9 Cara Mengobati Penyakit Kulit Pada Anjing atau Kucing – TANYA DOKTER HEWAN
9 Cara Mengobati Penyakit Kulit Pada Anjing atau Kucing

9 Cara Mengobati Penyakit Kulit Pada Anjing atau Kucing



9 Cara Mengobati Penyakit Kulit Pada Anjing atau Kucing.

Penyakit kulit pada anjing dan kucing membutuhkan treatment atau pengobatan dalam waktu yang cukup lama.

Pengobatan yang cukup lama dikarenakan penyakit kulit yang biasanya diperiksakan ke dokter telah menjangkiti dalam waktu yang lama. Selain itu, walaupun kulit mudah regenerasi, namun kulit memiliki lapisan yang tebal serta memiliki sedikit pembuluh darah sehingga pengobatan harus dua arah yaitu secara topical maupun secara keseluruhan.

Berikut 9 Cara Mengobati Penyakit Kulit Pada Anjing atau Kucing

1. Penggunaan obat topical

Penggunaan obat topical atau secara lokal biasanya diaplikasikan dengan cara di oleskan langsung pada kulit anjing atau kucing, atau menggunakan shampoo.

Obat yang dioleskan langsung biasanya berbentuk salep, gel, maupun lotion. Pengobatan topical atau lokal ini bertujuan untuk memperbaiki kulit serta mengurangi bau kulit akibat penyakit.

2. Antibakteri

Antibakteri digunakan pada penyakit kulit anjing atau kucing yang disebabkan oleh bakteri biasanya kasus pyoderma.

Penggunaan antibakteri atau antibiotic pada kasus pyoderma ini menggunakan antibiotic minum. Waktu pengobatan selama 4-8 minggu tergantung keparahan kasusnya.

9 Cara Mengobati Penyakit Kulit Pada Anjing atau Kucing.
9 Cara Mengobati Penyakit Kulit Pada Anjing atau Kucing.

3. Antifungal

Antifungal merupakan pengobatan yang diberikan ketika kulit anjing atau kucing terkena jamur. Ringworm merupakan salah satu yang diakibatkan oleh jamur.

Penggunaan obat antijamur dengan diminumkan dilakukan selama 2-4 minggu. Selain obat yang diminumkan, biasanya pun terdapat obat oles yang mengandung bahan antijamur seperti ketoconazole.

4. Antiparasitic

Ektoparasit penyebab penyakit kulit anjing atau kucing biasanya tungau, caplak, dan pinjal. Scabies dan demodecosis merupakan kasus penyakit kulit anjing atau kucing yang termasuk lama dalam pengobatannya.

Penggunaan obat antiparasit ivermectine dengan diminumkan atau disuntikkan ampuh untuk menanggulangi kondisi penyakit.

Selain itu pengobatan secara lokal dengan menggunakan bahan yang mengandung selamectine, milbemycine yang diaplikasikan dengan spot-on atau tetes tengkuk pun dapat menghilangkan caplak, pinjal, bahkan cacing.

5. Antihistamine

Histamine merupakan senyawa kimia dalam tubuh yang akan merespon alergi. Gatal, merah, serta meradang merupakan salah satu ciri alergi.

Untuk mengurangi kadra histamine perlu diberikan antihistamin. CTM (Chlorpheniramine maleat) merupakan antihistamin yang umum digunakan pada anjing maupun kucing.

6. Asam lemak

Asam lemak merupakan komponen penting bagi kulit untuk selalu menjaga keseimbangan kondisi kulit, melembabkan kulit anjing atau kucing sehingga terhindar dari kondisi kulit kering. Asam lemak ini pun sangat baik untuk memperbaiki kondisi rambut dan kulit yang rusak.

Asam lemak linoleat (omega 6) dan linolenat(omega 3) tidak dapat dibuat oleh tubuh, sehingga perlu di dapatkan dari luar (suplemen). Sumber asam lemak yang baik yaitu minyak kelapa, minyak ikan, minyak zaitun, minyak bunga matahari (sunflower oil).

7. Glucocorticoid

Senyawa ini sangat baik sebagai antiinflamasi serta memiliki efek terhadap imunitas atau daya tahan tubuh.

Obat yang dapat digunakan seperti dexamethasone, prednisone, dan prednisolone. Penggunaan glucocorticoid ini perlu berhati-hati karena penggunaan jangka panjang dapat menyebabkan penurunan sistem imun pada anjing ataupun kucing Anda.

8. Immunomodulator

Daya tahan tubuh yang baik sangat dibutuhkan untuk memperbaiki kondisi kulit anjing atau kucing.

Oleh karena itu, pemberian obat yang dapat meningkatkan daya tahan tubuh sangat baik diberikan.

Obat ini pun dapat digunakan pada penyakit kulit yang diakibatkan oleh reaksi akibat imunitas.

Pemberian obat yang dapat meningkatkan imunitas diharapkan dapat mneurukan tingkat stress sehingga sel-sel pertahanan dapat berfungsi dengan baik. Echinachea merupakan herbal yang dipercaya dapat meningkatkan imunitas, merk dagangnya salah satunya adalah Imboost.

9. Shampoo

Shampoo jenisnya terdapat shampoo pembersih, shampoo antiparasit, shampoo pengobatan (medicaten shampoo).

