Pernah dengar penggunaan microchip pada hewan kesayangan? – TANYA DOKTER HEWAN
penggunaan microchip pada hewan kesayangan

Pernah dengar penggunaan microchip pada hewan kesayangan?

Pernah dengar penggunaan microchip pada hewan kesayangan?

Teknologi microchip pada hewan ini memungkinkan untuk menyimpan data pada lempengan kecil yang mudah dikenali dan diidentifikasi menggunakan alat pembaca microchip. Data yang terdapat di microchip biasanya berupa kode yang akan disinkronisasi dengan alat maupun individu yang dipasangi secara implant lempeng ini.

Microchip sudah banyak dikenali di hewan liar pada lembaga konservasi, hal ini untuk memudahkan identifikasi dan pelacakan hewan liar sehingga diketahui persebarannya. Teknik identifikasi menggunakan microchip ini pun telah berkembang di hewan kesayangan seperti anjing dan kucing. Beberapa klinik hewan di Indonesia terutama kota besar menyediakan microchip sebagai salah satu alat identifikasi. Microchip ini mirip fungsinya seperti KTP maupun tanda pengenal kita yang lainnya.

Mencari Kucing Hilang Kini Lebih Mudah dengan Microchip Pada Hewan
Mencari Kucing Hilang Kini Lebih Mudah dengan Microchip Pada Hewan

 

Penggunaan microchip pada anjing dan kucing bertujuan untuk

  1. Memudahkan identifikasi anjing dan kucing jika mengalami hilang terutama jika berpindah tangan ke orang yang tidak bertanggung jawab (penculikan, penjualan illegal).
  2. Negara maju telah mewajibkan hewan peliharaan dipasangi microchip untuk memudahkan identifikasi dan recording status kesehatan. Jika kita ingin membawa hewan peliharaan ke luar negeri, microchip merupakan salah satu persyaratan wajib untuk sistem identifikasi.
  3. Banyaknya ras anjing dan kucing membuat microchip sangat berguna

Ras anjing maupun ras kucing jumlahnya cukup banyak dan tentunya setiap ras memiliki kemiripan antara individu satu dan lainnya. Hal ini karena memang ras memiliki standar yang jelas. Microchip sangat membantu identifikasi karena memiliki kode yang unik sehingga jika hilang kita bisa mengklaim dengan menggunakan kode di microchip tersebut.

Cara memasang microchip pada hewan

Penggunaan microchip harus dilakukan oleh dokter hewan. Hal ini dikarenakan cara aplikasi microchip yang disuntikan daerah bawah kulit. Pemasangan microchip sangat cepat dan respon pada anjing dan kucing rata-rata tidak menimbulkan rasa sakit. Setelah dilakukan pemasangan, dokter akan melakukan pengecekan menggunakan scanner microchip. Nomer yang tertera pada scanner dan label microchip harus sama. Menandakan microchip terpasang dengan tepat.  Pengetahuan anatomi yang telah dipelajari dokter hewan akan sangat membantu. Penempatan microchip yang tidak tepat dapat membuat microchip menjadi salah tempat dan tidak terbaca oleh alat.

penggunaan microchip pada hewan kesayangan
penggunaan microchip pada hewan kesayangan

Berapa biaya untuk memasang microchip pada hewan

Pemasangan microchip pada anjing maupun kucing bisa dilakukan kapan saja dan sebaiknya bersamaan dengan checkup rutin. Tarif yang diberikan untuk microchip hewan peliharaan bergantung dari jenis microchip yang digunakan, berkisar antara Rp.350.000-400.000 (2018) tentunya nilai ini tidak bisa menjadi patokan bisa lebih tinggi harganya. Bergantung pada kebijakan klinik masing-masing.

*P.S Jika ada yang ingin ditanyakan/didiskusikan jangan sungkan bertanya melalui komentar di bawah ini ya.
Jangan lupa juga share artikel ini agar informasinya bisa bermanfaat bagi orang lain.

