5 Manfaat Minyak Kelapa Murni untuk Hewan Peliharaan Anda – TANYA DOKTER HEWAN
Manfaat Minyak Kelapa Murni untuk Hewan Peliharaan Anda

5 Manfaat Minyak Kelapa Murni untuk Hewan Peliharaan Anda

5 Manfaat Minyak Kelapa Murni untuk Hewan Peliharaan Anda
5 Manfaat Minyak Kelapa Murni untuk Hewan Peliharaan Anda

5 Manfaat minyak kelapa murni untuk hewan peliharaan anda

Minyak kelapa murni atau virgin coconut oil sudah tak asing memiliki manfaat yang banyak untuk kesehatan Anda. Tidak hanya bermanfaat sebagai suplemen untuk Anda, VCO sangat bermanfaat pula untuk anjing dan kucing Anda. Cukup memberikan ½ sendok teh minyak kelapa murni setiap 5 kg BB setiap hari pada anjing atau kucing anda, maka banyak manfaat yang akan Anjing dan kucing Anda rasakan.

Kandungan asam lemak seperti lauric, capric, monolauric, dan caprylic dapat bermanfaat sebagai agen anti bacterial, anti fungal, antiviral.

Berikut 5 Manfaat Minyak Kelapa Murni untuk Hewan Peliharaan Anda :

  1. Minyak kelapa murni efektif sebagai antiparasit

    Mengoleskan minyak kelapa pada kulit anjing maupun kucing dapat bermanfaat sebagai repellent (penolak) pinjal pada kulit. Hal ini bisa dengan mudah anda lakukan saat sedang bermain dengan hewan peliharaan atau saat hewan peliharaan anda sedang tertidur. Berikan secukupnya agar manfaat minyak kelapa murni untuk hewan peliharaan Anda bisa diserap dengan baik oleh hewan kesayangan Anda.

  1. Minyak kelapa sebagai antifungal

    Khamir (yeast) sebenarnya umum berada pada tubuh, namun dapat pula menjadi senjata makan tuan bagi anjing ketika keberadaannya berlebihan akibat kebersihan yang tidak terjaga dan kelembaban kulit yang berlebih. Keberadaan khamir (yeast) ini akan menyebabkan dermatitis atau infeksi pada kulit yang ditandai dengan gatal yang berlebihan dan kemerahan. Mengoleskan minyak kelapa pada kulit anjing yang terinfeksi dapat mengurangi kondisi kemerahan dan gatal.

  1. Konsumsi minyak kelapa dapat mencegah diabetes

    Minyak kelapa murni memberikan efek yang baik pada pengaturan pengeluaran insulins heingga dapat menstabilkan kondisi gula darah pada tubuh. Baca juga Penyakit pada anjing dan kucing jika diabetes.

  1. Konsumsi minyak kelapa memperbaiki kondisi pencernaan

    Penyerapan nutrisi akan menjadi lebih baik akibat pemberian minyak kelapa, sehingga berat badan dapat terkontrol (tidak menyebabkan obesitas), terhindar dari infeksi saluran cerna, menghindarkan bau mulut, serta menurunkan hairballs pada kucing.

  1. Minyak kelapa memperbaiki kondisi persendian

    Minyak kelapa memberikan efek positif terhadap kesehatan sendi terutama sendi daerah lutut. Mengurangi adanya masalah infeksi sendi atau arthritis terutama pada anjing ukuran besar dan usia lanjut.

Selain minyak kelapa, terdapat pula benda-benda organic yang bermanfaat sebagai supplement untuk anjing dan kucing Anda seperti minyak ikan, madu dengan dosis ¼ sendok teh/hari, dan bubuk kunyit sebanyak 200 mg/hari. Sehat Alami untuk hewan kesayangan Anda dapat anda mulai dari rumah kan pet lovers ! Sumber : Planet Paws Rodney Habib .

Untuk mendapatkan manfaat yang maksimal diperlukan keaslian dari minyak kelapa murni. Ingat ya Pet Lovers, bukan minyak kelapa yang digunakan untuk menggoreng loh. Minyak kelapa murni (VCO) ini mudah didapatkan di berbagai tempat kok, jadi jangan khawatir.

Minyak kelapa murni dapat berbentuk cairan atau padatan seperti lemak. Ketika berbentuk cair akan berwarna bening jernih, tanpa endapan. Ketika berbentuk padatan seperti lemak akan berwarna putih dan mengkilat. Minyak kelapa murni yang baik tidak akan berbau tengik.