  • Shampoo pembersih digunakan untuk membersihkan kotoran yang menempel , shampoo ini umum digunakan saat grooming.
  • Antiparasit, biasanya mengandung senyawa anti pinjal sehingga dapat mengurangi infestasi pinjal pada kulit dan rambut
  • Medicated shampoo atau shampoo pengobatan, mengandung antimikroba dan antiseborrhoic (peradangan kulit). Chlorhexidine dan benzyoil peroxide berperan sebagai antimikroba, sedangkan asam salisilat dan sulfur berperan sebagai antiseborrhoic. Penggunaannya dengan mendiamkan selama 10 menit sebelum dibilas, agar zat aktif meresap ke dalam kulit. Selama masa pengobatan perlu sering dilakukan mandi dengan shampoo ini seminggu 2 kali.

Pengobatan penyakit kulit anjing atau kucing memang membutuhkan waktu yang lama serta perlu tuntas. Jika pengobatan tidak tuntas, maka akan menimbulkan permasalahan baru yaitu adanya resistensi antibiotic atau pun keparahan penyakit.

*P.S Jika ada yang ingin ditanyakan/didiskusikan jangan sungkan bertanya melalui komentar di bawah ini ya.
Jangan lupa juga share artikel ini agar informasinya bisa bermanfaat bagi orang lain.

Drh Puspasari Respatiningtyas.
https://tanyadokterhewan.com

 

Tulis Pertanyaan Dokter Hewan

132 comments

Dok anjing saya sepertinya terkena pyoderma akibat serangga . cara penanggulangannua bagaimana ya dok ?

Apakah merah terdapat nanah? Dibersihkan lukanya dengan betadine lalu diberikan salep antibiotik. Baiknya diperiksakan ke dokter untuk memastikan kondisinya dan diberikan obat minum jika dibutuhkan. Minyak ikan , vco atau minyak zaitun juga bagus untuk kesehatan kulit dan rambut anjing

Hi dok, anjing saya ada luka” di kulit dan gatal” dok. Cara tangani nya gmn ya? Sy ud prnh ksh makan coconut oil khusu anjing tpi ttp aja gak sembuh” dok dan siku kaki nya juga bengkak dua” nya kt org petshop alergi sama debu dan gak terbiasa tidur di semen. Gmn sembuhkan ya dok?

kalau permukaan nya keras sgt mungkin mengalami kornifikasi atau pertandukan seperti kapalan pada manusia. jd sebaiknya diberikan alas yg lebih nyaman dan lembut. untuk luka bs juga krn iritasi, bs krn jamur, bs krn parasit. untuk memastikan bs diperiksakan ke dokter ya. vco selain dikonsumsi bs juga dioleskan lgsg ke luka

Tlg saya dok..anjing betina saya sakit parah…kelaminnya membengkak seukuran kepalan tangan orang dewasa. Apa bisa beri masukan yang terbaik bagaimana dok?

Berapa tahun umurnya? Sudah melahirkan atau baru saja melahirkan? Sebaiknya diperiksakan ke dokter saja, kemungkinannya ada infeksi, atau juga ada tumor pada vulva vaginanya. Akan lebih baik lagi jika mengirimkan foto nya lewat instagran atau line. Terimakasih

Anjing saya bermasah. Dibagian dalam kulit gatal2 seluruh badan. Tolong bantu jalan keluarnya , hrs bagaimana , trimakasih , God Bless You ..

Makanannya bagaimana mbak? Krn gatal penyebabnya beragam bisa alergi makanan, bs ad parasit (kutu,caplak, pinjal), masalah jamur, kemudian ada juga masalah hormonal. Tentunya akan lebih baik jika diperjelas bagaimana bentuknya, bernanah atau tidak. Saran saya untuk masalah penyakit kulit perlu konsultasi dokter langsung, untuk menetahui penyebabnya

saya mau nanya dok, anjing saya kn ad penyakit kulit kek luka” gt tp lukanya itu ud kering gmn y caranya ksh hilang luka” keringnya dok??

Doc sy ingin tanya. Anak anjing sy baru 2 bulan kulitnya ada borok2 seperti pitak. Berkerak dan kering spt ketombe. Kulitnya jg jadi menebal. Bagaimana cara sembuhinnya ya? Mohon saran

halo, terimakasih sudah bertanya. mohon maaf baru merespon. saya sering melakukan komunikasi di instagram dan [email protected] sehingga untuk fast response bisa bertanya di channel tersebut ya.
kemungkinannya puppy terinfeksi jamur, tapi memang perlu pemeriksaan lanjutan untuk memastikannya. untuk menjaga agar kulit tidak kering bisa dioleskan minyak ikan atau VCO, atau bisa juga minyak zaitun.

Dokter, saya mau tanya.. anjing saya usia 9 bulan jantan.. 2 bln lalu saya titip di teman dan pulang dari sana badan merah2 hingga timbul luka di wajah, ada kerak di badan serta sering garuk dan menjilat2.. sudah saya obati dengan salep ketoconazole dan saya mandikan seminggu 3 kali tapi tidak kunjung sembuh malah semakin banyak.. hingga ekornya luka dan menimbulkan borok.. makanan juga sudah saya ganti.. untuk pertolongan sebelum ke dokter apa ya dok?? Soalnya dokter hewan jauh dr tempat saya
Trims

halo mbak Marisya. mohon maaf baru merespon.saya sering melakukan komunikasi di Instagram dan [email protected] untuk Fast respons silahkan hubungi channel tersebut ya.