Regards
drh Puspasari Respatiningtyas

27 comments

di rumah sakit hewan dan klinik hewan sudah sgt lazim menggunakan microchip ini, silahkan hubungi rsh terdekat ya

Dok,saya mau memasang chip dan vaksin anjing untuk rottweiler saya umur 4 bulan,apakah pemasangan chip dan vaksin bisa dilakukan dihari yang sama sekaligus??,jadi biar saya ga bolak balik maskudnya,karena dikota saya tidak ada dokter hewan sehingga saya harus keluar kota untuk memasang chip dan vaksin,mohon saran dan infonya dok,terimakasih

Selama anjingnya sehat bisa dilakukan. Tentu konsultasikan juga dgn dokter yg akan melakukan tindakan.

kalau kucing hilang lalu ditemukan di shelter atau penampungan, atau ditemukan oleh orang lain dan kita ingin membuktikan kucing itu milik kita, dgn microchip tgl di scan saja microchipnya, angka yg tertera disamakan dgn angka yg d scan. jika sama maka pasti itu kucing kita. tp krn blm begitu lazim, biasanya penggunaannya untuk kucing yg ingin ke luar negeri

Maaf dok, saya ingin bertanya, standar microchip yang ada di indonesia apakah mengunakan ISO 11784 ?
atau mengunakan standar lain?
saya ingin bawa peliharaan saya ke luar, untuk negara tersebut membutuhkan microchip standar ISO 11784 atau saya harus bawa reader sendiri.
Dan pertanyaan kedua, agak out of topic apakah ada lab hewan di Jakarta atau bekasi yang dapat EU approval?
Sebelumnya saya ucapkan banyak terima kasih.

berdasarkan info yg pernah saya ketahui untuk jakarta bs hubungi groovy d daerah kemang atau juga radio dalam melayani layanan pet moving ke luar negeri, bs animal clinic jakarta, menyediakan pemasangan microchip. bisa ditanyakan secara detail penggunaannya. di bekasi bisa menghubungi
Global Vet Clinic Ruko Bumi satria Kencana Blok A 9 Jl KH Noer Ali Kalimalang Bekasi. terimakasih, semoga bisa membantu.

Selamat malam, Dok. Maaf mengganggu.
Dok, saya punya anjing berusia 10 bulan. Sudah 3 hari ini sangat kurang nafsu makan. Saat mencium aroma dan melihat makanan sih masih terlihat tertarik untuk makan, tetapi saat sudah dekat dgn makanannya ternyata tidak dimakan, hanya diendus2 saja. Saya sudah bebergai jenis makanan (seperti ayam goreng, sate ayam, hati/ampela ayam, makanan kaleng khusus anjing), tetapi juga tidak berhasil. Tidak ada yg membuatnya nafsu makan. Bahkan hari ini anjing saya belum makan. Untuk perilakunya masih seperti biasa. Meskipun agak lemas, tetap tetap respon bila diajak bercanda, masih menggonggong marah jika digoda oleh anak2 yg sedang bermain di luar. Menurut dokter anjing saya seperti ini karena apa ya? Saya sungguh binggung, Dok. Saya mohon bantuannya, apa yg harus saya lakukan? Terima kasih.

pernah ganti pakan? anjing jantan atau betina? sdh ada gejala birahi? pernah vaksin? kemungkinan yg terjadi banyak untuk anjing yg tidak nafsu makan dan biasanya mmg anjing juga tdk mau membuat ownernya khawatir. jd harus ditelusuri kira2 apa penyebabnya. boleh dicoba diberikan suplemen spt curcuma plus, coba diberikan pisang, sayur dan buah lainnya. silahkan baca juga di website tanyadokterhewan.com penyebab kurang nafsu makan pda anjing dan kucing. terimakasih

Dok,

Saya mau tanya nih, berkaitan dengan microchip. Saya punya anjing herder, sudah saya microchip sekitar 3 bulan yang lalu kemudian saya vaksin lengkap ulang beberapa waktu setelah itu.
Tiga hari yang lalu, suami saya membawa anjing saya ke vet untuk mendapat health certificate karena anjing itu akan dibawa travel ke luar negeri. Tiba tiba vet disana tidak bisa mendeteksi microchip tersebut. Sudah dilakukan X-ray, tapi tetap tidak ditemukan.
Pertanyaan saya, dok: apakah aman bila dia di microchip lagi? Dan yang mana berarti, menurut peraturan import pet, dia harus divaksin ulang kembali, apakah tidak ada dampak négatif?

