Apakah bulu atau rambut kucing penyebab asma dan alergi ?  – TANYA DOKTER HEWAN

Apakah bulu atau rambut kucing penyebab asma dan alergi ? 

Apakah bulu atau rambut kucing penyebab asma dan alergi ? 
Banyak rumor yang berkembang di masyarakat mengenai dampak kesehatan negatif akibat memelihara kucing. Diantaranya bulu kucing penyebab asma dan alergi. 

Asma merupakan istilah lain gangguan saluran nafas, biasanya saluran nafas bagian atas. Pada orang awam menyebutnya bengek karena terdengar suara ngik ngik saat bernafas disertai sesak nafas. Penyebab asma bisa beragam bs karena infeksi, iritasi, atau alergi, yang menyebabkan penyempitan saluran nafas. Biasanya ini yang menyebabkan sesak nafas. Pada manusia asma sering dikaitkan dengan alergi, memang alergi bisa menimbulkan gejala sesak nafas menyerupai asma. Karena pada mekanisme alergi, histamin dikeluarkan sebagai respon alergi yang bisa merangsang penebalan lumen atau dinding saluran nafas. Sehingga memberikan efek penyempitan saluran nafas. 
Namun, bukan bulu atau rambut kucing penyebabnya. Karena partikel rambut atau bulu terlalu besar masuk ke saluran nafas. Sehingga yang paling memungkinkan menyebabkan alergi yaitu kulit mati maupun debu yang menempel pada rambut kucing. Partikelnya yang halus memudahkan masuk nya ke saluran nafas, pada individu yang sensitif akan menganggap partikel tersebut merupakan benda asing atau alergen sehingga bisa menimbulkan reaksi alergi yang memperlihatkan gejala sesak nafas. 
Tentu untuk konfirmasi jenis alergi perlu dilakukan pemeriksaan lanjutan, karena penyebab alergi sangat bervariasi. Selain itu, penting bagi pemilik untuk selalu menjaga kebersihan rambut kucing. Khususnya kucing rambut panjang, karena setiap hari kucing rambut panjang akan rontok sehingga perlu dilakukan penyisiran setiap hari. Selain itu rambutnya yang panjng dan tebal memungkinkan untuk kulit menjadi lebih lembab, banyak debu yang menempel sehingga perlu juga rajin dilakukan perawatan mandi. Pada rambut panjang 1 bulan 2 kali dianjurkan melakukan mandi. 
Jadi, pada dasarnya bulu atau rambut kucing bukan penyebab alergi. Namun yang menyebabkan alergi adalah kulit mati serta debu yang menempel pada rambut atau bulu kucing. Dengan menjaga kebersihan rambut kucing, resiko terjadinya alergi diharapkan berkurang. 

Leave a Reply

*