terimakasih pertanyaannya, ketoconazol merupakan obat yang digunakan untuk mengatasi kondisi jamur pada manusia maupun hewan. penyebab gatal dan kemerahan pada kulit anjing bisa disebabkan oleh berbagai hal bisa karena parasit (tungau scabies, tungau demodex, pinjal, caplak, kutu), infeksi lanjutan bakteri, alergi makanan. untuk penanganan yg tepat perlu pemeriksaan yang jelas, tidak bisa menggunakan obat tanpa diperiksa dulu oleh dokter. kemungkinan menjadi lebih parah dan tdk kunjung sembuh karena penyebabnya dan treatment ny tdk cocok. jadi saran saya silahkan ke dokter hewan ya. terimakasih.

halo dok saya mau tnya.. saya pny anak anjing 3 usia 8bulan.. awalnya salah satunya mukanya luka karena berantem sama saudaranya dan sudah dikasih obat merah dan salep tapi sampai skrg belum sembuh lukanya malah kulit merah dan tebal.. lalu skrg yg 2 kulitnya juga merah dan sering dijilat dan tambah banyak tiap harinya.. sudah dikasih salep gatal tp tdk sembuh” dan shampo juga sudah ganti utk anti fungal dan sudah tdk makan ayam.. bagaimana cara mengatasi penyakit kulit ini ya dok? terima kasih sblmnya

kalau di jilat mmg jadi semakin melebar lukanya, krn jadi lembab dan bs juga selain jamur yang menginfeksi bakteri. sebaiknya selalu dibersihkan dengan air hangat yg dicampur antiseptik spt rivanol, ataupun detol. setelah itu diberikan minyak ikan ataupun minyak zaitun, selain aman juga sgt baik untuk kulit dan rambut. lebih baik lagi diperiksakan ke dokter hewan untuk mendapatkan penanganan yg lebih tepat.

Selamat pagi dokter. Anak anjing saya baru berumur 3 bulan. Saya dapat anak anjing itu dibuang didepan rumah saya. Flea nya banyak sekali, sehingga sering saya mandikan. Saya dapat saran untuk mengusir flea memakai kamper yg digosokkan kesekujur tubuh anjing sebelum dimandikan. Akhirnya saya ikuti saran itu. Anjing saya berikan susu dan teh, lama kelamaan bulunya rontok disertai luka luka merah. Apakah ini pengaruh makanan manis atau pengaruh kamper dok? Mohon bantuannya. Terima kasih

kamper sifatnya panas, sgt mungkin menyebabkan iritasi. sebaiknya untuk flea bs ditreatment dgn obat tetes spot on antiparasit spt revolution atau frontline maupun merk lainnya.

Baik dok. Terima kasih banyak untuk sarannya. Jadi untuk penanganan pertama untuk lukanya apa yaa dok? Saya tidak tega karena anjing saya garuk garuk sepanjang hari. Apa boleh diolesi dengan alkohol?

alkohol membuat perih mb, boleh di oles minyak zaitun, vco, atau minyak ikan ya. sebaiknya diperiksakan saja.

Pagi dok. Anjing saya badannya bentol bentol seperti di gigit nyamuk, gatal merah tidak bernanah. Saya sudah ke dokter. Diagnosa dokter katanya anjing saya terkena jamur sudah di kasih antibiotik tp belum sembuh2 sudah 2 minggu. Malah tambah bnyak bentolnya. Kira2 bagaimna menurut dokter. Penanganan yg saya hrus lakukan skrng?
Terima kasih

kalau penyakit kulit mmg perlu sabar dan lama pengobatannya. makanan juga harus diperhatikan kira2 ada yg membuat alergi atau tidak. sebaiknya konsultasikan kembali ke dokter ya

dokter saya mau tanya dok , anjing saya usian 7 bln dilehernya ada merah2 , gatal2 dan dibagian ruam
merah tsb , sudah agak mulai basah(seperti ada nanahnya) kemudian dibagian ruam tsb , tidak ditumbuhi bulu atau bulunya rontok , kira2 penangannya apa yg harus saya lakukan dokter ??

mgkn mengalami hot spot ya, biasanya bau, basah, bernanah. ini krn infeksi jamur atau parasit lain dan disertai infeksi bakteri. sebaiknya diperiksakan krn perlu penanganan dri dalam juga diberikan antibiotik. untuk d luar bs dioleskan vco, atau minyak zaitun. secara teratur. dan rajin konsumsi minyak ikan.

Dok mau tanya.. anjing sy di bagian hidung ada seperti kutil kecil yg makin lama makin besar & kayaknya membusuk jdi hitam.. sdh 3 hari ada itu dok..
itu kenapa & gimana cara menanggulanginya ya??
makasih sebelumnya

Malem dokter, tolong bantu sy mengenai shitshu saya di badan bawah nya merah2 dan sepanjang merah2 itu bulu nya pada rontok sekarang menyebar ke kaki, dan bau dokter, kasihan dokter dy selalu garuk2 lantai, pengobatan apa yg dpt di berikan?
Terima kasih atas bantuannya dokter.

Silahkan konsultasikan ke Dokter trlbh dahulu ya, krn penyebab nya mmg beragam sekali. Bs Alergi, jamur, infeksi parasite disertai bakteri.

Ass Wr Wb Dok saya punya kucing terkena penyakit jamur bagai mana cara memberi obatnya karena kalau di campur makanan malah dia tidak mau makan bagai mana caranya ya Dok terimakasih Jawaban nya sangat kami tunggu

Obat jamur nya pakai APA ? Untuk jamur perlu d konsultasi ke Dokter. Untuk kulit kering Dan berkerak bisa menggunakan vco atau MINYAK ZAITUN.