Terima kasih, dok.

kalau tdk salah peraturan untuk membawa anjing ke luar di beberapa negara menekankan pada titer rabies nya. nah titer rabies ini mmg betul bisa titer protektif jika setelah vaksin. namun tidak menutup kemungkinan masih tetap dalam titer protektif thd rabies. jd sebaiknya dilakukan pengujian thd titer rabies saja. krn over vaksinasi juga tdk begitu baik. kalau di microchip lagi menurut saya juga tdk masalah. krn mmg untuk dpt pet passport perlu id microchip. asal jelas dan sesuai saja.

kalau tdk salah peraturan untuk membawa anjing ke luar di beberapa negara menekankan pada titer rabies nya. nah titer rabies ini mmg betul bisa titer protektif jika setelah vaksin. namun tidak menutup kemungkinan masih tetap dalam titer protektif thd rabies. jd sebaiknya dilakukan pengujian thd titer rabies saja. krn over vaksinasi juga tdk begitu baik. kalau di microchip lagi menurut saya juga tdk masalah. krn mmg untuk dpt pet passport perlu id microchip. asal jelas dan sesuai saja.

baca juga disini ya http://www.tanyadokterhewan.com/2015/05/24/cara-mudah-jalan-jalan-dengan-hewan-peliharaan/

rumah sakit hewan jakarta bisa, groovy, animal clinic jakarta, my vets kemang, banyak klinik yg sudah bisa microchipping bs di search saja di google ya

Dok, saya punya peternakan domba, yang setiap pagi saya lepas di kebun untuk mencari makan. Apakah bisa di pasang micro chip pada hewan domba dan bebek ?
Lalu jika ingin menjual hewan tersebut, apakah micro chip tersebut bisa di lepas dan di pakai kan ke hewan yang lainnya ?
Terima kasih dok

untuk hewan ternak masih jarang dilakukan,krn jumlahnya banyak jd cost nya juga meningkat, tp mgkn saja dilakukan jika dananya tersedia. tp dilihat dr segi ekonomi kurang feasible pak. yg sudah di implan g bisa dipakai untuk hewan lain lagi

Dok maaf nih mau nanya.. kirain saya microchip itu seperti layaknya alat pendeteksi ( gps ) jadi kalo semisal kucing kita kabur entah kemana kita bisa melacaknya.. saya kira begitu.. ternyata sebagai pembukti saja bila sudah ketemu yaah.. justru hal yg sulit itu menemukannya dok.. bukan mengidentifikasinya..

untuk microchip belum tersinkronisasi dgn gps, tapi ini penting untuk memastikan kepemilikan krn banyaknya breed dan warna kucing, bisa saja serupa dgn hewan lainnya. penting jika berencana pindah ke luar negeri karena bbrp negara mensyaratkan microchipping.

untuk selanjutnya, tanya jawab maupun diskusi bisa juga dilakukan disini : tanya jawab dokter hewan

Dok, saya akan membawa terbang kucing saya dari Bandung ke belitung, apakah di perlukan pemasangan microchip ini dok until penerbangan domestik?

Tdk perlu, untuk penerbangan domestik silahkan buka artikel mengenai membawa kucing dgn pesawat, manfaatkan fitur cari tulisan.

dok, saya menemukan kucing persia yang tidak tahu pemiliknya siapa, kira-kira gimana ya cara cek kucing itu menggunakan microchip atau tidak? apa bisa dicek di vet terdekat? dan semisal kucing pakai microchip, apa bisa tahu dari microchip tsb siapa pemilik si kucing?

Bisa di scan dengan scanner khusus di dokter hewan, bisa juga d x ray supaya tau letak microchipnya. Bisa diketahui data pemilik dr nomor microchip tsb, nanti dibuktikan dengan dokumen nomor microchip yang dimiliki oleh owner. Tapi untuk saat ini penggunaan microchip masih sangat terbatas dan baru disosialisasikan gencar di wilayah dki untuk anjing.

Leave a Reply

*