6 penyebab radang telinga pada kucing (otitis) yang penting Anda ketahui – TANYA DOKTER HEWAN

6 penyebab radang telinga pada kucing (otitis) yang penting Anda ketahui

6 penyebab radang telinga pada kucing (otitis) yang penting Anda ketahui

Pasti Anda sebagai pet owner pernah mendapati telinga Anjing maupun kucing Anda memiliki kotoran telinga yang cukup banyak. Kotoran telinga pada anjing dan kucing atau dapat disebut serumen atau ear wax merupakan hal yang normal karena menjadi pelindung bagi telinga agar benda asing tidak masuk ke telinga yang lebih dalam. Namun ketika kotoran telinga diproduksi berlebihan dan menyebabkan bau yang kurang mengenakkan maka akan menjadi masalah. Bau pada kotoran telinga selain disertai dengan penumpukkan kotoran telinga, disertai pula dengan kegatalan pada telinga. Kotoran telinga yang bau mengindikasikan adanya radang telinga atau otitis.

Otitis interna merupakan istilah untuk radang telinga dalam, otitis eksterna untuk radang telinga bagian luar.

Berikut 6 penyebab radang telinga pada kucing (otitis) yang penting Anda ketahui

#1 Infeksi ear mite (tungau telinga)

Infeksi yang disebabkan oleh ear mite atau tungau telinga (Otodectes cynotis) dapat menyebabkan peradangan karena anjing atau kucing menggaruk telinga secara berlebihan dan menyebabkan telinga menjadi luka. Selain itu, ear mite ini tinggal di dalam saluran telinga dan menyebabkan telinga menjadi menebal dan radang sebagai respon perlindungan terhadap tungau telinga.

6 penyebab radang telinga pada kucing (otitis) yang penting Anda ketahui
6 penyebab radang telinga pada kucing (otitis) yang penting Anda ketahui

#2 Masuknya air saat memandikan

Memandikan atau grooming memang perlu kehati-hatian terutama daerah wajah dan telinga. Kapas perlu digunakan untuk menyumpal atau menutup lubang telinga karena khawatir air akan memasuki lubang telinga. Bentuk telinga anjing dan kucing tidak lurus seperti telinga manusia, namun berbentuk seperti huruf “L”. Bentuk telinga ini akan menyebabkan ketika air memasuki telinga tidak dapat keluar kembali. Air akan tetap berada ditelinga, air tidak mudah terserap namun perlahan lahan akan hilang. Air pun termasuk media tumbuh yang baik untuk bakteri sehingga memungkinkan bakteri untuk berkembang dan menginfeksi telinga sehingga menyebabkan radang.

#3 Alergi (hipersensitif)

Alergi dapat menyebabkan radang telinga atau otitis, salah satunya adalah alergi makanan. Hal ini disebabkan pada alergi makanan akan menimbulkan kegatalan termasuk daerah wajah dan telinga. Kegatalan yang teramat sangat menyebabkan anjing melukai telinga yang akhirnya menyebabkan telinga meradang. Pada kasus alergi makanan akan terlihat adanya kegatalan simetris pada wajah, dada, daerah selangkang pada anjing.

#4 Bentuk telinga menjuntai ke bawah

Bentuk telinga menjuntai kebawah atau pendulous yang dimiliki anjing seperti beagle, weimaraners, retriever, spaniel, basset hound, dan anjing lainnya menyebabkan kondisi telinga lembab. Kondisi telinga yang lembab dan jarang dibersihkan akan menyebabkan kegatalan sehingga menjadi radang. Biasanya disertai dengan adanya othematom atau pendarahan pada daun telinga. Othematom berisi bekuan darah pada daun telinga sehingga daun telinga menggembung berisi darah.

#5 Telinga yang cenderung berambut

Jenis anjing dengan telinga ini seperti anjing jenis terrier dan poodle. Rambut pada telinga yang tidak sering dibersihkan (plucking) akan menyebabkan kondisi lembab sehingga memungkinkan bakteri dan jamur berkembang yang akan menyebabkan kegatalan dan radang.

#6 Telinga tersumbat

Telinga tersumbat dapat disebabkan oleh berbagai hal seperti bentuk lubang telinga yang menyempit seperti pada anjing sharpei, sumbatan karena ada tumor, polip, rambut. Hal ini akan menyebabkan telinga sulit dibersihkan, menjadi lembab sehingga akan menimbulkan kegatalan dan akhirnya radang.

Otitis atau radang telinga yang parah akan menyebabkan kepala miring (head tilt) pada anjing maupun kucing karena infeksi sudah menjalar kebagian dalam telinga. Bagian dalam telinga sangat penting untuk keseimbangan karena adanya cochlea, saat terinfeksi maka keseimbangan akan terganggu.

*P.S Jika ada yang ingin ditanyakan/didiskusikan jangan sungkan bertanya melalui komentar di bawah ini ya.
Jangan lupa juga share artikel ini agar informasinya bisa bermanfaat bagi orang lain.