*P.S Jika ada yang ingin ditanyakan/didiskusikan jangan sungkan bertanya melalui komentar di bawah ini ya.
Jangan lupa juga share artikel ini agar informasinya bisa bermanfaat bagi orang lain.

Regards
drh Puspasari Respatiningtyas

41 comments

Hi Doc,

Saya berencana memberikan kucing saya VCO adakah takaran tertentu untuk diberikan ? dan saya juga berencara menjadikannya vitamin rutin pengganti madu karena susah memberikan madu, berapa x sehari kucing saya bisa mengkonsumsi VCO ?, bagus mana kemasan jeli yg seperti minyak ikan dengan cair ?

Hi Dok.
Saya sudah memberikan suplemen n vitamin utk doggy(pom) saya yg udh berusia 5bulan. Pada awal saya beli, bulunya kurang lebat, dan pada saat awal kerontokan pertama diusia 3,5 bulan, saya memutuskan utk botakin dia(disaranin sama vet), lalu setelah saya botakin, saya beri dia Dermatrix(1/2 tablet per hari), lalu VCO (1ml per hari, krn berat bdannya 2kg lebih), dan Nutri Plus Gel (2 x sehari takaran odol gigi dewasa saat menyikat gigi).. itu rutin selama dia botak smpek skrg udh 5 bulan dan bulunya puji Tuhan bagus(blm lebat), gak kusam, bersinar gitu, lembut, dan gk bau klo 1 mnggu gk di mandiin… dan kebetulan kmrn saya dri luar negeri, dan berkunjung ke salah 1 pet shop, dan saya beli tuh salmon oil, jadi pertanyaan saya, saya udah banyak berikan asupan vitamin n suplemen, apakah boleh lagi saya berikan salmon oil tsb rutin tanpa jeda hari?
Thx dok.

Sebenarnya sudah cukup untuk suplemennya, tdk perlu ditambah dgn suplemen lainnya. Bisa juga mencoba mencampurkan makanan dengan buah dan sayur sebagai sumber vitamin dan mkneral alami

Hay dok

Anjing saya kena penyakit kulit, gejalanya itu sperti demodekosis .Sya sudah coba sebulan kasih ketoconazole salep dgn ketomed
Shampo tapi tidak ada perubahan malah pitaknya makin banyak.

Mohon bantuannya dokter

Hai, ketoconazol bukan digunakan untuk demodekosis ya. Demodex itu bukan jamur, tp tungau semacam kutu yang menginfeksi kulit bagian dalam. Kalau ketoconazol itu jamur. Mmg kalau infeksi demodex mungkin ad jamur. Tp perlu ditangani demodexnya dulu. Silahkan baca ini ya

https://tanyadokterhewan.com/2016/02/12/7-hal-penyebab-dan-cara-mengobati-penyakit-kulit-demodex-pada-anjing/

https://tanyadokterhewan.com/2016/02/09/9-cara-mengobati-penyakit-kulit-pada-anjing-atau-kucing/

https://tanyadokterhewan.com/2016/02/10/7-faktor-penyebab-penyakit-kulit-pada-kucing-dan-anjing/

Sebaiknya diperiksakan ya, untuk mengetahui sebenarnya apa penyebabnya jd treatmentnya tepat

aku mau tanya kucingku terkena jamur dan sdh aku cb beri vco,and skrg sdh lumayan lebih baik,tp kucingku agak susah kl mkan dryfood atau makanan kucing lainnya,karena dia lebih suka ikan dikukus

Lebih baik minyak VCO atau minyak ikan? Dan brapa takaran pemberiannya (berapa ML /KG BB)?
berikan jawaban terbaiknya dok.

sama 1 lgi ciri2 kucing telah sembuh dari jamur itu bagaimana?

Vco untuk jamur lbh baik..kalau konsumsi lbh baik.MINYAK ikan 1*1 kapsul..klo vco bagus d oleskan ke jamur. Kalau sdh sembuh tentu TDK gatal, rambut Dan kulit sehat kembali. Info ttg vco bisa dilihat di Instagram @tdh_store

Sperti dikatakan pd ulasan diatas
Pemberian VCO 1/2 sdk teh.
Nah jika menggunakan spet brp ml per hari dok untuk kucing/anjing ?

Kucing tidak berkeringat krn kelenjar keringatnya tdk menyebar seperti manusia. Kelenjar keringat anjing dan kucing hanya di paw nya saja.

Dok..mau tanya,,apa ciri2 hairball pada kucing ya?

dan apabila kucing mengalami hairball bagaimana mengantisipasi/mengobatinya?

terima kasih sebelumnya Dok.