Tanya Dok.amjing sy dpt resep CTM dosis 5mg utk satu Kali minum. 2x dlm sehari. Beratnya 6kg. Dosisnya ga terlalu tinggi ya? Tks

Assalammualaikum, dok mau tanya tadinya saya kira kucing saya kena jamur, karena banyak luka bekas garukan dan Kerontokan bulu dengan model rontok melingkar dibagian punggungnya, tp setelah dibawa ke dokter kt dokter kena alergi, dan jd sdh disuntik alergi, cuman tdk diberi resep obat utk diminum, salep, atau shampoo apa yg harus dipakai, jd mohon bantuannya dok utk obat minum, salep, shampoo apa yg harus diberikan, umur kucing sy setahun, berat kurang lebih 3kg, trima kasih

Hallo dok, jika kitten umur 3 bulan kena penyakit kulit apakah harus dimandikan 2 kali seminggu juga dengan shampoo pembersih?

Dok saya ga tau apa yg dialami oleh kucing says. Bulu mereka tiba2 botak dibeberapa bagian. Tmen sya bilang itu virus yg dtimbulkan oleh kutu dlam tubuhnya. Kira2 slain vaksin cara apa yg tepat untuk mengobati kucing2 saya dok. Trimkasih

Dok, saya mau tanya.. apakah anjing bs alergi makan daging ayam? Anjing saya shihtzu usia 7bln sudah sekitar 2 mnggu menggaruk & menjilati bagian kaki nya terus menerus sehingga lecet dan jd timbul jamur. Sudah 2x mandi jamur dan jamur hilang, tp kemudian muncul lagi. Saya sudah konsultasi k dokter dan diberi antibiotik jg cairan anti bakteri untuk di usap ke luka nya, dan saya sudah ganti makanan (awalnya raw food dgn kandungan daging ayam, telur dan buncis) saya ganti menjadi daging ayam rebus saja dengan nasi krn saya kira alergi telur. Ttp anjing saya masi terus saja menggaruk dan timbul ruam d bagian kulit yg lainnya. Trms sblmny

bisa saja, selain alergi makanan, problem kulit bisa juga disebabkan oleh kelainan hormonal, jd perlu dikonsultasikan kembali kemungkinan penyebab lainnya. problem kulit memang perlu diagnosa lebih lanjut.

Dok, anjing sy tuh seperti nya kena skabies dan kutu, tiap hari garuk2 badan sampai lecet dan luka. Yg jd masalah anjing nya jd galak saat kita mau Kasih minum obat maupun saat mau di olesin salep. Gmn caranya dok spy bisa obatin tuh anjing, soalnya dia gak mau di dekatin buat di kasih obat, baik minum maupun oles?

perlu beberapa orang untuk membantu handle, atau bisa juga obat dicampurkan ke makanan tentu berdasarkan resep dan pengawasan dokter ya

Dok,sy pnya anjing kintamani umur setahun,skrng di bagian siku kakinya ada pitak diameter 4 cm,bersisik,dan sering menggaruk daerah sekitar pitak,gmn solusinya?thx

pakai vco bisa, sebaiknya dikonsultasikan juga untuk melihat kemungkinan ada infeksi jamur. tapi biasanya kalau daerah siku mmg mengalami penebalan krn sering bergesekan dgn permukaan yg kasar

Dok kucing saya dibagian hidung ada seperti kutil, tapi kecil. Tapi tidak menyebar dan tidak membesar. Bagaimana cara menanggulanginya ? Makasih

Sebaiknya periksakan ke doktwe dan tdk perlu dilakukan apa2 sebelum dikonsultasikan ya.

Hai dok, saya mau tanya….. anjing saya lagi terkena jamur.. lama kelamaan makin luas daerah wajahnya… bercak merah pun ada di badan, yang lama lama keluarkan darah… saya uda potong bulunya, supaya obat gampang diserap….. tapi blum nunjukin keadaan yang baik…. kira kira saya harus kasih makan apa ya dok??? trus apa lg yang harus dilakukan???? Trims masukannya Dok……..

Sudah diperiksakan ke dokter? Perlu dipastikan kalau itu infeksi jamur? Bukan infeksi parasit lainnya?

Dok . Anjing saya pom 6 bulan . Dia seringg garuk kaki bagian depan dan kadang telinga .. bagian kaki yang digaruk jadi menghitam dan bulu nya hilang .
Tadi pagi saya jugak bru menyadari kalo bagian perutnya terdapat bintik2 wrn hitam . Seperti flek . Dan di punggung nya terdapat gumpalan kerak2 tapi hanya 1-2 dok . Bagaimana yah dok penangannnya ? Harap dibantu dokk . Terima kasih .

dok.anjing saya bulu nya kenapa bisa rontok iya ? apa penyebabnya dok ? atau tidak boleh dikasih makanan seperti ikan sarden gitu iya ?

Halo dokter. Saya ayu. Dok, saya punya anak anjing umur dua bulan. Nah anak anjing saya sakit gatal yang awalnya di daerah leher namun lama lama seperti menyebar ke muka dan badan. Merah merah, kulitnya menebal seperti luka. Bagaimana ya dok? Gimana cara sembuhinnya juga ya dok? Dan obatnya apa ya dok? Terimakasih Gbu

dok 1bln yg lalu anjing saya awal nya kaki nya bulu ny rontok dan stengah botak sy bwa ke dr kt nya scabies jdi di suntik trus skrng dia suka garuk2 trus smpe suka gonggong2 kalo sdh teras gtal berlebihan sya bru sdr di sekitar bdan bgian dkat perut ad bagian yg kering seperti ketombe dn buku ny ikut rontok itu scabies atau bukan dok gmna cra menangani ny mksh

memang untuk penyakit kulit perlu pemeriksaan lebih lanjut, cukup sulit kalau tdk dilihat dibawah mikroskop. krn biasanya gejalanya sama tapi penyebabnya berbeda, misalnya bs krn jamur alergi dan lain sbg nya