Regards
drh Puspasari Respatiningtyas

22 comments

kucing saya telinga nya mengeluarkan air kenapa ya bisa kaya gitu PENJELASAN: kuping sih jarang di bersihkan, dan main mulu Please jawab dong

Dokter…
Tolong di respon ya…
Kalau sudah membengkak, dan sudah d tangani dokter hewan melalui penyedotan dan dikasih semacam puyer buat d minumkan, dan 2 hari kemudian membengkak lagi. Apa ada perawatan yang bisa dilakukan d rumah. Untuk biaya penanganan awal sudah mahal dok… Saya kasihan liat kucing saya begini… Tapi ga punya biaya buat perawatannya.
Apa ada obat yang bisa dibeli untuk mengurangi radang di telinganya?
Terima kasih dokter.
Saya sudah email juga. Tolong d balas ya dokter. [email protected]

membengkak nya d daerah mana? untuk infeksi telinga perlu penanganan lbh lanjut. kalau mmg radang perlu diberikan obat sesuai resep dokter. penggunaan obat tanpa resep dokter atau pengawasan dokter untuk radang yg parah bs membuat sembuhnya cukup lama

Bengkaknya dibagian luar telinga dok…
Memang penanganannya harus seperti itu ya dok?
Untuk mengurangi bengkaknya harus obat smcam puyer itu saya? Ga ada obat luarnya? Untuk mengurangi bengkaknya…

Assalamualaikum, dok. Kucing saya tidak nafsu makan, lesu, dan terkadang keluar liur, suhu tubuhnya juga panas. Itu gejala apa dan bagaimana cara penanganannya?? Terima kasih.

Dokter, kucing saya mengalami gejala infeksi telinga. Seperti kucing saya yg juga pernah mengalami hal serupa, mama memberinya otolin sehingga dia kembali mau makan. Namun sekarang, dari bawah telinga kanannya membengkak dok. Saya takut sekali dan bingung. Mohon pencerahannya dokter dengan membalas email saya [email protected]. Kalau boleh saya ingin mengirimkan foto dokter.

Dok kucing saya kena ear mite, dokternya sdh menyerah buat nanganin. Kucing saya gak mau makan, baiknya dikasi apa ya? Dok utk password ebooknya apa ya? Makasih dok

Password ebook ada dengan jelas ditulis di artikelnya, mohon dibaca kembali. Konsultasikan kembali kondisinya dgn dokter, diskusikan dgn dokter yg lain dgn memriksakan langsung jg bs dilakukan..

Dok, tolong cepat respon ya dok,
Kucing saya terkena otitisndok, setelah itu sudah sya bersihkan dan sudah saya tetesi dengan obat tetes telinga kucing, tapi kucing saya ini kn juga nafsu makannya nge drop, saya kasi makan sama wetfood juga ga mau, Jadi harus disuapin, tapi ntar habis disuapin malah muntah dok, dan tadi sempat muntah sambil mencret dok, saya harus bagaimana dok??

sebaiknya konsultasikan ke dokter ya, otitis bisa saja sudah parah dan berada di telinga dalam yang butuh penanganan lebih lanjut. kemungkinan lainnya, bisa saja otitis salah satu gejala dari infeksi akibat virus (daya tahan tubuh menurun. menyebabkan mudahnya infeksi pada berbagai organ), jadi perlu pemeriksaan lanjutan.

Untuk pengobatan perlu dilakukan pemeriksaan terlebih dahulu, kalau sudah ada darah kemungkinan ada infeksi, perlu segera dikonsultasikan langsung, tetap berikan pakan yg basah disertai minum yang cukup.

dok kucing saya telinga berdarah karna sering digaruk. tapi telinganya sebelumnya belum pernah dibersihkan karena usianya masih 2 bulan. apakah boleh dibawa ke petshop untuk grooming dan dibersihkan telinganya ya dok? terimakasih.

Sebaiknya langsung diperiksakan ke dokter, krn cukup berbahaya kalau dibiarkan apalagi ditangani oleh petshop yang tidak ada dokter nya.

Dok kucing saya kuping 2 2nyah sampe ke bawah mulut bengkak, dan dia sering megaruk”nyah dok, di kuping dia juga keluar kayak cairan kuning gitu, itu kenapa yaa dokk?? Mohon jawab yaa dokk, soalnyah hawatir banget ??, tolong bales ke email aku yaa dokk

Bengkak dan radang bisa jadi karena telinga mengalami gatal dan infeksi jadi menggaruk terus akhirnya menjadi bengkak pada bagian sekitar telinga. Penyebab radang telinga bisa bermacam2 salah satunya infeksi tungau telinga (earmite) sebaiknya dilakukan pemeriksaan ke dokter.

sebaiknya dikonsultasikan dulu ke dokter untuk di cek jaringan yang tumbuhnya. bisa jadi memang hanya radang, atau mungkin penyebab lain bisa karena tumor atau bahkan kanker.

Leave a Reply

*