Dok, kitten dirumah udh 3 hr blm pup, apa bs pakai vco jg? Beratnya baru 1,5kg, biasa mkn dryfood sblmnya tdk ada masalah br 3 hr ini aja

Kutu kucing saya bnyk bngt…Saya prnh mandiin kucing sya dng sampho anti kutu n minyak wangi anti kutu pi smunya g da hasil malahan nambah banyak kutunya….
Tlng ksh solusi n sblmnya trma ksh

coba diberikan tetes anti kutu, rumah dan lingkungan juga perlu dibersihkan agar tdk ada kutu ataupun pinjal yang bertelur dan berkembang

Dok dulu kucing saya yg cewe pernah sakit mata belekan dikasi obat tetes mata uda sembuhan semingguan juga nah kmrn kmrn seminggu yg lalu kucing saya yg cowo sakit mata belekan juga trus dikasi obat tetes mata jugaa tp yg cowo mah sampe skrg blm sembuh malah jadi gamau makan dan minum trus skrg badannya ngurusin dokk trus selama sakit saya baru sekali liat dia ke pasirnyaaa itupun cuman buang air kecil doang dan cuman sedikit trus gapernah liat lagi selama seminggu dia ke pasirnyaa dan tiap bersihin pasirnya selalu ada kotorannyaa tiap hari, kira kira kenapa yakk dokk?

Dok, kalau minyak kelapa boleh ga dioleskan pada dubur kucing yg bengkak dan kemerahan karena diare sehabis diare? Ma kasih

dok kucing saya kemarin2 sakit panas tinggi. setelah di bawa ke dokter sembuh. tp sekarang dia ingusan terus di idung sebelah kirinya.. sampe dia perih gitu kalo di lap ingusnya.. kira2 di kasih obat atw vitamin apa ya dok.?

air hangat bisa membantu melunakkan lendir atau ingus yang keras. Konsultasikan juga ke dokter hewan jika lendir menyebabkan sesak nafas dan mengganggu.

Untuk selanjutnya, tanya jawab bisa dilakukan disini : tanya jawab dokter hewan

dok, saya baru adopsi 2 ekor kucing berusia 3 bln, menurut cerita dr pemilik kucing sebelumnya, bapaknya jamuran, sepertinya menular ke 2 anak kucing ini, mereka garuk2 terus. dan ternyata setelah dimandikan nemu ada kutunya jg. baru 2 hari ini saya kasih minum vco tiap hari dengan takaran 1 sendok teh, selain diminumkan juga dioleskan ke kulitnya. apakah vco ini dapat menyembuhkan dr kutu jg dok? dan apakah ada efek sampingnya? jika ada efek sampingnya kira2 berapa lama? krn salah satu kucing saya jd mencret pupnya.

mohon penjelasannya dok,
terimakasih.

biasanya memang menjadi lebih lembek pupnya karena minyak dan cairan bisa melembekkan kotoran. karena bentuknya minyak, bisa membuat kutu mudah menempel namun tdk bisa membasmi kutu secara keseluruhan

Malam dok..dok anjing saya minipom usia 9 bln sering bunyi pd perutnya seperti ada air atau seperti suara perut laper yg membuat dia jd tdk nafsu mkn..apakah blh saya kasih obat kembung dok? Atau ada kah cara lain utk mengatasinya dok? Terima kasih dok

Perlu dicek ke dokter terlebih dahulu untuk pengobatan, obat kembung bisa saja diberikan kalau memang ada indikasi ke gangguan saluran cerna. Tapi, pemberiannya perlu berdasarkan pemeriksaan dulu. Pastikan anjing mendapatkan cairan dan makanan yg cukup

Untuk pup berdarah penggunaan vco tidak terlalu membantu, sebaiknya dievaluasi penyebab pup berdarahnya. Biasanya ada infeksi parasit maupun virus yg menyebabkan luka pada usus.

Dok kucing saya baru 3 bulan tpi knpa ya gk mau makan kyk gk napsu makan trus pup mencret
Tdinya biasa aja pup nya sekarang kyk lesu tiduran aja saya kasih vitamin vco apa boleh

vco sebagai suplemen bukan sebagai obat, sebaiknya tetap diperiksakan untuk mendapatkan penanganan yang sesuai dengan kondisinya..

vco murni memiliki efek minimal jika digunakan tidak berlebihan.jadi kerontokan rambut tidak menjadi efek sampingnya, kecuali ada penyakit kulit.

Leave a Reply

*