Dok sy mau tanya, anjing saya itu banyak sekali luka2 di sekitar mulutnya. Sepertinya itu luka karna adanya titik2 gatal ygsering di garuk2 jd sampai luka. Trus bulu2nya juga makin lama makin rontok. Itu kenapa ya dok? Padahal anjing sy di rantai, jarang main2 di luar dan makam sembarangan. Itu kira2 penyebabnya apa ya dok? Dan pengobatannya gimna??

dok, saya mau tanya.. anjing saya berumur kira2 4bln, saya adopt itu sebulan yg lalu.. awal adop tdk pernah mengalami bulu rontok atau gatal2 yg berlebihan. Setelah saya adopt, kira2 jalan mau 2 minggu saya nemu kutu dan caplak di anjing saya. Ada 1 area pada kulit anjing saya itu menebal, akhirnya saya groming dan saya kasih obat kutu. Setelah itu area trsbut jd merah kulitnya dan rontok seperti ketombe, bulu sering rontok juga. Tiap hari anjing saya minum susu, minum air putih juga, makannya suka bgt sama sosis kdg tulang ayam atau daging ay, kdg telur juga doyan. Apa makanan tersebut mempengaruhi ya dok? Gimana caranya agar bulu2 tdk rontok lagi dan bekas seperti kulit kering + ketombe itu hilang?

Sebaiknya diperiksakan ke dokter ya. Penyakit kulit bs juga mmg krn alergi makanan.

Halo dok, anjing saya kan pernah operasi pyometra dan baru 2 hr lalu jahitannya dibuka. Nah saya disarankan utk terus kasi salep antibiotik & anti radang di bekas jahitannya selama bbrp hari, karena kan masih ada sdikit lubang kecil bekas jahitan kawatnya itu jd biar sgera nutup sempurna. Nah sejak kmarin saya lihat kulit di bekas jahitannya itu (tepatnya persis di pola jahitan) bisa merah2 gt dok, saya lihat spt iritasi. Itu kira2 knapa ya? Ini kan lg musim panas & suhunya gerah banget, sedangkan anjing saya bebet perutnya dengan handuk tipis kecil supaya dia gak jilat2 bekas jahitannya. Tapi tetep dijilat handuknya.
Dugaan saya:
1. Apa krn kondisi di area perut itu jd lembab panas gara2 dipakein handuk yg agak2 basah kena liur anjing trus jd iritasi? Aplg daerah paling banyak merah2nya yg bagian bawah dekat selangkangan, jd klo dia duduk kulit di bag jahitan yg itu agak ngelipet gt.
2. Trkadang handuknya lepas trus saya nemui dia sudah jilat2 lg bekas jahitannya, apa krn liur dia?
3. Sebelum jahitan dilepas, di klinik saya skalian minta dia mandi. Keterangannya sih “mandi sehat” artinya shampoonya ada obatnya. Pengaruh dr situ apa tdk mungkin?
4. Klo saya kasi salep anti jamur atau semacamnya, apa tdk bermasalah klo tercampur dengan salep anti radang yg sudah dia pake?

Mohon sarannya, makasih.

Pemberian obat apapun sebaiknya sdh konsultasi dgn dokter.krn ada bbrp obat yg reaksi nya krg bagus kalo bersamaan. Agar tdk menjilat luka bs diberikan collar (baca disini : luka pd kucing dan anjing

Pakak handuk mmg kemungkinan terlalu rapat jd kulit lbh lembab bs mudah ada kontaminasi juga. Bs d coba dgn kompres air dingin supaya lbh nyaman.

Mandi sehat artinya mandi biasa kalau menurut saya, krn brrt g ada indikasi penyakit kulit (tp ini bs d konfirmasi lg ke kliniknya) yg terpenting komunikasi dgn dokter yg menangani nya

Dok apakah alergi pada daging ayam pada anjing bisa di sembuhkan? Biar gk alergi lgi saama ayam? Dn klo udah alergi bentol”gmna ya bagusnya smbuhinnya?

Bisa saja , bs mengganti dgn protein lainnya, silahkam konsultasikan dgn dokter y

Hi dok, anjing saya ada luka” di kulit dan gatal” dok. Cara tangani nya gmn ya? Sy ud prnh ksh makan coconut oil khusu anjing tpi ttp aja gak sembuh” dok dan siku kaki nya juga bengkak dua” nya kt org petshop alergi sama debu dan gak terbiasa tidur di semen. Gmn sembuhkan ya dok?

Dok anjing saya dari sebulan bulunya rontok dan kulitnya jadi kemerahan.kenapa ya Dok? Bisa gak bulunya tumbuh lagi? Terimakasih Dok

bisa kalau sabar dan sudah diketahui penyebabnya, jd sebaiknya diperiksakan dulu ke dokter agar penanganannya tepat ya

Dokter saya mau tanya apa wajar kerontokan bulu dan gatal gatal pada anjing umur 1 – 2 bulan ??? Karna anak anjing saya botak smua dan seperti ada koreng koreng halus di kulitnya . Bahaya ga sih ya ??

Selamat pagi dok, dok anjing saya suka gatal2 dan bulu nya rontok sampai botak dan ada merah – merah pd kulitnya, dan telinganya pun ada luka nya tapi ga bernanah, dan saya cek tidak ada kutu, dan setiap dimandiin setelah 6 jam bau lagi badannya dan gatal lagi, usia anjing saya 2 tahun dok. Gimana supaya anjing saya sembuh? Terima kasih.
Dok minta contack line nya?

