terkena jamur dan harus disuntik depo medrol. Setelah disuntik depo medrol luka menjadi kering dan cenderung terlihat mengecil dan akan sembuh kami sekeluarga sangat senang setelah berjalan 3 bulan dengam terus disuntik depo medrol 2x dalam sebulan. Dokternya bilang jika obat depo medrol harus di stop karena jika terus menerus diberikan ada efek samping tidak baik untuk luka dilehernya dokter ini juga nyerah karena tidak memberikan komentar lagi. Saya cari dokter lain tetapi tidak ada hasilnya juga dok. Kondisi saat ini luka dilehernya semakin melebar dan berdarah karena digaruk, bulu rontok dan bagian perut kucing berubah menjadi coklat begitu juga kaki-kakinya dan luka. Terus terang kami sekeluarga bingung dok, harus dibawa kemana lagi karena total sudah 4 dokter yang handle tapi tidak sembuh juga

Kami mohon bantuannya. Apa rekomendasi untuk penyakit ini.

Untuk kondisi spt ini perlu dilakukan observasi lbh lanjut, penting dilakukan pemeriksaan darah, urine. DLL perlu juga diperiksa kadar gula darahnya apakah ad kemungkinan diabetes atau TDK. Krn kucing bs juga mengalami hal tsb. Biasany krn diabetes luka JD sulit kering. Untuk luka usahakan pakai collar atau corong khusus kucing shg luka TDK mudah digaruk Dan penanganan akan lbh cepat. Mmg ad baiknya dikonsultasikan kembali, diceritakan bgmn kondisi Dr awal dn sdh diberikan treatment APA saja. Obat herbal bs Sgt baik juga Dan aman bs menggunakan MINYAK ZAITUN dicampur madu. Oleskan ke luka setiap hari. TP luka perlu dibersihkan trlbh dahulu dgn rivanol atau antiseptik lain apt detol. Kuku nya perlu d potong agar TDK terlalu tajam. Makanan juga perlu diperhatikan memberikan kuning telur seminggu 2 Kali bs membantu krn kandungan protein nya baik untuk regenerasi sel. Makanan juga bs d tambahkan ikan ayam, krn jika kondisi tubuh baik mka akan mempercepat persembuhan.

Mohon bantuannya dok,ini saya baru beli anjing jenis mini pom,tapi pengantarannya itu memakai kereta karna bli online di solo,pas udh ambil anjingnya,saya liat dia garuk garuk mulu,trus saya bawa ke petshop dan katanya kena kutu kucing(lice sih kayaknya,bentuknya rada panjang warnanya kuning)ini gimana ya dok atasinya?anjing yg saya beli masih 2 bulan dan blm bisa di suntik kutu,blm di vaksin juga soalnya,mohon bantuannya dok ,mungkin ada cara lain yg bisa saya lakuin untuk bisa hilangin semua kutu kucing yg ada di anjing saya,mohon infonya dok

Selamat malam dok.

Kucing saya penuh kutu di seluruh tubuhnya. Sudah dilakukan berbagai cara mulai dari mandi dengan shampoo khusus, tetes kutu, hingga pemakaian colar serai. Tetapi kutunya masih banyak.
Apa melakukan cukur habis seluruh bulu nya itu adalah tindakan yang disarankan??

Mohon bantuan dan petunjukknya Dok,
Terimakasih …

Saya punya anjing umur 7 Minggu. Di seluruh tubuhnya ternyata ada semacam kutu yang warnanya transparan (saya tidak tau namanya) tersebar merata. Mohon sarannya untuk mengatasi masalah ini. Apakah anjing saya sudah bisa dimandikan ? Sebelumnya diucapkan terimakasih.

Leave a Reply

*