Sebaiknya periksakan ke dokter ya. Penyebab penyakit kulit bisa juga parasot d bawah kulit spt tungau scabies, tungau demodex. Banyak penyebab nya dan perlu pemeriksaan lebih lanjut salah satu nya dgn pemeriksaan menggunakan mikroskop tdk bs dilihat dgn mata secara langsung

Hallo dokter,

Mau bertanya sedikit ya..saya larry, puppy saya betina usia sekitar 4 bulan tidak berhenti2 menggaruk dan menggigit badannya sampai bulu2nya rontok. Saya cek tidak ada ruam2 merah, ada sedikit kerak seperti ketombe dan itupun tidak banyak. Kulitnya normal putih saja. Tetap lincah, nafsu makan tinggi. Kira-kira kenapa ya dokter, mungkin ada pertolongan pertama sebelum saya pergi ke vet. Terima kasih sebelumnya..

Biasanya disebabkan karena gatal jadi sering menggigiti daerah yang sama dan berulang.

Kadang penyebabnya tdk terlihat secara langsung seperti tungau demodex ataupun scabies, sehingga perlu dilihat dgn mikroskop. Atau mgkn penyebabnya krn hal lain spt alergi dan lain sebagainya.

Untuk selanjut nya tanya jawab bisa dilakukan disini.
Hi, saat ini kami memiliki fitur baru halaman tanya jawab agar lebih mudah menjawabnya dibandingkan di komentar. Silahkan tulis pertanyaan anda di (Konsultasi Dokter Hewan Online) https://tanyadokterhewan.com/tanya-dokter-hewan-online/

Dokter. Anjing saya ada bercak kemerahan di sekitar lipatan kaki depan dan sekitar belakang telingan depan sbelah kiri. Kira2 itu knapa ya? Dan bsa di kasih salep apa?

Pengobatan sebaiknya diperiksakan terlebih dahulu ke dokter. Penyakit kulit biasanya gejalanya sama tapi pebyebabnya berbeda. Bisa disebabkan oleh infeksi jamur maupun parasit lainnya, bahkan alergi.

Untuk selanjut nya tanya jawab bisa dilakukan disini.
Hi, saat ini kami memiliki fitur baru halaman tanya jawab agar lebih mudah menjawabnya dibandingkan di komentar. Silahkan tulis pertanyaan anda di (Konsultasi Dokter Hewan Online) https://tanyadokterhewan.com/tanya-dokter-hewan-online/

Salam.
Dok mau nanya nih, anjing sy knp sering muncul bintik” merah trus bisa jadi luka di badan nya yah ?
Apa efek karena mau kawin ? Soalnya udh selama 3 tahun ini belum pernah kawin.
Oh ya dok, apa kah air laut bagus untuk ngobatin penyakit kulit pada anjing ?

Penggunaan air laut pada luka terbuka tentu akan menyebabkan rasa perih. Sebaiknya gunakan air hangat atau air biasa saja.
Silahkan baca disini ya : penyebab penyakit kulit

Untuk selanjut nya tanya jawab bisa dilakukan disini.
Hi, saat ini kami memiliki fitur baru halaman tanya jawab agar lebih mudah menjawabnya dibandingkan di komentar. Silahkan tulis pertanyaan anda di (Konsultasi Dokter Hewan Online) https://tanyadokterhewan.com/tanya-dokter-hewan-online/

Dok anjing saya kyknya diem”itu makan ikan trus sekarang badannya gatel-gatel semua merah”sama bentol”kesemua badannya

sebaiknya konsultasikan ke dokter ya, anjing juga bsa mengalami alergi terhadap bahan makanan tertentu

Untuk selanjut nya tanya jawab bisa dilakukan disini.
Hi, saat ini kami memiliki fitur baru halaman tanya jawab agar lebih mudah menjawabnya dibandingkan di komentar. Silahkan tulis pertanyaan anda di (Konsultasi Dokter Hewan Online) https://tanyadokterhewan.com/tanya-dokter-hewan-online/

Dok kalo anjing yang kakinya luka terus dia sering gigit” sampe daging” jarinya sudah gk ada gimana cara mengobatinya?
Makasih

puppy saya kena gigitan serangga kulit dah bengkak dan rasa gatal. mata pun dah bengkak. ubat apa sesuai untuk merawatnya. tq

kondisi ini sebenarnya termasuk darurat, karena kemungkinan hewan mengalami alergi, perlu segera dilakukan penanganan oleh dokter

untuk selanjutnya tanya jawab dilakukan disini ya
Hi, saat ini kami memiliki fitur baru halaman tanya jawab agar lebih mudah menjawabnya dibandingkan di komentar. Silahkan tulis pertanyaan anda di Konsultasi Dokter Hewan Online

malam dok,, bulldog saya kulit bagian testisnya menebal dan hitam.. dan bbrp hari ini mengalami pengelupasan pada kulit yg tebal dan hitam.. namun permasalahannya,, anjing saya suka menggaruknya & gigit2 bagian itu sehingga berdarah .. tadi pagi sudah saya bawa ke dokter dan hanya diresepkan derma-gel,,.. saya bingung dok,, apa ada cara lain agar kulit yg lecet dan berdarah bisa cepat kering, dan kulit yg tebal menghitam dan mengelupas bisa cepat rontok dan pulih kembali ??

mohon sarannya, don.. thankyuuu

Memang perlu dipastikan kembali penyebab penyakit kulitnya karena beragam penyebabnya. masalah hormon juga bisa menyebabkan kulit sekitar testis jd menebal, atau bs juga karena ada infeksi jamur dan lainnya. pemberian obat tetap diberikan sesuai resep dokter. tapi penting juga untuk menghindari anjing mengggiti bagian tsb dgn menggunakan e collar (elizabeth collar ) corong anjing.

untuk selanjutnya, tanya jawab bisa dilakukan disini :
Konsultasi dokter hewan online

Dok saya salah seorang yg suka binatang…hampir semua binatang…tapi anjing dan kucing pilihan saya.nah saya piara seekor anjing yang saya sendiri kurang tau tipenya…dari usia 3bln sampai saat ini kurang lebih umurnya 1thn 5bln…disaat dewasa tdk sengaja saya berikan dia makan kepala tulang ikan…karena saya hobby dgn soup kepala ikan…dampak terhadap bulu2nya tdk terlalu kelihatan rontok…tapi lama kelamaan timbul gatal yg terjadi di sekitar kemaluannya…hingga saat ini sy stop tdk lg memberi makan tulang2 kepala ikan dan saya gantikan dgn nasi dan hati rapela ayam…akibat gatal tersebut sekarang merembet ke telinga sblh kanan…pertanyaan sy adakah obat atau shampo bisa menyembuhkannya atau hrs BUMN Dok… terimakasih /tony.

Anjing saya sudah umur sekitar 8 tahun, Jenis mini pincher.. Bulunya rontok di beberapa sisi.. Sehingga ada beberapa bagian botak (seperti pitak2).. Kulit pada bulu yg rontok seperti kering dan mengelupas. Saya sudah ke dokter hewan. Diagnosisnya kena jamur. Sudah minum obat dan pakai obat topikal, tapi kondisi kulitnya makin banyak pita.. Apakah betul dengan ciri tersebut, anjing saya berarti jamuran? Bgmn pengobatan yang tepat?

maaf, saya tidak bisa memastikan karena tidak dilakukan pemeriksaan langsung, sebaiknya konsultasikan kembali ke dokternya ya. pengobatan penyakt kulit memang perlu kesabaran

untuk selanjutnya tanya jawab bisa dilakukan disini : tanya jawab dokter hewan

Dok saya mau tanya, saya punya anak anjing baru berumur 5 hari tapi di badan mereka sudah muncul luka2 kecil bernanah sudah 2 hari ini saya mengolesi minyak tawon di luka dan seluruh badan mereka supaya lalat tidak hinggap di badan mereka. Menurut dokter apa yang harus saya lakukan supaya tidak muncul luka lagi di badan anak anjing saya, dan kira2 luka itu muncul karna apa yah doh. hampir semua anak anjing punya luka kecil di badan mereka. Makasih dok Gbu

pada puppies bisa juga terdapat luka karena tergores maupun ada kutu atau semut yang menggigit menyebabkan luka dan infeksi, saran saya sebaiknya kondultasikan ke dokter ya. terutama pada puppies sangat rentan sekali daya tahan tubuhnya turun jika tidak segera ditangani

untuk selanjutnya, tanya jawab bisa dilakukan disini : tanya dokter hewan

Dok saya ingin tanya,saya ada anjing chihuahua umur 4thn an.. bulu bdn nya ada spot seperti berkerak lalu lama2 jadi botak pitak bulat,saya sudah beri salep ketokonazol sudah mulai tumbuh bulu tp samping2nya mulai ada yg botak lg.. apa penanganan nya betul pakai ketokonazol?

sebaiknya dikonsultasikan ke dokter, pemberian obat kutu bisa juga diberikan untuk mengurangi infestasi kutu yang banyak. pastikan obat kutu aman, sesua dosis dan khusus untuk anjing

untuk selanjutnya, tanya jawab bisa dilakukan disini : tanya dokter hewan

Dok saya mau tanya, anjing saya baru2 ini mucul kayak merah trus kasar kayak koreng dok, itu karna apa ya? Kalau karna kebersihan,saya mandiinya tiap hari dok? Apa saya salah ya?

Mandi terlalu sering, bs menyebabkan ketidakseimbangan flora di kulit, bs menyebabkan jamur yang berkembang pesat, atau jadi iritasi karena shampoo yg terlalu keras. Jd sebaiknya mandi jika diperlukan saja misalnya seminggu sekali atau 2 minggu sekali

dok…saya punya anjing pitbull gatal di seluruh tubuhnya dan banyak luka, jd terdapat kerak2 di sekitar siku tangan dan kakinya; solusinya gmn dok?

cek dulu ke dokter, karena penyebab penyakit kulit kan banyak, jadi pemeriksaan yang tepat bisa memudahkan pengobatan yang tepat juga

Dok,
Anjing saya jenis beagel umur 1 tahun, terkena infeksi jamur di bawah mulut dan telinganya. Serta bulu sebagian badannya rontok. Mohon pencerahannya, apa yang perlu dilakukan. Saya coba ganti dogfood tetapi belum ada perubahan.
Terima kasih.

Sebenarnya perlu dipastikan dulu apakah jamur atau bukan. Kalau memang jamur pergantian pakan tidak terlalu berpengaruh kalau tanpa diiringi dengan pengobatan thd jamurnya. Kalau mmg alergi kwmungkinan pergantian pakan bs pengaruh

Dokter bisa tolong saya dok. anjing saya masih kecil lalu di bagian pantatnya ada seperti luka akibat gatal lalu dia menggigitnya sehingga luka dan sedikit berdarah. saya sempat kasih betadine tapi dia merasa perih lalu dia menjilat betadinnya hingga hilang lagi. apa yang harus dilakukan biila begini caranya dokter. Terimakasih bu dokter.

Sebaiknya gunakan collar atau corong untuk mencegah anjing menjilati bagian yg luka. Perlu dikonsultasikan ke dokter kemungkinan penyebab gatalnya. Krn kalau tdk diperiksakan akan terus mengalami hal tsb

Dok, anjing saya mengalami gatal-gatal. Dan saya telah memanggil dokter hewan kerumah, dan beliau mengatakan itu scabies. Dan hari rabu kemaren tepat kedua kalinya anjing saya di injeksi dengan anti gatal, vitamin kulit, dan anti parasit. Saat pertama di injeksi anjing saya lukanya semakin kering dan bagian merah pada beberapa bagian tubuhnya sudah agak menghilang, tetapi pada saat kedua kalinya, saya melihat anjing saya makin sering menggaruk, dan muncul luka bru di tempat yang baru lagi, dan bulunya yang kemaren ga terlalu rontok, sekarang semakin habis. Apakah itu pengaruh dari obatnya? Apakah itu berdampak negatif? Tolong di respon dok, saya sudah bingung. Dan makin kasihan karna sekarang kalk malam, dia jadi susah tidur karena menggaruk seluruh bagian badannya.

Hi Dok, anjing saya itu kulitnya banyak kapangnya tebel tebel, sudah di bawa ke dokter and di cek ternyata bukan jamur bukan virus, test darah ada infeksi trs di kasih antibiotic. Bagaimana cara merontokan kapangnya itu ya. Terima kasih ya Dokter.

Mungkin bs didiskuiskan dgn dokter untuk penggunaan shampoo ataupun melakukan pencukuran rambut untuk anjing rambut tebal. Kapang termasuk jenis jamur juga, pastikan juga mendapatkan pengobatan dan perawatan sesuai saran dokter.

Dok, apakah anjing yang korengan bisa di bawa untuk grooming ? Atau harus merawatnya sampai sembuh dahulu baru dibawa grooming ?
Lalu dok .. saya punya anjing kecil baru sekitar 3- 4bln.. anjing saya itu sering diare+darah .. lalu saya beri obat cacing pada hari rabu paginya dan saat siangnya keluar cacing gelang dikotorannya .. lalu saya merasakan perut anak anjing saya masih buncit , saya memberikannya lagi pada hari kamis paginya dan besok paginya keluar lagi cacing gelang di kotorannya dan dengan ukuran yg lebih panjang dari kemarin .. setelah itu saya belum memberinya makan . Lalu saat adik saya makan roti anjing saya itu ingin dan diberikan oleh adik saya rotinya dan dihabiskan oleh anjing saya .. nantinya perut anjing saya malah membesar dok padahal hanya makan roti saja . Setelah itu saya takut memberinya makan lagi . Tetapi malamnya dia merengek minta makan lalu saya beri saja makanannya lalu besok paginya perutnya sudah kembali seperti semula dok tp saya raba masih buncit apakah anjing saya perlu saya berikan obat cacing lagi dok ???
Dan anjing saya sering gemetaran itu knp ya dok ?

Bisa untuk sekalian pengobatan penyakit kulit. Obat cacing cukup diberikan 1 atau 2 bulan sekali.

kalau pembengkakan pada wajah anjing atau bisa dikatakan gumpalan cairan pada wajah aniing biasanya disebabkan oleh apa ya pak dokter ? mohon bantuannya pak dokter , terimakasih

hai dok mau tanya kalau anjing ditubuhnya ada bintik merah di seluruh tubuh karena apa ya dan gimana obati ya?

bintik dikulit penyebabnya macam2 bisa karena ada gangguan di pembuluh darah kapiler dikenal dengan DIC (disseminated intravascular coagulation), bs krn alergi gigitan pinjal (flea allergic dermatitis), atau bs alergi krn gigitan serangga lain, bs juga krn tungau dan lain sebagainya (makanan). jadi untuk pengobatan perlu disesuaikan dengan penyebabnya dulu.

Dok, kucing sy sepertinya habis berantem. dilehernya luka bolong berair dan dikuping . dibagian leher atas dekat kuping lula dn bengkak, diobati dg salep atau apa ya dok? dan dia selalu menggaruk bagian lukanya jd selalu basah dn lukannya tambah dalam

Untuk pengobatan baiknya konsultasikan langsung ke dokter, perlu dilakukan observasi lebih lanjut terutama luka yang tidak kering2. Perlu diidentifikasi penyebab utamanya. Misalnya daerah telinga, bs jadi ada tungau scabies atau tungau telinga (earmite) yg menyebabkan gatal.

Hallo dok, anjing saya ada 6 ekor,,,satu jantan satu betina yg 4 ekor anak anjing,,, anjing yg jantan akhir2 ini gatal2 di garuk sampe luka,,,lukanya di bagian pinggul sama bagian kaki dan perut,,,,di bgaian pinggul berbentuk bulatan besar…. biasanya sampe berdarah di garuk,,,,terus yg anak anjing 4 ekor kenapa ya,,,di bagian mukanya mengalami kerontokan sampai botak….. dulu badannya banyak ketombe sampe berkerak,tapi setelah dua kali dimandikan hilang, tapi skrg mukanya lagi yg rontok…itu kenapa ya dok? Apa

Sebaiknya diperiksakan langsung ke dokter, khawatir terkena infeksi tungau seperti demodex yang sangat membuat gatal, bisa menyebabkan radang jika disertai infeksi bakteri.

Leave a Reply

*